Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam?

Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam?


mengapa negara maju tidak tergantung pada alam

Anda mungkin heran mengapa negara maju tidak tergantung pada alam. Kok bisa ada negara yang tidak bergantung pada alam? Nah, dalam postingan ini akan dijelaskan mengapa negara maju tidak tergantung pada alam.

Secara umum ada tiga kategori negara berdasarkan ketergantungan negara tersebut terhadap sumber daya alam, yaitu negara tertinggal, negara berkembang, dan negara maju.

Suatu negara disebut tertinggal apabila sepenuhnya bergantung pada sumber daya alam. Golongan negara-negara seperti ini biasanya hanya dapat mengekspor barang tambang mentah.

Sementara negara berkembang adalah negara peralihan dari negara yang bergantung pada sumber daya alam menjadi negara maju. Sedangkan negara maju adalah negara yang sama sekali tidak bergantung pada sumber daya alam.

Namun yang jadi topik pembahasan disini adalah negara maju. Mengapa negara maju tidak tergantung pada alam.

Berikut penjelasan lengkap dan beberapa pendapat tentang mengapa negara maju tidak tergantung pada alam :


1. Teknologi yang Semakin Modern


mengapa negara berkembang bergantung pada alam

Karena kualitas teknologi yang semakin modern, negara maju sudah tidak bergantung lagi pada keadaan alam. Misalnya saja negara Jepang.

Mereka tidak lagi mengandalkan lahan dan keadaan alam dalam bercocok tanam. Meskipun di negara Jepang beriklim subtropis namun mereka bercocok tanam menggunakan bioteknologi. 

Keunggulan tersendiri dari bioteknologi adalah bisa menanam sampai lima jenis tanaman dalam satu tempat dengan lahan yang terbatas. Jadi hal ini memungkinkan output yang dihasilkan lebih maksimal.



2. Fokus Pada Produksi Jasa dan Industri


Contoh negara yagn berfokus pada jasa dan industri adalah China. Negara ini berfokus pada tempat perakitan saja. Sementara untuk tempat penelitian dan pengembangannya dilakukan di negara lain.

China lebih mengunggulkan dirinya secara komparatif dalam jasa perakitan. Keuntungan tersendiri yang diperoleh China adalah ia mampu mengekspor barang yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh negaranya. Melainkan dengan bantuan negara lain.

Sementara untuk keunggulan bagi  negara lain adalah efisiensi pembiayaan dalam memproduksi barang tersebut. Hal ini karena China terkenal dengan pengupahannya yang lebih murah dibandingkan negara-negara lain.

China sendiri termasuk negara maju yang juga tidak bergantung pada sumber daya alam. Tentu hal ini tak terlepas dari keunggulan komparatifnya yang berupa jasa perakitan. Mungkin inilah alasan mengapa di negara maju tingkat penganggurannya rendah.


3. Keterbatasan Wilayah


mengapa di negara maju tingkat penganggurannya rendah

Ketidakbergantungan pada alam yang dilakukan oleh negara maju yang sangat moderen teknologi tidak selamnya karena tidak memiliki sumber daya alam.

Tetapi mereka menyimpannya untuk masa depan karena mereka sudah memprediksi akan kehabisan sumber daya alam jika menggunakannya secara terus menerus. Maka dari itu, mereka menjajah negara berkembang yang kaya akan sumber daya alamnya.



4. Tidak Memiliki Sumber Daya Alam


Hampir sebagian besar negara maju berfokus pada sektor industri. Salah satu penyebabnya adalah karena kekayaan alam yang mereka miliki sangat sedikit. Hanya sebagian kecil saja yang negara maju yang memiliki kekayaan alam. Misalnya Inggris yang terkenal dengan hasil buminya yaitu anggur.

Kebanyakan negara maju mendapatkan kekayaan alamnya demi memenuhi kebutuhannya dari negara-negara berkembang yang kaya akan hasil bumi. Contohnya saja Indonesia yang masih belum mahir dan mampu mengelola kekayaan alamnya. Ini adalah kesempatan emas bagi negara-negara maju untuk bertindak.


5. Memiliki Modal yang Memadai


mengapa negara kita perlu kerjasama dengan negara lain

Keterbatasan akan wilayah tak menghambat negara maju dalam memperoleh hasil alam dari negara yang tidak bisa mengelola sumber daya alamnya. Seperti yang kita ketahui bahwa butuh dana dan modal besar untuk mengelola hasil alam. Apalagi jika lokasinya di daerah pedalaman seperti papua.

Kebutuhan akan alat yang mahal, susahnya jalan yang ditempuh, dan kondisi yang sangat primitif membuat suatu proyek membutuhkan dana yang tak sedikit.

Maka dari itu, kebanyakan negara berkembang sangat bergantung pada negara maju yang cenderung memiliki modal besar. Inilah salah satu alasan mengapa negara Indonesia perlu kerjasama dengan negara lain.


6. Karena Memilik Keunggulan Absolut dan Keunggulan Komparatif


Makna dari keunggulan absolut advantage adalah keunggulan yang harus dimiliki suatu negara yang mana mampu menganalisis potensi ekonomi wilayahnya. Jadi mereka bisa lebih fokus dalam mengembangkannya menjadi keunggulan yang lebih potensial.

Sementara makna dari keunggulan komparatif adalah suatu kegiatan ekonomi yang menurut perbandingan lebih menguntungkan bagi pengembangan daerah. Jadi bisa disimpulkan bahwa tujuan dari keunggulan komparatif adalah memproduksi dengan kuantitas sebaik mungkin dengan biaya yang lebih efisien.

Misalnya saja negara China. Mereka sudah memiliki keunggulan absolutnya yakni teknologi. Kemudian mereka juga telah memiliki keunggulan komparatifnya berupa tempat perakitan. Jadi sangat kecil kemungkinannya China dalam bergantung pada sumber daya alam.



Selain dari penjelasan di atas, ada juga beberapa pendapat terkait mengapa negara maju tidak bergantung pada alam berikut ini yang dirangkum dari brainly. Silahkan disimak baik-baik.       
  • Negara maju lebih menggantungkan dirinya pada kecanggihan teknologi yang dapat mengelola sumber daya alam dengan lebih maksimal.
  • Negara maju terlalu berfokus dalam penyediaan barang jadi, terutama dalam bidang teknologi informasi.
  • Keuntungan yang diperoleh dari penyediaan atau produksi barang jauh lebih besar daripada hanya menjual barang mentah dari sumber daya alam.
  • Negara maju kurang memiliki lahan untuk bercocok tanam
  • Negara maju lebih mengandalkan kemampuan mereka dalam hal olah teknologi dan mampu menempatkan dirinya pada posisi manufactured.
  • Mereka lebih mengandalkan sumber daya manusianya. Pikiran mereka cerdas dan jernih sehingga mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik.
  • Negara maju sebagian besar memiliki iklim subtropis yang terdiri dari musim gugur, musim salju, musim semi, dan musim panas. Musim salju dan musim gugur tidak cocok untuk menanam tanaman karena tumbuhan tidak bisa hidup di musim ini. Tumbuhan hanya bisa hidup di musim panas dan semi. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, negara maju menggunakan IPTEK sebagai pertumbuhan ekonomi mereka sehingga tidak terlalu bergantung pada alam.

Yah memang bisa gawat juga yah kalau Indonesia jadi negara berkembang terus. Mudah-mudahan Indonesia bisa secepatnya jadi negara maju. 

Untuk itu, Anda sebagai penerus bangsa harus berusaha meningkatkan skill untuk bisa merubah Indonesia menjadi lebih baik lagi.


Penutup


Itulah beberapa penjelasan dan jawaban tentang mengapa negara maju tidak tergantung pada alam. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda sebagai pembaca. Terima Kasih.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar