Tips Bagaimana Meminta Maaf Pada Orang Yang Di Kecewakan Agar Cepat Dimaafkan

Tips Bagaimana Meminta Maaf Pada Orang Yang Di Kecewakan Agar Cepat Dimaafkan

tips meminta maaf


Banyak orang yang mencari tips bagaimana meminta maaf pada orang lain di internet, mengapa demikian? Karena tentu saja mereka melakukan kesalahan.

Setiap orang di dunia ini pasti pernah melakukan kesalahan baik itu disengaja atau tidak . Pada dasarnya manusia adalah makhluk biasa yang tak pernah luput dari kesalahan.

Karena yang tak pernah melakukan kesalahan itu hanyalah sang maha pencipta.

Kita sebagai manusia biasa pasti pernah melakukan kesalahan baik itu kepada orang tua, guru,pasangan, tetangga, teman, kerabat, atau dengan orang lain yang berada di sekitar kita.

Namun bagian terburuknya adalah ketika kita membuat kesalahan dan menyakiti hati seseorang. Kalau kesalahan yang berakibat luka fisik mungkin mudah saja disembuhkan.

Tetapi lain halnya dengan kesalahan yang menimbulkan rasa sakit hati. Hal ini sangat sulit untuk disembuhkan karena orang yang kita sakiti kemungkinan sulit untuk melupakannya. Perkara ini mengenai batin jadi sangat sulit dihilangkan.

Terlebih lagi bila kesalahan yang dbuat termasuk kesalahan besar. Sungguh itu akan merugikan Anda sendiri.

Anda mungkin akan dijauhi oleh orang-orang terdekat dan hidup Anda akan dihantui dengan rasa bersalah dalam waktu yang lama.

Setiap kali bertemu pasti ada rasa tidak enak hati yang dirasakan. Saya yakin pasti Anda tidak mau berada di posisi seperti itu.

Sudah tali silaturahmi putus, menanggung beban batin, dan orang lain juga akan memiliki kesan negatif terhadap Anda.

Terkait persoalan tersebut, kebanyakan orang tentu memutuskan untuk meminta maaf termasuk saya.

Terlebih lagi bila kita merasakan beban batin yang luar biasa karena menyakiti hati orang lain. Rasa bersalah akan terus datang membayang-bayangi kita.

Siapa coba yang mau hidupnya tidak tenang karena menanggung beban batin?

Disisi lain, terkadang juga orang yang kita sakiti tidak mau memaafkan kita. Jadi apa yang harus kita lakukan?

Apa dengan memaksanya? Atau dengan terus berada di dekatnya hingga dia mau memaafkan kita?

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa cepat dimaafkan oleh orang yang Anda kecewakan.

1. Sering Mengoreksi Diri

Salah satu alasan yang mungkin menjadi penyebab orang lain tidak mau memaafkan Anda adalah karena Anda sendiri yang keterlaluan.

Perlu dilakukan upaya koreksi diri agar Anda bisa mengetahui kekurangan apa yang ada pada diri Anda.

Temukan apa yang menjadi penyebab mengapa orang tidak suka dengan Anda. Apakah karena gaya berpakaian, nada bicara, sikap terhadap orang lain, atau karena Anda sering melanggar janji.

Intinya benahi semua apa yang salah dengan diri Anda lalu fokuslah untuk menjadi lebih baik.

Kalau sebelumnya Anda sering melanggar janji maka mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan itu. Karena kesempatan tak selalu datang lebih dari sekali.

2. Sadari Kesalahan Anda


mengakui kesalahan

Bila Anda melakukan suatu kesalahan maka segera sadari dan akui.

Jangan membohongi diri sendiri. Apalagi kalau sampai menyalahkan orang lain atas kesalahan Anda sendiri. Sungguh itu perilaku yang tak terpuji.

Ketika Anda merasa bersalah dan mau mengakui kesalahan Anda maka bersegeralah  untuk meminta maaf kepada orang yang Anda kecewakan.

Abaikan gengsi Anda sesaat karena ini untuk kebaikan Anda sendiri. Pasti Anda tidak ingin dihantui rasa bersalah secara terus menerus.

Baca Juga : 7 Cara Terpercaya Menghilangkan Sifat Sombong

3. Terima Konsekuensinya

Apapun yang Anda lakukan akan mendapat balasan sesuai dengan apa yang Anda lakukan entah itu baik atau buruk.

Begitu pula ketika kita mengecewakan orang lain. Jadi bersedia atau tidak Anda pasti akan mendapatkannya.

Anda harus bersiap dan mau menerima konsekuensi dari kesalahan yang Anda lakukan karena telah mengecewakan orang lain.

Entah itu di jauhi orang, menerima tamparan, mendapat ejekan, dan kehilangan kepercayaan dari orang lain.

4. Sampaikan Secara Langsung

Bila ingin meminta maaf kepada seseorang maka sampaikanlah secara langsung didepannya. Tatap matanya dalam-dalam lalu ungkapkan permintaan maaf dengan penuh ketulusan.

Sampaikan dengan rendah hati dan suara yang rendah agar menunjukkan rasa penyesalan Anda. Biarkan dia merasakan kesungguhan hati Anda untuk memohon maaf.

5. Konsisten Untuk Tidak Mengulangi

Untuk mendapatkan maaf yang benar-benar ikhlas dari orang lain, yang harus Anda lakukan adalah bagaimana agar orang itu percaya bahwa Anda tidak akan melakukan kesalahan itu lagi.

Anda harus menampakkan kekonsistenan itu agar ia menyadari betapa seriusnya Anda untuk minta maaf.

Bila perlu berikan tawaran yang mampu membuatnya yakin seperti tidak akan menampakkan wajah Anda lagi dihadapannya bila melanggar janji.

Dan pada saat Anda telah berjanji maka jagalah janji itu. Jangan Sampai Anda membuat janji lalu melanggarnya.

Hal itu akan menghilangkan kepercayaan orang lain terhadap Anda. Dan pasti akan menjadi sangat sulit untuk mendapatkan maaf dari orang yang kita langgar janjinya.

6. Beri Dia Waktu Bila Belum Bisa Memaafkan Anda


memberi waktu

Secara umu, untuk bisa memaafkan orang lain itu butuh waktu. Perlu beberapa lama untuk bisa meredam amarah yang ada pada diri kita.

Begitu pun yang dirasakan oleh orang yang Anda kecewakan. Mereka butuh waktu untuk menjernihkan pikiran.

Berikan ia waktu untuk sendiri selama beberapa hari. Dan ketika Anda merasa perasaannya sudah baikan, saat itulah waktu yang tepat untuk meminta maaf.

Tidak usah terlalu memaksakan kehendak untuk dimaafkan. Kalau memang saat ini Anda belum bisa dimaafkan, mungkin suatu saat nanti pasti bisa.

7. Tunjukkan Kebaikan Anda 

Salah satu cara agar kita mudah dimaafkan adalah dengan memberi kebaikan pada orang yang kita kecewakan.

Bisa dengan menawarkan bantuan ketika ia mendapat masalah, memberi hadiah sederhana, atau dengan meneraktir makan diluar.

Ada banyak kebaikan yang bisa Anda berikan pada orang tersebut. Lakukan dengan tulus, ikhlas dan tentu saja disertai ketulusan.

Intinya berikan ia kebaikan sebanyak yang Anda bisa. Dan kalaupun Anda meminta maaf setelah memberi kebaikan kepadanya lantas Anda tak juga dimaafkan, terus beri ia kebaikan.

Apabila Anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meminta maaf dan ia menolak, maka itu adalah urusannya dengan tuhan. Pokoknya terus beri kebaikan dengan atau tanpa ada maaf darinya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar