Keutamaan, Tujuan, Hikmah dan Manfaat Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Islam

Keutamaan, Tujuan, Hikmah dan Manfaat Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Islam

Keutamaan, Tujuan, Hikmah dan Manfaat Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Islam

Ada berbagai manfaat berbakti kepada orang tua. Salah satunya yaitu hidup akan menjadi lebih terarah dan jelas. Kita akan selalu dituntun oleh orang tua ke arah yang positif. Selain itu, Manfaat berbakti kepada orang tua juga bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari seperti merasa dimudahkan dalam segala urusan. Intinya, dengan berbakti kepada orang tua akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi diri kita.

Untuk lebih jelasnya simak baik-baik penjelasan berikut tentang manfaat berbakti kepada orang tua :


Pengertian Berbakti Kepada Orang Tua


Berbakti kepada orang tua adalah suatu perbuatan baik terhadap orang tua (birrul walidain), memberi kebaikan, berkhidmat, mematuhi perintahnya selama bukan hal yang maksiat, serta selalu mendoa'akan apabila keduanya telah wafat.


Tujuan dan Manfaat Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Islam


1. Mendapatkan Tuntunan


Dalam menjalani hidup tentu Anda butuh seseorang yang menuntun ke arah yang benar. Hal ini dibutuhkan agar Anda tidak terjerumus dalam keburukan.

Orang tua tentu tidak akan menuntun anaknya ke arah yang negatif karena mereka selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya.

Dengan senantiasa berbakti kepada orang tua maka Anda akan memperoleh banyak manfaat dengan tuntunan yang diberikan.

Anda akan selalu merasa dikasihi, disayangi, dan diberikan perhatian yang penuh akan rasa cinta dan kasih sayang.

Baca Juga : Jika Anda Melakukan Hal Ini, Anda Bisa Beruntung Seumur Hidup


2. Mengerti Adat dan Istiadat Setempat


Apabila Anda mendatangi suatu daerah yang baru pertama kali Anda datangi, tentu Anda akan butuh yang namanya pemandu.

Nah pemandu inilah yang akan mengajarkan kita tentang kebiasaan dan perilaku yang baik dalam lingkungan tersebut.

Begitu pun dalam kehidupan Anda sehari-hari. Anda butuh pemandu yang mengajarkan Anda tentang adat istiadat, nilai, dan norma yang berlaku di masyarakat agar kita nantinya tidak berperilaku menyimpang. Pemandu itu adalah orang tua.

Beberapa hal yang biasanya diajarkan adalah cara berbicara, bagaimana melakukan hubungan sosial, serta bagaimana membentuk jati diri yang sesuai dengan adat istiadat di lingkungan sekitar Anda.


3. Mengerti Tentang Tujuan Hidup


Dengan berbakti kepada orang tua, maka otomatis orang tua juga akan melakukan yang terbaik untuk anaknya. Termasuk memberikan contoh tujuan hidup yang mengarahkan Anda pada kehidupan yang lebih baik.

Mungkin saja saat ini tujuan hidup Anda masih samar-samar. Tetapi dengan adanya orang tua sebagai penuntun dan tempat berkonsultasi maka tujuan itu perlahan-lahan mulai jelas.

Orang tua akan selalu men-support Anda dari belakang karena mereka pun ingin melihat anaknya sukses. Karena ada kebahagiaan tersendiri bagi orang tua ketika melihat anaknya sukses.


4. Selalu Merasa Senang


Manfaat berbakti kepada orang tua selanjutnya adalah Anda akan selalu dihampiri oleh kebahagiaan dan merasa senang.

Orang tua senantiasa akan mengarahkan anaknya kepada kebaikan dan hidup yang senang. Sehingga apa yang kita tempuh nanti akan mengalami kesenangan dan dan hiburan yang lebih baik.

Apabila Anda melakukan pencapaian terhadapa apa yang diarahkan oleh orang tua maka orang tua pasti akan merasa bangga.

Dengan membanggakan orang tua maka hati Anda akan merasa lebih nyaman dan bahagia.


5. Hati Akan Terbuka dan Mudah Untuk Beribadah


Dengan selalu menjaga hubungan baik dengan orang tua maka Anda akan mendapatkan kebaikan dalam hidup berupa hati yang terbuka dan lebih mudah dalam menjalankan ibadah.

Coba bayangkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Sewaktu kecil sampai sekarang ini pasti orang tua selalu menyuruh Anda untuk beribadah.

Tanpa Anda sadari hal tersebut bisa berubah menjadi kebiasaan baik.

Dengan menjadikan ibadah sebagai suatu kebiasaan maka akan membuat hati lebih terbuka dan lebih mudah dalam melakukan ibadah.


Hikmah Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Islam


1. Kunci Masuk Surga


Mungkin Anda sudah sering dengar pernyataan tentang surga di bawah telapak kaki ibu. Itulah salah satu alasan mengapa kita harus berbakti kepada orang tua.

Menurut hadis riwayat Muslim, Rasulullah pernah bersabda bahwa sungguh hina seseorang yang mendapati kedua orang tuanya masih hidup atau salah satunya, tetapi justru ia tidak masuk surga.

Menurut hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, orang tua adalah salah satu bagian dari pintu surga. Jadi apabila Anda tidak ingin menyia-nyiakan pintu surga itu maka jagalah kedua orang tua Anda.

Pernah juga dalam suatu ketika Jahimah pernah datang kepada rasulullah untuk meminta pendapat karena ingin berperang.

Tetapi yang disampaikan rasulullah sangat tak terduga. Ia bertanya kepada Jahimah apakah masih memiliki ibu, dan ia pun menjawab masih.

Lalu rasulullah bersabda tetaplah bersamanya karena sesungguhnya surga ada di kakinya.

Baca Juga : 9 Dosa Besar Pembawa Sial Yang Paling Berbahaya


2. Kunci Mendapat Ridha Allah


Disebutkan dalam salah satu hadits Abdullah bin ‘Umar, bahwa ridha Allah SWT sangat bergantung pada ridha orang tua dan murka Allah SWT juga bergantung pada murka orang tua.

Maka dari itu, sebagai umat islam tentu kita sangat menyadari bahwa apa yang mendapatkan ridha Allah atau restu orang tua dalam segala perkara adalah sesuatu yang perlu.


3. Melaksanakan Perintah Allah


Dalam Qur-an surah Al-Isra dijelaskan bahwa Allah telah memerintahkan kita untuk tidak menyembah selain Dia dan selalu berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya.

Jadi dengan berbakti kepada kedua orang tua, sama saja kita melaksanakan perintah Allah SWT.


4. Amalan yang Paling Dicintai Allah


Perilaku berbakti kepada orang tua (birul walidain) tidak hanya dicintai oleh rasulullah, tetapi juga dicintai oleh Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadis Rasulullah SAW.

Dalam hadits tersebut dipaparkan tentang amalan yang palin dicintai Allah yakni, sholat tepat waktu, birrul walidain (berbakti kepada orang tua), dan berjihad di jalan Allah.

Baca Juga : 10 Amalan Mencapai Sukses Spiritual Agar Hidup Bahagia Di Dunia dan Akhirat


5. Kunci Panjang Umur dan banyak Rejeki


Mungkin sudah kita ketahui bersama bahwa rezeki dan umur yang panjang akan didapatkan bagi orang-orang yang senantiasa menjaga hubungan silaturahminya, terutama pada orang tua.

Kita harus selalu menjaga hubungan baik dan berperilaku baik kepada orang tua.

Apabila kita sebagai anaknya tidak tinggal bersama maka sudah sepatutnyalah kita untuk selalu berkunjung sewaktu-waktu.

Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bagaimana kondisi orang tua kita.


6. Dimudahkan Dalam Segala Perkara


Perlu kita ketahui bersama bahwa apabila seseorang mengalami berbagai kesusahan dalam hidupnya bisa jadi disebabkan karena durhaka pada kedua orang tuanya.

Dan apabila mendapat kebaikan dan kemudahan dalam segala urusannnya maka mungkin karena perbuatan baik dan baktinya kepada kedua orang tua.

Maka dari itu, sebagai seorang muslim hendaknya kita senantiasa berbakti pada orang tua dan berusaha untuk merawat mereka sebaik mungkin agar Allah SWT berkenan menghilangkan segala kesulitan hidup yang kita alami.


7. Bentuk Ketaatan Kepada Allah


Dalam hadits riwayat Thabrani, dinyatakan bahwa salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT adalah taat kepada orang tua.

Jadi apabila kita durhaka kepada kedua orang tua maka sama saja kita durhaka kepada Allah SWT.

Baca Juga : Cara Luar Biasa Untuk Memaksa Tujuan Mendekatkan Diri


8. Bentuk Taubat Kepada Allah


Dikisahkan dari Ibnu Umar R.A, seorang laki-laki yang datang menghampiri Rasulullah untuk bertaubat karena telah melakukan dosa besar.

Lantas apa yang dikatakan Rasulullah?

Rasulullah bertanya kepada laki-laki ini apakah masih memiliki ibu atau tidak. Dan laki-laki ini menjawab tidak.

Kemudian Rasulullah menanyakan lagi "apakah kamu masih mempunyai bibi?”. Dan ia menjawab “ Ya”. Maka Rasulullah bersabda “ Maka berbaktilah kamu kepadanya”.

Dari sini kita bisa memahami bahwa berbakti kepada orang tua itu adalah salah satu bentuk taubat kepada Allah SWT.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar