12 Tips Yang Saya Lakukan Untuk Mengatasi Kebiasaan Datang Terlambat (Ngaret)

12 Tips Yang Saya Lakukan Untuk Mengatasi Kebiasaan Datang Terlambat (Ngaret)

cara mengatasi datang terlambat

Fenomena ngaret atau datang terlambat adalah sesuatu yang sering dijumpai dalam masyarakat. Baik itu disengaja atau tidak. Itu merupakan kebiasaan buruk yang harus dihilangkan.

Kalau untuk yang terlambat yah tidak masalah, tapi bagaimana mereka yang menunggu Anda. Bukankah sangat menyebalkan menunggu seseorang yang tak kunjung datang.

Dengan datang terlambat bukan hanya orang lain yang Anda rugikan, tetapi diri Anda sendiri. Bukankah sangat merepotkan bila tiap hari harus terburu-buru karena manajemen waktu yang buruk.

Apalagi pertemuan yang ingin Anda hadiri adalah pertemuan yang sangat penting seperti janjian untuk bertemu calon investor, wawancara pekerjaan, bertemu calon mertua, dan lain-lain.

Untuk menjadi orang sukses Anda harus bisa disiplin waktu. Coba saja tengok negara Jepang yang sangat terkenal dengan disiplin waktunya. Maka tidak heran bila Jepang menjadi negara maju dan berkembang pesat.

Apa bisa kita seperti mereka? Tentu saja bisa. Selama kita memiliki kemauan dan keinginan untuk berusaha maka tidak ada yang tidak mungkin.

Untuk bisa tepat waktu perlu manajemen waktu dan konsistensi yang kuat untuk menerapkannya. Kemauan untuk berubah harus datang dari hati, bukan karena paksaan dari pihak lain.

Namun bagaimana bila saya tergolong orang yang sulit merubah kebiasaan?

Tenang saja, karena di postingan ini akan dipaparkan tentang tips bagaimana agar kita bisa sering datang tepat waktu. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Siapkan Waktu Satu Jam Sebelum Berangkat Untuk Merilekskan Pikiran.

Sebelum berangkat ke pertemuan sebaiknya sediakan waktu sekitar satu jam untuk sekedar merilekskan pikiran.

Gunakan waktu ini untuk mengecek hal-hal yang mungkin Anda lupakan seperti membawa handphone, menyisir rambut, merapikan pakaian, atau memanaskan mesin kendaraan.

Luangkan pula waktu untuk sarapan agar perut Anda nantinya tidak keroncongan pada saat pertemuan.

Sempatkan juga untuk sekadar mengobrol dan berbincang-bincang dengan keluarga di rumah agar keluarga Anda tetap harmonis.

Bila Anda sudah merasa siap untuk berangkat dan waktunya masih agak lama maka tidak ada salahnya untuk berangkat lebih cepat untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang ada di jalan seperti macet.

Baca Juga :17 Cara Menciptakan Kebahagiaan Kecil Di Tengah Kesusahan

2. Catat Semua Jadwal Rapat Atau Pertemuan

Dengan mencatat semua jadwal pertemuan maka akan meminimalisir kemungkinan untuk lupa menghadiri pertemuan.

Jadi apabila kita telah mencatat semuanya dan memperkirakan waktunya sehingga akan memperkecil resiko terlambat.

Kelompokkan jadwal tersebut berdasarkan tingkat kepentingannya. Prioritaskan pertemuan yang penting dahulu. Kalau memang tidak terlalu penting dan mendesak mungkin bisa dijadwalkan nanti.

 Apabila telah selesai melakukan suatu pertemuan mungkin Anda bisa menchecklist atau mencoretnya agar ketika Anda melihat catatannya ada sedikit kepuasan yang Anda rasakan. Setidaknya semua jadwal itu tidak bertumpuk dan Anda telah menyelesaikannya sebagian.

Ketika melakukan pertemuan, fokuskan segala perhatian Anda hanya pada pertemuan itu. Usahakan masalah yang dibahasa pada pertemuan itu selesai sehingga nantinya tidak ada lagi pertemuan-pertemuan lanjutan yang seharusnya tidak perlu.

3. Buat Pengingat atau Alarm di Ponsel

Selain menulis semua jadwal di kertas, mungkin Anda juga bisa menaruhnya di ponsel Anda. Ada kelebihan tersendiri bila menaruh di ponsel karena ada fitur alarm atau pengingat.

Setidaknya ketika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan dan tiba-tiba Anda lupa kalau ada pertemuan dalam beberapa saat, Anda bisa langsung diingatkan oleh alarm.

Jadi alarm ini fungsinya untuk berjaga-jaga saja dikalau Anda lupa.

Dalam membuat pengingat, upayakan untuk mengatur waktunya lebih cepat beberapa menit sebelum jadwal sebenarnya. Ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

4. Minta Bantuan Teman/Bawahan Untuk Mengingatkan

Meminta bantuan teman juga bisa menjadi alternatif untuk berjaga-jaga kalau Anda lupa. Kalau bisa pilihlah teman yang sudah terbiasa tepat waktu karena mereka yang tepat waktu pasti sudah pandai memperkirakan waktu dan sangat jarang lupa.

Hindari meminta tolong pada orang yang tidak disiplin waktu kemungkinan justru mereka sendiri yang akan lupa.

Bila jasa teman Anda itu membuat Anda merasa tertolong, maka bolehlah sekali-kali Anda menraktirnya untuk sekadar ucapan terima kasih.

Tidak harus mewah-mewah, yang terpenting mereka bisa merasa berguna bagi orang lain.

Baca Juga : 7 Cara Bagaimana Cara Anda Bisa Dipercayai Oleh Orang Lain

5. Hormati Orang Lain


menghormati orang lain

Ketika membuat janji kepada siapapun, hargailah orang itu. Tidak peduli dia orang penting atau bahkan orang tidak penting sekali pun Anda harus menepati janji Anda untuk bertemu.

Jangan karena Anda menganggap remeh orang lain sehingga Anda seenaknya saja membatalkan janji secara sepihak. Sungguh itu akan sangat mengecewakan hati orang lain.

Sikap menghormati orang lain harus ditanamkan dalam benak Anda sehingga menjadi kebiasaan positif yang akan membawa Anda ke arah yang lebih baik.

6. Belajar Memprediksi Waktu Yang Di Butuhkan

Dalam menjalani hidup pasti Anda telah melewati hari-hari sebelumnya di masa lalu. Ketika Anda berangkat ke kantor, pasti sebelumnya Anda telah pernah berangkat ke kantor kecuali memang Anda baru pertama masuk.

Nah, dari situ Anda harus belajar memperkirakan waktu yang Anda butuhkan sebelum sampai ke kantor.

Berapa menit di kamar mandi, meja makan, mengganti pakaian, memanaskan mesin motor, dan diperjalan sebelum sampai ke kantor.

Cobalah untuk memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan semua itu. Satu jam, satu setengah jam, atau dua jam.

Ketika Anda telah mengetahuinya maka Anda bisa mengatur diri Anda untuk bisa bangun beberapa saat sebelum melakukan aktivitas tersebut.

7. Persiapkan Semua Hal Sebelumnya

Hal ini dilakukan bertujuan untuk menghindari sikap terburu-buru sebelum ke acara pertemuan. Terlebih lagi jika pertemuan yang dihadiri itu berupa presentasi. Pastinya Anda sangat membutuhkan persiapan yang matang.

Di malam hari sebelum Anda berangkat esoknya, Anda bisa mengecek semua yang akan Anda butuhkan esok hari.

Misalnya pakaian yang akan Anda kenakan apakah sudah dicuci atau belum, apakah sudah di setrika atau belum.

Periksa semua hal-hal teknis yang mungkin akan merepotkan Anda di pagi harinya. Kalau bisa disiapkan secepatnya lebih baik usahakan daripada harus menunggu esok hari.

Dan kalau memang tidak bisa dipersiapkan secepatnya maka bisa esok hari.

Intinya persiapkan saja apa yang harus Anda persiapkan sesuai kondisinya. Tidak usah terlalu terburu-buru dan jangan pula terlalu santai.

8. Isi Tangki Bensin Anda Saat Mencapai 1/4 Tangki

Hal yang tak kalah pentingnya sebelum menghadiri acara pertemuan penting adalah bensin. Kan tidak lucu kalau semua persiapan sudah matang, gaya sudah oke, dan tinggal berangkat tetapi bensin kendaraan kita habis.

Bayangkan Anda sedang di tengah perjalanan lalu bensinnya habis, kan repot jadinya. Masih bagus kalau tempat kendaraan Anda berhenti itu dekat dari lokasi pengisian bensin. Coba kalau jauh, pasti akan ribet sekali.

Maka dari itu pentingnya untuk selalu memerhatikan tangki bensin kendaraan. Bila isi tanki sudah seperempatnya, sebaiknya segera diisi. Memang masalah ini sepele tapi bahaya juga kalau dibiarkan karena bisa bikin stres juga.

9. Pergi 10 Menit Lebih Awal

Tidak ada salahnya untuk pergi lebih awal ke pertemuan sepuluh menit lebih awal dari waktunya bila memang pertemuan yang ingin Anda lakukan itu penting.

Terlebih lagi bila orang yang ingin Anda temui akan memengaruhi hidup Anda di masa mendatang.

Sangat disarankan untuk membuat kesan pertama yang bagus dengan datang tepat waktu. Pada umumnya, orang yang tepat waktu akan lebih mudah dipercayai karena lebih bisa diandalkan.

Kalau urusan waktu saja bisa diatur bagaimana dengan urusan kerja sama.

Datang sepuluh menit lebih awal juga baik untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang tak terduga selama perjalanan berupa macet dan yang lainnya.

10. Hilangkan Kebiasaan “Ah, tanggung!” Sebelum Berangkat

Sebelum pergi, ada baiknya Anda menghindari melakukan hal yang ujung-ujungnya bisa membuat Anda mengatakan “Ah, tanggung!”.

Seperti misalnya bermain game, menonton TV, chatting, membaca cerita,  berbaring sejenak, dan hal-hal lain yang bisa membuat Anda menunda waktu.

Ada baiknya jika Anda melakukan persiapan dan mengecek kembali apa yang Anda butuhkan di pertemuan nanti. Pikirkan semuanya matang-matang agar nanti tak mengecewakan.

Anda bisa bernanyi-nyanyi kecil sambil merilekskan pikiran sebelum berangkat. Pikiran yang rileksa di pagi hari akan membawa energi positif pada diri Anda.

Baca Juga : Ingin Jadi Orang Beruntung Seumur Hidup ? Begini Caranya

11. Hindari Multitasking Sebelum Berangkat

Jangan membagi fokus Anda ke banyak permasalahan karena itu hanya akan memusingkan Anda. cukup fokus pada satu pertemuan saja dahulu.

Jangan sampai Anda terfokus mempersiapakan satu pertemuan sambil mempersiapkan pertemuan yang laiinya. Percayalah, hal itu hanya akan membuat Anda panik dan terkadang menjadi pelupa.

Alangkah baiknya bila fokus pada satu pertemuan. Lalu nanti setelah pertemuan itu berakhir baru Anda beralih mempersiapkan pertemuan lainnya. Dengan begitu maka pikiran Anda akan lebih terarah dan tidak terburu-buru.

12. Hindari Membuat Janji Lebih Dari Satu Di Waktu Berdekatan

Dua pertemuan dalam waktu yang berdekatan adalah hal yang sebaiknya dihindari. Pasalnya ketika di salah satu pertemuan kita terlambat maka akan mempengaruhi pertemuan lainnya.

Akibatnya kontribusi yang kita berikan dalam pertemuan itu jadi tidak maksimal.

Seandainya dua pertemuan itu bisa diatur untuk pemberian waktu jeda maka alangkah bagusnya diberi waktu jeda.

Dengan begitu Anda jadi lebih punya waktu untuk merilekskan pikiran dan mempersiapkan diri untuk pertemuan berikutnya.
...
Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan motivasi kepada Anda untuk lebih tepat waktu. Ingatlah sahabat, waktu itu ibarat pedang bermata dua.

Ketika kita mampu mengaturnya dengan baik maka ia akan sangat berguna bagi kita. Tetapi bila kita tak bisa mengaturnya justru ia akan melukai kita.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar