Inilah Cara Orang Insomnia Mengatasi Susah Tidur Dalam Waktu Singkat

Inilah Cara Orang Insomnia Mengatasi Susah Tidur Dalam Waktu Singkat

cara mengatasi susah tidur

Dalam postingan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengatasi susah tidur agar nantinya Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Untuk bisa mendapatkan tidur yang nyaman pada umumnya tidaklah sulit. Yang penting Anda selalu menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang menyehatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kenapa Sih Saya Gak Bisa Tidur?

Penyebab susah tidur biasanya diakibatkan karena adanya problem pada kesehatan fisik dan emosi.

Secara sederhananya, penyebab tidak bisa tidur bersumber dari rutinitas harian dan kebiasaan yang biasa Anda lakukan sebelum tidur.

Adapun kebiasaan yang dimaksud akan dijelaskan pada poin berikutnya.

Apa Akibat Kurang Tidur?

Kurangnya jam tidur akan berdampak pada berat badan, emosi, menurunkan daya ingat, mempercepat penuaan dini, dan munculnya penyakit-penyakit serius seperti insomnia, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Perkara kurang tidur memang sering membuat orang lain hanya bersifat acuh. Tetapi jangan salah. Hal kecil bisa menjadi besar bila hanya dipandang sebelah mata.

Jadi mulai sekarang biasakan diri Anda untuk cukup tidur. Karena jika Anda hanya acuh maka ingatlah bahwa penyakit yang mematikan akan selalu mengintai.

Bagaimana Caranya Agar Tidur Saya Nyenyak?

Pernahkah Anda merasa tidak bisa tidur di malam hari? Yang terus Anda lakukan hanya menghabisakan waktu di tempat tidur sambil terus berguling-guling dan berharap akan segera tidur. Dan saya akui hal itu sangat menjengkelkan.

Hal yang harus dilakukan adalah memperbaiki rutinitas harian Anda, baik itu sebelum tidur maupun setelah bangun tidur. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memperoleh tidur yang nyenyak.

Tips #1 : Pastikan Untuk Mematikan Lampu Ketika Akan Tidur

Dengan mematikan lampu akan membuat Anda lebih terstimulasi untuk lebih cepat tertidur. Cahaya yang diterima oleh mata sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk membantu penglihatan, tetapi juga sebagai pemberi sinyal kepada tubuh agar menstimulasi aliran sel saraf pada otak yang mengontrol hormon melatonin yang berfungsi membuat Anda merasakan kantuk.

Tidur dalam keadaan lampu menyala sebenarnya kurang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa penelitian tentang akibat tidur dengan lampu menyala:
  • Dalam Journal of Affective Disorders menjelaskan bahwa orang yang depresi menggunakan cahaya lampu terang dikamarnya saat tidur. Atau dengan kata lain tidur dengan lampu yang menyala tanpa kita sadari dapat menimbulkan depresi. 
  • American Journal of Epidemiologi menunjukkan bahwa wanita yang tidur dalam kamar yang terang cenderung memiliki massa tubuh dan lingkar pinggang yang lebih besar dibandingkan wanita yang tidur dalam kondisi kamar yang gelap.
  • Dalam penelitian Jurnal Chronobiologi International menjelaskan bahwa orang yang tidur dalam kondisi ruangan yang gelap memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur di ruangan gelap.
  • Jadi alangkah baiknya kalau kita tidur dalam kondisi kamar yang gelap, selain baik untuk kesehatan juga dapat menghemat tagihan listrik.

Tips #2 : Hindari Layar Digital Selama Beberapa Saat Sebelum Anda Tidur


hindari layar digital

Penelitian menyatakan bahwa hampir 60% orang di dunia menghabiskan 6 jam waktu mereka dalam sehari di depan perangkat yang menggunakan layar digital seperti TV, smartphone, komputer, tablet, laptop, dan lampu LED.

Sinar biru yang terdapat dalam layar digital akan menekan produksi hormon melatonin dan mengakibatkan kita jadi susah tidur.

Sebenarnya dampak dari sinar biru bukan hanya itu, menurut peneliti di Harvard menyatakan bahwa dampak lain yang sering dikaitkan dengan sinar biru adalah kanker payudara, kanker prostat, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Jadi sangar dianjurkan untuk menghindari layar digital selama 1 sampai 2 jam sebelum tidur.

Tips #3 : Biasakan Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama Setiap Hari

Dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama akan melatih jam biologis Anda. jam biologis ini adalah masa dimana tubuh membutuhkan istirahat.

Ketika Anda membiasakan diri untuk tidur pada waktu tertentu akan memprogram diri kita agar ketika waktu itu datang maka Anda akan langsung mengantuk dan mudah untuk tertidur.

Jadi pilihlah waktu yang cocok sebagai waktu tidur Anda dan ikuti jadwal itu secara terus menerus. Lama kelamaan Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tips #4 : Hindari Tidur Siang 

Tidur siang memang adalah suatu cara praktis untuk mengembalikan energi tubuh setelah lama bekerja. Namun tahukah Anda bahwa tidur siang juga dapat membawa pengaruh negatif bagi tubuh.

Tidur siang yang terlalu sering dapat mempengaruhi ritme alami dalam tubuh sehingga menimbulkan ketidakseimbangan pada jam tidur malam Anda dan akan menimbulkan sakit kepala ketika bangun pagi.

Adapun dampak jangka panjang dari tidur siang yaitu dapat mengakibatkan insomnia. Ujung-ujungnya pasti Anda akan browsing lagi untuk mengetahui cara mengatasi insomnia.

Tidur siang sebenarnya boleh saja asal masih batas yang wajar. Tidak apalah kalau memang kita membutuhkannya karena terlalu kelelahan bekerja.

Tetapi yang tidak boleh kalau tidur siang itu dijadikan kebiasaan dan rutinitas.

Tips #5 : Hindari Menyalakan lampu Ketika Anda Bangun Di Malam hari

Ketika Anda bangun di malam hari, hindari menyalakan lampu. Lampu yang menyala terang akan membuat rasa kantuk Anda hilang.

Kalau pun Anda sulit berjalan di suasana yang gelap Anda bisa menggunakan lampu senter. Itu pun jangan sampai mata Anda terkena langsung cahayanya.

Cahaya lampu yang tiba-tiba akan mengejutkan otak Anda dan akhirnya akan membuat Anda susah tidur kembali.

Tips #6 : Jangan Minum Banyak Air Di Malam Hari


jangan minum banyak air putih

Meminum air yang terlalu banyak di malam hari dapat mengakibatkan Anda mudah terbangun pada malam hari dan berjalan menuju kamar mandi untuk membuang air kecil.

Minumlah paling tidak 2 jam sebelum waktu tidur Anda. hal itu bertujuan agar kandung kemih Anda kosong dan meminimalisir untuk bangun di malam hari.

Tips  #7 : Hindari Makan Makanan Yang Tinggi Karbohidrat 

Sewaktu Anda ingin tidur maka sebaiknya hindari makan makanan yang mengandung tinggi karbohidrat.

Karbohidrat akan membuat otak Anda lebih aktif sehingga dapat enghambat produksi hormon melatonin yang befungsi membuat kita mengantuk.

Selain itu, dengan makan sebelum tidur akan meningkatkan resiko Anda terkena berbagai macam penyakti seperti diabetes, penyakit jantung, dan insomnia.

Baca Juga : Tingkatkan Kinerja Otak Anda Dengan 10 Makanan Luar Biasa Ini

Tips #8 : Berolahraga Teratur Setiap Hari

Olahraga yang teratur akan melancarkan metabolisme dan peredaran darah. Salah satu faedah yang dapat dirasakan adalah tidur menjadi lebih nyenyak.

Dan bukan hanya itu, Anda juga akan bangun lebih pagi dengan kondisi badan yang fit dan bugar.

Dengan berolahraga akan menghilangkan stres akibat pekerjaan. Pikiran akan lebih tenang dan tentunya Anda akan semakin produktif.

Tips #9 : Hindari Kafein Di Malam Hari

Kafein adalah stimulan yang dapat mengakibatkan masalah tidur bagi peminumnya. Salah satu contoh minuman yang mengandung kafein adalah kopi.

Apabila meminum kopi sebelum tidur akan mempengaruhi sirkardian (jam biologis tubuh). Kopi akan menghambat pembentukan hormon tidur di tubuh yaitu melatonin.

Menurut penelitian Medis Biologi Molekuler di London menjelaskan bahwa efek kafein yang membuat orang sulit tidur sudah diketahui sejak lama.

Tetapi dampak mendasar bagi tubuh masih belum diketahui dengan jelas.

Maka dari itu, untuk memperoleh tidur yang berkualitas sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein sebelum tidur malam.

Tips #10 : Menarik Napas Dalam-Dalam

Menarik napas dalam-dalam akan melatih otot pernapasan untuk lebih rileks. Dalam kondisi ini orang akan cenderung lebih mudah untuk tertidur.

Dengan melatih pernapasan juga akan membuat sistem syaraf pusat lebih tenang sehingga membuat pikiran Anda menjadi lebih jernih dan stres akan hilang.

Namun lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan musik relaksasi.

Tips #11 : Terapkan Ritual Tertentu Sebelum Tidur


ritual sebelum tidur

Lakukan beberapa kegiatan yang membuat diri Anda rileks. Terapkan kegiatan itu sebagai ritual yang wajib Anda lakukan sebelum tidur. 

Beberapa contonya yaitu mendengarkan musik relaksasi, membaca buku, menulis beberapa hal penting yang ingin dilakukan esok hari, dan menulis 5 hal yang harus Anda syukuri hari ini.

Terbukti dengan melakukan cara ini akan melatih otak Anda agar terprogram untuk tidur ketika kebiasaan itu dilakukan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah ritual tersebut usahakan tidak melakukannya di lain waktu sebelum tidur.

Tips #12 : Jauhi Minuman Beralkohol Sebelum Tidur

Meminum minuman yang beralkohol memang dapat membuat kita lebih mudah untuk tertidur karena adanya efek penenang atau sedatif padanya.

Namun hal demikian tidak akan berlangsung lama, setelah itu Anda akan sangat terganggu karena bangun tengah malam.

Alkohol juga dapat mengubah ritme sirkardian yang dapat mengakibatkan kita susah tidur dan insomnia.

Selain itu, dampak lain dari alkohol yaitu membuat kita jadi sering haus, mimpi buruk, dan gangguan pernapasan.

Tips #13 : Hindari Suara Berisik

hindari suara berisik

Suara yang berisik akan menghilangkan perasaan rileks pada diri Anda. suasana hati Anda akan kacau dan kesal apalagi jika orang yang berisik itu adalah orang yang dibenci.

Anda bisa memberitahukan orang tersebut jika memungkinkan.

Namun alternatif lain bisa dengan memakai headphone pada telinga Anda dan memutar musik klasik atau musik-musik yang bersifat menenangkan.

Namun itu juga tergantung dari karakter orang masing-masin. Karena ada pula orang yang bisa tidur walaupun mendengar suara berisik.

Tips #14 : Buat Tempat Tidur Anda Nyaman

Bagi orang-orang yang terbiasa dengan perilaku hidup bersih tentu saja akan merasa tidak nyaman apabila tempat tidurnya kotor.

Jadi pastikan sebelum waktu tidur tiba sebaiknya bersihkan terlebih dahulu tempat tidur Anda.

Keadaan kasur juga sering mempengaruhi kualitas tidur. Maka dari itu pilihlah jenis kasur yang nyaman menurut Anda.

Usahakan bantal yang Anda gunakan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Selain itu, harus diperhatikan pula posisi tidur yang baik. Buat diri Anda senyaman dan serileks mungkin.

Tips #15 : Jangan Gunakan Tempat Tidur Untuk Hal Lain Kecuali Tidur

Untuk Anda yang sering berada dikamar biasanya menggunakan tempat tidur sebagai tempat untuk melakukan berbagai hal seperti membaca novel, mengerjakan tugas, main game, chatting, makan, menonton tv, atau hanya sekedar guling-guling.

Mulai dari sekarang hindari menggunakan tempat tidur sebagai tempat melakukan aktivitas lain selain tidur. Dengan begitu ketika Anda berada di tempat tidur berarti menandakan bahwa waktunya untuk tidur.

Sederhananya kita melatih otak untuk terbiasa merespon tempat tidur sebagai tanda waktunya untuk tidur malam.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar