Macam-Macam Stress Dalam Psikologi dan Contohnya Beserta Stressor

Macam-Macam Stress Dalam Psikologi dan Contohnya Beserta Stressor

macam-macam stress dalam psikologi

Hidupcu.com - Orang awam umumnya memaknai stres sebagai satu keadaan saja, padahal  sebenarnya ada macam-macam stres dalam psikologi. Pengelompokan ini berdasarkan atas tingkat stres yang dialami. Macam-macam stress dalam psikologi disini merupakan sesuatu yang umum terjadi. Untuk memahami lebih dalam tentang macam-macam stress dalam psikologi, silahkan disimak penjelasan berikut:

Daftar Isi :
  1. Apa yang Dimaksud dengan Stres Kerja?
  2. Macam Macam Stressor (Penyebab Stres)
  3. Macam-Macam Stress dan Contohnya


Apa yang Dimaksud dengan Stres Kerja?


Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah stres. Biasanya ketika kita hendak pergi ke kantor atau sekolah, terkadang kita melihat orang yang berjalan kemana-mana tanpa mengenakan baju. Biasanya kita mengecapnya sebagai orang gila atau orang stres.

 Iya kan?

Atau pada saat kita sedang berada di kantor atau sekolah. Karena Anda tak bisa lagi mengerjakan pekerjaan yang ada, lantas semuanya jadi tampak suram, susah untuk berkonsentrasi, dan hanya ingin istirahat sejenak.

Dan pada saat Anda ditanyai oleh orang lain “Kamu kenapa?”. Kira-kira Anda akan menjawab apa? “Aku stress, rasanya kepala seperti mau pecah”.

Stres adalah keadaan dimana tubuh merasa sangat terbebani oleh pekerjaan dan kondisi yang ada.
Hal ini biasanya mengenai pekerjaan, lingkungan, hubungan sosial, ekonomi, dan sebagainya.
Tingkat stres tiap orang berbeda-beda, begitu pun dengan cara mengatasinya.

Mengalami stres sebenarnya merupakan sesuatu yang normal dan bisa dialami oleh siapa saja. Entah itu bayi yang masih kecil, anak muda, manula, bahkan hewan dan tumbuhan pun bisa merasakan stres.

Jenis-jenis stres kerja menurut para ahli ada beragam. Sumber stres tiap orang juga berbeda-beda. Tergantung dari sisi mana mereka merasa nyaman dengan keadaan.

Baca Juga : Pikiran Mumet Karena Pekerjaan Menumpuk, Solusinya Gampang Kok


Macam Macam Stressor (Penyebab Stres)



1. Stres Kimia


Adalah jenis stres yang disebabkan oleh beberapa reaksi dari konsumsi bahan kimia. Contoh stres kimiawi biasanya terjadi karena terbiasa mengkonsumsi rokok, alkohol, makanan, dan minuman berpengawet yang dikonsumsi terlalu sering.


2. Stres Fisik


Stres yang satu ini terjadi karena berbagai keadaan. Beberapa contoh stres fisik biasa terjadi karena kecelakaan, posisi yang tidak tepat ketika tidur, atau karena terlalu lama berada di depan komputer.


3. Stres Emosional


Stres jenis ini tidak bisa disembuhkan hanya dengan obat medis. Karena stres ini berkaitan langsung dengan rasa marah dan frustasi yang seringkali membuat seseorang stres.


Macam-Macam Stress dan Contohnya


Menurut ilmu psikologi, stres sendiri terdiri dari berbagai macam. Stres dibedakan berdasarkan dari mana ia mengalami stres, bagaimana menghadapinya, dan respon tubuh dalam menghadapi stres tersebut.

Berdasarkan jenisnya, stres terdiri atas 3 macam, berikut penjelasan lengkapnya.


1. Eusstress


Manusia umumnya memiliki sumber stres tertentu. Bahkan berbeda-beda bagi tiap orang. maksud dari eusstress ini adalah seseorang yang mengalami masa stres yang baik. Dalam artian rasa stres ini membuat hidupnya menjadi lebih baik dari sekarang.

Jenis stres ini bisa dikategorikan positif. Bahkan setiap orang dituntut untuk merasakan stres yang seperti ini agar. Agar mereka bisa semakin mengoptimasi diri.

Contohnya seperti pelajar yang sedang mengerjakan soal fisika. Awalnya ia sama sekali tak paham mengenai materi fisika. Hal ini membuatnya stres karena tidak bisa sama sekali mengerjakan soal tersebut.

Karena rasa stres yang ia miliki, ia jadi terdorong untuk mengerjakan soal. Ia mulai mempelajari ilmu fisika dan akhirnya bisa menjawab soal tersebut.

Setelah ia mampu mengatasi stres ini, kemampuannya dibidang ilmu fisika semakin bertambah.


2. Stress


Stres yang satu ini adalah stres yang tahapnya masih dalam keadaan normal. Umumnya stres jenis ini kerap dijumpai oleh kabanyakan orang.

Untuk mengatasinya pun terbilang mudah. Apabila seseorang sudah berada pada tahap yang nyaman, stres akan hilang dengan sendirinya. Walaupun begitu, stres ini lebih mudah datang dan pergi pada orang-orang.

Misalnya saat Anda menyukai ketenangan. Namun karena keadaan, Anda terpaksa harus terseret ke suasana yang ramai dan gaduh. Saat itu Anda mengalami kesulitan konsentrasi dan akhirnya merasa jengkel.

Untuk mengatasinya, tiap orang memiliki metode yang berbeda-beda. Salah satunya dengan menyalakan musik yang menenangkan atau yang disukai. Tergantung apa saja gejala stress nya.
Atau bisa juga dengan pergi sementara waktu ke tempat yang nyaman. Dengan begitu stres perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya.


3. Disstres


Jenis stres inilah yang dianggap paling berat. Kebanyakan orang mengalami hambatan dan gangguan yang luar biasa dalam mengatasi stres jenis ini.

macam-macam stress dan contohnya

Distres merupakan salah satu penyebab mengapa orang-orang meninggal bunuh diri karena tidak bisa menyelesaikan permasalahannya. Bahkan orang-orang yang kerap kali kita sebut orang gila diakibatkan kerena jenis stres ini.

Contohnya seperti apa yang dialami olek pak Abdullah. Beliau mencalonkan diri sebagai gubernur tahun ini. Beliau sudah menghabiskan kekayaannya, bahkan berhutang sana-sini dengah harapan bisa terpilih dalam pemilihan ini.

Berdasarkan prediksinya ia akan menang. Sayangnya hasilnya tidak demikian. Beliau kalah dalam pemilihan.

Beliau tidak sanggup menanggung malu, tidak percaya diri, dan kesulitan melunasi hutangnya. Karena merasa sangat stres, ia pun memutuskan mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

Baca Juga : Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Yang Kacau Agar Tidak Stres


Penutup


Berdasarkan penjelasan tentang jenis dan macam-macam stress dalam psikologi di atas, kita mengetahui bahwa setiap orang memiliki tingkat kemampuan alami yang berbeda-beda dalam mengatasi stres.

Kadang ada orang yang dapat menangani stresnya dengan mudah dan ada juga yang kesuliatan menanganinya bahkan membutuhkan bantuan orang lain yang lebih paham bagaimana cara mengatasi stres menurut para ahli.

Tak usah terlalu berpikiran negatif tentang stres karena terkadang stres yang melanda kita pun memiliki efek positif.

Salah satunya yaitu memaksa kita untuk belajar bagaiaman cara menghadapai permasalahan yang sama jika menimpa kita kembali.

Dengan mempelajari macam-macam stress dan contohnya di atas, semoga kita bisa lebih bijak dalam mengahadapi segala macam persoalan yang datang.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar