Membahas Lebih Dalam Apa Itu Public Speaking (Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Manfaat)

Membahas Lebih Dalam Apa Itu Public Speaking (Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Manfaat)

apa itu public speaking

Hidupcu.com - Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sudah sering mendengar tentang apa itu public speaking. Namun tak sedikit pula yang belum terlalu paham dengan apa itu public speaking. Bagi kebanyakan orang mungkin public speaking itu semacam cara berbicara. Tetapi tahukah Anda bahwa berbicara tentang apa itu public speaking mencakup rana yang lebih lengkap.

Daftar Isi :
  1. Pengertian Public Speaking Secara Umum dan Menurut Para Ahli
  2. Contoh Publik Speaking
  3. Tujuan dan Manfaat Public Speaking
  4. Mengapa Orang Gugup dan Takut Jadi Publik Speaker
  5. Cara Menghilangkan Rasa Gugup dan Takut Dalam Berpublic Speaking


Pengertian Public Speaking Secara Umum dan Menurut Para Ahli


Public speaking adalah salah satu bentuk komunikasi antara satu individu kepada sekelompok orang didepan umum dengan tujuan untuk menghibur, memengaruhi (persuasif), serta memberikan informasi. Biasanya dalam bentuk pidato atau ceramah. 

Public Speaking termasuk cabang ilmu komunikasi yang mencakup kemampuan seseorang untuk bisa berbicara di depan umum, entah itu dengan suatu kelompok atau perseorangan. Dalam hal ini perlu digunakan strategi dan teknik yang tepat.

Menurut Aristoteles, dalam berpublic speaking kita harus menyampaikannya dengan jelas, singkat, dan meyakinkan.


Contoh Publik Speaking


Beberapa contoh public speaking adalah memoderatori acara, diskusi, perdebatan, memimpin rapat, memandu sesi do'a, presentasi, berpidato, menjadi presenter TV, MC, mengajar, dan lain sebagainya. 

Secara sederhananya, public speaking adalah tata cara berbicara di depan umum secara terencana dan runtut untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga : 10 Cara Mempengaruhi Orang Lain Sependapat Dengan Anda


Tujuan dan Manfaat Public Speaking


Public Speaking dapat digunakan untuk berbagai tujuan komunikasi seperti memberikan informasi (inform), menghibur (entertained), dan bahkan untuk membujuk (persuade) seseorang untuk melakukan sesuatu. 


Mengapa Orang Gugup dan Takut Jadi Publik Speaker


Membahas Lebih Dalam Apa Itu Public Speaking (Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Manfaat)

Dalam hal public speaking, audience (pendengar) secara umum lebih memerhatikan ekspresi dan bahasa tubuh (55%), baru kemudian memerhatikan teknik vokal atau tekanan suara (38%), dan apa yang Anda sampaikan (7%).

Ini menandakan betapa pentingnya cara seorang public speaker dalam meyampaikann sesuatu. Walaupun apa yang hendak disampaika itu tak kalah pentingnya.

Public speaking akan jauh lebih baik bila disampaikan dengan kalimat dan pesan yang terstruktur, serta disampaikan secara sistematis agar lebih memudahkan para audience (pendengar) dalam memahami apa yang disampaikan oleh public speaker.

Selain itu, public speaking hendaknya disampaikan dalam bahasa formal yang jelas. Hindari menggunakan bahasa sehari-hari. Namun itu juga tergantung dari topik apa yang Anda bicarakan.

Apabila berbicara tentang bisnis, karier, dan profesi, tentu harus menggunakan bahasa formal yang jelas, begitu pun sebaliknya.

Penggunaan bahasa dalam public speaking menekankan tanda keseriusan. Dalam berbicara pun juga harus memerhatikan volume suara yang jelas dan performance yang baik.

Itulan penyebab utama mengapa banyak orang mengalami rasa takut dan gugup saat harus berbicara di depan umum. Jadi sebisa mungkin upayakan diri Anda untuk menangani hal tersebut.

Rasa takut dan gugup yang timbul biasanya disebabkan karena tidak terbiasa dan bahkan tidak pernah secara sengaja mempelajari dan memahami tentang public speaking.

Kenapa sih banyak orang yang takut menjadi pembicara atau public speaker?

Hal utama yang mempengaruhi adalah karena tidak familiarnya seseorang dengan suatu keadaan atau pun dengan para audience yang akan dihadapi.

Inilah yang biasa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Apalagi jika yang dihadapi ini ada beberapa orang yang memiliki pemahaman yang lebih baik daripada si public speaker.

Penyebab lainnya juga karena merasa asing dalam suatu suasana karena menjadi pusat perhatian ditengah-tengah banyaknya orang.

Rasa kurang percaya diri juga biasa timbul karena adanya self conscious atau merasa minder karena merasa diri punya banyak kekurangan.

Pada umumnya rasa takut ini muncul karena takut terlihat sebagai pembicara yang bodoh dan payah.

Ketakutan menjadi seorang public speaker pada akhirnya akan menciptakan rasa gugup yang dapat dengan mudah dilihat oleh para pendengar. Maka dari itu, untuk menghilangkannya Anda perlu menenangkan diri terlebih dahulu.

Baca Juga : 7 Cara Bagaimana Anda Bisa Dipercayai Oleh Orang Lain


Cara Menghilangkan Rasa Gugup dan Takut Dalam Berpublic Speaking


Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan mengambil napas dalam-dalam lalu menghembuskannya. Sambil terus melemaskan tubuh agar terjadi relaksasi suara.

Sebelum tampil di depan umum, ada baiknya melakukan persiapan terlebih dahulu mencakup persiapan fisik, mental, maupun materi yang nantinya akan disampaikan.

Persiapan yang dilakukan secara maksimal akan memberikan rasa percaya diri pada Anda. Namun perlu juga diperhatikan bahwa kepercayaan diri yang berlebihan dapat mengakibatkan kontra produktif dengan tujuan utama yang hendak dicapai dalam public speaking.

Kemampuan seseorang dalam berpublic speaking bisa semakin ditingkatkan dengan sering latihan berbicara di depan orang banyak.

Bukan hanya itu, secara paralelnya seorang public speaker perlu meningkatkan skill berbicaranya dengan membangun pemahaman serta teknik berbicaranya yang meliputi persiapan dan penyampaian.

Baca Juga : 7 Trik Jago Berbicara di Depan Umum yang Digunakan Para Ahli

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar