Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

26 Istilah Orang Kantoran Yang Wajib Kamu Tahu

orang kantoran

Seperti yang kita ketahui bahwa orang yang bekerja di kantor disebut orang kantoran atau karyawan kantoran. Bahkan ada juga yang bilang pegawai kantoran.

Yah, pada dasarnya semua adalah sebutan untuk pekerja kantoran.

Pekerja kantoran disebut juga sebagai profesi yang santai karena tidak terlalu membutuhkan pemikiran dan analisis yang terlalu mendalam. Tergantung seperti apa kantor, kultur, dan orang kantoran di sana.

Bahasa orang kantoran seringkali terlalu up to date sehingga kadang membuat orang di kantor yang masih baru jadi bingung apa maksudnya.

Jadi bagi kamu yang masih belum tahu istilah-istilah dalam pekerjaan kantor, ada baiknya untuk mencari tahu dan memahami istilah dalam perkantoran.


Bahasa Orang Kantoran

Beberapa bahasa kantoran yang setidaknya perlu kamu tahu adalah:


  1. PIC (Person In Charge)
  2. Arti person in charge adalah istilah yang merujuk pada siapa yang bertanggung jawab menangani suatu hal tertentu.


  3. Meeting/Briefing
  4. Arti briefing dalam pekerjaan secara sederhananya adalah rapat. Mungkin karena kata rapat dianggap tidak keren sehingga diganti dengan kata tersebut.

    Jadi intinya, arti kata briefing kira-kira hampir sama dengan meeting.


  5. ASAP (As Soon As Possible)
  6. Apa itu asap dalam dunia kerja? Yaitu sesuatu yang harus dikerjakan sesegera mungkin. Kata ini biasa digunakan untuk menunjukkan permintaan atau perintah yang harus cepat diselesaikan atau dadakan.


  7. Urgent
  8. Urgent maknanya hampir sama dengan ASAP, hanya saja ia lebih mengacu pada sesuatu yang benar-benar “gawat” dan butuh perhatian serta penanganan yang diprioritaskan.


  9. TBO (To Be Obtained)
  10. TBO singkatan dari to be obtained, merujuk pada suatu hal yang harus dilengkapi dan biasanya berkaitan dengan dokumen atau berkas-berkas penting.


  11. Thanks God It’s Friday
  12. Merupakan bahasa kantor yang sangat membahagiakan bagi para orang kantoran. Terutama bagi mereka yang bekerja di perusahaan selama 5 hari dalam seminggu.

    Karena hari Jumat, setidaknya ada dua jam istirahat tambahan dengan alasan sholat Jumat.


  13. Long Weekend
  14. Long weekend artinya libur akhir pekan yang setidaknya ada 3 hari. Untuk orang kantoran yang bekerja lima hari dalam seminggu pasti sangat gembira.

    Long weekend ditandai dengan adanya hari libur umum pada hari Jum’at atau Senin.


  15. FYI (For Your Information)
  16. Istilah kantor yang juga cukup populer adalah FYI. Maksudnya adalah informasi yang akan atau sedang diberikan ditujukan untukmu.


  17. Training
  18. Istilah lain dalam pekerjaan kantor yang juga cukup populer adalah Training. Secara lebih singkat, istilah ini diartikan sebagai pelatihan.


  19. Overtime
  20. Karyawan kantoran yang overtime adalah mereka yang sedang lembur atau bekerja melebihi waktu kerja semestinya.


  21. Follow Up
  22. Merujuk kepada suatu pekerjaan yang belum selesai dan perlu disegerakan untuk menyelesaikannya. Suatu kata yang sangat mudah diucapkan tetapi sulit dijalankan.


  23. Nine to Five (925)
  24. Merupakan standar waktu orang kerja kantoran Internasional. Tetapi di Indonesia sendiri justru menerapkan 825 dan itu pun masih dianggap kurang sehingga sering kali ada overtime.


  25. Tentative
  26. Apa arti tentative? yaitu suatu keputusan yang sangat ambigu.

    Misalnya pada saat meeting dengan suasana yang tidak produktif dan membosankan, saat itu diambillah keputusan yang asal cepat saja. Nah, itulah yang dinamakan keputusan tentative.

    Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata tentative adalah terburu-buru tanpa memperdulikan manfaatnya.


  27. After Lunch
  28. Menunjukkan waktu setelah makan siang atau sekitar jam satu siang. Kata ini biasa digunakan untuk janjian antara sesama manager atau di atasnya.


  29. Coffe Break
  30. Orang kantor seringkali menggunakan istilah ini untuk istirahat sejenak sambil minum kopi. Istilah gaulnya sih ngopi.

    Hal ini biasa dilakukan oleh karyawan malas yang sedang tidak produktif. Bos sendiri biasanya punya jadwal coffee break maksimal 2 jam sehari.


  31. Legalitas
  32. Menyangkut peresmian suatu dokumen atau hak resmi yang dimiliki perusahaan. Istilah ini biasa digunakan bila perusahaan tersandung sengketa.

    Misalnya dalam hal tanah atau suatu bangunan.


  33. 13th Salary / Bonus
  34. Siapa sih yang tidak suka bonus. Pasti hal ini yang sangat dinanti para karyawan.

    Dimana divisi-divisi yang bermusuhan dan berseteru tiba-tiba bersatu padu dalam kekompakan yang harmonis, yaitu urusan bonus.


  35. Outing/Outbound
  36. Kegiatan outbound biasanya diadakan karena inisiatif dari manajemen perusahaan untuk menyegarkan kembali pikiran karyawannya.

    Melalui outbound, diharapkan karyawan bisa jadi lebih bugar dan saling bekerja sama dalam menghadapi permasalahan di kantor.

    Tak jarang, selesai mengikuti kegiatan outbound karyawan akan memperoleh hasil yang lebih maksimal dibandingkan sebelumnya.


  37. Twenty Four Seven (24/7)
  38. Merupakan istilah orang kantoran yang mengacu apa waktu kerja 24 jam sehari selama seminggu.

    Ini adalah kalimat kejam para bos untuk mengintimidasi tangan kanannya sambil diiming-imingi bonus yang menggiurkan.


  39. Pantry
  40. Merupakan suatu ruangan kecil yang multifungsi. Umumnya digunakan oleh para OB untuk membuat kopi, menyiapkan sarapan, dan sejenisnya. Kira-kira hampir mirip dengan dapur.


  41. OB (Office Boy)
  42. Office Boy adalah petugas yang biasanya bertugas membersihkan lantai, bikin kopi, merapikan ruangan, dan memeriksa hal teknis lainnya.


  43. Mesengger
  44. Merupakan orang yang tugasnya mengantar sesuatu ke berbagai tempat seperti dokumen-dokumen penting.

    Dan tak jaran jadi korban kejahilan karyawan yang ingin mengirimkan kado ke pacarnya yang tempatnya agak jauh dari perusahaan.


  45. Jobdesc
  46. Jobdesc merupakan istilah lain dari detail pekerjaan karyawan kantor yang dituang dalam kontrak kerja.

    Meskipun begitu, terkadang 80% dari jobdesc dianggap sepele atau bahkan diabaikan.

    Sebaliknya, apabila gaji dipotong 80% justru akan menjadi bencana dan malapetaka.


  47. Man Behind The Desk / Orang Kantoran
  48. Merupakan sebutan pekerja kantoran yang sering digunakan para tenaga operasional lapangan pada karyawan administrasi, terutama mereka yang berdasi.


  49. Affair
  50. Apabila diterjemahkan, istilah tersebut berarti selingkuh atau berhubungan gelap. Dalam dunia kantor, memiliki hubungan dengan sesama karyawan adalah suatu hal yang sulit terhindarkan.


  51. I Hate Monday
  52. Ini adalah ungkapan yang sering terucap dalam seminggu sekali. Biasanya pada hari Senin pagi saat masih ngantuk-ngantuknya.

    Apalagi ketika mood sedang buruk, pekerjaan menumpuk, dan jadwal meeting yang terlalu padat.


Penutup

Demikianlah penjelasan terkait bahasa dan istilah orang kantoran. Saya berharap apa yang dijelaskan dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Jangan lupa juga untuk meluangkan waktu membaca beberapa artikel menarik berikut ini: