Bahagiakan Kedua Orang Tua Anda Sebelum Terlambat Dengan Cara Ini

Bahagiakan Kedua Orang Tua Anda Sebelum Terlambat Dengan Cara Ini

Setiap anak pasti mempunyai keinginan untuk membahagiakan kedua orang tuanya. Tak terkecuali Anda. Kedua orang tua memang memiliki jasa yang sangat besar dalam hidup kita. Dimulai sejak kita dilahirkan, ketika kita belajar berjalan, belajar berbicara, dan banyak hal-hal lain dari orang tua.

Ketika Anda masuk sekolah dasar, beliaulah yang mengantarkan Anda ke sekolah. Kemudian pada saat ingin membeli sesuatu, kedua orang tua lah tempat Anda meminta.

Uang yang telah susah payah orang tua Anda kumpulkan dengan ikhlas mereka berikan hanya untuk Anda, berharap agar anaknya bisa terus tersenyum, karena dari senyuman itu yang akan membuat mereka terus merasakan kebahagiaan.

cara membahagiakan kedua orang tua

Setiap orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya. Mereka rela berkorban apapun agar anaknya bisa hidup bahagia. Bisa memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dari mereka.

Walaupun terkadang ada juga anak yang tidak mau berkorban untuk orang tuanya dan bahkan mengacuhkan orang tua mereka. Jangan pernah menjadi anak yang durhaka pada orang tua Anda, ingatlah bahwa azab Allah sangatlah pedih.

Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, sudah kewajiban seorang anak membahagiakan kedua orang tuanya.

Cara membahagiakan orang tua pun tidak harus jadi orang sukses dahulu, harus punya mobil dan rumah mewah, atau harus menghajikan orang tua.

Kalau pemikiran Anda seperti itu, mau sampai kapan orang tua Anda menunggu. Kita tidak pernah tahu sampai kapan orang tua kita bisa hidup. Kalau misalnya besok ia sudah tiada bagaimana? Anda pasti akan menjadi orang paling menyesal di dunia.

Membahagiakan orang tua bisa dimulai dari melakukan hal-hal yang sederhana namun bermakna bagi orang tua. Mau tahu bagaimana cara sederhana membahagiakan orang tua? Baca dan pahami baik-baik penjelasan berikut :

1. Sering Menelepon Orang Tua

Bagi Anda yang mungkin tinggal berjauhan dengan orang tua karena kuliah, urusan pekerjaan, atau mungkin urusan lain yang mengharuskan Anda berpisah dengan orang tua. Sangat disarankan untuk sering-sering menelepon orang tua.

Jangan hanya menelepon jika ada perlu saja. Biasakan menelepon orang tua sekedar menanyakan kabar atau keadaan orang tua disana. Dengan begitu orang tua akan merasa sangat bahagia.

Jangan sampai orang tua Anda yang menelepon Anda hanya untuk menanyakan kabar. Hal ini menunjukkan bahwa Anda sangat tidak peduli kepada kedua orang tua Anda.

Tegur diri Anda jika Anda merasa jarang menelepon orang tua, ingatlah bahwa lebih baik Anda yang menegur diri sendiri daripada nanti ditegur oleh Allah.

Jadi sekarang Anda bisa langsung bergegas untuk mengambil hp, telepon orang tua Anda, tanyakan bagaimana kabar mereka, ungkapkan isi hati Anda pada mereka, dan terakhir ucapkan terima kasih karena telah melahirkan Anda.

2. Memberi Kejutan


memberi kejutan

Kejutan kecil bisa membuat orang tua bahagia. Misalkan Anda pulang ke rumah tanpa memberi kabar ke mereka.

Tanpa mereka sangka-sangka Anda telah berdiri di depan pintu, hal seperti itu akan membuat orang tua sangat bahagia.

Kejutan tidak harus yang mahal-mahal dan mewah, cukup dengan kejutan yang sederhana tetapi memiliki makna yang mendalam.

Atau jika memungkinkan, Anda bisa memberikan hadiah kecil dengan membawakan sesuatu yang orang tua Anda sukai. Misalnya makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain.

Alangkah indahnya jika kita bisa makan bersama kedua orang tua dalam suasana yang penuh dengan kebersamaan. Kebersamaan yang mungkin tidak akan Anda dapatkan nantinya.

Ketika membawakan sesuatu jangan hanya pada hari-hari pentingya saja seperti dihari ulang tahun mereka.

Pada dasarnya orang tua membutuhkan perhatian dari Anaknya. Maka dari itu berilah perhatian kepada orang tua Anda selagi Anda masih bisa melakukannya.

Akan sangat bahagia perasaan orang tua ketika melihat anaknya memberikan perhatian kepada mereka. Hilangkan gengsi Anda, dan genggamlah tangan kedua orang tua Anda lalu ciumlah.

Maka insyaallah hidup Anda akan selalu di berkahi oleh-Nya, karena berkah orang tua adalah berkah Allah. Untuk itu, jangan pernah durhaka kepada kedua orang tua Anda.

Baca Juga : Jika Anda Melakukan Hal Ini, Anda Bisa Beruntung Seumur Hidup

3. Mengobrol Sejenak

Terkadang karena terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan dan tugas-tugas, Anda mengacuhkan keberadaan orang tua Anda. Ingatlah selalu bahwa merekalah orang yang paling berjasa dalam hidup Anda.

Sisipkan beberapa menit untuk hanya sekedar mengobrol sejenak pada orang tua.  Walaupun mungkin yang Anda obrolkan hanya hal yang sepele dan tidak penting.

Namun bagi orang tua Anda itu merupakan hal yang sangat berarti.

Anda bisa mengobrol dikala ada waktu senggang misalnya di waktu malam sehabis makan, di pagi hari saat duduk bersama meminum teh, atau waktu-waktu saat Anda duduk bersama orang tua. Atau kalau Anda berada jauh dari orang tua, Anda bisa langsung meneleponnya.

Selain itu, dengan mengobrol sejenak dengan orang tua akan membuat Anda semakin dekat dengan mereka.

Karena kebanyakan anak jaman sekarang terlalu sibuk bermain gadget sampai-sampai tidak pernah mengobrol dengan orang tuanya.

Hal yang sangat disayangkan, mereka baru akan sadar betapa pentingnya waktu bersama kedua orang tua ketika kelak mereka tidak bisa lagi melihat orang tuanya.

4. Berbagi Cerita Menyenangkan

Salah satu cara sederhana membahagiakan kedua orang tua yaitu dengan menceritakan hal-hal menyenangkan yang Anda alami.

Tidak harus cerita yang terlalu heboh seperti Anda mendapatkan hadiah mobil, naik jabatan, atau kah mendapat nilai A+ pada saat ujian. Melainkan berupa kebahagiaan-kebahagiaan kecil.

Bisa berupa cerita ditraktir teman, mendapat kejutan dari teman, hal unik yang dialami, dan banyak hal-hal lain yang intinya membuat Anda merasa senang dan bahagia.

Karena ketika Anda merasa bahagia maka orang tua Anda akan jauh lebih merasa bahagia melihat anaknya bahagia.

 5. Bersekolah Hingga Meraih Gelar Sarjana

Bila Anda termasuk anak yang sementara bersekolah. Alangkah baiknya bila Anda bersekolah sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan uang yang orang tua Anda keluarkan untuk biaya sekolah Anda.

Jika Anda adalah seorang mahasiswa maka berkuliahlah sebaik mungkin. Jangan terlalu banyak beraktivitas diluar kampus.

Namun bukan berarti tidak boleh sama sekali, beraktivitas di luar kampus boleh saja selama itu bermanfaat.

Puncak kebahagian orang tua ketika menyekolahkan anaknya adalah ketika anaknya telah lulus kuliah dan wisuda.

Di situlah moment-moment indah yang akan membuat orang tua Anda terharu. Moment itulah yang akan menjadi bahan pembicaraan spesial yang akan diceritakan orang tua Anda kepada kerabat-kerabat dan keluarga besar Anda.

Upayakan agar lulus kuliah secepat mungkin. Akan tetapi jangan asal lulus saja, melainkan juga harus memiliki ilmu yang nantinya akan Anda terapkan di masyarakat.

Jangan sampai Anda hanya lulus tanpa ada ilmu yang didapat, maka akan sangat merugilah Anda. Orang tua kerja keras mengumpulkan uang untuk biaya kuliah namun Anda hanya menyia-nyiakannya.

Saya pesankan sekali lagi bahwa jangan sampai Anda hanya lulus saja tanpa memiliki ilmu.

Baca Juga : BACA INI, Kalau Masih Bingung Sudah Lulus Kuliah Mau Kerja Apa?

6. Patuh dan Taat Pada Orang Tua

Ketika orang tua menyuruh Anda untuk melakukan hal kecil seperti mengambil jemuran, membuang sampah, atau membeli sesuatu di toko.

Terkadang Anda mungkin merasa enggan dan mengabaikan perintah tersebut.

Padahal jika Anda melakukannya dengan perasaan ikhlas maka orang tua Anda akan merasa sangat senang. Dan sebaliknya, jika Anda menolak maka perasaan orang tua akan hancur.

Dan ketika perasaan orang tua hancur, maka pastinya Anda akan menerima omelan yang mungkin tidak menyenangkan hati.

Untuk itu, ketika kita disuruh oleh orang tua sebaiknya kita kerjakan dengan hati yang ikhlas dan lapang dada. Dengan begitu perasaan Anda pun akan nyaman dan terlebih lagi perasaan orang tua Anda.

7. Rukun Dengan Saudara

Hal yang paling sering terjadi dalam keluarga adalah pertengkaran antara saudara. Tak jarang hal ini membuat perasaan orang tua menjadi campur aduk.

Apalagi jika pertengkarannya sampai menimbulkan suara gaduh yang mengundang perhatian tetangga.

Orang tua selalu ingin anaknya hidup rukun, saling membantu, dan saling menyayangi. Hanya dengan tindakan sesederhana itu bisa membuat hati orang tua Anda sangat senang.

8. Meringankan Beban Orang Tua

Sudah sewajarnya bila orang tua bekerja keras mencari uang untuk keperluan anaknya. Walaupun rasa lelah tak tertahankan menimpanya, mereka terus berjuang. Berharap anaknya kelak bisa membahagiakan mereka.

Namun Anda juga sebagai seorang anak harus memahami kondisi orang tua. Jangan terlalu membebani orang tua dengan keinginan-keinginan yang berlebihan.

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi beban orang tua adalah dengan rutin membantu membersihkan rumah.

Jika Anda belum bisa membantu dalam hal keuangan, cukuplah dengan membuat orang tua tersenyum.

9. Mendo’akan Kedua Orang Tua


mendo'akan orang tua

Setiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Orang tua senantiasa mendo’akan yang terbaik untuk anaknya. Dalam setiap sujud dan do’a orang tua Anda, yang selalu mereka do’akan adalah Anda.
Namun apakah Anda sendiri selalu mendo’akan orang tua?
Memang orang tua tidak merasakan secara langsung do’a Anda, tetapi yang akan membahagiakan orang tua Anda adalah Allah SWT.

Dalam setiap do’a anak yang shaleh akan menjadi hadiah yang sangat berarti bagi orang tua. Jangan berhenti untuk mendo’akan orang tua Anda sobat, karena mereka pun tiada henti-hentinya mendoakan Anda.

Penutup....

Sobat, membahagiakan orang tua tidak harus dengan yang mahal-mahal, tidak harus dengan kekayaan harta, tetapi dapat pula dengan kasih sayang.

Bahagiakan orang tua  selama Anda masih sempat melakukannya. Karena suatu saat akan tiba waktunya Anda tak lagi bisa melakukannya.

Ada banyak cara sederhana untuk membahagiakan orang tua, cukuplah dengan membuat mereka tersenyum maka Anda telah membuat mereka bahagia.

Mari kita berbagi kebaikan kepada sesama, luangkan sedetik waktu Anda untuk share postingan ini agar semakin banyak orang yang sadar betapa pentingnya membahagiakan orang tua mereka.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar