Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Kacau Agar Tidak Stres

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Kacau Agar Tidak Stres

cara menenangkan pikiran yang kacau

Stres adalah hal umum yang sering menimpa seseorang bila hati dan pikirannya kacau. Hal ini biasanya disebabkan karena masalah percintaan, pekerjaan yang menumpuk, rasa bosan, karena merasa lelah, dan faktor-faktor lainnya.

Orang yang stres cenderung memiliki mood yang jelek. Akibatnya, kita jadi malas melakukan aktivitas apapun, gampang tersinggung, dan amarah jadi tidak terkontrol. Pastinya Anda tidak ingin kan lama-lama seperti itu.

Untuk mengatasi problem tersebut, maka baca dan pahamilah baik-baik penjelasan tentang cara menenangkan hati dan pikiran yang kacau berikut ini :

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Kacau Secara Umum

1. Ambil Waktu untuk Sendiri

Solusi terbaik ketika hati dan pikiran kacau adalah dengan menyendiri. Suasana yang terlalu ramai mungkin tidak cocok untuk Anda. Mungkin dengan menjauh dari keramaian bisa membuat Anda menjadi lebih baik.

Dengan mengasingkan diri dari orang-orang pikiran akan menjadi jernih dan tenang. Suasana yang sunyi dapat membuat kita lebih mudah dalam memahami sesuatu yang rumit.

Karena terkadang ketika pikiran seseorang kacau, ia tak akan bisa berpikir untuk memecahkan suatu permasalahan apalagi ditempat yang suasananya tidak kondusif.

Jadi tidak heran ketika melihat anak sekolah yang belajar di kamarnya seorang diri. Pernah tidak Anda melihat anak yang belajar di tempat ramai dan penuh kebisingan?

Memang sih dia belajar, tetapi apa dia bisa memahami apa yang ia pelajari? Tentu tidak, kecuali ia memiliki IQ yang tinggi.

Jadi ketika Anda merasa stres, alangkah baiknya jika meluangkan waktu sejenak untuk menyendiri.

2. Mendengarkan Musik

Musik adalah sesuatu yang biasa dijadikan media untuk mengekspresikan emosi dan suasana hati seseorang. Pada dasarnya terdapat berbagai jenis atau genre musik yang ada seperti rock, pop, klasik, jazz, dangdut, dan lain-lain.

Tujuan tiap-tiap orang mendengarkan musik berbeda-beda. Ada yang karena ingin membuat dirinya merasa senang, bersemangat, terapi penyembuhan penyakit, hiburan, meningkatkan kecerdasan, dan untuk menenangkan pikiran.

Untuk orang yang ingin me-refresh pikirannya biasanya mendengarkan genre musik klasik karena cenderung bersifat menenangkan.

Dalam musik klasik memiliki instrumen biola, gitar, atau piano yang membuat hati dan pikiran kita menjadi rileks. Sehingga sangat ampuh untuk mengurangi stres karena pikiran yang kacau.

3. Berpikir Positif

Orang akan selalu merasa stres bila dipenuhi dengan pikiran negatif. Hatinya akan dipenuhi amarah, kebencian, iri hati, rasa curiga, dan sejenisnya.

Saya yakin Anda mungkin tidak ingin merasakan hal yang demikian. Menaruh pikiran negatif dalam hati sangat berbahaya untuk kesehatan karena ujung-ujungnya dapat menimbulkan depresi.

Dan dampak dari depresi itu akan memunculkan berbagai macam penyakit yang bisa mengincar nyawa Anda.

Cobalah untuk selalu berpikiran positif ketika menghadapi suatu masalah. Jangan terlalu sering menyalahkan orang lain, evaluasi kembali diri Anda. Mungkin saja Anda yang salah tetapi menuduh orang lain.

Jangan terlalu sibuk mencari siapa yang benar dan siapa yang salah. Tetapi fokuslah untuk mencari solusi agar bagaimana masalah yang ada bisa cepat terselesaikan.

Dengan begitu Anda tidak akan membuang-buang energi hanya untuk marah dan stres.

4. Menonton Video atau Film Lucu

Perasaan yang kacau karena dipenuhi permasalahan bisa saja hilang dalam sekejap ketika kita tertawa. Jadi langkah terbaik yang bisa Anda lakukan ketika merasa stres yaitu dengan membuat diri Anda tertawa.

Ada banyak hal yang bisa jadi pemicu untuk tertawa seperti melihat film atau video lucu di internet. Entah itu dari instagram, youtube, atau dari sumber lainnya.

5. Mencari Udara Segar

Bila Anda sedang stres karena pekerjaan yang menumpuk atau karena rasa lelah akibat suatu hal. Hal yang sangat direkomendasikan adalah keluar sejenak dari permasalahan itu lalu carilah udara segar.

Secara ilmiah, kepala akan merasa pusing bila kekurangan oksigen. Dan ketika mengalami stres dan pikiran yang kacau mungkin saja karena otak Anda kekurangan pasokan oksigen.

Maka hal terbaik yang bisa Anda lakukan ketika mengalami permasalahan tersebut adalah dengan mencari udara segar.

Carilah tempat-tempat yang memiliki udara segar di daerah yang memiliki pepohonan atau tanaman hijau misalnya di taman kota.

Udara yang segar dapat memberikan Anda energi dan semangat tambahan untuk menyelesaikan suatu permasalahan baik itu yang berkaitan dengan pekerjaan atau yang lainnya.

6. Berteriak

Mungkin merasa heran, apa benar dengar berteriak bisa menenangkan pikiran? Tentu bisa.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa dengan berteriak dapat membuat perasaan seseorang jadi lebih baik, memperlancar aliran darah, mengurangi rasa sakit, dan mampu untuk menghilangkan stres.

Jadi bila Anda mengalami pikiran yang kacau dimana kepala Anda dipenuhi dengan masalah yang sangat berat, maka luapkan segala masalah itu dengan berteriak.

Katakan apa yang ada di dalam hati dan pikiran Anda. keluarkan segala uneg-uneg yang menjadi beban bagi batin Anda.

Mulailah dengan menarik napas dalam-dalam sambil membayangkan semua permasalahan itu menumpuk di kepala Anda.

Lalu berteriaklah sekuat tenaga sambil memvisualisasikan permasalahan yang ada di kepala Anda ikut keluar bersama teriakan yang Anda lakukan. Coba satu sampai tiga kali hingga Anda merasa lebih baik.

Pastikan Anda berteriak di tempat-tempat yang tidak menimbulkan masalah bila berteriak. Jangan sampai karena ini menenangkan pikiran malah justru sebaliknya karena menimbulkan masalah baru.

7. Minum Air Dingin

Ketika seseorang mengalami hati dan pikiran yang kacau cenderung akan menaikkan suhu tubuhnya. Hatinya akan menjadi panas dan tak jarang menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi.

Jadi langkah positif yang bisa dilakukan adalah dengan meminum air dingin atau air putih segar yang bisa mengurangi rasa dehidrasi akibat stres.

Air dingin akan memberikan efek sejuk bagi hati dan pikiran yang kacau. Terlebih lagi bila Anda mengalaminya di siang hari.

Hal yang sepele namun kadang diabaikan orang-orang adalah mencukupi kebutuhan akan air pada tubuh. Normalnya kita harus meminum delapan gelas sehari agar kebutuhan air dapat tercukupi.

8. Melakukan Peregangan

Salah satu solusi yang bisa Anda terapkan ketika mengalami pikiran yang kacau adalah dengan melakukan gerakan peregangan atau streching.

Gerakan peregangan dapat membantu memperlancar aliran darah termasuk ke otak sehingga mengakibatkan tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Luangkan waktu Anda lima sampai sepuluh menit untuk melakukan gerakan streching ringan seperti gerakan memutar kepala atau meluruskan punggung.

Dengan begitu otot-otot yang kaku dapat kembali rileks dan Anda akan terhindar dari resiko stroke.

9. Menata Lingkungan Sekitar

Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan ketika hati dan pikiran kacau yaitu dengan menata lingkungan sekitar.

Bagi orang-orang yang mencintai kebersihan dan kerapian biasanya akan gelisah bila melihat suasana sekitarnya jorok atau kotor.

Kategori orang seperti ini akan merasa jauh lebih baik saat membersihkan atau merapikan sesuatu yang berada di lingkungan sekitarnya.

Jadi apabila ia merasa stres, dengan menata lingkungan sekitarnya saja stresnya bisa berkurang atau bahkan hilang. Kebanyakan orang memiliki kepribadian ini, atau mungkin Anda juga termasuk.

Bila pikiran Anda kacau, Anda bisa membenahi atau menata ulang kondisi kamar Anda atau dengan mencabuti rumput yang ada di halaman rumah.

Baca Juga : Awas Terjerumus, Hilangkan Perilaku Tercela Akibat Pergaulan Remaja Dengan Cara Ini

10. Curhat

Curhat bisa membantu meredakan stres yang Anda rasakan. Dengan menceritakan permasalahan yang ada kepada orang terdekat, bisa membantu mengurangi beban yang ada di kepala Anda.

Carilah seorang teman dekat yang bisa Anda percayai untuk mendengar segala keluh kesah Anda. Jangan pilih teman yang hanya suka mengolok-olok atau menertawakan Anda.

Tetapi pilihlah teman yang bisa diandalkan untuk memberi solusi dari permasalahan yang Anda alami.

11. Menghabiskan Waktu bersama Hewan Peliharaan

Bila Anda memiliki hewan peliharaan, itu bisa jadi solusi bagi Anda untuk menghilangkan stres. Dengan berinteraksi dengan hewan peliharaan akan membuat Anda melupakan masalah sejenak.

Cobalah untuk memberinya makan, memegangnya, atau dengan melakukan hal-hal yang bisa membuat Anda senang.

Ajak hewan peliharaan Anda berbicara walaupun ia sama sekali tidak bisa bicara. Bukan berarti Anda orang gila yah. Tetapi dengan melakukan hal tersebut akan membuat stres Anda hilang.

12. Beribadah

Hal yang tak boleh kita lupakan ketika mengalami stres atau kesusahan adalah beribadah. Dengan beribadah pikiran akan jauh lebih tenang, terhindar dari penyakit hati, dan masih banyak manfaat lainnya.

Dalam beribadah tentunya harus sesuai dengan ajaran agama yang kita anut masing-masing. Pada tiap ajaran agama cara beribadahnya pun berbeda-beda.

Tetapi pada dasarnya semua itu memiliki tujuan yang sama yaitu untuk ketenangan hati dan pikiran.

Adapun untuk yang beragama islam, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan hati dan pikiran yang kacau.

Cara Menenangkan hati dan pikiran menurut syariat islam


menenangkan pikiran menurut syariat islam

1. Bersabar

Dalam agama islam, ketika kita mendapat suatu masalah yang berat maka hal utama yang harus dilakukan adalah sabar.

Bahkan Nabi Muhammad pun melakukan hal yang demikian ketika ditimpa musibah yang berat.

Dengan bersabar hati dan pikiran kita menjadi tenang sehingga akan membuat kita mampu berpikir jernih untuk bisa menemukan solusi dari permasalahan yang ada.

Sebenarnya ketika kita mendapat masalah, itu adalah cara Allah untuk menguji keimanan dan kesabaran kita. Apakah kita mampu atau tidak.

Bila mampu maka kita akan mendapat hadiah berupa kenaikan derajat di sisi Allah SWT, dan begitu pula sebaliknya.

Tanamkan dalam diri Anda bahwa Allah tidak akan pernah memberikan suatu cobaan melebihi batas kemampuan hambanya.

Dan percayalah dibalik setiap masalah yang kita hadapi selalu tersisip hadiah untuk kita. Selalu saja ada rezeki yang tak terduga.

Jadi kalau Anda dapat masalah jangan langsung pusing dulu, tetapi sabar dulu. “Wah Allah kasih saya masalah nih, hadiah apa yah yang Allah kasih untuk saya dibalik masalah ini”. Begitulah pola pikir yang seharusnya Anda miliki.

2. Sholat

Sholat merupakan kewajiban bagi umat islam dan sekaligus merupakan rukun islam yang kedua. Sholat adalah suatu cara agar bagaimana setiap umat islam bisa mendekatkan diri kepada sang maha pencipta.

Sholat juga dijadikan sebagai sarana untuk menghindarkan diri dari penyakit batin maupun fisik.

Dengan melaksanakan sholat bisa membuat hati dan pikiran menjadi tenang sehingga dapat membuat kita terhindar dari stres.

Sudah sehat dapat pahala pula. Jadi tidak ada ruginya bila Anda melaksanakan sholat. Baik itu sholat lima waktu maupun sholat sunnah.

3. Mengadukan Masalah Kepada Allah SWT

Allah SWT adalah tempat terbaik untuk kita curhat dan mengadukan semua permasalahan yang kita alami. Karena kebanyakan ketika kita curhat pada orang lain atau teman kita. Itu terkadang menimbulkan masalah baru.

Jadi yang awalnya kita ingin mengurangi masalah justru malah menambah masalah. Kita tidak tahu kalau apa yang kita sampaikan ke dia, apalagi kalau hal yang sifatnya rahasia.

Bisa saja dia beberkan kepada orang lain tanpa sepengetahuan kita. Akibatnya kita bisa jadi malu dan jadi bahan gosip.

Dan yang lebih anarkis sekali di jaman sekarang itu orang sudah mulai curhat di sosmed seperti facebook, twitter, instagram, dan whatsapp.

Dia bikin status atau story tentang masalah pribadinya terutama hal yang sifatnya sangat . Apa itu tidak gila namanya. Yang seharusnya masalah pribadi kita hanya kita yang tahu eh malah di umbar di sosmed.

Jadi alangkah baiknya bila mencurahkan segala masalah dan beban yang kita alami pada Allah. Allah tidak akan pernah bosan ditempati curhat. Dia juga tidak akan pernah menyalahkan kita.

Karena Allah adalah tempat kita memohon pertolonga. Seperti yang dijelaskan dalam surah Al-fatihah ayat 5. “Hanya kepada-Mu lah kami menyembah, dan hanya kepada-Mulah kami meminta pertolongan”.

4. Membaca Surat Yasin

Surat yasin memiliki banyak manfaat atau keistimewaan ketika kita membacanya. Diantaranya yaitu dosa kita terampuni, mempermudah segala urusan, memberi syafaat di akhirat kelak, mendapat kemuliaan dari Allah, membersihkan jiwa, dan memperoleh ketenangan batin.

Biasakan untuk membaca surah yassin ketika selesai sholat atau pada saat mendapat musibah. Niscaya hati Anda akan tenang dan Insyallah urusan Anda di dunia akan dimudahkan oleh-Nya.

5. Perbanyak Berdzikir Kepada Allah SWT 

Berdzikir atau mengingat Allah adalah salah satu cara yang sangat dianjurkan untuk memperoleh ketenangan hati.

Dengan senantiasa mengingat-Nya maka Allah pun akan selalu memberikan ketenangan di hati kita.

Muliakan selalu kalimat-kalimat Allah, niscaya Anda akan mendapat kemuliaan dari-Nya. Dalam hal memperoleh ketenangan batin, ada dua kalimat yang sangat ampuh untuk mewujudkannya. Yaitu sebagai berikut :
  • Hasbunallah Wa Ni’mal Wakiil, artinya cukuplah Allah sebagai (menjadi) penolong bagi kami, karena Allah adalah sebaik-baik-Nya pelindung kami.
  • La Haula Wala Quwwata Illa Billah, artinya tiada daya upaya serta tiada kekuatan apapun kecuali dengan pertolongan dari Allah.

6. Biasakan Diri Dalam Keadaan Suci dari Najis (Wudhu)

Wudhu adalah cara umat islam untuk membersihkan diri dari najis. Kita dianjurkan untuk menjaga kondisi tetap suci dengan berwudhu.

Bahkan nabi Muhammad pun juga melakukannya. Seperti yang diriwayatkan Hadis Riwayat Abu Daud dan An Nasa’i.

Dari Ibnu Umar, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya aku tidak menyukai berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan suci.”

Ada banyak manfaat bagi orang yang senantiasa menjaga wudhunya seperti dido’akan malaikat, wajah lebih bercahaya, dan bisa juga sebagai terapi untuk menghilangkan stres.

7. Menjaga Tali Silaturahmi

Sebagai umat muslim maka sudah sewajarnyalah bila kita terus menjaga tali silaturahmi. Kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain harus selalu menjaga hubungan kepada sesama.

Karena kita tidak tahu mungkin suatu saat nanti kita akan membutuhkan orang yang bisa jadi saat ini hubungan kita sedang tidak baik dengannya.

Terkadang stres yang kita alami bersumber dari kurang harmonisnya hubungan kita dengan sesama, entah itu pada orang tua, saudara, sepupu, teman, kerabat, dan orang-orang lain yang pernah dekat dengan Anda.

Anda mungkin tidak mau hubungan Anda dengan sesama menjadi tidak baik. Bila Anda mengalami kesusahan kan siapa lagi yang akan menolong Anda kecuali mereka.

Jadi jangan pernah memutus tali silaturahmi Anda kepada sesama karena yang rugi pastinya Anda sendiri.

Dengan menjaga tali silaturahmi niscaya dapat meminimalisir masalah yang timbul karena kurangnya keharmonisan hubungan kepada sesama. Sehingga otomatis kemungkinan Anda untuk stres juga ikut berkurang.

Baca Juga : Begini Cara Cepat Orang-Orang Melunasi Hutang Dalam 1 Hari

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar