Inilah 6 Solusi Menghadapi Orang Negatif Yang Menjengkelkan Dengan Efektif

Inilah 6 Solusi Menghadapi Orang Negatif Yang Menjengkelkan Dengan Efektif

cara menghadapi orang negatif

Apakah Anda mempunyai seorang teman atau kolega yang negatif, entah dari segi perilaku atau pola pikir?

Jika ada, mungkin Anda telah menyadari bahwa mereka bukanlah orang yang tepat untuk diajak ngobrol atau sekedar bercanda. Sungguh berbicara dengan mereka adalah pengalaman yang sangat depresif.

Ketika mengobrol dengan Anda, yang ia bahas biasanya berupa kelebihan yang dimiliki dan pengorbanan yang dilakukan, pokoknya segala keluhan yang ia alami diceritakan semua.

Dalam bercerita terkadang ceritanya dilebih-lebihkan sehingga membuat cerita itu campur aduk dengan kebohongan yang ia karang.

Tipe orang seperti demikian sering memandang sinis dan meremehkan orang lain bahkan temannya sendiri. Sampai-sampai kita selaku teman bicaranya pun ikut diremehkan. Siapa yang tidak depresi coba?

Mengobrol secara umum bertujuan untuk merilekskan pikiran dan membuat hati senang. Tetapi kalau mengobrol dengan orang negatif seperti orang negatif itu saya yakin Anda tidak akan betah.

Orang yang negatif adalah orang yang sangat menjengkelkan dan menguras banyak energi Anda. Butuh kesabaran yang tinggi untuk menghadapinya.

Berbicara selama 20 sampai 30 menit dapat membuat Anda tidak mood melakukan apapun setelahnya.

Energi kita seakan terhisap habis olehnya. Belum lagi perasaan yang tidak enak pada mulut kita pastinya akan membuat kita sendiri emosi dibuatnya.

Namun ada keyataan yang harus Anda pahami bahwa di dunia ini terdiri dari berbagai macam karakter. Dan salah satunya adalah orang negatif itu.

Ada banyak orang negatif di dunia ini yang tersebar entah dimana. Tidak menutup kemungkinan dia adalah tetangga, teman, bos, atau orang-orang lain di sekitar Anda.

Untuk Anda yang tidak mau ambil pusing mungkin akan mencari jalan aman dengan menjauhi orang tersebut.

Tetapi masa iya Anda mau terus menjauhinya. Orang negatif di dunia in banyak loh. Apa Anda mau menjauh dari banyak orang?

Tak selamanya Anda harus menjauhi orang negatif karena mungkin tanpa Anda sadari kalau Anda sebenarnya membutuhkannya entah itu sekarang atau suatu saat nanti. Apalagi bila ia adalah teman dekat atau bos Anda.

Menjauh dari mereka sebenarnya bukanlah solusi yang bagus. Hari ini mungkin Anda bisa menjauh dari satu orang negatif.

Tetapi yakin dan percaya bahwa suatu saat orang negatif lainnya akan datang ke kehidupan Anda.

Terus apa yang akan Anda lakukan ketika itu terjadi? Masih menjauhi mereka? Pikir lagi
Berdasarkan permasalahan tersebut maka saya terinspirasi membuat postingan ini.

Bagaimana agar kita mampu bertahan dan menghadapi orang-orang negatif yang sering membuat depresi. Untuk lebih lengkapnya berikut cara-caranya :


1) Jangan sampai bertengkar

Pada saat Anda sedang berbincang dengan orang negatif maka sebisa mungkin hindari perdebatan hebat apalagi pertengkaran.

Berdebat dengan orang negatif itu hanya buang-buang energi. Toh apapun pendapat kita akan selalu ditentang karena memang dari segi pola pikir sudah berbeda.

Dengan berdebat maka itu akan memperlama durasi pembicaraan dengannya. Apa Anda mau lama-lama mengobrol dengannya?

Jadi kalau ia menceritakan sesuatu Anda bisa pura-pura memperhatikannya dengan mengangguk atau menjawab “Ya”. Biarkan ia bercerita apa yang ingin diceritakan. Dan hindari pertentangan yang tidak perlu.

Apabila ia menentang pendapat yang Anda kemukakan dan tidak ada tanda-tanda mundur darinya maka Anda-lah yang harus mengalah agar pembicaraan tidak semakin memanjang.

Tetapi yang terpenting adalah Anda jangan sampai terpengaruh dengan apa yang ia katakan apalagi menyangkut hal-hal yang sifatnya negatif. Orang seperti itu dapat mempengaruhi kita atau orang lain menjadi seperti mereka.

Abaikan saja perkataannya sambil berpura-pura mendengarkan agar ia merasa sudut pandangnya didukung.

2) Pilih topik yang ringan

Terkadang sisi negatif orang itu muncul ketika membahas topik tertentu. Misalnya ada seorang teman saya yang selalu memposisikan dirinya sebagai korban ketika saya membicarakan tentang pekerjaan.

Ia selalu mengeluh apapun yang berkaitan dengan pekerjaan. Kan gara-gara itu pembicaraan jadi kurang menarik.

Untuk itu, kalau bisa Anda-lah yang mengontrol topik pembicaraan. Pilihlah topik yang ringan dan kira-kira tidak akan mengarahkan ke hal negatif. Misalnya tentang hobi,  kesukaan, berita gembira, aktivitas sehari-hari, dan lain sebagainya.

3) Pujilah orang untuk hal-hal positif

Upaya lain yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi orang negatif adalah dengan memberikan respon yang tepat.

Pada saat mereka bertingkah negatif maka responlah seadanya seperti “oh”, “yah”, atau dengan anggukan. Tetapi ketika ia mulai bersikap positif maka berilah respon berupa afirmasi positif dan antusiasme.

Dengan begitu maka orang tersebut akan merasa lebih diperhatikan. Sehingga lambat laun ia akan menyesuaikan diri terhadap sikap positif. Dan semoga suatu saat ia dapat berubah menjadi orang yang positif.

4) Berbincang Dengan Banyak Orang


berbincang dengan banyak orang

Sangat jauh berbeda ketika Anda berbincang berduaan dengan orang negatif itu dibandingakan berbincang dengan banyak orang dengannya.

Dengan adanya orang selain Anda berbincang maka otomatis beban energi negatif yang seharusnya Anda tanggung sendiri jadi terbagi. Semakin banyak orang justru semakin bagus.

Selain itu, faedah lain banyaknya orang yang ikut berbincang yaitu akan membuka lebih banyak sisi positif dari orang negatif tadi.


5) Pandang Dari Sisi Yang Lain

Pada dasarnya penilaian tentang positif atau negatifnya seseorang bergantung pada sudut pandang Anda.

Jadi ketika Anda men-judge seseorang sebagai orang negatif maka otomatis Anda mensugesti diri untuk merasa tidak nyaman apabila berada di dekatnya.

Namun kenyataannya kadang ada orang yang memang benar-benar menjengkelkan dan ada pula orang yang seharusnya positif tetapi karena suatu hal Anda men-judgenya sebagai sosok yang negatif. Nah, orang yang seperti itulah yang jadi korban dari pemikiran Anda.

Jadi alangkah baiknya sebelum kita menilai seseorang itu negatif atau positif, coba perhatikan ia dari sudut pandang yang lain. Lihat kebaikan apa yang ia lakukan pada diri Anda maupun orang lain.

Bila ia termasuk orang yang positif maka syukurlah, tetapi jika ia adalah orang yang negatif maka bantulah ia berubah menjadi lebih baik sebisa Anda.

Baca Juga : Tips Bagaimana Meminta Maaf Pada Orang Yang Di Kecewakan Agar Cepat Dimaafkan

6) Kurangi kontak dengan mereka / Hindari mereka

Setelah Anda mempraktekkan semua metode di atas dan ternyata tidak berhasil, maka satu-satunya solusi adalah menghindari orang negatif itu.

Menghindarlah dengan cara yang halus seperti beralasan terburu-buru ke suatu tempat, sedang sibuk, atau alasan lainnya yang tidak menyebabkan si orang negatif tersinggung.

Daripada terus bertemu dan membuat kita kelelahan. Mau jujur mengatakan langsung didepannya juga dikhawatirkan jangan sampai mengundang pertengkaran dan berakhir dengan putusnya tali silaturahmi. Toh lebih baik menghindar dan cari aman.

Kesimpulan

Dari banyaknya karakter orang di bumi terkadang kita menemukan orang negatif yang kadang membuat kita depresi, marah, dan membuat kesabaran kita habis.

Tetapi satu hal yang harus diingat bahwa kita sebagai sesama manusia harus saling menjaga tali silaturahmi.

Untuk itu, mari kita bangun persaudaraan dengan saling memahami, membantu, dan saling mengingatkan satu sama lain untuk berperilaku sebagaimana semestinya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar