Pengalaman Kerja Sambil Kuliah yang Mungkin Belum Pernah Kamu Rasakan

Pengalaman Kerja Sambil Kuliah yang Mungkin Belum Pernah Kamu Rasakan

pengalaman kerja sambil kuliah

Pengalaman kerja sambil kuliah rasanya tuh kayak gimana sih? Senang, bahagia, atau justru mengenaskan. Anggapan setiap orang berbeda-beda. Namun cukup banyak loh yang bilang kalau kerja sambil kuliah itu ngenesin.

Masih tidak percaya? 

Coba tanyakan saja langsung ke yang pernah mengalaminya. Dibalik setiap kebahagiaan pasti ada kesulitannya. Begitu pun dalam hal kerja sambil kuliah.

Mungkin kita bisa senang karena dapat uang, tapi untuk mendapatkan segala sesuatu pasti butuh yang namanya pengorbanan.

Kebanyakan mahasiswa apalagi yang nge-kost ingin kuliah sambil kerja. Baik itu karena mau membantu orang tua atau karena ingin punya penghasilan sendiri.

Siapa sih yang tidak mau kuliah sambil dapat uang. Ibaratnya seperti sambil menyelam minum air. Tentunya semua orang pasti mau. Kuliah kan tujuannya agar gampang dapat uang.

Tapi kebanyakan mahasiswa yang belum pernah mengalami atau ingin kerja sambil kuliah masih was-was dan bingung untuk melakukannya.

Ada banyak pertanyaan yang sering timbul pada diri mereka seperti :

Gimana yah rasanya kerja sambil kuliah? 

Saya mau kerja sambil kuliah tapi bingung bagaimana cara bagi waktu yang benar?

Kalau seandainya saya kuliah sambil kerja bagusnya kerja apa yah?

Apa resikonya kalau kita kerja sambil kuliah? Jangan sampai nanti memengaruhi kuliah.

Kenapa yah saya harus kerja, kan masih ada beasiswa?

Bagaimana sih tipsnya agar kuliah tidak terbengkali?

Maka dari itu, dalam postingan ini saya akan memaparkan tentang solusi dari permasalahan di atas. 

Adapun penjelasan berikut ini didapatkan dari pengalaman orang yang pernah mengalaminya, baik itu dari jawaban langsung maupun dari referensi artikel lain.

# Bagaimana rasanya kerja sambil kuliah?


Bagi setiap orang mungkin dalam menjawab pertanyaan ini akan berbeda-beda respon dan jawabannya. Tetapi yang namanya kerja tentu ada capeknya.

Namun itu juga tergantung pekerjaan apa yang mau kamu ambil. Kalau mau kerja rutin dan kuliah sekaligus tentu akan sangat melelahkan. Tetapi dibalik itu semua, kamu juga yang dapat senangnya.

Senangnya apa? 

Kamu bisa refreshing sambil kerja, apalagi pekerjaan yang sifatnya outdoor. Kadang juga ada bos yang memberikan fasilitas atau bonus bagi pekerjanya.

Bisa berupa wifi gratis, makanan gratis, kendaraan gratis, dan bisa dapat banyak kenalan baru. Atau mungkin juga bisa bertemu sama jodohmu.. Hehehe

Untuk kamu yang ingin kerja sambil kuliah, alangkah baiknya mencari pekerjaan yang tidak terlalu berat seperti private bimbel, fotokopi, penjaga warnet, dan sebagainya. 

Orang yang berani kerja sambil kuliah adalah orang yang bermental kuat, tahan banting, dan memiliki manajemen waktu yang baik.

Jadi kalau mau tahu bagaimana rasanya. Kerja sambil kuliah itu sangat melelahkan dan menyita waktu.

Namun bisa juga jadi penyemangat dan kebanggaan karena bisa kuliah, dapat uang, dan dapat pengalaman berharga sekaligus. Kalau kata orang sih Enjoy aja.

# Saya mau kerja sambil kuliah tapi bingung bagaimana bagi waktu?


 Kalau masih belum bisa bagi waktu sebaiknya jangan dulu deh. Karena untuk bisa kerja sambil kuliah itu berat dan butuh tekad yang kuat.

Tapi kalau kamu masih nekat, jangan heran kalau nanti kuliahmu akan terbengkalai dan berakhir mengenaskan.

Sebagai gambaran, jika kamu masih sering malas dikos, baik itu dalam hal cuci piring, cuci pakaian dan sebagainya.

Maka yakin dan percaya kalau kamu ambil shift kerja, tentu kuliah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan akademikmu pasti terbengkalai.

Ingatlah baik-baik kalau prioritas utamamu adalah kuliah. Dan kerja itu hanya sekadar sambilan. Kerja memang penting untuk hidupmu sekarang ini, tapi kuliah itu jauh lebih penting untuk masa depanmu kelak.

# Kira-kira kerja apa yah yang cocok dikerjakan sambil kuliah? 


Kamu kan menyandang status sebagai seorang mahasiswa. Tentu sudah suatu keharusan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengurusi tugas kuliah yang cukup banyak. Jadi carilah pekerjaan yang tidak menyita terlalu banyak waktu belajar kamu.

Pekerjaan yang paling umum adalah penulis online (content writer), photocopy, penjaga warnet, atau kah private bimbel. Ada banyak kok contoh pekerjaan yang bisa Anda lakukan. Untuk sekedar referensi, silahkan baca Cara Mahasiswa Dapat Uang Dari Internet Yang Harus Kamu Coba

Kan lumayan tuh hasilnya dan juga tidak terlalu banyak menyita waktu. Coba bayangkan kalau seandainya kamu jadi tentor bimbel, walaupun sifatnya musiman hasilnya lumayan lah.

Apalagi kalau gaji perjamnya tinggi. Hanya butuh waktu beberapa jam saja kok, daripada hanya menganggur dikos.

# Apakah kalau kita kerja sambil kuliah bisa mempengaruhi perkuliahan kita? 


Kalau kamu mengambil pekerjaan yang full time atau rutin tentu akan mempengaruhi kuliah. Baik itu karena capek, terdesak pekerjaan, atau karena sebab lainnya.

pengalaman kerja sambil kuliah mahasiswa

Pulang kerja dengan keadaan badan yang terasa remuk dan capek. Manusia mana sih yang masih kuat ngerjain tugas kalau tidak memiliki mental baja. Itulah sebabnya saya katakan terkadang bikin ngenes. 

Itu lain lagi ceritanya kalau kamu mengambil pekerjaan yang tidak terlalu banyak menyita waktu seperti yang disebutkan sebelumnya. Pekerjaan seperti itu tidak akan memengaruhi kuliahmu. Walaupun kerja tapi kamu masih punya banyak waktu untuk kerja tugas dan belajar.

Berikut ini beberapa gambaran seperti apa resiko dan keadaannya kalau kita kuliah sambil kerja:
  • Kesulitan mengatur waktu antara jam kerja dan jam kuliah
  • Dapat membuat kamu malas mengikuti  perkuliahan
  • Fokus kamu akan terbagi dua
Jadi tinggal pintar-pintarnya kami memilih pekerjaan yang cocok kalau tidak mau ambil resiko dengan perkuliahan. Dan jangan sampai kamu seperti pada poin kedua.

# Beasiswa kan ada, kenapa harus kerja?


Memang ada banyak pilihan beasiswa yang disodorkan ketika kamu masuk kuliah, apalagi untuk program S1. Mulai dari KSE, tanoto, VDMS, bidikmisi, ataupun beasiswa dari daerah.

Tapi untuk kamu yang merasa masih kekurangan uang saku atau iseng ingin sekadar merasakan sensasi kerja sambil kuliah tidak ada salahnya kan? Selain bisa menambah uang saku, bisa juga menambah pengalaman. 
LEBIH BAIK MENCOBA DARI PADA MATI PENASARAN.

# Bagaimana tipsnya agar bisa kerja tapi kuliahnya tidak kelabakan? 


Sebenarnya hal utama yang harus kamu miliki ketika memutuskan untuk kuliah sambil kerja adalah mental yang kuat dan tahan banting.

Adapun tips tips lainnya yaitu:
  • Harus punya semangat yang kuat.
  • Tidak mudah menyerah.
  • Harus pintar dan belajar memanajemen waktu se-efisien mungkin.
  • Belajar melakukan sesuatu sesuai prioritasnya. Lakukan yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu.
  • Istirahat yang cukup. Jangan sampai kamu kecapekan dan justru jatuh sakit.
  • Gunakan waktu libur untuk happy-happy dengan teman atau sekedar nongkrong bareng untuk menghilangkan stress.
  • Enjoy your Life.

Kalau kamu punya pengalaman unik tentang kerja sambil kuliah dan ingin membagikannya, bisa di curahkan di kolom komentar.

Salam Hidupcu....

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar