8 Cara Sederhana Menjadi Pribadi Yang Menarik Dalam Pergaulan

8 Cara Sederhana Menjadi Pribadi Yang Menarik Dalam Pergaulan

Cara Sederhana Menjadi Pribadi Yang Menarik Dalam Pergaulan

Cara menjadi pribadi yang menarik dalam pergaulan sebenarnya adalah hal yang cukup penting. Mungkin Anda pernah berbincang dengan teman yang tidak menyenangkan, apakah ia terlalu serius, terlalu garing bercandanya, ataukah terlalu sok bijak padahal kelakuannya sangat bertolak belakang dengan apa yang ia katakan.

Itu baru penilaian Anda kepada mereka. Kira-kira bagaimana penilaian mereka terhadap pribadi Anda.

Kalaupun Anda adalah kategori orang yang tidak menyenangkan maka Anda harus membaca baik-baik artikel ini sampai selesai.

Semua orang pasti ingin mengetahui bagaimana cara menjadi pribadi yang menyenangkan. Lantas pribadi yang menyenangkan itu seperti apa?

Pribadi yang menyenangkan adalah pribadi yang mudah diterima dalam setiap lingkup masyarakat sehingga membuatnya menjadi banyak teman.

Pribadi seperti ini sangat menarik untuk di ajak sekadar mengobrol atau bercanda ria. Ada semacam keistimewaan yang membuat kita merasa tidak bosan mengobrol dengannya.

Jika Anda ingin menjadi pribadi yang menyenangkan, berikut penjelasan mengenai cara menjadi pribadi yang menyenangkan.


1. Royal Dalam Memberikan Pujian


Usahakan untuk memberikan pujian yang agak berlebih, Karena kebanyakan orang akan merasa dihargai ketika dipuji.

Lontar kan pujian yang bermakna mendalam, sehingga akan meninggalkan kesan yang mendalam pula.

Dalam hal memberi pujian lakukan dengan tulus tanpa dibuat-buat. Pujilah hal-hal yang memang wajar untuk dipuji pada diri orang lain.

Jangan karena ingin akrab sampai-sampai memuji hal-hal yang tidak masuk akal. Misalnya memuji karena sering keluyuran, sering menganggap rendah orang lain, dan sejenisnya.

Berikanlah pujian karena memang pujian itu pantas untuk orang lain. Seperti mendapat penghargaan, menjuarai lomba, rajin beribadah, dan hal-hal lain yang positif.


2. Buat Orang Lain Merasa Dirinya Sebagai Orang Penting


Ketika Anda dianggap sebagai orang penting oleh orang lain, pasti Anda akan sangat senang bertemu dengan orang tersebut.

Begitulah logikanya, bila Anda menganggap orang lain sebagai orang penting maka bukan tidak mungkin orang lain akan senang bertemu dengan Anda.

Dengan Anda menghargai orang lain, pastinya mereka akan merasa dianggap. Dan imbasnya mereka akan menghargai Anda pula sebagaimana Anda dihargai.

Mungkin secara lebih spesifiknya disebut hukum karma. Siapa yang menabur maka ia yang akan menuai.

Jadi mulai dari sekarang buatlah orang lain merasa bahwa dirinya orang penting. Namun dengan tidak berlebih-lebihan seperti membuat panggilan raja, tuan, yang mulia, bos, dan sebagainya.

Anda cukup menghargai orang lain dengan setulus hati sebagai seorang rekan dan kagum akan kemampuan yang orang lain miliki.

Baca Juga : Inilah 6 Solusi Menghadapi Orang Negatif Yang Menjengkelkan Dengan Efektif


3. Jadilah Pendengar Yang Baik


Pendengar yang baik, yang dimaksudkan di sini ialah pendengar yang tidak mencela dan memotong pembicaraan orang lain.

Apabila orang lain berbicara, cukup dengar dan pahami dengan baik apa yang ia sampaikan. Jangan sekali-kali memotong pembicaraan apalagi sampai mencela.

Saya jamin, jika pembicaraan Anda dipotong dan dicela, pasti Anda akan merasa sangat diremehkan dan pastinya akan membenci orang yang mencela tersebut .

Jika memang Anda ingin menyanggah pendapat orang lain, tunggulah sampai orang tersebut selesai berbicara. Baru kemudian Anda mengemukakan pendapat.


4. Usahakan Untuk Selalu Menyebut Nama Dengan Benar


Menyebut nama dengan benar adalah cerminan yang nyata bahwa Anda peduli pada orang lain. Mereka akan merasa di pedulikan, diperhatikan, dan dianggap penting.

Nama adalah hal mendasar yang harus Anda ketahui dari seseorang. Apabila bertemu orang baru jangan langsung tanyakan umurnya, tempat tinggalnya, dan gelarnya.

Tetapi yang pertama-tama Anda tanyakan adalah namanya.

Karena akan sangat aneh berbicara dengan orang yang tidak Anda ketahui namanya. Bagaimana cara memanggilnya? Apakah dengan sebutan eh, anu, ataukah lu.

Rasanya seperti tidak sopan saja. Apalagi jika yang Anda ajak bicara adalah orang yang lebih tua dari Anda.

Bukankah lebih baik jika memanggil seseorang dengan namanya sendiri. Untuk itu betapa perlunya mengetahui nama orang yang diajak bicara.


5. Bersikaplah Ramah dan Murah Hati


Di dunia ini tidak ada satu orang pun yang akan menjauhi orang yang ramah dan rendah hati, karena begitu menyenangkan-nya orang yang memiliki kepribadian ini.

Kecuali bagi mereka yang memiliki sifat iri dan dengki. Kepribadian yang ramah dan rendah hati adalah kekuatan yang paling ampuh untuk membuat orang lain menyukai Anda.

Orang yang ramah dan rendah hati cenderung mudah diterima dalam pergaulan. Mereka akan menjadi sosok yang menyatukan orang-orang yang berbeda karakter.

Karena orang yang ramah dan murah hati lebih mudah berbaur dalam lingkungan masyarakat.

Pastinya akan sangat menyenangkan menjadi karakter seperti itu. Selain banyak teman pasti kita juga akan disenangi orang.


6. Hindari Kebiasaan Mengkritik, Mencela, atau Menganggap Remeh


Kebiasaan mengkritik, mencela dan menganggap remeh pembicaraan orang lain adalah tindakan yang harus dibuang jauh-jauh dari kehidupan Anda.

Bukannya disukai, malahan Anda akan dibenci dan dijauhi oleh orang lain. Anda pasti tidak menginginkan hal demikian.

Kehidupan Anda akan berubah menjadi sepi, kosong, dan tidak ada artinya. Bukankah lebih bagus kalau banyak teman dibanding banyak musuh.

Kalau banyak musuh maka dunia akan terasa sempit. Mau kemana-mana harus pikir-pikir dulu, "Disana ada musuh saya atau tidak yah?".

Lain halnya jika banyak teman, Dunia akan terasa lebih luas dan hidup Anda akan terasa nyaman. Mau kemana-mana jadi enak.

Kalau pergi ke suatu tempat dan disana ada teman pasti akan sangat membantu. Anda mungkin tidak perlu repot-repot mencari penginapan karena teman Anda pasti akan menawarkan untuk menginap di rumahnya.


7. Perbuatlah Apa Yang Anda Ingin Orang Lain Perbuat Pada Anda


Sama seperti poin yang kedua, dalam poin ini juga berlaku yang saya sebut “Hukum karma”. Apa pun yang kita beri kepada orang lain, akan dibalas seperti apa yang Anda berikan.

Ketika Anda ingin orang lain menyapa Anda maka sapalah mereka. Jika Anda ingin dibuat tertawa oleh orang lain maka buatlah orang lain tertawa. Begitulah kehidupan, apa yang kita tanam maka itulah yang akan kita petik.

Jadi usahakan untuk memperbanyak perbuatan baik Anda kepada sesama karena niscaya semua itu akan kembali pada diri Anda sendiri.

Baca Juga : 7 Cara Terpercaya Menghilangkan Sifat Sombong


8. Cintailah Diri Sendiri


Dalam mencintai diri sendiri, dapat diwujudkan dengan melakukan beberapa tindakan yaitu: menghilangkan keyakinan dan pandangan negatif terhadap diri sendiri, tidak menuntut kesempurnaan diri, bersikap apa adanya, tidak merendahkan diri sendiri, tidak berprasangka buruk terhadap apa yang nantinya akan terjadi, dan terus memperbaiki pola pikir.

Apapun dan bagaimana diri kita maka syukurilah, karena semua itu adalah rancangan dan desain Allah SWT.

Jangan selalu berpikir akan kekurangan Anda. Karena semua orang pasti punya kekurangan. Dan dibalik kekurangan itu insyaallah ada kelebihan.

Jauhi pikiran-pikiran negatif Anda karena itu hanya akan jadi bumerang yang mencelakakan Anda di masa depan.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar