7 Pekerjaan Jurusan IPS yang Gajinya Besar di Indonesia dan Banyak Peminat

7 Pekerjaan Jurusan IPS yang Gajinya Besar di Indonesia dan Banyak Peminat

pekerjaan jurusan ips yang gajinya besar

Hidupcu.com - Bagi calon mahasiswa lulusan IPS tentu perlu mencari tahu tentang pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar. Hal ini tak terlepas dari minat mereka yang notabenenya sangat akrab dengan pelajaran IPS. Jadi dengan begitu minat mereka akan tersalurkan pada jurusan dan pekerjaan yang akan dikerjakannya kelak. Pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar termasuk banyak di Indonesia.

Dalam postingan ini dibahas tentang jurusan yang apabila lulus nanti bisa mendapat pekerjaan yang bergaji besar. Karena apabila kita membahas tentang pekerjaan jurusan IPS yang bergaji tinggi secara spesifik dikhawatirkan postingannya jadi terlalu panjang.


Pekerjaan Jurusan IPS yang Gajinya Besar


Berikut penjelasan lengkap tentang pekerjaan jurusan IPS yang menjanjikan gaji tinggi di Indonesia :


1. Ilmu Politik


cita cita yang cocok untuk jurusan ips

Jurusan ini sering disebut sebagai jurusan kuliah anak IPS yang jarang diminati. Hal ini karena ada sebagian orang yang menghindari politik yang mana didalamnya penuh akan pro dan kontra serta bersinggungan langsung dengan yang namanya pemerintahan. Tetapi anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Meskipun demikian,  job dalam dunia politik tidak hanya sebatas bekerja di partai politik saja.

Namun ada juiga profesi lain seperti menjadi aktivis LSM, mediator antara pemerintah dan perusahaan dan sebagainya.

Banyak orang memutuskan untuk terjun langsung ke dunia politik karena memang gaji yang didapat sebagai seorang politikus cukup besar, yaitu rata-rata Rp 590 juta per tahunnya.


2. Ilmu Ekonomi


jurusan kuliah ips yang banyak diminati

Salah satu pekerjaan untuk jurusan IPS adalah adalah ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi merupakan salah saru jurusan dengan prospek karir yang recomended bagi Anda yang gemar menekuni dunia ilmu pengetahuan sosial atau IPS.

Anda nantinya akan mempelajari tentang ekonomi secara mikro maupun makro. Dengan mempelajari ilmu ini maka nantinya Anda akan mendapatkan gaji awal sampai Rp 812 juta per tahun.


3. Psikologi dan Konseling


jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi

Jurusan psiklogi memang merupakan jurusan yang cukup difavoritkan bagi kalangan pelajar yang menggemari ilmu pengetahuan sosial.

Sebagai ilmu yang mempelajari tentang kepribadian manusia, maka setiap tahun kebutuhan akan psikologi dan konseling terus mengalami peningkatan. Jadi tak heran kalau lowongan kerja pekerjaan jurusan IPS yang satu ini tak pernah sepi.

Menjadi seorang psikolog dan konselor adalah pekerjaan jurusan IPS yang cukup menjanjikan dengan tawaran gaji Rp 576 juta per tahunnya.

Baca Juga : Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang dan Menjamin Masa Depan di Indonesia


4. Marketing


pekerjaan jurusan ipa dengan gaji besar

Salah satu jurusan yang menawarkan pekerjaan bergaji tinggi adalah marketing. Jurusan ini memberikan kebebasan untuk berkreasi dengan ide-ide yang variatif dan tak terduga.

Tentunya ini sangat cocok untuk Anda yang tertarik dengan tantangan dan ingin menciptakan penemuan baru dalam dunia pemasaran.

Apabila Anda mengambil jurusan ini maka siap-siaplah untuk mendapat gaji tinggi, yaitu sekitar Rp 616 juta per tahunnya.


5. Hukum


lowongan kerja pekerjaan jurusan ips

Jurusan ini juga dianggap berprospek bagus karena apabila Anda nanti sudah lulus bisa bekerja dengan gaji yang cukup menggiurkan. Jurusan hukum dianggap sebagai jurusan kuliah IPS yang banyak diminati.

Jadi wajar saja kalau ada banyak mahasiswa yang memilih jurusan ini karena memang memiliki jenjang karir yang menjanjikan dengan gaji rata-rata pertahunnya sekitar Rp 634 juta.

Bagi mahasiswa jurusan hukum sudah menjadi hal lumrah bila mereka banyak membaca, baik itu buku filosofi maupun yang lainnya.

Itulah alasan mengapa kebanyakan orang yang karirnya bersentuhan dengan dunia hukum memiliki wawasan yang luas.


6. Akuntansi


jurusan IPS yang memiliki prospek kerja gaji besar menjanjikan

Jurusan Akuntansi termasuk jurusan kuliah tertua yang mempelajari berbagai hal tentang keuangan seperti :
  • Prinsip akuntansi dan teori
  • Akuntansi biaya 
  • Akuntansi manajerial
  • Akuntansi keuangan
  • Audit
  • Aspek hukum akuntansi
  • Akuntansi pajak
  • Pengendalian anggaran
  • Prosedur pelaporan
  • Perencanaan dan konsultasi
  • Sistem informasi bisnis
  • Metode penelitian akuntansi 
  • Analisis laporan
  • Standar profesional dan etika
Tiap-tiap perusahaan tentunya membutuhkan lulusan akuntansi untu menghitung berapa besar keuntungan dan kerugian yang dialami perusahaan.

Jurusan yang satu ini tak kalah populernya karena menawarkan pekerjaan dengan gaji yang lumayan tinggi, yakni sekitar Rp 733 juta per tahunnya.


7. Bisnis


pekerjaan jurusan ips yang menjanjikan

Salah satu jurusan IPS yang memiliki prospek kerja gaji besar menjanjikan adalah ilmu bisnis.

Menjadi pebisnis memang suatu jenis karir yang sangat menjanjikan karena nantinya Anda akan memiliki sebuah usaha.

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa bisnis bisa dipelajari dengan sendirinya atau otodidak, tetapi akan jauh lebih baik bila Anda memperdalam ilmu bisnis dengan mengambil jurusan bisnis.

Jurusan ilmu bisnis merupakan jurusan kuliah yang mencetak lulusan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Karena nantinya Anda akan memiliki aset berharga yang bernilai ratusan juta atau bahkan lebih. Jadi wajar saja kalau menjadi pebisnis adalah cita-cita yang cocok untuk jurusan IPS.

Baca Juga : 10 Pilihan Terbaik Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan, Menjanjikan, dan Bergaji Tinggi


Penutup


Itulah beberapa penjelasan terkait pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar yang mungkin adalah gerbang yang akan membawa Anda ke jalan kesuksesan.

Apapun yang Anda usahakan, lakukan, dan perjuangkan, lakukanlah dengan sungguh-sungguh tanpa pernah menyerah. Karena ketika Anda menyerah maka saat itulah Anda benar-benar gagal.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar