Pergaulan Bebas Dalam Kehidupan Sehari-hari dan Seberapa Jauh Anda Terlibat

Pergaulan Bebas Dalam Kehidupan Sehari-hari dan Seberapa Jauh Anda Terlibat

pergaulan bebas

Hidupcu.com - Pergaulan bebas adalah sesuatu yang harus dihilangkan dari dunia ini mengingat dampak yang ditimbulkan begitu berbahaya bagi kehidupan remaja. Pergaulan bebas ibarat racun yang berusaha merusak hidup kaum remaja. Ayo simak penjelasan tentang pergaulan bebas berikut ini'

Daftar Isi
  1. Pergaulan Bebas Adalah
  2. Pergaulan Bebas Menurut Islam
  3. Ciri-ciri Pergaulan Bebas
  4. Faktor Penyebab Pergaulan Bebas
  5. Dampak Pergaulan Bebas
  6. Cara Mengatasi Pergaulan Bebas
  7. Pergaulan Bebas Zaman Sekarang


Pergaulan Bebas Adalah


Pergaulan bebas merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas dari kewajiban, tuntunan, aturan, syarat, dan perasaan malu. Pergaulan bebas juga bisa diartikan sebagai perilaku menyimpang yang melanggar norma agama maupun norma kesusilaan.

Istilah pergaulan bebas diambil dari asal kata “pergaulan” dan “bebas”. Pergaulan merupakan proses interaksi antara individu dengan individu maupun individu dengan kelompok.

Sementara bebas adalah terlepas dari kewajiban, tuntunan, aturan, norma kesusilaan, dan norma agama. Pergaulan sangat berpengaruh dalam pembentukan kepribadian seseorang individu baik pergaulan yang positif ataupun negatif.

Contoh pergaulan positif misalnya kerja sama antara individu atau kelompok yang sama-sama menguntungkan.

Sedangkan pergaulan negatif mengarah pada pergaulan bebas yang wajib dihindari oleh setiap masyarakat khususnya kaum remaja yang masih labil dan masih mencari jati dirinya.

Usia remaja cenderung lebih mudah terpengaruh karena masih belum mengetahui dengan pasti yang mana yang baik dan yang mana yang buruk.


Pergaulan Bebas Menurut Islam


Melakukan pergaulan bebas adalah sesuatu yang jelas-jelas dilarang dalam agama Islam. Hal ini tak terlepas dari dampak yang ditimbulkan terhadap diri pelakunya maupun masyarakat disekitarnya.

Bukankan sudah jelas bahwa Allah melarang manusia untuk berbuat zina dan melakukan segala sesuatu yang mendekati zina. Nah, pergaulan bebas ini sudah tergolong mendekati zina.

Pada dasarnya Allah tidak akan melarang sesuatu yang tidak membawa dampak negatif bagi manusia. Apalagi jika dampak tersebut buruk dan menyesatkan.

Tentu hal tersebut sangat dilarang dan ketika kita melakukannya berarti kita begitu keji karena sudah diberi akal namun tak digunakan untuk memahaminya.


Ciri-ciri Pergaulan Bebas


Beberapa ciri pergaulan bebas antara lain :

  • Menghambur-hamburkan harta hanya untuk memenuhi hasrat seksualnya.
  • Mempunyai rasa ingin tahu yang besar.
  • Terjadi perubahan dalam hal emosi, pikiran, lingkungan pergaulan, dan tanggung jawab yang dihadapi.
  • Terjerumus dalam pesta hura-hura sampai menggunakan obat-obatan terlarang seperti ganja, ekstasi, putau, dan pil-pil setan lainnya.
  • Memunculkan perilaku munafik dalam masyarakat
  • Memunculkan perilaku buruk
  • Mengenakan pakaian yang serba terbuka.
  • Sering mengalami tekanan mental dan emosi
  • Mau cepat kaya dengan menghalalkan segala cara termasuk dengan jalan yang salah, haram, dan keji.


Faktor Penyebab Pergaulan Bebas


Beberapa faktor penyebab pergaulan bebas adalah :

1. Rendahnya Taraf Pendidikan Keluarga


Salah satu penyebab terbesar terjadinya pergaulan bebas adalah rendahnya taraf pendidikan keluarga.
Salah satu contohnya adalah orang tua mengizinkan anaknya untuk berpacaran tanpa adanya pengawasan dari keluarga. Hal inilah yang menyebabkan seorang anak bisa terseret dalam pergaulan bebas.


2. Orang Tua yang Acuh


Orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya cenderung kurang memperhatikan apa yang dilakukan anaknya. Inilah yang membuat anak semakin bebas melakukan aktivitas yang ia suka.


3. Keadaan Keluarga yang Tidak Stabil (Broken Home)


Percaya atau tidak, kondisi keluarga yang broken home bisa mempengaruhi kondisi psikis anak.
Anak yang keluarganya broken home cenderung lebih memilih mencari kesenangan di luar rumah untuk melupakan apa yang dialaminya.

Anak yang kurang diberikan kasih sayang orang tuanya akan lebih rawan terjerumus dalam pergaulan bebas.


4. Lingkungan Sekitar yang Buruk


Selain faktor dari orang tua, lingkungan juga turut andil dalam menyebabkan anak terlibat dalam pergaulan bebas.

Anak yang kondisi lingkungannya kurang kondusif cenderung lebih mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas.


5. Kurang Berhati-hati Dalam Memilih Teman


Hampir sebagian besar pergaulan bebas terjadi karena kesalahan dalam memilih teman. Apabila berteman dengan penjudi maka kita akan ikut-ikutan jadi penjudi. Apabila kita berteman dengan orang yang suka belajar maka kita pun akan jadi rajin belajar.


6. Keadaan Ekonomi Keluarga


Kondisi perekonomian keluarga minim bisa berakibat pada pergaulan bebas. Perekonomian yang minim ini akan membuat anak putus sekolah dan yang lebih parahnya lagi tidak mau bersekolah.

Kurangnya pembelajaran tentang pergaulan bebas membuat anak semakin tidak tahu antara yang mana yang baik dan yang mana yang buruk.


7. Kurangnya Kesadaran Para Remaja Akan Pergaulan Bebas


Remaja yang masih dalam masa pubertas cenderung akan mencoba sesuatu yang baru dan tidak pernah mereka lakukan sebelumnya.

Apabila remaja tersebut kurang memahami tentang pergaulan bebas maka bisa saja mereka secara tak sadar ikut terjerumus ke dalamnya.


8. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi (Internet)


Karena efek dari globalisasi, perkembangan teknologi semakin meningkat pesat. Persebaran informasi jadi lebih cepat dan komunikasi pun semakin mudah.

Namun yang sangat disayangkan adalah dampak negatif dari internet ini. Dengan adanya internet maka remaja-remaja jadi bisa melihat konten-konten di internet yang seharusnya belum bisa mereka lihat.

Akibatnya para remaja jadi terjerumus dalam pergaulan bebas yang menyesatkan.

Baca Juga : Macam-Macam Stress Dalam Psikologi dan Contohnya Beserta Stressor


Dampak Pergaulan Bebas


1. Munculnya Perzinahan


Perzinahan merupakan salah satu perbuatan keji yang dimurkai oleh Allah. Dengan adanya pergaulan bebas maka perbuatan zina bisa sangat memungkinkan untuk muncul.

Bahkan perzinahan yang dilakukan secara terang-terangan dan dilegalisasi pemerintah mungkin saja terjadi.

Perilaku perzinahan ini akan menimbulkan berbagai macam kerugian seperti merusak keharmonisan rumah tangga, menularkan penyakit seksual, dan berbagai bahaya lainnya.

Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah pergaulan bebas karena perbuatan itu mendekatkan kita terhadap perzinahan.


2. Rusaknya Moralitas


Moralitas bisa saja rusak karena adanya pergaulan bebas. Aturan-aturan kebenaran yang berlaku universal dan ditetapkan oleh islam tidak akan dilanggar oleh orang-orang tidak terlibat dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas lebih cenderung mengedepankan hawa nafsu dan kesenangan pribadinya seperti minum-minuman khamr, membuka aurat, dan tanpa adanya batasan-batasan dalam pergaulan berbeda gender tentu akan semakin membuat moral masyarakat menjadi rusak tidak terkendali.

Itulah sebabnya mengapa kerusakan moral bisa juga bermula dari pergaulan bebas tanpa batas.


3. Berpotensi Hilangnya Fitrah Manusia


Bukan hanya itu loh, pergaulan bebas juga bisa berpotensi menghilangkan fitrah manusia.

Contohnya di zaman sekarang ini, potensi LGBT atau homoseksual dan berbagai kelainan manusia lainnya muncul karena salah dalam hal pergaulan dan kesalahan mengenal fitrah manusia.

Pergaulan bebas sama sekali tidak mengenal adanya batasan. Hal inilah yang terkadang membuat manusia jadi hilang kendali dan tidak dilingkupi oleh nilai-nilai Islam yang membawa mereka pada kondisi fitrah.


4. Kerusakan Sistem Masyarakat


Kerusakan sistem dalam masyarakat bisa juga disebabkan karena pergaulan bebas.

Tersebarnya pergaulan bebas dikalangan masyarakat bisa berefek terhadap rendahnya kesadaran masyarakat, egoisitas diri, sistem pendidikan yang melemah, dan juga ekonomi yang anjlok karena beredarnya barang-barang untuk untuk melegalkan seks bebas atau barang-barang haram lainnya.


5. Meningkatnya Angka Kriminalitas


Keinginan seseorang terhadap sesuatu mengakibatkan orang tersebut melakukan berbagai macam cara.

Contohnya seseorang yang ingin membeli narkoba tetapi tak punya uang. Akhirnya orang tersebut menjadi pencopet karena keinginannya tersebut. Dan ujung-ujungnya angka kriminalitas akan meningkat.


6. Meregangkan Hubungan Keluarga


Adanya pergaulan bebas membuat anak semakin asyik dengan pergaulannya sendiri. Akibatnya ia menjadi kurang berinteraksi dengan keluarga sehingga membuat hubungannya dengan keluarga jadi merenggang.


7. Menurunnya Prestasi Remaja


Orang-orang yang terlibat dalam pergaulan cenderung akan mengabaikan masalah pendidikan. Ia jadi malas dan tidak ingin lagi jadi anak yang berprestasi.


8. Menimbulkan Dosa Besar


Pergaulan bebas merupakan tindakan yang dilarang oleh agama islam. Jadi apabila kita melakukannya tentu akan membuat kita dapat dosa.

Apalagi bila pergaulan bebas tersebut sampai pada tingkat zina. Perlu kita ketahui bahwa dosa zina termasuk dalam dosa besar.


9. Menimbulkan Efek Ketergantungan Obat


Orang yang terjerumus dalam pergaulan bebas biasanya akan ikut menggunakan obat-obatan terlarang.

Mungkin awalnya memang hanya ingin mencoba mengkonsumsi. Tetapi lama kelamaan setelah mencoba akhirnya muncul rasa ketergantungan.

Bahkan tak jarang sampai ada yang overdosis dan berujung pada kematian.

10. Tingkat Kesehatan Menurun


Tingkat kesehatan yang menurun biasanya diakibatkan dari penularan penyakit HIV/AIDS melalui hubungan seksual yang bebas dan pengguguran kandungan akibat hamil di luar nikah.

Akibatnya, penyakit yang diderita seseorang yang terlibat dalan pergaulan bebas bisa saja menular kepada orang-orang disekitarnya.

Baca Juga : 9 Dosa Besar Pembawa Sial Yang Paling Berbahaya


Cara Mengatasi Pergaulan Bebas


pergaulan bebas anak sekolah

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi pergaulan bebas.

  • Memperbaiki Cara Pandang
  • Jujur Pada Diri Sendiri
  • Menanamkan Nilai Ketimuran
  • Menjaga Keseimbangan Pola Hidup
  • Banyak Beraktivitas Secara Positif
  • Berpikir Tentang Masa Depan
  • Mengurangi Menonton Televisi
  • Selalu Membaca Buku
  • Berkomunikasi Dengan Baik
  • Sosialisasi Bahaya Pergaulan Bebas
  • Menegakkan Aturan Hukum
Baca Juga : Cara Merubah Mindset Diri Sendiri Terdahsyat Dari Pola Pikir Negatif Menjadi Positif


Pergaulan Bebas Zaman Sekarang


Pergaulan bebas di zaman sekarang ini sudah semakin merajalela. Perilaku para remaja sudah semakin menjadi-jadi. Bahkan ada yang sampai kehilangan sopan santun kepada orang tuanya sendiri.

Apa kita mau membiarkan itu terjadi. Tentu tidak bukan? Sedari kecil kita harus bisa mendidik anak agar kedepannya tidak terjerumus dalam pergaulan bebas anak sekolah. Tanamkan nilai-nilai yang baik pada anak. Maka dengan begitu resiko anak terjerat dalam pergaulan bebas semakin kecil.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar