Ini Alasan Mengapa Badan Anda Mudah Lelah Dan Cara Mengatasinya

Ini Alasan Mengapa Badan Anda Mudah Lelah Dan Cara Mengatasinya

Ini Alasan Mengapa Badan Anda Mudah Lelah Dan Cara Mengatasinya

Salah satu kondisi tak menyenangkan yang sering dialami oleh beberapa orang adalah bdan terasa lelah. Siapapun pasti pernah merasakan badan lelah termasuk Anda.

Rasa lelah biasanya identik dengan kejenuhan saat bekerja. Tapi tahukah Anda bahwa rasa lelah itu tidak selamanya tentang pekerjaan.

Indikasi seseorang mengalami rasa lelah itu ada bermacam-macam, bisa berupa ketidakmampuan dalam berkonsentrasi, masalah perilaku, frustasi, marah, masalah ingatan, menurunnya tingkat produktivitas, serta waktu reaksi yang melambat.

Masalah kelelahan juga sering dihubungkan dengan masalah medis seperti hipertensi, insomnia, obesitas, diabetes, depresi, dan meningkatkan resiko kecelakaan mobil dan motor.

Mungkin Anda pernah mencoba mengatasi rasa lelah itu dengan vitamin, minuman berenergi, kopi, gula, dan produk-produk lain yang mungkin menawarkan manfaat yang diinginkan.

Tetapi sayangnya metode tersebut tidak sepenuhnya berhasil.

Apa yang bisa saya lakukan?

Apabila Anda termasuk orang yang cukup tidur dan masih mengalami rasa lelah berarti memang ada sesuatu yang salah dalam hidup Anda.

Coba sekarang Anda flashback ke masa lalu Anda. Ingatlah apa saja yang kira-kira menjadi penyebab dari rasa lelah yang Anda rasakan.

Jadi sebelum Anda meminum kopi berikutnya, memakan makanan ringan, dan meminum minuman berenergi yang memiliki efek samping.

Coba pikirkan beberapa alasan mengapa seseorang merasa lelah sepanjang waktu. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pikirkan pula bagaimana solusi mengatasi permasalahan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang mungkin bisa menjadi penyebab Anda merasa lelah sepanjang hari dan solusi untuk mengatasinya.

1. Melakukan Hal Yang Tidak Sesuai Passion

Pada dasarnya apapun yang Anda kerjakan sehari-hari pasti akan terasa berat dan membosankan bila pekerjaan itu tak sesuai dengan minat dan passion Anda.

Bukannya sukses dan bahagia, justru Anda akan bekerja sambil dipenuhi rasa stres, tidak puas, dan tidak bahagia.

Entah sampai kapan Anda mampu bertahan dengan keadaan yang hanya akan menguras energi itu.

Dan bahkan saya yakin ketika Anda bangun pagi dan hendak ke kantor pasti Anda akan sangat berat untuk bangun dan bergegas pergi.

Andaikata ada tombol pause yang bisa menghentikan waktu, saya yakin 100% Anda pasti akan langsung menekannya.

Inilah hal yang tidak dapat dipungkiri, yaitu passion. Ketika seseorang menyukai apa yang dikerjakannya maka apapun halangan yang didapatkan maka ia akan terus mengerjakannya.

Orang yang bekerja sesuai passion-nya akan cenderung selalu bersemangat dalam kesehariannya. Karena ia bekerja bukan hanya sekedar untuk menghasilkan uang tetapi juga memuaskan jiwanya.

2. Kesehatan Fisik

Singkatnya bahwa semua kehidupan yang ada di dunia adalah energi. Termasuk tubuh kita sendiri. Jadi aliran energi yang tersumbat akan menimbulkan ketidakseimbangan.

Apabila terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan pasti akan memunculkan masalah. Begitu pun yang terjadi pada tubuh manusia.

Saat terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh maka kinerja bagian yang lain pun juga akan terganggu.

Kesehatan fisik manusia merupakan hal penting yang harus selalu dijaga. Kesehatan fisik bukanlah sesuatu yang bisa dibeli dengan uang.

Apabila fisik Anda sudah tak sehat lagi maka jangan harap Anda bisa membeli gantinya.

Salah satu dampak yang akan menghampiri Anda bila tak memperhatikan kesehatan fisik adalah mudahnya merasa lelah.

Kadang baru mengerjakan sesuatu sebentar saja sudah lelah. Apa Anda mau seperti itu?

Jadi akan sangat bagus jika Anda melatih tubuh untuk melakukan sesuatu secara terjadwal. Jangan hanya membuat tubuh melakukan sesuatu ketika sedang butuh saja tetapi tubuh itu harus terus dilatih secara rutin.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih tubuh Anda agar tetap sehat. Bisa dengan rutin melakukan beberapa gerakan pemanasan, akupuntur, reiki, senam, latihan angkat beban, jogging, dan lain-lain.

3. Pola Makan Yang Tidak Baik

Tingkat energi yang Anda miliki sangat tergantung dari apa dan berapa banyak makanan yang Anda makan.

Makanan yang yang tidak cocok akan membuat Anda lesu dan lelah. Pola makan yang buruk juga akan membuat gula darah menjadi rusak sehingga tubuh Anda hanya mendapat sedikit energi.

Mungkin Anda sering mendapatkan rekomendasi makanan dari orang lain. Tetapi apa yang dikatakan orang lain belum tentu sesuai dengan tubuh Anda.

Karena hanya Andalah yang tahu apa yang dibutuhkan dan cocok untuk Anda.

Makanlah dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh, bukan karena nafsu. Makan dengan porsi yang besar juga akan merusak kesehatan dan ujung-ujungnya akan menimbulkan berbagai penyakit.

Makanlah secukupnya seperti kata pepatah " Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang".

4. Kualitas Tidur Yang Buruk

Salah satu penyebab umum mengapa orang sering lelah adalah karena kurang istirahat. Kebanyakan orang justru tidak menggunakan waktu istirahatnya dengan baik.

Biasanya waktu istirahat itu digunakan untuk chatting, membaca buku, streaming youtube, dan hal-hal lainnya.

Ketika waktu tidur malam Anda tiba maka tidurlah. Abaikan dulu hal-hal yang bisa mengganggu tidur Anda.

Jangan terlalu memaksakan tubuh Anda. Tubuh juga butuh istirahat setelah seharian bekerja.

Namun kadang juga terjadi ketika kita sudah hendak tidur tetapi entah kenapa mata rasanya seperti tidak mau terlelap.

Bila Anda termasuk orang yang mengalami hal tersebut maka Anda perlu membaca postingan Inilah Cara Orang Insomnia Mengatasi Susah Tidur Dalam Waktu Singkat

5. Stres Yang Berlebihan 


stres yang berlebihan

Pada saat Anda mengalami stres maka secara alamiah tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang membuat tidur menjadi tidak nyaman.

Itulah alasan mengapa ketika Anda tidur sering mengalami gangguan tidur.

Pada dasarnya energi yang digunakan oleh tubuh stabil dan seimbang, namun karena Anda mengalami stres dan khawatir sehingga aliran energi itu menjadi tidak wajar sehingga membuat Anda menjadi mudah lelah.

Hampir sama dengan baterai smartphone. Ketika smartphone yang kita miliki menjalankan terlalu banyak aplikasi maka akan membutuhkan banyak energi sehingga otomatis baterai smarthphone Anda akan cepat habis.

Jadi Anda perlu mengatasi stres itu dengan melakukan meditasi, yoga, dan olahraga lainnya yang dapat mengurangi stres.

Mungkin Anda bisa terbantu dengan membaca postingan 17 Cara Menciptakan Kebahagiaan Kecil Di Tengah Kesusahan

6. Pernapasan Yang Kurang Optimal

Tahukah Anda bahwa pernapasan yang tidak optimal akan mengakibatkan tubuh menjadi cepat lelah.
Jumlah suplay oksigen yang dibawa ke otak haruslah cukup.

Sirkulasi darah yang lancar akan menciptakan energi yang besar. Selain itu, juga akan menyehatkan otot, organ dan jaringan. Namun yang menjadi pertanyaan apakah cara bernapas Anda saat ini sudah optimal?

Menurut salah seorang pakar bernama Vivica Schwartz, bahwa kebanyakan orang hanya bernapas dengan mengisi udara hanya sampai dadanya saja.

Padahal sebenarnya lebih bagus jika udara tersebut masuk hingga ke perut. Jadi bagian yang terisi adalah dada dan perut.

Dengan bernapas sampai ke perut akan menurunkan tingkat stres dan membuat pikiran Anda lebih nyaman.

Apa yang Anda lakukan saat ini?

Apa Anda sedang mencoba bernapas lebih dalam?

Hebat!!! Berarti Anda sudah setengah jalan.

Bagaimana cara lengkapnya?

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah meletakkan satu tangan di atas dada dan satunya lagi di atas perut. Lalu tarik napas dalam-dalam dan keluarkan melalui hidung. Visualisasikan bagaimana napas Anda mengembang di dalam tulang rusuk secara tiga dimensi.

Selanjutnya mulailah menghirup udara dengan mengisi bagian perut lebih dahulu. Hal ini ditandai dengan tangan yang di atas perut akan naik lebih dulu. Kemudian setelah itu isilah bagian dada.

Pada saat ingin membuang napas maka kosongkan terlebih dahulu bagian dada lalu bagian perut. Lakukan secara terus menerus sampai Anda terbiasa. Cara ini akan melatih otot diafragma agar lebih optimal.

7. Bergaul Dengan Orang Yang Salah

Pernahkah Anda merasa mempunyai teman-teman yang menguras energi Anda. seperti orang-orang yang membuat Anda selalu merasa kesal dan stres.

Mungkin mereka orang-orang yang membosankan dan membuat Anda merasa seperti dikekang.

Ataukah Anda berteman dengan orang-orang yang hanya memanfaatkan Anda dan kerjanya hanya menyuruh-nyuruh.

Saya yakin bahwa secukup apapun tidur Anda kalau berhadapan dengan orang yang demikian pasti Anda akan merasakan kelelahan.

Bergaulah dengan orang-orang yang membuat jiwa Anda terasa hidup dan membuat Anda merasa dihargai. Jangan berteman dengan orang yang hanya menganggap Anda ketika ada maunya.

Selain itu, hindari orang-orang yang akan membawa pengaruh negatif bagi hidup Anda. Karena ketika Anda bergaul dengan orang negatif maka cepat atau lambat Anda juga nantinya akan seperti itu.

Diibaratkan penjual parfum dan penjual ikan, kalau Anda sering berada di dekat penjual parfum maka Anda akan ikut wangi, dan begitu pula sebaliknya dengan penjual ikan, Anda akan ikut-ikutan bau ikan.

8. Kurang Bergerak


kurang bergerak

Sudah bukan menjadi omong kosong belaka bahwa olahraga itu akan membuat peningkatan energi dan dapat mengurangi kelelahan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang jarang berolahraga akan cenderung lebih cepat mengalami kelelahan dibandingkan mereka yang sering olahraga.

Apa yang harus saya lakukan?

Lebih sering bergerak!  Upayakan untuk lebih sering bergerak dengan melakukan latihan-latihan sederhana. Kalau memungkinkan hindari menggunakan lift dan gunakan tangga. Bisa juga dengan berjalan kaki 20 menit sehari.

9. Akibat Dehidrasi

Hal sepele yang dapat menurunkan tingkat energi Anda adalah dehidrasi. Pastikan Anda meminum cukup air setiap harinya.

Kekurangan air akan menghambat proses metabolisme dan akan mengakibatkan kurangnya komsentrasi. Idealnya orang minum 8 gelas dalam sehari. Ketika kadar air di dalam tubuh Anda tercukupi maka otomatis Anda akan terhindar dari rasa lelah walaupun cukup beristirahat.

10. Anda Terlalu Sibuk

Hal umum yang menjadi penyebab utama seseorang mengalami kelelahan adalah karena mereka terlalu sibuk bekerja.

Bekerjalah sewajarnya. Jangan membebani tubuh dengan pekejaan yang tidak bisa Anda lakukan sendirian.

Karena pekerjaan yang terlalu berat tentunya akan menghabisakan banyak energi.

Bagi orang yang cukup beristirahat dan memiliki pola hidup yang sehat mungkin tidak menjadi masalah yang perlu dikhawatirkan.

Penyebab lain yang bisa jadi kemungkinan Anda lelah adalah Anda hanya melakukan hal yang sama setiap hari seperti bangun tidur, pergi bekerja, makan siang, pulang, makan malam, tidur, dan besoknya bangun pagi lagi. Begitu terus sampai berulang-ulang.

Intinya Anda melakukan hal yang sama setiap hari. Jadi alangkah baiknya jika keseharian Anda diselingi dengan beberapa kegiatan yang jarang Anda lakukan seperti sekadar liburan, bersantai di kafe, atau berkumpul dan bercanda tawa dengan teman Anda.

Baca Juga : 6 Cara Terbaik Meningkatkan Konsentrasi Bekerja

11. Ada Penyebab Lainnya

Ketika beberapa hal di atas sudah Anda evaluasi dan perbaiki dalam hidup Anda dan lantas Anda masih merasa kelelahan.

Mungkin ada penyebab lain yang membutuhkan orang yang lebih ahli dalam pengidentifikasiaannya.

Anda perlu mengkonsultasikan diri Anda ke dokter atau seseorang yang lebih ahli dalam masalah kesehatan. Kemungkinan mereka akan membantu Anda dalam menemukan masalah dasar yang menjadi penyebabnya.

Beberapa kemungkinan yang mungkin adalah pengaruh efek samping obat yang dikonsumsi. Atau karena adanya disfungsi adrenal dan tiroid, atau gara-gara anemia dan apnea tidur.

Lakukan perubahan terhadap kebiasaan-kebiasaan dan pola hidup Anda. baik itu pola makan, berolahraga, jam tidur, dan menilai kembali pekerjaan yang Anda benci atau dengan menjauhi berhubungan dengan orang yang menyebalkan.

Lakukan perubahan itu dengan sungguh-sungguh dan lama-kelamaan Anda pasti akan merasakan manfaatnya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar