Tamparan Untuk Mahasiswa Jaman Now Yang Masih Kuliah

Tamparan Untuk Mahasiswa Jaman Now Yang Masih Kuliah

tamparan untuk mahasiswa

Mahasiswa merupakan suatu gelar yang disandang oleh orang yang melanjutkan studinya di jenjang perguruan tinggi.  

Namun tak banyak yang mengetahui arti penting bagaimana mahasiswa seharusnya. Mahasiswa adalah tahap dimana Anda belajar untuk bisa survive di kehidupan yang sesungguhnya. Yaitu kehidupan setelah Anda di wisuda.

Tetapi yang terjadi saat ini, mahasiswa kebanyakan datang ke kampus hanya untuk memamerkan apa yang mereka miliki seperti pakaian, sepatu, maupun hal lain yang dianggap menarik.

Dan ada juga mahasiswa yang datang ke kampus bukan untuk mencari ilmu. Melainkan datang untuk mencari lawan jenisnya. Sangat miris sekali mahasiswa jaman now.

Mencari pasangan boleh saja, tetapi yang paling utama adalah menuntut ilmu. 

Toh, pasangan itu juga tidak bisa menjamin setelah wisuda Anda langsung dapat pekerjaan yang layak. Yang terpenting itu ilmu. Karena ilmu lah senjata yang sangat dibutuhkan ketika selesai wisuda.

Pelajari apa yang bisa Anda pelajari selama itu masih dalam hal yang positif. Dan belajar tidak selamanya hanya di dunia perkuliahan. 

Ada banyak ilmu yang bisa Anda dapatkan dari luar sana. Bisa dari teman,  saudara, kerabat,  atau bahkan orang yang baru Anda kenal.

Jadikan setiap orang yang Anda temui sebagai guru dan jadikan setiap tempat yang Anda datangi sebagai tempat menuntut ilmu.

Serap berbagai ilmu dan pengetahuan yang ada di sekitarmu, yang nantinya bisa membuatmu bisa survive di kehidupan yang sesungguhnya.

Apa Dampak Bagi Mahasiswa Yang Malas Belajar?

Kuliah jangan asal pergi ke kampus, duduk, diam, dengar, lalu pulang ke kost tanpa mengetahui apapun.

Begitu seterusnya sampai wisuda. Nah sobat, coba bayangkan bagaimana nanti Anda kedepannya ketika selesai wisuda.

Mau ke mana? Mau kerja apa? Keahlian apa yang sudah sobat dapatkan selama kuliah?Apa ada perusahaan yang mau menerima karyawan tanpa memiliki keahlian apapun?

Jadi, untuk sobat yang masih kuliah. Jangan terlalu terlena dengan zona nyaman Anda. Belajar dengan santai dan masa bodoh memang enak. Tetapi tunggulah akibatnya ketika selesai wisuda.

Bukan orang lain yang akan dirugikan tetapi diri Anda sendiri. Berikut ini Beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi bila Anda masih malas belajar. Jadi ingat baik-baik.
  • Iri melihat orang lain sukses sementara Anda masih begitu-begitu saja
  • Menjadi Sarjana Pengguran
  • Menjadi sarjana pekerja kebun
  • Kehidupan Anda tidak berubah baik sebelum maupun setelah kuliah
  • Jadi bahan gosip para tetangga
  • Menjomblo seumur hidup, karena nikah itu butuh uang sob
  • Jadi sasaran omelan bos tiap hari
  • Dipecat
Yang paling menyedihkan adalah..........

JATUH MISKIN!!!!!

Dan kalau masih ada kemungkinan buruk yang Anda ketahui tinggal di tambahkan sendiri atau bisa juga dengan menulisnya di kolom komentar.

Menyeramkan bukan. Apa Anda mau hidup Anda seperti itu? Saya yakin Anda pastinya tidak ingin seperti itu.

“Jadi bagaimana caranya agar hidup saya tidak seperti itu?”

Tentu saja dengan belajar!!!

Bergaullah Dengan Teman Yang Positif

Ada banyak ilmu yang bisa Anda pelajari entah itu dari kampus atau dari luar. Carilah teman yang bisa Anda Andalkan.

Teman yang Anda yakini bisa membawa kehidupan Anda menjadi lebih baik. Karena kebanyakan mahasiswa jaman now menjadi malas karena dipengaruhi oleh teman-temannya.

Perbanyak berteman dengan orang-orang yang rajin sehingga Anda bisa ikut rajin. Namun bukan berarti tidak boleh berteman dengan yang malas. Boleh saja, tetapi harus dibatasi.

Baca Juga : 8 Prospek Kerja Lulusan S1 Teknik Elektro Untuk Wanita yang Paling Recomended

Pelajari Public Speaking

Hal yang tak kalah penting adalah kemampuan public speaking. Karena ketika Anda mempunyai ide dan lantas Anda kaku berpublic speaking. 

Toh orang juga tidak bisa menangkap apa yang Anda sampaikan.

Pelajari Pengimplementasian Ilmu

Perlu diingat bahwa Anda jangan hanya mempelajari ilmu teori terus-terusan. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana ilmu itu bisa terimplementasi dengan baik dalam kehidupan yang nyata.

Anda perlu mempelajari keterampilan-keterampilan yang bisa dilihat dan dirasakan orang lain.
Misalkan jurusan Anda teknik infomatika. Yah minimal Anda harus bisa mengetik dan mengelola file dikomputer, serta mampu melakukan instal ulang komputer.
  • Untuk jurusan Bahasa Inggris, minimal Anda mampu berbicara dalam bahasa inggris secara fasih.
  • Bagi jurusan teknik elektro, minimal bisa memperbaiki instalasi listrik yang bermasalah di rumah
  • Untuk jurusan yang lain mungkin berbeda-beda tergantung bidangnya. Dan kalau pun ada bidang yang memang hasilnya berupa produk berupa buku, jasa, puisi, dan lain-lain. Intinya orang bisa lihat apa hasil yang Anda peroleh selama mengikuti perkuliahan.

Renungan

Jadi sekali lagi saya tekankan pada sobat untuk fokus menyerap ilmu ketika berada dalam  masa perkuliahan. Toh, yang akan merasakan manfaatnya kelak sobat sendiri.

Bayangkan bagaimana orang tua sobat yang susah payah bekerja hanya untuk membiayai uang kuliah sobat.

Mereka rela lambat makan demi bekerja. Berharap anaknya kelak bisa mendapat pekerjaan yang layak. Mereka mengandalkan sobat untuk mengubah derajat hidup keluarga menjadi lebih baik.

Itu baru menyangkut keluarga, belum negara. Bukan hanya keluarga sobat yang bergantung, bahkan negara pun juga ikut bergantung.

Bila sobat malas belajar maka sama saja negara kehilangan satu calon orang yang bisa membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Bayangkan bila ada ribuan orang yang malas belajar. Sudah pasti negara kita akan tertinggal jauh dari negara lain dan bukan tidak mungkin Negara kita tercinta ini akan dijajah lagi.



Ingatlah....

“Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum kecuali mereka sendiri yang mau mengubahnya”
Baca Juga : 6 Alasan yang Harus Kamu Tahu Kalau Magang Itu Penting

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar