6 Cara Terbaik Meningkatkan Konsentrasi Bekerja

6 Cara Terbaik Meningkatkan Konsentrasi Bekerja

Cara Terbaik Meningkatkan Konsentrasi Bekerja

Salah satu faktor pendorong keberhasilan yaitu memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Konsentrasi yaitu pemusatan perhatian terhadap sesuatu hal yang sedang dikerjakan maupun yang sedang dilakukan. Maka dari itu kita perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan konsentrasi.

Konsentrasi ini sangat dibutuhkan oleh semua orang, khususnya seorang pekerja maupun seorang pelajar.

Karena untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sangat dibutuhkan yang namanya sebuah konsentrasi. Namun tidak semua orang dapat mencapai tingkat konsentrasi tinggi.

Biasanya faktor penunjang konsentrasi yang paling penting yaitu suasana yang nyaman. Karena dengan suasana yang nyaman, akan membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks sehingga lama kelamaan pikiran pun mulai memusat pada satu titik.

Beda halnya jika Anda tidak berkonsentrasi atau tidak fokus. Biasanya Anda sangat sibuk mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan Anda yang tidak penting hingga larut malam.

Tetapi keesokan harinya, hanya ada rasa bersalah pada diri Anda karena hasil yang Anda capai tidak begitu produktif.

Dan mungkin Anda pun mulai merasa kurang tenang karena banyaknya tugas-tugas penting menumpuk yang belum terselesaikan.

Apabila sekarang Anda merasa bahwa Anda adalah salah satu orang yang sangat sulit untuk mencapai sebuah konsentrasi yang tinggi, sekarang Anda jangan khawatir.

Melalui artikel ini, kami merangkum beberapa tahap untuk Anda . Khususnya bagi yang sulit untuk berkonsentrasi.

Berikut beberapa tahapan untuk mencapai sebuah konsentrasi tinggi atau berfokus pada satu titik pemikiran :

1. Membuat Daftar Tugas harian

Tahap yang pertama yaitu membuat daftar tugas harian. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menentukan tugas apa saja yang harus dikerjakan di hari Anda bekerja.

Anda dapat merencanakan atau membuat daftar tersebut pada sehari atau semalam sebelum bekerja.

Untuk membantu Anda agar lebih mudah dalam menentukan tugas-tugas apa saja yang harus dikerjakan dahulu. Anda cukup memilih mana tugas yang lebih penting, durasi waktu untuk mengerjakan tugas, serta tugas mana yang sangat berpengaruh terhadap karier Anda.

Dan usahakan, pada setiap hari kerja Anda harus membatasi jumlah tugas yang harus dikerjakan. Misalnya pada setiap hari kerja, Anda harus menyelesaikan lima tugas.

Namun Itu tergantung pada kemampuan Anda pribadi.

Membatasi setiap tugas yang harus dikerjakan perharinya bertujuan agar Anda tidak terbebani oleh tugas-tugas tersebut dan agar Anda tidak mudah melupakannya karena terbatasnya daya ingat Anda.

Jangan sampai Anda memaksakan diri Anda untuk menyelesaikan semuanya dalam sehari. Karena tindakan tersebut hanya akan membawa dampak negatif terhadap diri Anda.

Jika daya ingat Anda tidak lagi dapat menampung semuanya, maka bukan tidak mungkin menjadi penyebab terjadinya gangguan saraf pada Anda nantinya, sehingga Anda pun menjadi stres dan akhirnya gila.

Baca Juga : Ini Bahaya Yang Akan Anda Dapatkan Bila Terus Mengkonsumsi Junk Food

2. Jauhkan Gangguan

Agar Anda lebih mudah dalam mencapai suatu konsentrasi yang tinggi, ada baiknya jika Anda menghindari gangguan yang dapat membuat Anda jauh dari konsentrasi.

Gangguan itu misalnya, lingkungan yang kurang nyaman, ponsel seluler, sosial media dan tidak menutup kemungkinan jika Anda hidup dilingkungan yang banyak anak-anak, mungkin itu juga bisa menjadi sebuah gangguan bagi Anda.

Tetapi untuk menyingkirkan sebuah pengganggu itu sebenarnya tidak sulit, sepanjang Anda ada kemauan untuk menyingkirkan pengganggu tersebut.

Misalnya jika Anda hidup dilingkungan yang banyak anak-anak, ada baiknya jika Anda mengerjakan tugas di waktu siang hari saat anak-anak tersebut tidur siang. Agar mereka tidak lagi menjadi gangguan untuk Anda.

Mematikan koneksi jaringan internet Anda, atau mengaktifkan fitur senyap pada telpon seluler untuk beberapa saat agar tidak mengganggu Anda lagi.

Dan Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut saat telah selesai mengerjakan tugas.

Dan mungkin akan lebih baik lagi, jika Anda mengerjakan tugas tersebut diruang khusus kerja Anda sendiri. Yang jauh dari keramaian orang-orang serta jauh dari pengganggu yang menjadi alasan Anda gagal dalam berkonsentrasi atau fokus.


3. Kerjakan Sedikit Demi Sedikit Tugas Harian Anda

konsentrasi kerja

Ketika mood Anda untuk bekerja sementara bagus-bagusnya, yang harus Anda lakukan adalah mulai mengerjakan tugas-tugas mudah terlebih dahulu atau bisa juga tugas berat terlebih dahulu.

Tergantung Anda, apakah mau mengerjakan tugas mudah atau berat terlebih dahulu. Ada seorang motivator yang terkenal yang pernah memberikan saya tips dalam bekerja, dia berkata “ Apabila Anda memiliki tugas yang begitu banyak, sugesti diri Anda seolah-olah pekerjaan tersebut sangatlah sedikit dan begitu mudah”.

Maksudnya, sugesti diri Anda bahwa “Saya hanya ingin mengerjakan sebagian kecil dari tugas ini”. Dengan begitu maka Anda akan semakin bersemangat, namun dengan catatan bahwa ketika telah menyelesaikan bagian kecilnya.

Teruslah kerjakan bagian kecil lain dari seluruh tugas harian Anda. Begitulah seterusnya hingga semuanya selesai.

Baca Juga : Bagaimana Bertahan Dalam Masa-Masa Sulit Di Tengah Banyaknya Masalah


4. Beristirahat Sejenak

Yang namanya bekerja itu juga tidak boleh berlebihan karena hanya akan menyiksa Anda. Cobalah untuk beristirahat selama beberapa menit setelah melakukan pekerjaan. Misalnya beristirahat 10 menit setelah 45 menit bekerja.

Beristirahat sejenak saat bekerja itu sangat penting bagi fisik maupun psikis Anda. Beristirahat sejenak bertujuan untuk mengalihkan sementara perhatian atau pikiran Anda agar otak Anda segar kembali.

Seperti halnya pada laptop atau komputer, alat elektronik saja butuh untuk di refresh agar bisa segar kembali.

Begitu pula halnya dengan Anda yang butuh istirahat sejenak demi mewujudkan pekerjaan yang hasilnya lebih produktif atau memuaskan.

Dan  yang terpenting Anda harus lebih mengerti serta memahami bahwa di waktu beristirahat Anda tidak boleh memikirkan hal-hal yang memberatkan pikiran Anda. misalnya masalah pekerjaan, keluarga, maupun masalah-masalah lainnya.

5. Periksa Kembali (Checked)

Langkah selanjutnya yaitu periksa kembali hasil pekerjaan Anda. Apakah telah sesuai dengan hasil rencana Anda atau belum.

Hal ini bertujuan agar Anda bisa membandingkan dan mengetahui dengan jelas bagaimana pencapaian yang telah Anda peroleh.

Dengan mengetahui hasil dari perbandingan pencapaian, Anda bisa lebih menjaga serta mengendalikan konsentrasi Anda.

Ada pun untuk lebih mengetahui perbandingan pencapaian tersebut, Anda bisa memulai dengan membuat pertanyaan-pertanyaan untuk diri Anda sendiri. Misalnya :

Apa sajakah tugas penting yang telah saya kerjakan pada hari ini ?
Apakah masih ada tugas yang belum saya kerjakan pada hari ini ?
Bagaimana hasil kerja saya pada hari ini ?

Mungkin itulah beberapa contoh pertanyaan agar Anda lebih mengetahui perbandingan pencapaian perolehan Anda. tetapi jika Anda berminat, Anda juga masih dapat menambahkan beberapa pertanyaan untuk diri Anda sendiri.


6. Pusatkan Perhatian

Apabila Anda telah melakukan dan mempraktekkan  beberapa poin di atas dan ternyata Anda belum fokus juga, maka yang harus Anda lakukan adalah memusatkan perhatian pada apa yang sedang Anda kerjakan.

Jangan pernah buat diri Anda merasa bersalah dengan memikirkan tenaga dan waktu yang telah Anda buang.

Fokuslah pada apa yang ada di depan Anda. Memikirkan kesalahan di waktu lampau hanya akan memojokkan Anda pada kondisi buruk. Fokuskan kembali fikiran Anda dan berkonsentrasilah.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar