Apa Saran Kalian Agar Pembangunan Ekonomi Indonesia Bisa Cepat, Singkat, dan Merata? Ini Penjelasannya

Apa Saran Kalian Agar Pembangunan Ekonomi Indonesia Bisa Cepat, Singkat, dan Merata? Ini Penjelasannya

Apa Saran Kalian Agar Pembangunan Ekonomi Indonesia Bisa Cepat

Hidupcu.com - Berdasarkan pertanyaan salah seorang netizen di internet tentang apa saran kalian agar pembangunan ekonomi Indonesia bisa cepat. Yah, memang keadaan ekonomi di negara kita ini kurang bagus. Untuk itu kita bersama-sama harus mengupayakan agar bagaimana negara kita ini bisa jadi lebih baik. Jadi, apa saran kalian agar pembangunan ekonomi Indonesia bisa cepat? Aspek apa saja yang harus dibenahi? Berikut penjelasan lengkap dari pertanyaan apa saran kalian agar pembangunan ekonomi Indonesia bisa cepat singkat yang dirangkum dari brainly.


Beberapa Cara Agar Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Bisa Merata


1. Menumbuhkan dan Menambah Investor Yang Ada di Indonesia


Salah satu hal yang perlu ditingkatkan guna mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia adalah dengan menumbuhkan dan meningkatkan jumlah investor.

Hal ini dikarenakan investor dalam negeri berperan penting dalam memperkuat dan menjaga stabilitas pasar modal di Indonesia.

Diharapkan dengan semakin besarnya jumlah investor maka semakin besar pula jumlah transaksi yang terjadi. Peningkatan jumlah transaksi akan memberikan manfaat ekonomi secara langsung bagi masyarakat Indonesia.

Bukan hanya itu saja, investor yang banyak juga akan mengurangi votalitas pasar saham akibat arus dana keluar (outflow) dari investor asing yang bisa terjadi sewaktu-waktu.


2. Membuka Objek Wisata Untuk Para Turis


bagaimana pendapatmu agar ekonomi indonesia dapat maju

Dengan membuka objek wisata bagi para turis maka akan meningkatkan devisa negara sekaligus memberikan keuntungan ekonomi bagi desa-desa maupun masyarakat yang menawarkan barang atau jasa untuk dibeli. Contohnya seperti tiket masuk pada suatu kawasan objek wisata.


3. Mengambil alih SDA yang dikuasai oleh pihak luar


Di indonesia sendiri banyak sumber daya alam yang dikuasai oleh orang asing. Hal ini mengakibatkan sebagian besar kekayaan alam Indonesia diambil oleh orang asing sementara kita sendiri sebagai masyarakat Indonesia hanya mendapat sebagian saja.

Maka dari itu, kita perlu mengambil alih dan menguasai sumber daya alam yang dikuasai oleh orang asing untuk dikelola oleh bangsa kita sendiri. Dengan begitu maka keuntungan akan sepenuhnya menjadi milik kita.


4. Mempromosikan Negara Indonesia Agar Investor Tertarik


Kebanyakan investor dari luar tidak berinvestasi di Indonesia karena mereka kurang mengetahui bagaimana potensi Indonesia. Dengan masuknya investor asing ke Indonesia maka akan sangat menguntungkan bagi Indonesia.

Indonesia jadi bisa mencukupi kebutuhan dana untuk pembangunan sektor tertentu karena pemodal yang ada di dalam negeri belum mampu mencukupinya.

Hal ini berbanding lurus dengan ketersediaan lapangan kerja. Semakin banyak proyek yang hendak dikerjakan maka semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkan.

Baca Juga : Yakin Tidak Ingin Melihat 6 Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan Berikut?


5. Mengoptimalkan penggunaan SDA dan SDM


Indonesia sendiri memiliki kualitas sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai. Namun yang terjadi sekarang ini adalah pemanfaatannya yang kurang maksimal.

Banyak potensi yang seharusnya bisa dioptimalkan tetapi justru malah diabaikan. Aspek ini adalah sesuatu yang wajib dibenahi karena memang sangat jarang yang memerhatikannya.

Padahal kalau seandainya bisa dibenahi justru akan memberikan dampak yang sangat besar bagi perekonomian di Indonesia.


6. Mengadakan Pelatihan Kerja Untuk Para Pengangguran


pertumbuhan ekonomi

Hampir sama dengan poin sebelumnya, SDA perlu lebih dioptimasi agar perekonomian di Indonesia bisa meningkat. Salah satu caranya yaitu dengan mengadakan pelatihan kerja untuk para pengangguran.

Hal ini tentunya mampu menekan jumlah pengangguran yang sekarang jumlahnya sedang membludak.

Pelatihan yang bisa dilakukan seperti pelatihan membuat kerajinan tangan, pelatihan servis handphone, pelatihan instalasi listrik, pelatihan IT, dan masih banyak lagi.


7. Memberikan Sanksi Yang Berat Pada Koruptor


apa yang harus dilakukan agar pembangunan dan pertumbuhan ekonomi berjalan dengan baik

Saran pembangunan perekonomian berikutnya adalah menindak tegas koruptor. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting diperhatikan karena hampir sebagian besar uang negara dihabiskan oleh koruptor.

Koruptor ini ibarat hama dalam pemerintahan yang selalu ingin memperkaya dirinya tanpa pernah memikirkan nasib Indonesia.

Dengan memberikan sanksi yang berat kepada mereka maka diharapkan mereka akan jera dan tak akan pernah mengulanginya lagi.


8. Pemerataan Kualitas Pendidikan


mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain

Berkembangnya perekonomian suatu negara juga ditunjang oleh kualitas pendidikannya. Indonesia sendiri telah menerapkan program wajib belajar 12 tahun. Secara umum warga negara Indonesia diwajibkan menyelesaikan pendidikan minimal SMA sederajat.

Dengan membenahi pendidikan maka otomatis kualitas SDM juga ikut terbenahi. Pendidikan adalah jalan menuju kemajuan dan pencapaian kesejahteraan ekonomi dan sosial.

Pendidikan mampu memberikan banyak pengetahuan, memperluas wawasan, serta menciptakan dan menumbuh kembangkan keahlian dan kemampuan yang dimiliki oleh tiap-tiap individu.


9. Membantu Pengembangan Wirausaha dan UKM 


Bagaimana pendapatmu agar ekonomi indonesia dapat maju?

Membantu pengembangan wirausaha dan UKM adalah salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan perekonomian negara.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh apabila hal ini diterapkan adalah jumlah lapangan kerja semakin bertambah, peran Indonesia sebagai penyumbang nilai produk domestik bruto semakin besar, serta membantu perekonomian golongan masyarakat kecil dan menengah.

Salah satu wujud bantuan dari pemerintah adalah dengan memberikan fasilitas, pelatihan, dan kesempatan berwirausaha. Dan yang tak kalah pentingnya dalam hal teknologi. Beberapa contoh negara yang perekonomiannya ditunjang oleh UKM adalah Jerman dan Perancis.

Baca Juga : 4 Kisah Singkat Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses di Indonesia


10. Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Produk Dalam Negeri


Mencintai produk lokal juga bisa jadi jalan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Dengan mencintai produk dalam negeri maka secara tidak langsung kita mengurangi kemungkinan import barang.

Yah, memang tak mudah sih mencintai produk dalam negeri. Apalagi kebanyakan kualitas produk dalam negeri kalah saing dari produk luar negeri. Tapi jangan khawatir kok, saat ini Indonesia juga semakin meningkatkan kualitas dari produknya agar tidak ketinggalan dari produk asing.

Maka dari itu, kita sebagai orang Indonesia harus mendukung dan mengutamakan penggunaan produk dalam negeri.


11. Mengurangi Angka Kelahiran dengan Melaksanakan Program KB


Tak bisa dipungkiri bahwa angka kelahiran turut mempengaruhi keadaan perekonomian di suatu negara.

Karena apabila angka kelahiran tinggi, jumlah pendapatan perkapita pun akan ikut terpengaruh. Begitu pun dengan tingkat kesehatan dan pendidikan.

Dengan mengurangi angka kelahiran melalui program KB maka secara tak langsung angka pengangguran di Indonesia juga bisa diminimalisir.


12. Memberikan Iklim Investasi yang Kondusif


saran pembangunan

Iklim investasi yang dimaksudkan disini adalah segala sesuatu yang bisa menunjang dan mendorong investor untuk melakukan investasi.

Beberapa faktor yang biasanya mempengaruhi adalah kestabilan nilai mata uang, keamanan dalam negeri, kepastian hukum, serta kemudahan administrasi.

Apabila iklim investasi bisa dijaga dengan baik (kondusif) maka investor dalam maupun luar negeri tidak akan ragu menginvestasikan modalnya ke Indonesia.

Baca Juga : 10 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Produk Hingga 99%


13. Memacu Pertumbuhan Wiraswasta atau Entrepreneur


Salah satu aspek yang cukup mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara adalah jumlah wirausahanya.

Semakin banyak wirausahan di Indonesia maka akan semakin banyak pula kebutuhan akan tenaga kerja. Dengan demikian angka pengangguran bisa ditepis jumlahnya.


14. Mengurangi Impor dan Memperbanyak Ekspor


cara agar pertumbuhan ekonomi di indonesia bisa merata

Hal sepele yang mungkin jarang diperhatikan adalah jumlah import di Indonesia. Umumnya kegiatan tersebut dilakukan karena negara tidak mampu memproduksi sendiri barang tersebut.

Pemerintah perlu melakukan pembatasan impor untuk memajukan industri dalam negeri sehingga akan memperluas kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran.

Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk impor, menghindari defisit neraca perdagangan, serta menanamkan kecintaan dan kebanggaan terhadap produksi dalam negeri sendiri.


15. Mengurangi Penggunaan Tenaga Kerja Asing


apa pendapat kalian agar indonesia cepat menjadi negara maju

Hal yang perlu dilakukan pemerintah guna mengembangkan perekonomian di Indonesia adalah dengan mengurangi penggunaan tenaga kerja asing.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa skill dan kemampuan tenaga kerja asing lebih unggul dibanding tenaga kerja yang dimiliki Indonesia. Namun itu bukanlah sesuatu yang boleh dibiarkan karena akan meningkatkan jumlah pengangguran di Indonesia.

Maka dari itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus meningkatkan skill agar tidak ketinggalan dengan tenaga kerja dari bangsa lain.

Baca Juga : 17 Ide Kerja Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Anak Kuliahan


16. Bekerja Sama dengan Negara Lain


Hubungan kerja sama dengan negara lain perlu ditingkatkan guna meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Adapun beberapa alasan mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain yaitu:

  • Memperluas pemasaran produk lokal
  • Mencukupi permintaan dalam negeri
  • Meningkatkan produksi dalam negeri
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat
  • Meningkatkan devisa negara
  • Mengurangi keterbelakangan ekonomi
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri
  • Mendukung perdamaian dan ketertiban dunia
  • Mempererat hubungan antar negara


17. Memperbaiki Infrastruktur yang Kurang Memadai


Beberapa infrastruktur yang mampu mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat antara lain jalan raya, jembatan, kereta api, bandara, pelabuhan, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Intinya perlu dilakukan pembenahan terhadap berbagai infrastruktur yang tidak berjalan dengan semestinya dan menghambat aktivitas perekonomian.


Penutup


Itulah bebeapa penjelasan tentang apa yang harus dilakukan agar pembangunan dan pertumbuhan ekonomi berjalan dengan baik. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi Anda selaku pembaca.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Nice post. І was checking constantly this blog аnd I'm impressed!
Very useful info ѕpecifically the ⅼast paгt :) І care fоr such
info а lot. I was looking for this partіcular info for a long time.
Thank yоu and best of luck.

Balas