Tips Menikah Modal 5 Juta yang Bisa Anda Praktekkan Sendiri

Tips Menikah Modal 5 Juta yang Bisa Anda Praktekkan Sendiri

menikah modal 5 juta

Hidupcu.com - Pernahkah Anda mendengar cerita tentang orang yang menikah modal 5 juta. Yah, agak aneh memang, tapi itulah kenyataannya. Menikah modal 5 juta bukanlah sesuatu yang mustahil. Selama keduanya sama-sama memiliki komitmen maka itu bukan menjadi suatu masalah. Apakah Anda mau menikah modal 5 juta?

Menikah dengan Modal 5 Juta


Percayakah Anda kalau hanya dengan uang 5 juta rupiah Anda sudah bisa menikah? Percaya atau tidak, hal ini telah dibuktikan oleh beberapa orang.

Anehnya lagi, mereka menikah dengan modal 5 juta bukan karena kekurangan biaya. Mereka menjelaskan alasan yang sangat dewasa, yakni :

Hal yang paling penting adalah kehidupan setelah menikah. Jadi, pesta satu malam yang mewah justru terkesan pemborosan.

Dan pemborosan itu mengambur-hamburkan uang yang jelas-jelas dilarang dalam islam. Mau tahu bagaimana caranya menikah hanya dengan modal 5 juta? Simak penjelasannya berikut ini.


1. Resmikan Terlebih Dahulu di KUA Terdekat


Akad nikah merupakan hal yang wajib dilakukan sebagai tanda telah terikat janji suci antara dua makhluk Allah yang paling sempurna. Adapun rukun nikahnya sebagai berikut.
  • Ada pengantin lelaki (suami)
  • Ada pengantin wanita (istri)
  • Ada wali
  • Ada dua orang saksi lelaki
  • Ada ijab dan kabul (akad nikah)
Gampang bukan? Anda hanya tinggal membayar biaya senilai 100 ribu rupiah (tergantung penghulu) dan membawa keluarga inti, serta wali ke KUA terdekat. Kemudian berubahlah hukum antara Anda dan pasangan Anda yang sebelumnya haram untuk saling memandang, menjadi berpahala walaupun hanya saling mengasihi saja.


2. Walimah Sederhana di Tempat Sosial


Walimah sederhana merupakan sesuatu yang dianjurkan dalam islam apabila melaksanakan pernikahan. Hal ini dilakukan untuk sekedar memberi kabar bahwa hubungan suatu pasangan telah diresmikan dalam ikatan pernikahan.

Trus dimana sih sebaiknya kita mengadakan walimah sederhana ini?

Salah satunya yaitu di panti asuhan. Disamping Anda merayakan acara pernikahan, bisa juga sebagai bentuk kegiatan sosial dengan berbagi kebahagiaan kepada anak-anak panti asuhan.

Bukan hanya itu, biaya yang digunakan untuk menyewa panti asuhan juga tidak semahal menyewa gedung-gedung mewah seperti pada umumnya. Apabila ditotal biaya catering di sana, maka biayanya berkisar Rp 4 juta.

Baca Juga : Yang Mau Nikah, Ini Loh Penyebab Mengapa Tidak Bahagia Setelah Menikah


3. Menyewa Baju Pengantin yang Sederhana


Dalam hal menyewa baju pengantin juga tidak perlu yang mewah-mewah. Cukup yang sederhana dan enak dipandang. Karena sesungguhnya para tamu yang hadir tidak terlalu memperhatikannya. Tetapi kebahagian Anda dan pasanganlah yang menjadi pusat perhatian.


4. Pelaksanaan yang Hanya Satu Hari


Kebanyakan pesta-pesta pernikahan jaman sekarang atau jaman now, dilakukan 2 sampai 3 hari nonstop. Nggak keder tuh!

Hal ini bisa memunculkan resiko meninggalkan sholat, terutama bagi kedua mempelai. Maka dari itu, cukup lakukan semuanya dalam kurun waktu yang singkat.

Untuk modal nikah sederhana misalnya seperti melakukan akad nikah pada pukul 8-9 pagi. Kemudian dilanjutkan dengan walimah sederhana hingga pukul 12 siang. Selain menghemat waktu, juga mampu menghemat biaya.


Kisah Singkat Pengantin yang Menikah dengan Budget Rp 5 juta

menikah dengan biaya minim

Kedua mempelai ini bernama Muhammad Imam dan Siti Aminah. Mereka menikah di Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah pada 6 Mei 2017 silam.
Percaya atau tidak, mereka menikah dengan biaya minim, yaitu sekitar Rp 5 juta.

Orang yang datang di acara pernikahannya pun tidak banyak. Hanya sekitar 50 orang yang merupakan keluarga dan tetangga terdekat.

Jadi kami tidak bikin undangan, hanya menikah sederhana saja. yang datang juga Cuma kedua keluarga kami dan tetangga dekat rumah karena kami nikahnya di mushola depan rumah

Adapun rincian biaya pernikahan pasangan ini adalah :
  • Biaya penghulu (Rp 1.200.000)
  • Biaya baju penganti, make up, dan dokumentasi foto (Rp 1.000.000)
  • Biaya konsumsi (masak sendiri) dengan anggaran (Rp 900.000)
  • Bahar (Rp 250.000)
  • Biaya seserahan (baju gamis) sebesar (Rp 200.000)
  • Biaya perhiasan (Rp 1.750.000)
Setelah melaksanakan akad nikah, pasangan ini langsung membagikan makanan kepada para tetangga sebagai pemberitahuan bahwa mereka telah menikah.

Setelah akad nikah selesai, kami bagi-bagi nasi ke tetangga, menyampaikan bahwa kami sudah menikah.

Baca Juga : 15 Ciri-Ciri Orang yang Suka Sama Kita Tapi Gengsi dan Cuek Mengungkapkan


Penutup


Itulah penjelasan terkait menikah modal 5 juta. Mudah-mudahan postingan ini bisa menyadarkan Anda bahwa untuk menikah tidak butuh biaya yang sangat besar. Melainkan hanya butuh komitmen dan uang sebesar 5 juta. Apabila Anda sudah memilikinya maka Anda pun bisa melaksanakan pernikahan.

Tidak usah tunggu kaya dulu baru nikah, tetapi nikah dulu baru kaya bareng-bareng. Usaha dari nol biar tahu rasanya perjuangan. Dan perlu Anda ketahui bahwa orang yang menikah akan dilipatgandakan rezekinya oleh Allah SWT.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar