--> Skip to main content

Ketika Orang Introvert Marah : Mengenal, Menyelami Lebih Dalam, dan Bagaimana Mengatasinya

Ketika Orang Introvert Marah

Hidupcu - Mungkin kamu pernah bertanya-tanya dalam hati, apa jadinya ketika orang introvert marah? Apakah ia hanya memendam kemarahan itu? Atau justru melampiaskannya secara frontal dan bar-bar.

Entahlah, tergantung seperti apa karakter orang introvert tersebut. Karena tiap orang introvert itu kadang memiliki perbedaan karakter tersendiri dibandingkan yang lainnya.

Dalam artikel ini saya akan membahas secara rinci tentang seperti apa orang introvert ketika marah dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang seperti apa jika orang introvert marah, maka pertama-tama yang harus dipaham dahulu adalah apa itu introvert. Nah di sini saya menyediakan daftar isi topik atau poin-poin yang akan dibahas nantinya.

  1. Mengenal Introvert
  2. Sifat Introvert Menurut Islam
  3. Otak Orang Introvert
  4. Jenis Orang Introvert
  5. Kelebihan Seorang Introvert
  6. Kesulitan Orang Introvert
  7. Suasana Hati Introvert
  8. Tanda Orang Introvert Marah
  9. Kenapa Orang Introvert Dijauhi
  10. Masalah yang Sering Dihadapi Orang Introvert
  11. Hal yang Introvert Benci Untuk Melakukannya
  12. Alasan Umum yang Menyebabkan Orang Pendiam Bisa Sangat Marah
  13. Mengapa Orang Introvert Lebih Berbahaya Ketika Marah
  14. Cara Introvert Menyelesaikan Masalah
  15. Cara Mengatasi Pribadi Introvert
  16. Meme Orang Introvert
  17. Film Indonesia Tentang Introvert

Mengenal Introvert


Menurut Car Gustav Jung, introvert adalah karakter seseorang yang memiliki orientasi subjektif secara mental dalam menjalani hidup.

Kebanyakan orang hanya menilai pribadi introvert adalah pribadi yang tertutup. Yah memang karena kebanyakan dari mereka cenderung suka menyendiri dan menyukai kondisi tenang.

Orang introvert biasanya melakukan aktivitas-aktivitas yang soliter atau seorang diri seperti membaca, menulis, menonton film, memancing, dan sejenisnya.


Sifat Introvert Menurut Islam


Dalam agama Islam belum ada yang menjelaskan secara detail tentang kepribadian introvert maupun ekstrover. Namun arti dari hadis berikut ini mungkin bisa memberi sedikit pencerahan tentang introvert maupun ekstrover yang sedang jadi topik pembahasan kita.

Dalam Hadits Jami’ah Al-Tirmidhi :

“Daripada Jabir bin Abdullah, beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, ‘Setiap kebaikan itu adalah sedekah dan antara kebaikan itu adalah menemui saudara engkau dengan bermanis muka, dan juga menuangkan air ke dalam bekas saudaramu.”

Dalam Hadits Sahih Al-Bukhari dan Muslim :

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa ‘Hak muslim terhadap muslim lainnya ada 5: menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah ke kuburan, memenuhi undangan, dan mengucapkan doa kepada orang yang bersin.”

Dalam Hadits Sahih Al-Bukhari dan Muslim yang lainnya :

Dari Abu Huraiah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda, ‘Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka berkata baiklah atau diam.”

Dari ketiga hadis di atas maka bisa disimpulkan bahwa sifat introvert menurut Islam itu masih samar-samar. Namun sejatinya kita diperintahkan untuk :
  1. Bertemu dengan saudara-saudara kita dan bermanis muka di hadapannya.
  2. Menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah ke kuburan, memenuhi undangan, dan mengucapkan doa kepada orang yang bersin. Dimana semua kegiatan dan tindakan tersebut mengarahkan kita untuk senantiasa berinteraksi dengan orang lain.
  3. Berkata baiklah atau diam.

Otak Orang Introvert


Otak orang introvert itu cenderung lebih sering berpikir. Orang introvert biasanya akan mengumpulkan berbagai sumber terlebih dahulu, meneliti, dan memastikannya sebelum kemudian mengeluarkan kata-kata.

Orang introvert juga suka bermain dengan pikirannya sendiri hingga kadang membuat orang lain salah paham karena mengira bahwa dirinya tak dihargai.

Tipe orang introvert mendapatkan energi lebih setelah menghabiskan waktu sendirian atau bersama orang terdekat. Itulah alasan mengapa banyak orang introvert yang sering kamu temui menghabiskan waktu sendirian dan melakukan banyak hal yang menurut orang ekstrover membosankan.


Jenis Orang Introvert


Orang introvert bukan hanya ada satu jenis, melainkan terbagi menjadi 4 jenis. Keempat jenis orang introvert tersebut antara lain :

1. Introvert Sosial (Social Introvert)

Yang tergolong introvert sosial adalah seseorang yang lebih senang menghabiskan waktu dengan orang lain dalam suatu kelompok kecil. Introvert sosial ini akan sangat aktif dan cerewet bila berada di antara orang yang benar-benar ia kenal dan membuatnya nyaman.

Introvert sosial kebanyakan suka menghabiskan waktu sendirian di rumah dan selalu menghindari kerumunan orang yang tak ia kenali.

2. Introvert Pemikir (Thinking Introvert)

Seorang introvert pemikir sangat reflektif terhadap dirinya sendiri dan suka menghabiskan waktunya untuk merenung memikirkan sesuatu yang ia anggap menarik.

Perbedaan introvert jenis ini dengan introvert sosial adalah tidak adanya keinginan untuk menghabiskan waktu dalam kelompok kecil.

Yang ia lakukan hanya terus merenung. Karena melalui renungannya ia bisa menemukan ide kreatif yang siap dibagikan terhadap khalayak umum di situasi yang tepat.

3. Introvert Pencemas (Anxious Introvert)

Introvert jenis pencemas adalah seseorang yang suka menyendiri karena perasaannya yang seringkali kikuk dan tidak nyaman saat berada di tengah orang yang tak dikenali.

Perbedaan mendasarnya dengan introvert sosial adalah memiliki rasa malu dan rasa tidak percaya diri yang lebih besar.

4. Introvert Penakut (Restrained Introvert)

Jenis introvert yang satu ini adalah seseorang yang biasanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk mulai berbicara maupun bertindak. Ia termasuk orang yang selalu memikirkan segala sesuatu secara matang sebelum mengeksekusinya.

Orang introvert tipe ini bukanlah orang yang bisa mengambil keputusan secara cepat, tetapi cukup bisa diandalkan untuk berpikir dengan kepala dingin.

Kelebihan Seorang Introvert


Beberapa kelebihan yang kebanyakan dimiliki oleh orang introvert antara lain :
  • Pemikir yang bisa diandalkan
  • Peka dalam menganalisis kepribadian orang lain.
  • Peduli dan tulus pada orang yang benar-benar ia anggap teman.
  • Tahu mana orang yang bisa ia ajak berteman dan mana yang tidak
  • Menghargai hubungan dan menghormati pasangan
  • Loyal dalam pertemanan

Kesulitan Orang Introvert


Baik itu introvert maupun ekstrover tentunya memiliki kesulitan dan kelebihannya masing-masing. Beberapa kekurangan atau kesulitan yang dimiliki oleh kaum introvert antara lain :
  • Tak pandai mengekspresikan diri
  • Susah bergaul dengan siapa saja
  • Kadang dikira orang aneh karena sangat jarang orang yang memahami apa isi pikirannya.
  • Lebih sering berdiam diri daripada berinteraksi dengan orang di sekitarnya.
  • Sangat berbahaya jika terlanjur marah.

Suasana Hati Introvert


suasana hati introvert
Sumber : reme-nomal.com

Berbicara tentang suasana hati introvert tentu tak jarang membuat kita yang tak mengenalnya seringkali salah menafsirkan. Mengingat sangat sulitnya menebak apa yang ada dalam pikirannya. Itulah susahnya jadi introvert. Kadang membuat orang lain salah paham atas tingkah dan apa yang ia pikirkan.

Orang introvert umumnya lebih sering diam daripada banyak bacot. Tapi eh tunggu dulu apakah kamu tahu apa yang dilakukan orang introvert saat diam. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan alasannya :

1. Sedang mengamati sesuatu

Kebanyakan ekstrover biasanya akan cenderung mengekspresikan dirinya secara antusias. Namun lain halnya dengan introvert. Ia lebih sering mengamati apa yang ada di sekitarnya.

Saat bertemu dengan orang atau lingkungan baru, ia butuh waktu lebih banyak sebelum bisa memercayai dan menyesuaikan diri di dalamnya.

Jadi tak heran kalau saat berada di lingkungan baru, orang introvert lebih sibuk mengobservasi keadaan sekitarnya dalam keadaan diam.

Dari situlah kadang ia bisa mendapatkan ide dan inspirasi, khususnya untuk para introvert seniman. Ia jadi bisa dapat ide untuk membuat tulisan, lagu, lukisan, dan sebagainya. Intinya introvert selalu berusaha menyerap informasi yang ada di sekitarnya.

2. Sedang mematangkan ide

Orang introvert adalah tipe orang yang mengutamakan memikirkan segala sesuatunya sebelum mengucapkan sesuatu. Beda dengan orang ekstrover yang bisa berpikir sambil berbicara.

Ketika kamu melihat orang introvert yang sedang diam maka mungkin ia sedang memikirkan suatu gagasan yang ingin ia katakan atau memikirkan kata-kata apa yang cocok ia gunakan saat menyampaikan sesuatu. Biasanya ia akan diam sesaat sebelum idenya belum mantap.

3. Sedang Berdialog dengan diri sendiri

Salah satu hal unik yang sering dilakukan oleh orang introvert adalah senang berdialog dengan dirinya sendiri. Hmm, apa kamu juga seperti demikian?

Saat orang di sekitarmu sibuk memperbincangkan suatu topik. Eh ternyata diam-diam kamu menyelinap masuk ke dalam dirimu di suatu ruang kosong dan melakukan musyawarah bersama dengan hati dan otakmu.

4. Sedang tak mau berbicara apapun

Bagi sebagian orang mungkin suka ikut nimbrung ke percakapan suatu pergaulan. Baik berupa basa-basi agar dianggap ada atau hanya menciptakan keseruan.

Namun bagi introvert sendiri tidak suka basa-basi dan tak akan berbicara jika memang tak ada yang ingin dikatakan. Terlebih lagi jika topik yang dibahas tidak menarik dan tak ia kuasai.

Bagi orang introvert, energi untuk bersosialisasi itu perlu dihemat. Soalnya jika lama-lama di tempat ramai dan bising bisa membuat energinya cepat habis. Maka dari itu orang introvert lebih sering diam dan tak merespons.

5. Sedang marah atau kecewa

Walaupun orang introvert tak pandai dalam mengekspresikan emosinya, namun bukan berarti orang introvert itu tidak pernah emosi yah. Tidak seperti ekstrover yang senang membentak-bentak, menggebrak meja, atau mengeluarkan semua unek-unek negatifnya.

Orang introvert lebih memilih untuk diam dan menganalisis masalahnya terlebih dahulu, mendinginkan kepala, hati, dan baru kemudian memikirkan bagaimana menyampaikan emosi negatif itu tanpa memunculkan masalah yang baru.


Tanda Orang Introvert Marah


Tanda Orang Introvert Marah
Sumber : smartlog.jp

Tahukah kamu seperti apa tanda atau ciri-ciri yang ditunjukkan oleh orang introvert saat mereka marah? Berikut ini adalah beberapa tanda yang mungkin bisa kamu jadikan acuan apakah seorang introvert sedang marah atau tidak.

1. Merespons dengan satu kata

Ketika orang introvert marah, biasanya ia hanya akan membalas pembicaraan dengan satu kata. Ini tentu akan membuat orang lain berhenti mengajukan pertanyaan karena mereka bingung mau menanyakan apa lagi jika jawabannya hanya satu kata.

Respons dengan satu kata juga bisa bermakna “pergilah”. Sekilas mungkin mereka tak terlihat marah. Tetapi di dalam hatinya perasaannya sedang tidak baik. Jadi alangkah baiknya jika kamu membiarkannya sendiri dulu untuk beberapa saat.

2. Tak ingin berinteraksi dengan orang yang ia benci

Saat orang introvert marah pada seseorang, ia cenderung tak ingin berurusan dengan orang tersebut dan menghindari segala bentuk interaksi.

Bagi orang lain yang dicuekin dan dihindari tentu akan merasa bingung bagaimana menghadapinya. Langkah terbaik adalah dengan membiarkannya seperti itu untuk sementara.

Jika kamu adalah tipe orang yang seperti itu saya berpesan agar jangan terlalu lama marahnya. Kasihanilah orang-orang yang ada di dekatmu, mereka juga ingin berbicara denganmu.

3. Bersikap Masa Bodo

Ini adalah salah satu cara yang digunakan orang introvert untuk melampiaskan bentuk diamnya dan menyembunyikan kemarahan yang ia rasakan. Ia akan cenderung tak peduli pada apapun.

Dari yang awalnya sangat antusias melakukannya, eh lama kelamaan berubah jadi masa bodoh. Ini juga adalah salah satu triknya dalam menghindari interaksi dengan orang lain.

4. Memberikan banyak alasan untuk menghindar

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa introvert biasanya akan menghindari interaksi dengan orang yang ia benci.

Jadi apabila ia membencimu maka ia akan berusaha bagaimanapun caranya agar tidak berinteraksi denganmu.

Kebanyakan dari mereka apabila diajak bertemu akan beralasan sibuk atau ada kegiatan lain yang lebih penting. Padahal sebenarnya tak demikian.

5. Perubahan Intonasi 

Intonasi dari orang introvert yang marah itu kadang tak jelas. Kadang lembut bahkan sampai tak terdengar, kadang datar, dan kadang juga tajam.

Namun kebanyakan orang introvert yang marah itu melakukan penekanan suku kata pada kata pertama atau kata penting yang ia pikir bisa merepresentasikan perasannya. Contohnya “terserah” atau “mungkin”. Umumnya yang paling sering digunakan itu adalah kata kerja.

6. Tidak melakukan kontak mata ketika berbicara

Rasa kecewa orang introvert biasa juga diwujudkan dengan menghindari kontak mata dengan lawan bicaranya. Kalaupun terjadi kontak mata, mungkin hanya sebentar. Sama sekali tak ada senyuman dan coba deh perhatikan bahasa tubuhnya.

7. Sering marah meskipun hanya masalah sepele

Tipe orang introvert adalah tipe orang yang lebih sering memendam emosi dan perasannya. Tentu ini adalah sesuatu yang cukup melelahkan bila dilakukan.

Ketika mereka sudah mencapai batas kesabarannya. kamu akan terkejut nantinya bila mendapati ia sangat marah padamu meskipun hanya masalah sepele.

Cukup aneh ya, introvert bisa saja marah tanpa sebab dalam waktu yang lama. Tetapi ia juga bisa tiba-tiba adem karena hal sepele.


Kenapa Orang Introvert Dijauhi?


Kenapa Orang Introvert Dijauhi?
Sumber : woman.mynavi.jp

Pribadi introvert terkadang dijauhi dalam lingkungan pergaulan. Mengapa demikian? sebenarnya ada beberapa alasan yang mendasari mengapa orang introvert sering dijauhi oleh orang lain. Alasan tersebut antara lain :
  1. Orang introvert cenderung diam, sehingga membuat orang yang di sekitarnya bosan dan hanya bisa ikut diam mematung.
  2. Kebanyakan orang introvert pemalu, jadi orang lain yang ingin berinteraksi dengannya seringkali dibuat canggung.
  3. Sulit diajak bercanda, jadi orang lain akan kebingungan bagaimana mencairkan suasana dengan candaan. Biasanya saat orang lain bercanda ia hanya membalas dengan senyum tipis dan garing.
  4. Mudah tersinggung, yah orang lain harus pandai-pandainya memfilter candaannya karena jangan sampai candaan tersebut membuatnya marah.
  5. Lebih suka sendirian, sehingga kadang ketika ada orang yang mengajaknya nongkrong atau ngumpul bareng ia tidak mau. Sehingga ketika orang lain kumpul dan ia tak ada maka mereka sama sekali tak keberatan.

Masalah yang Sering Dihadapi Orang Introvert


Masalah yang Sering Dihadapi Orang Introvert
Sumber : aikatu.jp

Tiap orang tentunya punya masalah yang selalu datang menghampiri. Begitu pula dengan introvert, ada beberapa masalah yang sangat sering ia alami. Yaitu sebagai berikut :

1. Kesepian

Berada dalam kesendirian dan suasana sepi memang adalah sesuatu yang disukai introvert. Namun untuk waktu yang lama tak lagi demikian. Lama-lama orang introvert juga akan merasa kesepian bila terlalu lama sendiri.

Ia juga butuh teman yang bisa diajak curhat dan berbagi cerita. Cukup sulit untuk menemukan teman sejati bagi introvert. Karena ia menginginkan teman yang benar-benar bisa dipercaya dan bisa membuatnya nyaman.


2. Sering merasa tak dianggap

Perilaku yang kurang bersosialisasi, pendiam, pemalu, dan tak banyak bicara membuat orang introvert jadi kurang mendapatkan perhatian orang sekitarnya.

Hal inilah yang membuat orang introvert seringkali tak dianggap dan diabaikan oleh orang di sekitarnya. Padahal jika ia mau bersosialisasi dengan baik, orang lain tentu akan sangat peduli padanya.

3. Suasana hati yang tidak stabil

Suasana hati orang introvert itu tidak stabil. Dalam suatu hari mungkin ia sangat bahagia. Tetapi di hari lain ia bisa merasa sangat kesepian, marah, dan membenci dirinya sendiri.

Walaupun dari luar ia tampak mengesankan dan biasa saja. Tetapi jauh di dalam hatinya ada banyak perasaan yang tak bisa digambarkan dan diungkapkan dengan kata-kata.

4. Introvert depresi

Ketika punya masalah, orang introvert lebih memilih memendam masalahnya sendiri. Ia juga akan berusaha terlihat baik-baik saja meski nyatanya perasaannya sedang hancur dan kecewa.

Sikap itulah yang akhirnya membuat pribadi yang introvert lebih rentan terkena stres dan depresi.

5. Sulit mengungkapkan perasaan

Karena kepribadiannya yang lebih suka diam. Orang introvert lebih nyaman menyendiri dan jarang bersosialisasi dengan orang lain. Jadi ketika ingin mengungkapkan perasaannya kepada orang tertentu ia akan mengalami kesulitan.

Ia lebih memilih untuk menunggu dalam waktu yang lama dan benar-benar siap. Eh pas sudah siap, terkadang momennya yang sudah terlambat. Ini terjadi pada beberapa permasalahan. Baik itu dalam hal percintaan maupun yang lainnya.

6. Introvert mudah tersinggung

Salah satu masalah tersendiri yang dialami introvert adalah mudah tersinggung. Jadi ketika ada orang yang ia dengar membicarakan keburukan orang lain tanpa menyebutkan nama orang yang dibicarakan. Maka tak jarang ia merasa tersinggung sendiri.

Begitu pula saat bercanda. Orang introvert terkadang menganggap serius apa yang dikatakan orang lain terhadapnya. Maka dari itu, kamu harus memfilter candaanmu saat bercanda dengan introvert.

7. Introvert stress

Saya yakin tiap orang pastinya pernah stress. Namun berbeda dengan introvert. Jika orang introvert stress ia akan memendamnya sendiri. Belum lagi pikirannya yang kadang berbicara sendiri. Entah itu menyangkut solusi permasalahannya atau justru menyalahkan diri sendiri.

Bila kamu termasuk orang introvert, sebaiknya sebisa mungkin hindari stress yang berlebihan. Karena selain bisa merusak kesehatanmu, juga tidak baik untuk perkembangan mental.



Hal yang Introvert Benci Untuk Melakukannya


Hal yang Introvert Benci Untuk Melakukannya
Sumber : accespourtous.org

Ada beberapa hal yang introvert benci melakukannya. Jadi saat ia menunjukkan ekspresi tidak suka jangan sekali-kali memaksanya untuk melakukan suatu hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang introvert benci untuk melakukannya.
  1. Menjawab panggilan dari orang yang tidak begitu akrab atau orang asing.
  2. Mengerjakan sesuatu yang sifatnya berkelompok dan teman kelompoknya tak banyak membantu.
  3. Menjawab pertanyaan yang jawabannya sudah jelas alias basa basi.
  4. Saat ingin sendiri, dan ada saja orang yang mau bertemu.
  5. Saat lagi mager dan ada orang yang datang minta tolong.
  6. Saat kamu mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik namun bos menanggapinya biasa saja.
  7. Saat ingin sekali mengobrol dengan seseorang tetapi bingung mau mulai dari mana.
  8. Ketika ada orang yang tak henti-hentinya mengajak Anda berbicara.
  9. Ketika Anda ingin meninggalkan suatu tempat dan Anda merasa tak enak meninggalkan tempat tersebut karena ditahan oleh seseorang yang membuat perasaan Anda tidak enak.
  10. Ketika ingin sendirian dan ada saja teman yang selalu mengajak untuk ngumpul dan nongkrong di luar.
  11. Saat ada ajakan pergi mendadak.
  12. Ketika berbicara dengan seseorang yang tidak sejalan dengan topik pembicaraan.
  13. Saat malu dan bingung untuk mengajak seseorang untuk bertemu.
  14. Datang ke pesta tapi tidak tahu apa yang mau dilakukan.
  15. Ketika pergi ke tempat yang sunyi dan ternyata di sana sangat ramai.

Alasan Umum yang Menyebabkan Orang Pendiam Bisa Sangat Marah

Beberapa alasan umum yang biasa menyebabkan orang pendiam marah antara lain :
  1. Topik yang dibahas memicu timbulnya amarah yang melampaui batas.
  2. Orang pendiam melampiaskan amarahnya karena masalah yang terakumulasi lama. Jadi terkadang yang dilampiaskan itu ada sangkut pautnya dengan masa lalu.
  3. Argumen yang ia keluarkan punya bukti yang valid. Sebab orang pendiam cenderung mengumpulkan informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan marah.

Mengapa Orang Introvert Lebih Berbahaya Ketika Marah?


Ada beberapa alasan mengapa orang introvert itu lebih berbahaya ketika marah. Berikut adalah beberapa alasan tersebut :
  1. Adanya pendapat yang sering didengar bahwa kalau si pendiam marah akan menyeramkan.
  2. Karena ia selalu memaklumi kesalahan yang dibuat orang lain. Saat ia begitu marah maka bisa dipastikan bahwa sesuatu yang orang lain lakukan sudah keterlaluan.
  3. Sebab si pendiam ini adalah orang yang sangat penting dalam kehidupan si pelaku.
  4. Karena marahnya orang pendiam sulit dideteksi oleh si pelaku. Akibatnya akan sangat menyeramkan bila tiba-tiba ia marah tak karuan.
  5. Karena belum pernah menghadapi orang pendiam yang marah, sehingga jadi bingung bagaimana menanganinya.

Cara Introvert Menyelesaikan Masalah


Cara Introvert Menyelesaikan Masalah
Sumber : news.nicovideo.jp

Berbeda dengan kebanyakan ekstrover yang langsung marah-marah dan menyelesaikan masalah dengan emosi. Kaum introvert sendiri umumnya melakukan beberapa hal saat sedang mengalami masalah. Hal tersebut antara lain :

1. Menyendiri

Hal paling utama dilakukan introvert saat memiliki masalah adalah menyendiri. Tetapi menyendiri di sini bukan berarti diam sambil bengong yah.

Namun dengan menyendiri ini ia mulai menenangkan diri untuk berpikir mengumpulkan informasi yang ia punya sambil menganalisis bagaimana jalan keluar dari permasalahan yang ia alami.

2. Bercerita kepada satu atau dua orang terdekat saja

Saat introvert tak sanggup lagi memikirkan semuanya sendiri. Ia akan coba menceritakannya kepada satu atau dua orang terdekat yang bisa ia percayai.

Baik itu berupa keluarga maupun sahabatnya. Kalaupun tak ada orang yang bisa untuk curhat, biasanya orang introvert akan mencurahkan semuanya pada buku diary-nya.

3. Mendengarkan musik tenang sambil berpikir

Hiburan yang paling sering dilakukan oleh orang introvert adalah mendengarkan musik. Yah karena dengan mendengarkan musik ia  bisa mengubah suasana hati dari yang tadinya kacau menjadi nyaman.

Dan ketika suasana hati nyaman tentu akan sangat baik untuk berpikir bagaimana mencari solusi permasalahan.

4. Menangis sendirian

Beban yang terlalu berat akan membuat siapapun menangis dan putus asa. Begitu pula yang dialami oleh introvert.

Saat beban yang ia rasakan sudah terlalu berat dan tak tahu lagi apa yang dilakukan untuk menyelesaikannya. Maka jalan terbaik yang bisa dilakukan adalah menangis seorang diri.

Karena dengan menangislah semua beban yang ada dihati bisa berkurang. Introvert adalah pribadi yang pemalu. Jadi tidak mungkinlah ia mau menangis di hadapan seseorang. Menangis di hadapan seseorang itu baginya seperti orang yang tak berguna dan lemah.

Biasanya orang introvert akan menangis dimalam hari ketika semua orang telah tertidur lelap. Saat itulah ia meluapkan semua emosi yang ia tanggung selama ini.

Dan keesokan harinya setelah menangis, ia pasti akan merasa lebih baik dan bisa menjalani hari dibandingkan hari kemarin.

5. Menyibukkan diri agar lupa dengan masalahnya

Orang introvert kebanyakan adalah orang yang logis dan realistis. Ia tentu tak mau terus terpuruk saat mengalami masalah. Tak jarang ia menyibukkan diri agar lupa dengan masalah yang ia alami. Baik dengan pekerjaan maupun melakukan hobinya sendiri.

Bukannya menghindar, tapi introvert di sini melakukannya untuk menenangkan dirinya sejenak dan mengurangi amarah yang seharusnya tidak dibutuhkan.

6. Menghibur diri sendiri

Hampir sama dengan poin sebelumnya. Introvert akan melakukan apapun untuk menenangkan dirinya dan melupakan masalah yang sebenarnya tidak perlu dipusingkan. Dalam hal ini, introvert biasanya akan melakukan refreshing sendirian atau bersama orang terdekatnya.

Baik itu berupa jalan-jalan, pergi ke tempat rekreasi, membaca banyak buku motivasi, dan sebagainya. Intinya ia melakukan sesuatu yang membuat pikirannya nyaman.


Cara Mengatasi Pribadi Introvert


Cara Mengatasi Pribadi Introvert
Sumber : docoic.com

Untuk bergaul dengan orang introvert itu agak sulit karena kamu terkadang tak tahu seperti apa emosinya dan apa yang ada dalam pikirannya. Tetapi lain halnya jika yang ingin berinteraksi itu adalah orang introvert.

Sesama introvert akan lebih mudah dalam menjalin hubungan. Baik itu hubungan persahabatan maupun hubungan asmara.

Berikut ini adalah beberapa cara mengambil hati orang introvert yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi atau menghadapi orang-orang introvert.

1. Bertindak sesuai sifat

Artinya jadilah dirimu sendiri. Lakukan sesuatu dan bergaullah dengan orang yang membuatmu nyaman. Karena beberapa orang kadang merasa tertekan bila dipaksa berpura-pura jadi karakter yang tidak ia sukai.

Orang introvert juga akan merasa nyaman bila bergaul dengan orang yang jadi dirinya sendiri. Kalaupun kamu saat ini berpura-pura, apa mungkin kamu kuat terus-terusan bersandiwara bila bertemu dengannya.

2. Gunakanlah bahasa tubuhmu

Untuk berinteraksi dengan orang introvert, ada baiknya bila lebih banyak menggunakan bahasa tubuh. Sebab orang introvert itu tidak suka banyak mendengar kata-kata, apalagi yang sifatnya menggurui.

Dengan menggunakan bahasa tubuh maka orang introvert akan menganggap itu sebagai cara kita untuk menghargai dan tidak melewati batasan.

Semakin lama tentu ia akan semakin merasa nyaman. Dan itulah yang akan jadi alasan baginya untuk lebih membuka diri dan percakapan dengan topik-topik yang dimilikinya.

3. Jangan Memaksa apalagi memicu perdebatan

Walaupun orang introvert bukanlah pribadi yang bisa terbuka begitu saja, namun bukan berarti kamu bisa memaksanya begitu saja.

Ada banyak orang yang seringkali salah paham dan memaksa introvert untuk melakukan apa yang ia minta. Padahal nyatanya ia juga punya pendapat sendiri, ia hanya segan, malu, dan bahkan takut mengutarakannya.

Cara terbaik untuk mengalirkan percakapan dengan introvert adalah dengan melakukan pendekatan-pendekatan logis yang mampu membuat si introvert mau mengutarakan pendapatnya.

4. Jangan mengungkap rahasia

Bila kamu ingin berteman dengan orang introvert, maka saat pertama kali berinteraksi jangan pernah mengungkapkan rahasia orang lain di depannya.

Hal tersebut sangat sensitif dibahas di depan orang introvert. Karena dengan melakukan hal tersebut, ia bisa langsung menilai bahwa Anda bukanlah orang yang bisa menjaga rahasia. Jadi sangat tidak cocok untuk dijadikan teman oleh si introvert.

5. Berkomunikasi melalui tindakan

Orang introvert selalu berpikir jika hanya modal bicara saja semua orang juga bisa. Tindakan jauh lebih penting daripada hanya bicara.

Berkomunikasi melalui tindakan akan membuat kamu terlihat lebih dipercaya dan dianggap sebagai pengabul janji yang disiplin. Bukan yang hanya suka menaruh banyak janji namun tidak menepatinya.

6. Menghabiskan banyak waktu dengannya

Dengan menghabiskan banyak waktu dengannya. Maka kamu bisa lebih memahami bagaimana kepribadian dan apa yang ia pikirkan.

Semakin sering kamu menghabiskan waktu dengannya maka semakin mudah pula ia bisa memahami apakah kamu layak ia jadikan teman atau tidak.

7. Jadi pendengar bukannya banyak bicara

Orang introvert tidak hanya selalu ingin mendengar, namun kadang juga ia butuh kesempatan berbicara.

Saat kamu tak memberinya kesempatan berbicara tentu ia akan merasa tak nyaman dan illfeel sama kamu.

Saat kamu pertama kali memberinya kesempatan berbicara mungkin ia agak ragu karena memang ia agak sulit untuk percaya pada orang lain. Tetapi lama kelamaan ia akan mencoba berkomunikasi dan lebih terbuka denganmu.

8. Ajukan pertanyaan yang tepat

Berkomunikasi dengan introvert memang tak semudah berkomunikasi dengan ekstrover. Soalnya kita tak pernah tahu apa pertanyaan dan topik pembicaraan yang sesuai dan tidak menyakiti hati mereka.

Untuk bisa mengajukan pertanyaan yang tepat maka kembali lagi pada poin kepekaan dan kepedulian diri kita terhadap pribadi introvert tersebut.

9. Peka akan sikapnya

Pribadi introvert memang butuh kepekaan dari orang lain atau lingkungan sekitar. Namun bukan berarti bahwa ia selalu ingin dimengerti.

Tapi akan ada saatnya juga ia akan berbalik peduli terhadapmu dan menolongmu saat punya masalah.

10. Selalu ada untuknya

Kalau yang satu ini saya rasa semua orang membutuhkannya deh, apalagi saat mengalami depresi dan ada permasalahan.

Apalagi jika orang introvert tersebut sedang dalam masa pubertas. Kebutuhan dan rasa pedulimu akan dinilai dari seberapa sering kamu berada di sisinya.

Introvert juga memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi dan peka akan lingkungannya. Jadi kalau kamu merasa bahwa ada temanmu yang introvert dan tidak peka. Maka kemungkinan ia terlalu sibuk atau hanya pura-pura tidak peduli.

11. Tebak apa yang ia pikirkan

Tahukah kamu bahwa menebak apa yang mereka pikirkan bisa memicu orang tersebut untuk lebih bersikap terbuka.

Mereka akan lebih merasa dipedulikan. Namun yang harus kamu tahu di sini adalah hanya menebak yah bukan memaksakan.

Ketika kamu menebak dan salah maka kamu tak perlu harus serius mencari kebenarannya. Tetapi sebagian orang introvert akan merasa risih dan akan memperbaiki tebakanmu. Dari situ perlahan ia akan mulai membuka diri.

12. Ceritakan apa masalah Anda

Dengan menceritakan masalah yang sedang Anda hadapi maka akan membuat orang introvert jadi lebih terbuka dengan Anda.

Pada dasarnya sebagian orang introvert cenderung rendah diri dan menutup diri karena berpikir bahwa mereka adalah pihak yang paling tersakiti atau paling terbelakang.

Berbagi masalah dengan orang introvert adalah salah satu solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah karena biasanya orang introvert punya ide dan analisa yang baik dalam menyelesaikan suatu perkara.

13. Hargai Mereka

Orang introvert umumnya sangat sulit dihargai oleh kebanyakan orang karena kebanyakan diam. Biasanya mereka hanya akan berakhir sebagai korban bullying dan tak jarang meninggalkan trauma.

Jadi bagi kamu yang ingin membangun hubungan dengan orang introvert, usahakan untuk lebih menghargai mereka meskipun itu agak sulit dilakukan.


Meme Orang Introvert


Berikut ini adalah beberapa Meme lucu tentang orang introvert yang mungkin bisa membuat kamu senyum-senyum sendiri. Bila kamu tertarik saya tidak keberatan bila kamu menjadikannya story di sosial mediamu.
















Film Indonesia Tentang Introvert


Kalau untuk film Indonesia sendiri masih sangat jarang yang menceritakan tentang pribadi introvert. Namun untuk film yang di luar Indonesia setidaknya ada beberapa film, yaitu sebagai berikut :

1. To All The Boys I’ve Loved Before


film tentang seorang penyendiri
Sumber : theyoungfolks.com

Film ini adalah film yang cukup Hits di tahun 2018 yang menceritakan tentang seorang gadis remaja introvert bernama Lara Jean yang hobi membaca novel romantis dan menulis surat untuk pria-pria yang pernah ia sukai.

Tetapi surat yang ia tulis itu hanya disimpan dalam kotak tanpa pernah disampaikan. Hingga pada suatu ketika surat itu terkirim tanpa sepengetahuannya. Itulah awal Lara menemukan hal-hal yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

2. England is Mine


film tentang orang pendiam
Sumber : amazon.co.uk

Film ini menceritakan biografi vokalis band The Smith, Steven Morrissey yang dikenal cukup nyentrik. Ia sering dianggap sombong karena kepribadiannya yang introvert.

Awalnya hal tersebut jadi penghalang bagi perkembangan kariernya di dunia musik. Namun perlahan-lahan dan atas bantuan teman serta talentanya yang luar biasa, Morrisey akhirnya berhasil meraih kesuksesan di dunia musik.

Film ini menjelaskan kepada kita bagaimana kehidupan Morrisey yang pendiam tetapi penuh dengan ide brilian dan pikirannya.

Bagi kamu yang introvert tentu akan senyam senyum sendiri saat melihat tingkah laku malu-malu Morrissey.

3. The Way, Way Back


film tentang cowok pendiam
Sumber : justwatch.com

Film drama komedi  yang satu ini sangat cocok kamu tonton, baik saat sedang santai maupun sedih sekalipun. Film ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang berlibur bersama ibu dan ayah tirinya yang suka meremehkannya.

Di awal liburannya memang biasa-biasa saja. Namun semua berubah saat ia mendapatkan satu teman baru yang berhasil membuat liburannya jadi lebih bermakna dan berfaedah.

Di akhir cerita, ia memang tak berubah jadi orang yang ekstrover seperti yang diinginkan ayah tirinya. Tetapi ia justru menemukan kembali kasih sayang orang-orang yang sangat tulus menyayanginya apa adanya.

4. X+Y


film tentang pria penyendiri
Sumber : soundspheremag.com

Dalam film ini menjelaskan tentang seorang anak remaja jenius matematika yang ditunjuk untuk mewakili negaranya dalam mengikuti lomba Olimpiade internasional.

Di sanalah ia menemukan seorang gadis yang mengajarinya tentang hubungan antar manusia atau sosialisasi yang selama ini ia hindari.

5. The Edge of Seventeen


drama tentang orang introvert
Sumber : theplaylist.net

Tokoh utama dalam film ini memang tak menampakkan tanda-tanda introvert yang seperti kita ketahui. Tokoh Nadine terlihat percaya diri meskipun jelas ia bukanlah anak yang populer disekolahnya.

Kualitas seorang introvert tidak terlihat dari pergaulannya yang begitu luas, tetapi apakah ia mampu menemukan teman-teman yang tulus menerimanya apa adanya atau tidak.

Film ini membuktikan bahwa introvert juga punya range dan sifat yang berbeda-beda serta pelajaran penting bahwa kamu harus tetap percaya diri dengan karakter aslimu tanpa harus menjadi orang lain.

6. Short Term 12


artis hollywood yang introvert
Sumber : shelfd.com

Film ini bercerita tentang seorang perempuan yang bekerja di sebuah lembaga konseling bagi anak-anak yang bermasalah.

Di sanalah ia bertemu dengan seorang remaja bernama Jayden yang sangat susah didekati apalagi dibantu.

Selama berusaha membantu dan menyelami kehidupan sulit Jayden, ia justru belajar banyak hal dari pribadi introvert Jayden.


Penutup


Demikianlah artikel tentang penjelasan ketika orang introvert marah. Semoga apa yang telah saya bagikan di atas kepada kamu semua selaku sahabat saya dan pembaca setia hidupcu bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Terima kasih dan salam Hidupcu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar