Skip to main content

Jawaban Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam dan Hal-hal yang Berkaitan

mengapa negara maju tidak tergantung pada alam

Hidupcu – Awalnya mungkin Anda heran mengapa negara maju tidak tergantung pada alam. Kok bisa ada negara yang tidak bergantung pada alam? Apakah karena ia sudah terlalu fokus pada industri sampai tidak mau lagi berurusan dengan alam? Mungkin saja.

Daripada kita pusing-pusing memikirkan hal tersebut, maka dalam postingan ini saya akan coba menjelaskannya. Jadi saya mohon agar Anda membaca postingan ini sampai selesai agar bisa memahaminya mengapa sih negara maju tidak tergantung pada alam.

Daftar Isi
  1. Pengelompokan Negara di Dunia
  2. Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam? Jelaskan Alasannya!
  3. Kumpulan Pendapat User Brainly Tentang Mengapa Negara Maju Masih Bergantung Pada Alam
  4. Mengapa Negara Berkembang Tergantung Pada Alam?
  5. Mengapa Negara Maju Masih Membutuhkan Negara Berkembang ?
  6. Supaya Tidak Tergantung Pada Negara Maju Kita Harus Bersikap?


Pengelompokan Negara di Dunia

Ok, pertama-tama mari kita bahas tiga kategori negara yang salah satunya berdasarkan ketergantungan negara tersebut pada sumber daya alam. Ketiga kategori negara tersebut antara lain :

  • Negara Maju (Developed Countries)
  • Negara Berkembang (Developing Countries)
  • Negara Tertinggal (Less Developed Countries)

Sebenarnya pengelompokan ini tidak hanya ditentukan oleh faktor itu saja, tetapi masih ada faktor penentu lain seperti :

  1. Tingkat Urbanisasi
  2. Tingkat Kematian Bayi
  3. Tingkat Kelahiran
  4. Laju Pertumbuhan Penduduk
  5. Jumlah Penduduk
  6. Pendapatan Perkapita
  7. Keberhasilan Pembangunan
  8. Tingkat Kemiskinan
  9. Kemajuan Teknologi
  10. Industrialisasi
  11. Keadaan Sosial Budaya
  12. Tingkat Pendidikan Penduduk

Jadi suatu negara disebut negara maju, berkembang, atau tertinggal bergantung kepada faktor-faktor di atas.

Baca Juga : Apa Saran Kalian Agar Pembangunan Ekonomi Indonesia Bisa Cepat, Singkat, dan Merata? Ini Penjelasannya

Negara Maju

Suatu negara dikatakan maju apabila negara tersebut memiliki rata-rata pendapatan per kapita tinggi dengan inflasi yang rendah.

Adapun ciri yang sangat menonjol dari negara maju ini adalah tingkat tabungan dan investasi tinggi sementara utang luar negerinya sangat rendah.

Menurut data bank dunia, setidaknya ada 24 negara maju saat ini yang sebagian besar berada di belahan bumi utara, yaitu di Benua Eropa.

Diantaranya adalah Kanada, Inggris, Spanyol, Belanda, Austria, dan sebagainya. Jadi kalau ada yang bertanya “sebutkan 3 negara maju?” maka tentunya Anda sudah bisa menjawab.

Negara Berkembang

Negara dikatakan berkembang jika negara tersebut bidang perekonomian dan tingkat kehidupan masyarakatnya masih lebih rendah dibandingkan negara maju.

Atau bisa dikatakan perekonomiannya masih dalam tahap perkembangan. Beberapa contoh negara berkembang seperti Qatar, Mesir, India, Indonesia, Argentina, Iran, Afrika Selatan, dan sebagainya.

Negara Tertinggal


Negara Tertinggal

Suatu negara disebut tertinggal apabila sepenuhnya bergantung pada sumber daya alam dan tingkat perekonomiannya masih lebih rendah dibandingkan negara maju dan negara berkembang.

Golongan negara-negara seperti ini biasanya hanya dapat mengekspor barang tambang mentah. Contoh negara tertinggal adalah Haiti, Tuvalu, Yaman, Sudan, Bhutan, dan sebagainya.

Ok itulah sekilas informasi tentang pengelompokan negara-negara di dunia. Kita kembali lagi ke pembahasan utama yaitu tentang negara maju. Pertanyaannya yaitu “mengapa negara maju tak tergantung pada alam?”.

Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam? Jelaskan Alasannya!


Disini saya akan menyajikan beberapa alasan mengapa negara maju tak tergantung pada alam menurut penjelasan dari beberapa referensi.

Berdasarkan informasi yang saya ketahui, setidaknya ada beberapa alasan yang menyebabkan kenapa negara maju ini tak bergantung pada alam. Alasan itu antara lain :

1. Karena Teknologi yang Sudah Semakin Modern

Karena kualitas teknologi yang semakin modern, negara maju sudah tidak bergantung lagi pada keadaan alam. Misalnya saja negara Jepang.

Mereka tidak lagi mengandalkan lahan dan keadaan alam dalam bercocok tanam. Meskipun di negara Jepang beriklim subtropis namun mereka bercocok tanam menggunakan bioteknologi.

Keunggulan tersendiri dari bioteknologi adalah bisa menanam sampai lima jenis tanaman dalam satu tempat dengan lahan yang terbatas. Jadi hal ini memungkinkan output yang dihasilkan lebih maksimal.

2. Lebih Terfokus Pada Produksi Jasa dan Industri

Contoh negara yang berfokus pada jasa dan industri adalah China. Negara ini berfokus pada tempat perakitan saja. Sementara untuk tempat penelitian dan pengembangannya dilakukan di negara lain.

China lebih mengunggulkan dirinya secara komparatif dalam jasa perakitan. Keuntungan tersendiri yang diperoleh China adalah ia mampu mengekspor barang yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh negaranya, melainkan dengan bantuan negara lain.

Sementara keuntungan bagi negara lain adalah efisiensi pembiayaan dalam memproduksi barang tersebut. Ini karena China terkenal dengan pengupahannya yang lebih murah dibandingkan negara-negara lain.

China sendiri termasuk negara maju yang juga tidak bergantung pada sumber daya alam. Tentu hal ini tak terlepas dari keunggulan komparatifnya yang berupa jasa perakitan. Mungkin inilah alasan mengapa di negara maju tingkat penganggurannya rendah.

3. Wilayah Mereka Terbatas

Ketidakbergantungan pada alam yang dilakukan oleh negara maju yang sangat moderen teknologi tidak selamnya karena tidak memiliki sumber daya alam.

Tetapi mereka menyimpannya untuk masa depan karena mereka sudah memprediksi akan kehabisan sumber daya alam jika menggunakannya secara terus menerus. Maka dari itu, mereka menjajah negara berkembang yang kaya akan sumber daya alamnya.

4. Memiliki Sumber Daya Alam yang Sedikit atau Bahkan Tidak Ada

Hampir sebagian besar negara maju berfokus pada sektor industri. Salah satu penyebabnya adalah karena kekayaan alam yang mereka miliki sangat sedikit.

Hanya sebagian kecil saja yang negara maju yang memiliki kekayaan alam. Misalnya Inggris yang terkenal dengan hasil buminya yaitu anggur.

Kebanyakan negara maju mendapatkan kekayaan alamnya demi memenuhi kebutuhannya dari negara-negara berkembang yang kaya akan hasil bumi.

Contohnya saja Indonesia yang masih belum mahir dan mampu mengelola kekayaan alamnya. Ini adalah kesempatan emas bagi negara-negara maju untuk bertindak.

5. Memiliki Modal yang Memadai

Keterbatasan akan wilayah tak menghambat negara maju dalam memperoleh hasil alam dari negara yang tidak bisa mengelola sumber daya alamnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa butuh dana dan modal besar untuk mengelola hasil alam. Apalagi jika lokasinya di daerah pedalaman seperti papua.

Kebutuhan akan alat yang mahal, susahnya jalan yang ditempuh, dan kondisi yang sangat primitif membuat suatu proyek membutuhkan dana yang tak sedikit.

Maka dari itu, kebanyakan negara berkembang sangat bergantung pada negara maju yang cenderung memiliki modal besar. Inilah salah satu alasan mengapa negara Indonesia perlu kerjasama dengan negara lain.

6. Memiliki Keunggulan Absolut Advantage dan Keunggulan Komparatif

Makna dari keunggulan absolut advantage adalah keunggulan yang harus dimiliki suatu negara yang mana mampu menganalisis potensi ekonomi wilayahnya. Jadi mereka bisa lebih fokus dalam mengembangkannya menjadi keunggulan yang lebih potensial.

Sementara makna dari keunggulan komparatif adalah suatu kegiatan ekonomi yang menurut perbandingan lebih menguntungkan bagi pengembangan daerah.

Jadi bisa disimpulkan bahwa tujuan dari keunggulan komparatif adalah memproduksi dengan kuantitas sebaik mungkin dengan biaya yang lebih efisien.

Misalnya saja negara China. Mereka sudah memiliki keunggulan absolutnya yakni teknologi. Kemudian mereka juga telah memiliki keunggulan komparatifnya berupa tempat perakitan. Jadi sangat kecil kemungkinannya China dalam bergantung pada sumber daya alam.

Baca Juga : Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman ?

Kumpulan Pendapat User Brainly Tentang Mengapa Negara Maju Masih Bergantung Pada Alam

Selain dari penjelasan di atas, ada juga beberapa pendapat terkait mengapa negara maju tidak bergantung pada alam berikut ini yang dirangkum dari brainly. Silahkan disimak baik-baik.     
  • Negara maju lebih menggantungkan dirinya pada kecanggihan teknologi yang dapat mengelola sumber daya alam dengan lebih maksimal.
  • Negara maju terlalu berfokus dalam penyediaan barang jadi, terutama dalam bidang teknologi informasi.
  • Keuntungan yang diperoleh dari penyediaan atau produksi barang jauh lebih besar daripada hanya menjual barang mentah dari sumber daya alam.
  • Negara maju kurang memiliki lahan untuk bercocok tanam
  • Negara maju lebih mengandalkan kemampuan mereka dalam hal olah teknologi dan mampu menempatkan dirinya pada posisi manufactured.
  • Mereka lebih mengandalkan sumber daya manusianya. Pikiran mereka cerdas dan jernih sehingga mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik.
  • Negara maju sebagian besar memiliki iklim subtropis yang terdiri dari musim gugur, musim salju, musim semi, dan musim panas. Musim salju dan musim gugur tidak cocok untuk menanam tanaman karena tumbuhan tidak bisa hidup di musim ini. Tumbuhan hanya bisa hidup di musim panas dan semi. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, negara maju menggunakan IPTEK sebagai pertumbuhan ekonomi mereka sehingga tidak terlalu bergantung pada alam.

Mengapa Negara Berkembang Tergantung Pada Alam?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya maka kita bisa menyimpulkan bahwa mengapa negara berkembang masih bergantung pada alam adalah karena :

a. Negara berkembang teknologinya masih belum secanggih negara maju

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwasanya negara berkembang itu belum sampai pada tahap pengembangan teknologi yang canggih. Beda sama negara maju yang levelnya sudah di atas dan sudah bisa dibilang ahlinya teknologi.

Sebut saja Jepang, China, dan Amerika. Teknologi yang mereka hasilkan begitu canggih dan belum mampu dibuat oleh negara berkembang, kalaupun ada mungkin kualitasnya masih dibawah hasil produksi negara maju.

b. Masih Lemahnya Sumber Daya Manusia

Hampir sama dengan poin sebelumnya bahwasanya negara berkembang kapasitasnya masih belum mumpuni dalam dunia industri dan produksi jasa.

hal ini negara berkembang masih kekurangan sumber daya manusia karena kebanyakan mereka yang berprestasi dan kuliah di luar negeri lebih memilih menerap di negeri tempat ia kuliah.

c. Memang memiliki sumber daya alam yang melimpah

Salah satu alasan mengapa negara berkembang masih bergantung pada alam adalah karena negara berkembang itu sendiri memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Toh apa gunanya punya sumber daya alam tapi tidak dipergunakan sebaik-baiknya. Daripada hanya tinggal kan lebih baik digunakan untuk kemakmuran rakyat. Karena inilah sehingga negara berkembang disibukkan mengelola sumber daya alamnya.

Jika memang punya potensi yang bagus, kenapa tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya? Nah, sekarang Anda sudah bisa menjawab pertanyaan seperti “Jelaskan mengapa negara republik indonesia sangat tergantung pada alam?”.

d. Kekurangan modal

Pemodal di Negara berkembang cenderung sedikit. Jadi perkembangan perekonomiannya juga cenderung lambat.

Lain halnya dengan negara maju yang kebanyakan memiliki para pemodal-pemodal besar yang siap memodali proyek yang bisa dibilang lumayan. Bahkan tak jarang para pemodal ini melebarkan sayapnya untuk menanamkan modalnya di negara berkembang.

Baca Juga : Inilah Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945

Mengapa Negara Maju Masih Membutuhkan Negara Berkembang ?

Pada dasarnya antara negara maju dan negara berkembang itu saling membutuhkan. Keduanya tak bisa hidup sendiri tanpa melakukan kerja sama.

Negara maju tak bisa memproduksi barang-barang industrinya jika tak punya bahan baku yang asalnya dari negara berkembang.

Dan begitupun negara berkembang yang juga membutuhkan barang hasil produksi dari negara maju untuk menunjang kehidupannya.

Baik itu berupa alat pertanian, barang rumah tangga, alat elektronik, dan sebagainya. Itulah alasan mengapa negara kita perlu kerja sama dengan negara lain seperti negara maju.

Supaya Tidak Tergantung Pada Negara Maju Kita Harus Bersikap?

Setiap negara berkembang tentunya ingin berubah menjadi negara maju. Maka dari itu, agar negara kita yaitu Indonesia bisa menjadi negara maju, kita sebagai generasi bangsa dan generasi penerusnya harus berupaya semaksimal mungkin bagaimana memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Misalkan Anda adalah seorang pelajar maka belajarlah sebaik mungkin, raihlah prestasi dan skill yang bisa digunakan untuk membangun negeri.

Karena generasi muda yang berprestasi adalah aset berharga bagi negara yang bisa bermanfaat menuntun negara untuk mencapai predikat negara maju.

Kita tidak boleh terus-terusan bergantung pada negara maju. Jika ada barang atau jasa yang tidak bisa diproduksi di negara kita maka pelajari dan usahakan bagaimana caranya agar sesuatu itu bisa kita produksi sendiri.

Pelajari dan buatlah inovasi yang kiranya bisa bersaing dan bahkan mampu mengalahkan kualitas dari negara lain. Dengan begitu maka niscaya negara kita akan terus mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik.

Baca Juga : Pengertian, Ciri Serta Contoh Kepemimpinan yang Baik dan Kurang Baik Brainly

Penutup


Demikianlah jawaban atas beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan mengapa negara maju tidak tergantung pada alam.

Semoga jawaban yang saya paparkan diatas bisa bermanfaat bagi Anda untuk tambahan pengetahuan maupun sebagai referensi dalam mengerjakan tugas yang didapatkan. Terima kasih dan salam Hidupcu!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar