Mau Dapat Penghasilan. Begini Cara Mahasiswa Dapat Uang Dari Internet

Mau Dapat Penghasilan. Begini Cara Mahasiswa Dapat Uang Dari Internet

Cara Mahasiswa Dapat Uang Dari Internet

Menjadi Mahasiswa adalah sebuah posisi yang sangat menguji mental dimana kita harus belajar mandiri dan tidak bergantung pada orang tua terutama dalam hal keuangan.

Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang dari internet untuk mahasiswa.

Sebenarnya ada berbagai cara mendapatkan uang dengan cepat seperti membangun usaha sampingan. Namun di era modern sekarang ini akan sangat bagus jika kita berkecimpung di dunia online.

Ketika Anda menjadi mahasiswa maka hal yang wajib Anda lakukan yaitu bagaimana cara me-manage sendiri uang jajan yang diberikan orang tua.

Jangan sampai uang jajan yang diberikan kepada Anda hanya digunakan untuk berfoya-foya dengan membeli barang-barang mewah yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Mahasiswa harus bisa mengatur pengeluarannya dengan baik sehingga tidak terlalu membebani kedua orang tua. Uang yang Anda belanjakan adalah hasil dari keringat dan kerja keras orang tua Anda.

Apakah Anda tidak kasihan dengan orang tua Anda?

Ketika ada sesuatu kebutuhan yang membutuhkan uang Anda tinggal meminta kepada orang tua.

Bagi sebagian mahasiswa yang kondisi finansialnya dalam kategori bagus mungkin tidak terlalu mempermasalahkan hal ini, tetapi bagaimana jika mahasiswa yang kondisi finansialnya yang kurang bagus.

Masalah yang sering timbul dalam kehidupan mahasiswa yaitu ingin membantu kehidupan finansial keluarga tetapi tidak tahu apa yang ingin dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu dan terus dibebani dengan tugas perkuliahan, proyek-proyek, ataupun sejenisnya.

Lantas, bisnis dan usaha apa yang cocok untuk Mahasiswa di dunia online?

Artikel ini akan memberikan solusi bagi Anda bagaimana menghadapi masalah tersebut asalkan Anda mau melaksanakannya dengan telaten.

Berikut cara mahasiswa dapat uang dari internet yang harus Anda coba:

Menjadi Dropshipper atau Reseller

Dropshipper adalah pekerjaan yang sangat cocok untuk mahasiswa yang tidak mau terlalu repot. Menjadi dopshipper tidak terlalu menguras waktu Anda.

Yang harus Anda lakukan yakni membuat sebuah akun sosial media atau sejenisnya yang akan digunakan sebagai media promosi.

Tugas Anda hanya melakukan promosi di berbagai sosial media lalu apabila ada yang hendak membeli barang yang dipromosikan maka  Anda harus menghubungkan konsumen tersebut dengan penjualnya langsung (seller).

Lain halnya dengan reseller, ketika Anda menjadi seorang reseller Anda mengambil barang dari partner Anda lalu menjualnya kembali dengan harga yang sudah disepakati.

Misalnya partner Anda memberikan Anda sepatu dengan harga 80 ribu, lalu Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi misalkan 85 ribu atau 90 ribu tergantung bagaimana Anda menilai barang tersebut.

Baca Juga : 8 Masalah Mental Yang Sering Menyerang Mahasiswa

Mengikuti Program Afiliasi

Program Afiliasi adalah suatu wadah yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh penghasilan dari dunia internet.

Cara kerja sistem afiliasi ini sebenarnya hampir sama dengan dropshipper, Anda hanya perlu mempromosikan suatu barang dan ketika ada phak yang ingin membeli produk maka Anda akan mendapatkan keuntungan.

Untuk melakukan bisnis afiliasi, Anda wajib punya blog atau website yang bisa dijadikan sebagai sarana promosi.

Dalam website tersebut nantinya Anda harus menjelaskan kelebihan dan keuntungan apa saja yang bisa diperoleh konsumen ketika membeli produk yang Anda jual.

Intinya Anda harus bisa menarik minat konsumen. Untuk itu diperlukan kemampuan menulis artikel yang bisa menunjang sistem afiliasi.

Jika Anda bukanlah orang yang pandai dalam membuat artikel promosi, Anda bisa belajar dari internet.

Saya pikir ilmu yang ada di internet itu sangat melimpah ruah. Tinggal bagaimana Anda memanfaatkannya.

Jangan pernah berpikir bahwa Anda tidak bisa, selalu ada jalan untuk sukses asalkan kita yakin, selama ada keyakinan yang kuat maka bukan tidak mungkin Anda akan sukses.

Menjadi Pembuat konten website 

Bagi seoang mahasiswa yang ingin mendapat uang dari internet, cara yang satu ini bisa menjadi pilihan bagus. Anda hanya harus membuat konten website yang berkualitas.

Kebanyakan website membutuhkan konten berupa artikel atau postingan-postingan yang menarik untuk dibaca.

Namun konten website tidak hanya mencakup itu saja. Konten website dapat berupa artikel berkualitas, foto-foto yang menarik, dan video-video yang mampu menarik perhatian pengunjung website.

Bila Anda hanya mempunyai komputer dan koneksi internet, Anda bisa jadi pembuat artikel SEO yang biasanya paling banyak dicari blogger.

Kalau punya kamera mungkin Anda bisa jadi fotografer yang mengisi sebuah website. Atau kah jika Anda memiliki keahlian dalam pembuatan video pendek, bisa saja Anda jadi pembuat konten website video atau kah website promosi.

Kalau seandainya Anda kesulitan dalam menemukan blogger atau orang yang membutuhkan konten website, Anda bisa ikut dalam situs-situs yang menghubungkan antara pembuat konten dan yang membutuhkan konten. Contohnya Sribulancer, Project.co.id, dan Freelancer.

Menawarkan Layanan Jasa

Menurut jack ma, di masa depan manusia akan sangat erat dengan internet dalam kehidupan. Hal ini akan terlihat dari maraknya pelayanan jasa online seperti ojek online, online shop, desainer online, penerjemah online, pembuat gambar vektor, WPAP, dan masih banyak lagi.

Bagi mahasiswa yang ingin menghasilkan uang melalui internet bisa dengan menawarkan jasa di internet.

Namun itu juga bergantung dari apa skill yang Anda miliki. Kalau Anda hebat menggambar di corel draw, mungkin Anda bisa menawarkan jasa gambar vektor, wpap, atau pun jasa desain kemasan produk, logo, pakaian, sticker, dan masih banyak lagi.

Bila Anda seorang sarjana tamatan suatu universitas maka Anda bisa saja mempromosikan jasa Anda seperti jasa konsultasi hukum, konsultasi kesehatan, konsultasi mengenai masalah perencanaan keuangan, dan bahkan Anda juga bisa jadi pengajar online.

Atau jika Anda memiliki kemampuan menulis yang bagus, Anda bisa jadi penulis artikel atau buku yang nantinya bisa di pasarkan dan memiliki nilai jual.

Intinya semua jasa bisa Anda promosikan, namun kembali lagi pada kemampuan apa yang Anda kuasai dan ingin dipromosikan.

Jangan sampai Anda mempromosikan suatu jasa yang Anda sendiri belum terlalu menguasainya.

Baca Juga : Pengalaman Kerja Sambil Kuliah yang Mungkin Belum Pernah Kamu Rasakan

Menjadi Seorang Blogger

Blogger adalah profesi yang sangat bagus bagi mahasiswa yang hendak menghasilkan uang dari internet.

Untuk menjadi seorang blogger yang diperlukan adalah komputer atau laptop yang terkoneksi internet.

Pekerjaan seorang blogger adalah bagaimana membuat  artikel yang menarik dan enak untuk dibaca. Dalam penyajian artikel tentunya harus kaya akan informasi, bukan artikel yang hanya copy paste dari blog orang lain.

Untuk jadi blogger sebenarnya bisa dikata susah-susah gampang. Kita harus mempelajari cara penulisan artikel yang baik dan ditambah dengan ilmu SEO yang bisa didapatkan dari berbagai sumber di internet.

Ada banyak forum atau grup di social media yang bisa jadi bahan referensi Anda untuk belajar mengembangkan blog.

Mungkin bisa dimulai dengan memasuki grup-grup facebook yang membahas blog. Nah, dari situ nanti Anda akan menemukan blogger-blogger hebat yang bisa jadi guru Anda dalam dunia blogging.

Kebanyakan blogger-blogger sukses seringkali dianggap negatif oleh orang awam. Bagaimana tidak jika Anda yang kesehariannya Cuma di rumah tetapi uangnya banyak.

Para tetangga biasanya mengira Anda pesugihan, babi ngepet, dan sejenisnya. Padahal uang yang didapatkan adalah hasil kerja keras di dunia internet.

Jadi? Apakah Anda tertarik jadi seorang blogger?

Menjadi Vlogger

Vlogger sebenarnya hampir sama dengan blogger. Sama-sama menyediakan konten di internet. Namun bedanya klau blogger itu kontennya biasa dalam bentuk tulisan sedangkan vlogger kontennya dalam bentuk video.

Sama halnya dengan blogger, vlogger juga harus mengutamakan ke originalitasnya. Jangan meniru-niru atau mengcopy paste konten orang lain.

Utamakan konten yang topiknya dari passion Anda sendiri. Dengan begitu orang lain akan lebih percaya kalau konten Anda bukanlah konten yang asal-asalan.

Ada beberapa vlogger-vlogger yang terkenal seperti Kemal Pahlevi, Arief Muhammad, Ria Ricis, Lauentius Rando, dan masih banyak lagi. Coba perhatikan konten-konten mereka, semuanya murni video buatan sendiri.

Vlogger adalah pilihan yang cocok untuk Anda yang kurang suka menulis artikel.

Cukup dengan membuat video yang menghibur dan menarik, Anda juga bisa menghasilkan uang. Yang terpenting bagaimana tekad dan usaha kita dalam menjalaninya.

Berpartisipasi Dalam Survei Online

Ada banyak sekali penyedia survey online di internet yang bisa Anda cari. Biasanya survey tersebut dilakukan untuk suatu keperluan tertentu seperti penelitian.

Kalau dipikir-pikir ini adalah hubungan yang menguntungkan kedua belah pihak. Kita sebagai pihak yang mengisi survey diberi keuntungan berupa upah dan mereka yang mengadakan survey memperoleh data yang mereka inginkan.

Dengan mengikuti survey berarti Anda turut membantu meringankan beban orang lain. Jadi, selain Anda mendapatkan upah berupa uang, Anda juga akan mendapatkan pahala nantinya di akhirat kelak.

Upah mengikuti survey memang tergolong sedikit. Tetapi jika Anda sering mengikuti survey maka lama-kelamaan pasti upah tersebut akan menjadi banyak. Kalau kata pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Beberapa contoh situs survey online yang terkenal yaitu ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense, Opinion World, Global Test Market, Mobrog, SurveyOn, dan masih banyak lagi.

Jika Anda berminat mengikuti survey online, sebaiknya  Anda tidak usah terlalu banyak berpikir dan langsung mendaftar.

Membuat Aplikasi Android


cara dapat uang dari internet

Apabila Anda seorang mahasiswa jurusan IT yang jago coding tentu saja tidak terlalu sulit jika ingin membuat aplikasi Android.

Terlebih lagi jaman sekarang banyak software-software pembuat aplikasi android yang mudah digunakan seperti Android Studio, Xamarin, Apache Cordova, Ionic Framework, React Native, App Inventor, dan Eclipse.

Namun harus diperhatikan juga mengenai spesifikasi laptop yang Anda gunakan. Karena kebanyakan aplikasi di atas membutuhkan spesifikasi laptop yang bisa dibilang cukup memadai.

Terus bagaimana kalau Anda sama sekali tidak memiliki kemampuan coding? Jangan khawatir karena Anda bisa belajar otodidak dari internet. Ada banyak tutorial di youtube yang bisa jadi panduan Anda.

Ataukah Anda ingin mengikuti kursus membuat aplikasi android secara online?

Udacity.com adalah salah satu situs kursus yang pernah saya ikuti. Di situs itu terbagi tiga kelas yakni beginner, intermediat, dan advance.

Pertama kita harus mengikuti kelas beginner yang didalamnya berupa pembahasan mengenai dasar-dasar membuat aplikasi android.

Semua penjelasan materinya dalam bentuk video yang menarik sehingga ketika mengikuti kursus tidak terlalu membosankan.

Ketika aplikasi yang dibuat sudah jadi, nantinya aplikasi tersebut juga bisa menghasilkan uang. Kita tinggal menguploadnya ke Google PlayStore dan biasanya nanti bisa dipasangi iklan dari google Adsense.

Nah, ketika banyak yang mendownloadnya disitulah waktunya Anda untuk panen penghasilan.

Menjalankan Task Untuk Aplikasi Tertentu

Anda tergolong orang yang menanggap kalau membuat aplikasi android itu sulit. Tenang saja, ada alternatif lain kok.

Anda bisa join dalam program-program yang memberikan task untuk dikerjakan pada aplikasi tertentu.

Task yang diberikan biasanya berupa perintah untuk menginstal sebuah aplikasi di hp Anda dalam jangka waktu tertentu.

Ada juga perintah untuk menonton video, mengklik iklan, mengundang orang lain untuk menginstal aplikasi, mengumpulkan poin dalam sebuah game, dan masih banyak lagi jenisnya yang ketika dikerjakan kita akan mendapat reward.

Beberapa aplikasi yang biasa memberikan task bagi penggunanya ialah Cashtree, Line, dan Whaff Reward.

Namun perlu diketahui bahwa imbalan yang didapat dari mengerjakan task tidak terlalu banyak dibandingkan dengan poin sebelumnya. Jadi, sangat disarankan untuk mengutamakan poin-poin sebelumnya.

Penutup

Untuk memperoleh penghasilan yang besar dari internet dibutuhkan pengorbanan dan kerja keras.

Apabila Anda tidak terlalu suka melakukan suatu pekerjaan yang agak sulit maka dapat dipastikan Anda akan jauh dari kata sukses.

Intinya Anda sebagai mahasiswa yang ingin mendapat penghasilan dari internet harus berani gagal dan berani bangkit kembali.

Ketika ada sesuatu yang hendak Anda perjuangkan teruslah berusaha sampai tujuan itu tercapai.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar