13 Cara Menyeimbangkan Pekerjaan dan Kebahagiaan Hidup [Optimalkan Hidupmu]

13 Cara Menyeimbangkan Pekerjaan dan Kebahagiaan Hidup [Optimalkan Hidupmu]

cara menyeimbangkan pekerjaan

Dalam menjalani karier setiap orang terkadang mengalami kecenderungan baik itu pada pekerjaan maupun kebahagiaan hidup.

Kadang kita lebih cenderung ke arah pekerjaan. Sangat memprioritaskan pekerjaan dibandingkan hal lainnya bahkan keluarga.

Sehingga seringkali terjadi ketidakharmonisan dalam keluarga. Sebagian besar waktu yang dimiliki hanya digunakan untuk bekerja.

Dan ada pula yang lebih cenderung ke arah kebahagiaan hidup. Maksudnya segala sesuatu yang dilakukan hanya berdasarkan kehendak saja.

Bila hal itu membuat Anda senang maka dilakukan dan begitu pun sebaliknya. Jadi dapat dikatakan bahwa orang seperti ini lebih sering mengabaikan pekerjaan dan mengutamakan kesenangannya.

Maka dari itu perlu diseimbangkan antara pekerjaan dan kebahagiaan hidup. Namun untuk menyeimbangkannya itu bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Untuk itu dalam postingan ini akan dijelaskan tentang bagaimana caranya menyeimbangkan pekerjaan dan kebahagiaan hidup. Berikut pembahasan lengkapnya :

1. Ambil Lebih Banyak Hari Peremajaan

Hari peremajaan adalah hari dimana Anda terbebas dari pekerjaan. cara ini cukup baik untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas Anda.

Luangkan waktu Anda sehari saja dalam seminggu untuk diri sendiri. Ciptakan suasana yang nyaman sehingga pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Pikiran yang tenang akan mengalirkan energi positif ke dalam tubuh.

Tujuan utama dari hari peremajaan ini agar pikiran Anda bisa terefresh kembali setelah terlalu lama bekerja. Anda akan mendapatkan pikiran yang tenang, lebih bersemangat, dan lebih termotivasi lagi dalam menjalani hari.

Dengan mengambil hari peremajaan Anda maka sama saja Anda berinvestasi terhadap diri Anda secara alami dan menciptakan lebih banyak keseimbangan.

Ayolah ambil kalender Anda sekarang! 

Tandai tanggal-tanggal tertentu sebagai hari peremajaan atau refreshing Anda. Bisa sekali seminggu atau dua kali sebulan, tergantung dari kebutuhan Anda. Tetapi semakin banyak semakin bagus, namun harus dipertimbangkan pula jam kantor dan kesibukan yang lain.

Lakukanlah kira-kira dua sampai tiga bulan, saya yakin akan ada peningkatan dalam tingkat produktivitas dan kehidupan Anda.

2. Lepaskan Ketakutan

Ketakutan adalah sesuatu yang harus dijauhi. Namun jaman sekarang banyak sekali para pengusaha yang kadang dipenuhi dengan rasa takut dan kecemasan.

Biasanya mereka cemas karena tidak melakukan hal yang optimal hari ini, cemas karena tidak menggunakan waktu sebaik-baiknya, dan cemas karena takut akan kejadian yang belum pasti datangnya.

Hal itu biasanya dipicu dari pikiran negatif yang terus-terusan meracuni otak Anda. bagaimana yah kalau nanti begini? Bagaimana kalau nanti begitu?

Sekali lagi saya katakan hindarilah pikiran-pikiran seperti itu karena hanya akan menjerumuskan Anda.

Ketika rasa takut itu muncul maka paksa pikiran Anda untuk memberikan alasan yang logis kepada Anda. Mengapa saya harus takut toh semuanya juga belum tentu terjadi.

Ketakutan hanya akan menjadi beban berat yang menghalangi Anda untuk melangkah maju menuju kesuksesan.

Jadi mulai sekarang sugesti diri Anda untuk selalu optimis dan menjauhkan diri dari pikiran negatif.

Baca Juga : Pikiran Mumet Karena Pekerjaan Menumpuk, Solusinya Gampang Kok

3. Prioritaskan Hari Anda

Selalu optimalkan hari yang sedang Anda jalani. Lakukanlah yang terbaik hari ini seolah Anda tak mempunyai lagi hari esok.

Prioritaskan hari Anda sebagai hari yang terbaik. Manage semua kegiatan yang ingin Anda lakukan. Kalau perlu catat semua agar tidak ada yang terlupakan. Pokoknya hari ini Anda harus sangat produktif.

Jangan ada waktu yang terbuang sia-sia untuk bersedih, menyesal, dan marah. Hari ini adalah hari yang penuh akan keceriaan dan keproduktifan Anda. Jadi jangan sampai ada yang merusaknya.

4. Ucapkan Syukur Atas Apa yang Anda Miliki

Orang yang paling merasa kaya di dunia ini adalah orang yang bersyukur. Anda tidak akan pernah cukup bila tidak bersyukur.

Manusia pada hakikatnya memiliki kebutuhan yang tidak terbatas. Pada awalnya berdo’a untuk bisa beli motor.

Ketika diberi motor dari Tuhan eh malah minta mobil lagi. Dan saat ia sudah dapat mobil lalu berdo’a lagi minta rumah.

Itulah sifat dasar manusia, memiliki kebutuhan yang tidak pernah ada batasnya. Selalu ingin ini dan itu tanpa pernah puas.

Bila Anda termasuk orang yang jarang bersyukur maka meminta maaflah kepada Tuhan. Karena segala sesuatu yang kita miliki saat ini hanya pemberian dari-Nya. Baik itu mata, telinga, hidung, tangan, kaki, harta benda, dan masih banyak lagi.

Biasakanlah bersyukur maka Allah akan menambahkan nikmatnya pada Anda. Dengan bersyukur maka Anda akan senantiasa merasa cukup atas apa yang Anda miliki.

Pada malam hari sebelum Anda tertidur ambillah selembar kertas lalu catat sepuluh hal yang patut Anda syukuri.

Dengan begitu Anda akan semakin bersyukur dan menyadari bahwa Anda adalah yang sangat beruntung dibandingkan orang lain.

5. Belajar Berkata Tidak

Pernahkah Anda melakukan sesuatu yang sebenarnya Anda sendiri tidak ingin melakukannya? Hal ini terkadang terjadi ketika hanya ada satu pilihan di hadapan kita. Jadi mau tidak mau kita harus memilihnya.

Sama halnya dalam urusan bisnis. Ketika Anda memiliki seorang teman dekat yang ingin melamar pekerjaan di kantor Anda.

Awalnya Anda sudah mengenal dengan baik bagaimana karakter teman Anda ini. Ia seorang yang cenderung sering mengabaikan tanggung jawabnya, agak malas, sembrono, dan sulit dipercaya.

Nah, masalahnya adalah Anda dan dia adalah teman yang sangat dekat. Namun di sisi lain juga Anda tidak ingin perusahaan Anda mengalami kerugian karenanya.

Disinilah kadang kita terjepit akan keadaan dan sulit untuk memilih. Sebagai teman yang baik pastinya Anda akan segan untuk menolaknya. tetapi untuk kebaikan perusahaan, Anda harus berani mengatakan tidak apabila ia memang tak pantas untuk dipekerjakan.

Anda harus punya pendirian, harga diri, kepercayaan diri, dan keberanian untuk hidup dengan persyaratan Anda sendiri.

6. Bersenang-senanglah

Dengan bersenang-senang akan membuat pikiran menjadi tenang. Coba Anda ingat-ingat lagi minggu lalu. Berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk bersenang-senang.

Bila sangat sedikit maka sekaranglah saatnya untuk mengubah keadaan.

Lakukan hal-hal baru yang membuat Anda merasa bersemangat. Apakah sekedar main game, pergi berlibur, nongkrong dengan teman, atau berkencan dengan pasangan Anda.

Intinya lakukan sesuatu yang menyenangkan dan bisa merilekskan pikiran Anda.

Hidup tak selamanya harus tentang pekerjaan, masalah, dan stres. Kadang kita butuh waktu untuk bersantai sejenak melupakan masalah sehari-hari.

Baca Juga : 17 Cara Menciptakan Kebahagiaan Kecil di Tengah Kesusahan

7. Mulai Menulis Diary


menulis diary

Menulis diary adalah cara untuk mengurangi beban dalam pikiran Anda sehari-hari. Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui bahwa menulis diary adalan suatu bentuk terapi yang dapat merilekskan pikiran.

Cobalah untuk menulis buku diary. Tulis semua yang ada di benak Anda baik itu, kesedihan, kesenangan, kebahagiaan, kekecewaan, masalah, dan segala keluh kesah yang pernah Anda alami.

Curahkan semua emosi Anda dalam sebuah bentuk tulisan. Ketika menulis tidak harus dengan bahasa yang sesuai dengan penulisan ilmiah. Diary itu tempat curhat bukan tempat penulisan karya ilmiah.

Anda bisa menggunakan bahasa sederhana atau bahasa yang mungkin hanya Anda yang mengerti bukan orang lain. Karena diary itu dibikin hanya untuk Anda bukanlah untuk orang lain.

8. Buat Satu Jam Sehari Untuk Berpikir dan Bersantai

Pernahkah Anda ingin melakukan banyak hal dalam sehari tetapi merasa tak punya waktu. Mau begini begitu tetapi selalu merasa dibatasi oleh waktu.

Mulai dari sekarang pintar-pintarlah mengelola waktu. Mengapa negara maju seperti Jepang bisa cepat berkembang? Karena mereka pandai mengatur waktu.

Ketika waktu istirahatnya tiba maka mereka benar-benar beristirahat dan ketika waktu kerja tiba maka mereka pun bekerja dengan sungguh-sungguh.

Orang jepang sangat terkenal dengan disiplinnya. Mereka sangat menghargai waktu sehingga mereka selalu berusaha memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Coba tengok keseharian Anda bagaimana?

Cobalah untuk mengubah kebiasaan  buruk Anda. Selalu dedikasikan waktu satu jam untuk kebaikan Anda sendiri.

Satu jam untuk  bersantai, satu jam untuk mempelajari hal baru, satu jam untuk bertemu dengan teman.

Dan kenyataannya adalah banyak diantara kita yang selalu merasa sibuk dan tidak memiliki waktu selain untuk bekerja. Padahal selalu ada waktu untuk melakukan hal lain bila Anda benar-benar menginginkannya.

9. Lakukan Satu Hal Yang Anda Sukai Setiap Hari

Apabila melakukan suatu hal yang menyenangkan di pagi hari maka akan membangkitkan mood Anda.

Dengan begitu maka pikiran Anda akan mendapat energi positif untuk menjalani hari. Pikiran akan menjadi lebih tenang, rileks, nyaman, dan santai.

Ada banyak hal yang mungkin menyenangkan bagi Anda seperti bernyanyi, bersepeda, menulis, berenang, bermain alat musik, bermain game, belanja, membaca buku, jogging, dan lain-lain. Dalam hal ini yang di prioritaskan adalah bagaimana membuat perasaan Anda senang.

Dengan begitu maka Anda akan terhindar dari stres yang berlebihan dan tentunya hidup Anda akan jauh lebih sehat.

10. Ciptakan Lebih Banyak Waktu keluarga

Tidak ada yang paling berharga di dunia ini selain keluarga. Keluarga adalah orang yang senantiasa selalu menyayangi kita baik dikala suka maupun duka. Keluarga selalu mensupport kita untuk selalu maju meraih kesuksesan.

Namun terkadang yang terjadi di dunia ini adalah ketika seseorang telah sukses dalam hal finansial justru sering mengabaikan keluarganya.

Dikarenakan terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga yang selalu diprioritaskan hanya pekerjaan saja.

Cobalah luangkan waktu Anda sejenak untuk keluarga Anda walaupun itu hanya sekedar mendengarkan apa yang ingin mereka katakan.

Hayati apa yang mereka katakan dan buat mereka senang. Tatap dan perhatikan wajah mereka dan katakan dalam hati Anda bahwa inilah wajah yang harus saya bahagiakan.

Baca Juga : Bahagiakan Kedua Orang Tua Anda Sebelum Terlambat Dengan Cara Ini

11. Tetapkan Tujuan Yang Jelas

Dalam melakukan suatu pekerjaan Anda harus menetapkan dengan jelas tujuan apa yang harus Anda capai di masa mendatang.

Entah itu satu tahun dari sekarang, satu bulan dari sekarang, satu minggu dari sekarang, dan bahkan tujuan Anda hari ini.

Yang terpenting semua tujuan Anda harus terencana dengan baik. Perlu diketahui pula bahwa Anda harus terfokus pada tujuan Anda baik itu yang jangka pendek maupun jangka panjang.

Karena apabila Anda hanya terfokus pada salah satunya maka nantinya tidak akan bersinergi dengan baik.

Bila Anda hanya terfokus pada tujuan jangka panjang Anda maka Anda hanya terus berpikir bagaimana untuk meraih tujuan jangka panjang itu dan mengabaikan tujuan jangka pendek.

Padahal seharusnya untuk mencapai tujuan jangka panjang adalah dengan mencapai tujuan jangka pendek terlebih dahulu.

Kita analogikan seperti uang seratus ribu rupiah. Kita mungkin ingin mendapat uang seratus ribu tetapi kita mengabaikan uang seribu.

Padahal bila dikumpulkan uang seribu ini bisa menjadi seratus ribu. Jadi jangan harap pada pencapaian besar kalau pencapaian kecil saja tidak bisa Anda dapatkan.

12. Berkomitmen Untuk Masa Depan Yang Lebih Besar

Hal yang paling utama dalam hal meraih kesuksesan adalah komitmen. Anda tidak akan bisa sukses jika tak memiliki komitmen yang kuat. Komitmen adalah fondasi awal yang akan mengarahkan Anda untuk sukses.

Komitmen yang kuat muncul dari kemauan yang kuat untuk mencapai sesuatu. Ketika Anda memiliki kemauan dan tekad yang kuat maka untuk meraih sukses bukanlah hal yang tidak mungkin.

Ciptakan komitmen yang kuat dalam diri Anda, hadapi tantangan yang ada, lampaui batas Anda, dan jadilah orang sukses.

13. Fokus Pada Hasil

Ketika melakukan suatu pekerjaan maka yang harus diutamakan adalah bagaimana agar kita bisa mendapat hasil yang besar.

Sangat penting untung menyederhanakan area fokus Anda. Jangan terlalu banyak memfokuskan diri pada banyak hal karena itu hanya akan merugikan Anda.

Terkadang kita selalu ingin menyelesaikan banyak hal secara bersamaan. Tetapi tahukah Anda melakukan hal demikian sangat tidak disarankan.

Menyelesaikan banyak pekerjaan tak ada artinya bila yang Anda selesaikan itu tidak ada hal hebat didalamnya.

Pernahkah Anda mendengar peribahasa yang menyatakan bahwa ketika Anda mengincar lebih dari satu tikus maka Anda tidak akan mendapat apa-apa. Tetapi ketika Anda hanya mengincar satu tikus saja maka Anda akan mendapatkannya.

Begitu pula dalam hal pekerjaan. Anda tidak boleh terlalu fokus pada banyak hal. Tetapi fokuslah pada suatu hasil yang ingin dicapai.

Jadi mulai sekarang tentukan hasil apa yang ingin Anda capai lalu fokuslah untuk meraihnya.

Dengan menetapkan fokus Anda maka akan memiliki kepercayaan diri, rasa pencapaian, dan motivasi yang lebih besar.

Dan nilai plusnya adalah Anda mungkin memiliki banyak waktu untuk beristirahat lebih awal dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar