7 Kendala Yang Dialami Pebisnis Online Hingga Bisa Sukses Seperti Sekarang

7 Kendala Yang Dialami Pebisnis Online Hingga Bisa Sukses Seperti Sekarang

kendala pebisnis online

Menjadi seorang pebisnis online atau yang lebih dikenal dengan online shop memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan bisnis yang lainnya.

Kita bisa berbisnis tanpa harus keluar rumah kesana kemari untuk mengurus segala sesuatunya. Kita bisa saja menjalankan bisnis kita dengan duduk di kamar sambil mengadap ke laptop. Terlebih lagi tidak ada bos yang memerintah-merintah untuk melakukan sesuatu.

Namun yang namanya bisnis sudah tentu memiliki hambatan dalam menjalankannya. Dan dari hambatan itu kita harus terus bangkit agar bisa melanjutkan bisnis dan terbiasa dengan segala hambatan.

Kendala atau hambatan apa sajakah yang biasa dihadapi pebisnis online? Simak baik-baik penjelasan berikut ini :

1. Persaingan yang ketat

Di dunia ini selalu ada yang namanya persaingan. Begitu pun dalam hal online shop atau berjualan online.

Bila terus ingin berjualan online maka kita tentu harus berjuang menghadapi persaingan itu.

Disinilah kemampuan Anda diuji dengan menerapkan berbagai ide agar bisa mengalahkan para pesaing.

Apakah dengan perubahan pada jenis produk yang dijual, strategi pemasaran, mengubah harga, atau ide-ide lain yang mampu memberi Anda nilai lebih dibandingkan pesaing lainnya.

2. Konsumen Yang Negatif 

Pada saat melakukan transaksi dengan para konsumen. Mungkin Anda akan mendapati konsumen yang negatif.

Seperti namanya, konsumen ini memiliki kebiasaan yang negatif pada saat bertransaksi dengan Anda. Misalnya sering menanyakan hal yang sama padahal sudah di beri tahu sebelumnya.

Ada juga karakter orang negatif yang tidak sabaran ketika memesan suatu barang. Terus menelpon menanyakan kapan barangnya datang padahal sudah diberitahu sebelumnya waktu kapan datangnya.

Dan yang paling menguji kesabaran adalah ketika ada calon konsumen yang terus bertanya-tanya tentang suatu produk tetapi ujung-ujungnya tidak jadi membeli.

Sudah capek-capek melayani pertanyaannya eh malah tidak membeli. Kalau menurut anak jaman sekarang sering disebut CLBK (Chat Lama Beli Kagak).

Mungkin mulai dari sekarang Anda harus belajar bagaimana cara menghadapi orang yang negatif.

3. Produsen/ Supplier

Salah satu hambatan yang sering dihadapi oleh pebisnis online adalah masalah dengan produsen atau suplier barang.

Bertransaksi dengan suplier baru terkadang jadi kendala tersendiri karena kita belum tentu tahu bagaimana sifat aslinya.

Apakah dia bisa diandalkan atau tidak. Walaupun sebenarnya berpikiran negatif terhadap orang lain itu buruk, tetapi kita harus tetap melakukan tindakan antisipasi agar tidak dikecewakan.

Jadi alangkah baiknya ketika bertransaksi dengan suplier baru di periksa dulu segala sesuatunya.

Bagaimana dia melayani pelanggan lainnya, bagaimana kualitas barangnya, dan dimana lokasi asli dari suplier tersebut.

Jangan sampai Anda kena tipu dan hanya bisa menyesal di kemudian hari. Sebisa mungkin ambillah tindakan antisipasi.

4. Akses Internet

Yang namanya pebisnis online tentunya membutuhkan yang namanya akses internet. Anda tak akan bisa bertransaksi bila tak punya jaringan internet.

Gunakan kartu perdana yang memiki paket internet murah agar Anda bisa menghemat pengeluaran.

Ada banyak operator yang menyediakan kartu perdana yang menawarkan paket internet murah seperti Telkomsel, XL, Three, AXIS, dan lain-lain.

Bila Anda memiliki modal yang cukup ada baiknya untuk memasang wifi di rumah. Untuk indihome sendiri pembayaraannya itu mulai dari 300 ke atas perbulannya.

Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kondisi keuangan Anda.

Pemasangan wifi juga bisa jadi solusi kalau seandainya jaringan pada telepon seluler Anda bermasalah.

5. Keterampilan Berinternet

Hal yang tak kalah pentingnya dalam melakukan bisnis online adalah keterampilan berinternet. Akses internet tidak akan ada gunanya bila Anda tidak lancar dalam menggunakannya.

Untuk online shop sendiri yang Anda butuhkan adalah keterampilan menggunakan sosial media yang menjadi target Anda untuk memasarkan produk.

Apakah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Line, Whatsapp, dan masih banyak lagi tergantung target pasar yang ingin dicapai.

Pelajari seluk beluk cara penggunaan sosial media tersebut agar Anda mampu mempromosikan produk Anda secara optimal pada suatu sosial media.

Baca Juga : 10 Bisnis dan Pekerjaan yang Cocok Untuk Wanita Muslimah Syar i

6. Keamanan

Perhatikan pula aspek-aspek keamanan dalam melakukan bisnis online. Jangan lupa untuk selalu merahasiakan email dan password akun sosial media atau website yang Anda jadikan sebagai media promosi.

Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi pihak-pihak yang berniat buruk terhadap Anda seperti penyalahgunaan akun untuk mencemarkan nama baik Anda.

Jangan terlalu percaya pada orang terdekat,  karena tidak ada yang tahu pasti bagaimana isi hati seseorang. Bisa saja orang itu kalau di lihat dari luar baik terhadap kita tetapi sebenarnya membenci kita.

Jadi alangkah bagusnya bila tidak melibatkan seseorang terlalu jauh ke bagian vital bisnis Anda. Setiap orang memiliki titik hilaf terhadap uang.

Akan ada titik dimana pada jumlah uang tertentu seseorang akan termakan hawa nafsunya. Jaga email dan password Anda baik-baik karena itu adalah hal yang sangat fatal bila diketahui orang lain.

7. Mendapat Kepercayaan

Hal utama yang harus diperhatikan ketika berjualan online adalah kepercayaan dari konsumen.

Apabila konsumen sudah percaya pada Anda baik itu karena pelayanan yang bagus, kualitas barang yang sesuai keinginan pembeli, atau karena harga yang cenderung bersahabat.

Maka bukan tidak mungkin konsumen itu akan memesan produk lagi di lain waktu.

Jadi usahakan untuk selalu mengutamakan kepercayaan konsumen. Ketika Anda berhasil mendapatkannya, itu akan menjadi magnet yang sangat luar biasa untuk menarik konsumen Anda kembali.

8. Mempresentasikan Produk

Hal yang menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis online adalah bagaimana mendemonstrasikan produknya bagi calon konsumen.

Jadi sebagai pebisnis online Anda harus bisa mengenalkan produk Anda kepada konsumen agar mereka tertarik untuk membeli.

Kalau berjualan di dunia nyata setidaknya butuh kemampuan berbicara dan retorika yang bagus untuk bisa meyakinkan konsumen.

Tetapi ketika kita berjualan online atau di dunia maya kita tidak harus pandai berbicara.

Yang dibutuhkan adalah bagaimana menyusun suatu kalimat agar mampu menarik perhatian netizen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Dalam hal ini sebaiknya kalimat promosi di buat sebaik mungkin. Tidak masalah bila butuh waktu lama untuk membuatnya. Yang terpenting adalah hasil dari apa yang Anda usahakan.

Baca Juga : 6 Strategi Negosiasi Terbaik yang Digunakan Para Sales Profesional

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar