Bagaimana Membungkam Kritik Batin Tanpa Ampun Dengan 6 Cara

Bagaimana Membungkam Kritik Batin Tanpa Ampun Dengan 6 Cara

cara membungkam kritik batin

Kritik batin adalah suara yang sering muncul dalam benak dan berbicara pada diri kita. Suara tersebut seringkali datang untuk menghakimi dan merendahkan kita.

Ketika kita ingin melakukan sesuatu, selalu saja ada suara yang terngiang di kepala yang mengatakan bahwa saya tidak bisa.

Suara itu terus mengingatkan Anda akan kesalahan yang pernah dilakukan dan membandingkan kekurangan yang Anda miliki dengan orang lain.

Intinya suara yang demikian itu selalu berusaha untuk menjatuhkan Anda. Atau dengan kata lain suara itu adalah musuh terbesar yang ada dalam diri Anda.

Suara yang begitu menjengkelkan itu penuh akan ketakutan, keraguan pada diri sendiri, dan membuat Anda merasa tidak layak untuk mendapatkan sesuatu.

Hampir seperti di film-film. Ada suara yang muncul ketika kita sedang sendirian. Kadang kita berbicara dengan diri sendiri.

Bisakah saya? Mampukah saya? Atau pantaskah saya?

Hindari untuk percaya pada suara-suara itu karena ia ibarat setan yang berkehendak menjerumuskan Anda pada jalan yang sesat.

Kritik batin pada umumnya muncul saat kita  ingin melakukan sesuatu. Dan ketika kita berada di saat-saat yang sangat mendebarkan maka disitulah ia mulai  beraksi.

Misalnya ketika kita ingin berbicara di hadapan orang banyak. Saat itulah ia muncul dan mempengaruhi mindset Anda. ia mengupayakan agar bagaimana Anda bisa gagal.

Ia mulai membisikkan kata-kata yang bersifat menjatuhkan. Seperti bagaimana jika nanti saya gugup? Bagaimana bila saya lupa yang ingin saya katakan? Bagaimana bila penampilan saya diejek oleh audiens?

Maka dari itu, mulai dari sekarang abaikan suara-suara dalam kepala Anda yang berkeinginan merusak prestasi Anda. Kalau suara itu memotivasi Anda maka baguslah, tapi bagaimana bila sebaliknya.

Anda sangat beruntung bisa membaca postingan ini karena pada postingan ini Anda akan menemukan solusi yang Anda cari selama ini. Jadi saya sarankan untuk membaca dan memahaminya baik-baik.

Berikut penjelasan lengkap tentang cara membungkam kritik batin yang berusaha menjatuhkan Anda.

1. Akui Keberadaan Pikiran Negatif Anda


Akui Keberadaan Pikiran Negatif Anda

Tanamkan dalam diri bahwa Anda adalah sesuatu yang berbeda dengan pikiran Anda. Jadi apapun yang ada di pikiran Anda belum tentu itu benar.

Pikiran itu bukanlah sesuatu yang memimpin Anda, tetapi Andalah yang memimpin mereka. Jangan mau dibodohi pikiran negatif Anda. bangkit dan lawan pikiran negatif itu.

Tetaplah waspada terhadap pikiran negatif, ketika ia datang maka tindakan yang harus Anda lakukan adalah segera menghilangkannya. Karena ia dan Anda ibarat dua sisi koin yang saling bertentangan.

Andai kata Anda tak mampu melakukannya, saya punya solusi jitu yaitu dengan memilih pasangan kalimat yang beresonansi dengan pikiran negatif Anda.

Misalnya pada saat kritik batin yang dipenuhi pikiran negatif Anda muncul dan berkata “Saya sangat bodoh” , “Saya orang yang buruk”, “Saya tidak bisa”, “Saya tidak pantas” dan lain-lain.

Anda tinggal menggantinya menjadi “ Saya mencintai diri saya tanpa syarat”, “saya melakukan yang terbaik yang saya bisa”, “tidak ada yang salah dengan diri saya”, “saya utuh dan lengkap”, “saya tidak sempurna tapi saya cukup baik”, hidup adalah proses belajar jadi wajar kalau saya melakukan kesalahan.

Baca Juga : 7 Cara Mudah Membantumu Mengendalikan Emosi

2. Jadilah Cheerleader Anda

Berantas semua kritik batin negatif yang sering muncul menjadi sebuah motivasi untuk ke arah yang lebih baik. Geretak kritikus batin Anda “diam, saya mampu melakukannya!!”.

All is well. Semuanya akan baik-baik saja. Usahakan untuk selalu meyakinkan diri bahwasanya Anda adalah orang yang kuat dan mampu.

Pada saat Anda bimbang untuk memulai sesuatu maka visualisasikan dalam ingatan mengenai apa yang akan Anda dapatkan nantinya apabila berhasil melakukannya.

Bayangkan kesuksesan Anda dan just do it. Semuanya mudah kok.

Ibarat dalam sebuah pertandingan, Anda adalah supporter yang terus menyemangati diri Anda.

ketika Anda mengalami kesusahan, ketakutan, gugup, dan tidak percaya diri maka jadilah sosok yang bersorak paling keras mendukung diri Anda untuk meraih tujuan dan kesuksesan yang Anda yakini. 

3. Berlatih Bersikap Baik Pada Diri

Anggap diri Anda sebagai seorang teman. Kemudian identifikasi semua kekurangan-kekurangan yang ada pada diri Anda. Mengapa demikian?

Karena seseorang akan jauh lebih mudah mengidentifikasi kekurangannya daripada kelebihan yang ia miliki. Pelajari semua kekurangan Anda dan berusahalah untuk menerimanya.

Kita ini manusia biasa,  jadi nggak mungkin ada seorang pun di dunia ini yang tidak punya kekurangan. Kalau pun saya termasuk golongan orang bodoh, yah mungkin itu sudah jadi kehendak tuhan. 

Tetapi sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran maka saya harus mengubah kebodohan itu. Saya harus berusaha menjadi lebih baik dengan belajar.

Karena ketika tekad kita bulat mau mengubah keadaan kita pasti tuhan akan memberikan  jalannya.

4. Jangan Memikirkan Kesalahan Anda


Jangan Memikirkan Kesalahan Anda

Yang sering menjadi bahan cemoohan kritik batin adalah kesalahan. Ingatlah bahwa kita ini manusia biasa. Dalam menghadapi kehidupan secara tidak sadar kita menjalani proses belajar dari tidak tahu menjadi tahu.

Yang dulunya mungkin kita belum tahu belajar sekarang sudah bisa, dulu belum bisa bawa mobil sekarang bisa, mungkin dulu kita orangnya masih gaptek sekarang sudah bisa bisnis online.

Intinya dari waktu ke waktu tanpa kita sadari kita mengalami proses belajar. Jadi sudah sewajarnya kalau seandainya kita melakukan kesalahan.

Apabila Anda melakukan suatu kesalahan janganlah mau terpuruk dengan terus memikirkan kesalahan itu. Akan jauh lebih baik bila Anda berusaha mengatasi kesalahan itu daripada hanya terus meratapinya. Fokuslah pada apa yang ingin Anda capai dan raihlah.

Baca Juga :  Segala Rahasia Tentang Dejavu - Pengertian, Misteri, Penyebab, Contoh, dan Bagaimana Pandangan Islam

5. Anda Sedang Dalam Proses

Hindari untuk menghakimi diri sendiri bahwa Anda tidak mampu. Kalau pun saat ini Anda masih belum bisa maka yakinlah bahwa suatu saat nanti Anda akan bisa, karena semuanya pasti butuh proses dan tidak ada yang instan.

Tentukan sasaran-sasaran kecil yang Anda ingin capai dalam waktu dekat dan berusahalah untuk mencapainya. Dengan ketekunan dan kerja keras maka bukan tidak mungkin Anda bisa mencapainya.

6. Meditasi


meditasi

Meditasi sangat berperan dalam diri Anda terkait tentang masalah pengelolaan stres. Dengan bermeditasi akan membuat Anda merasa rileks dan meminimalisir pikiran depresif.

Meditasi juga dapat meningkatkan kesadaran Anda tentang negativitas dan membuat Anda terbantu untuk mengubahnya menjadi positif.

Kalau Anda tidak terbiasa melakukan meditasi selama berjam-jam bisa dengan memulai dengan beberapa menit sehari. Dan jika sudah terbiasa waktunya bisa ditingkatkan lagi.

Bagi orang muslim bisa dengan melakukan dzikir dalam jangka waktu tertentu. Karena meditasi dan dzikir memiliki manfaat yang hampir sama. 

Setelah 3 minggu Anda akan merasakan menfaatnya. Otak Anda akan dipenuhi dengan emosi positif dan Anda tidak akan panik terhadap munculnya pikiran-pikiran negatif.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar