Berapa Lama Kehamilan Bisa Diketahui Setelah Berhubungan Intim?

Berapa Lama Kehamilan Bisa Diketahui Setelah Berhubungan Intim?

Berapa Lama Kehamilan Bisa Diketahui Setelah Berhubungan Intim?

Hidupcu.com - Kebanyakan dari pengantin baru mungkin bertanya-tanya berapa lama kehamilan bisa diketahui setelah berhubungan intim. Yah, ini menjadi suatu pertanyaan yang cukup banyak dilontarkan ke mbah google. Untuk itu, postingan ini dibuat untuk menjawab pertanyaan tentang berapa lama kehamilan bisa diketahui setelah berhubungan intim. Yuk simak penjelasan lengkap berikut ini mengenai berapa lama kehamilan bisa diketahui setelah berhubungan intim.


Berapa Lama Kehamilan Bisa Terdeteksi Setelah Berhubungan


Setelah berhubungan intim, yang paling ditunggu-tunggu adalah kabar gembira bahwa istri Anda hamil. Namun butuh waktu beberapa hari sampai beberapa minggu hingga gejala hamil itu muncul.
Atau mungkin juga tak ada perubahan apapun yang timbul setelah Anda berhubungan intim.

Sebelum bertanya berapa lama kehamilan bisa diketahui setelah berhubungan intim. Sebaiknya Anda memerhatikan dahulu 2 hal berikut ini :

1. Masa Subur


Masa subur adalah masa yang paling tepat untuk mempertemukan sel telur wanita dan sel sperma laki-laki agar bisa terjadi pembuahan yang berujung pada kehamilan.

Masa subur wanita umumnya berada di sekitar waktu ovulasi (pelepasan sel telur), yaitu sekitar 4-5 hari sebelum ovulasi dan 12-24 jam setelah ovulasi.

Untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur 28 hari, ovulasi biasanya terjadi sekitar 12-24 hari sebelum hari pertama menstruasi selanjutnya.

Artinya, waktu subur wanita berada di sekitar 13-18 hari sebelum hari pertama haid selanjutnya.

Perhitungan ini bisa dijadikan patokan jika wanita tersebut memiliki siklus mentruasi yang tidak teratur. Karena akan sulit menjawab pertanyaan kapan masa subur seseorang tanpa mengetahui siklus menstruasinya.

Untuk wanita yang memiliki siklus mentruasi pendek, ovulasi bisa terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasi berakhir.

Untuk memastikan bagaimana menghitung masa subur, yaitu dengan mencatat siklus menstruasi selama minimal 8 bulan, lalu kurangi siklus terpendeknya dengan 18 hari, kemudian kurangi siklus terpanjangnya dengan 11 hari.

Hari diantara kedua tanggal ini adalah masa suburnya. Selain itu, untuk mengetahui masa subur wanita bisa juga dengan mengukur suhu basal dan mengecek lendir serviks.


2. Usia Sperma


Sperma merupakan sel gamet yang dihasilkan organ reproduksi pria (testis).

Sperma terejakulasi atau dikeluarkan melalui penis pria bersama dengan cairan semen. Setelah sperma terjakulasi atau keluar, berbagai faktor external mulai memengaruhinya.

Menurut ahli medis, dalam tubuh wanita sperma dapat hidup sampai 5 hari. Sementara sperma yang dibiarkan di udara terbuka (misalnya pakaian atau di tempat tidur yang kering) akan mati setelah cairan semennya mengering. Yakni sekitar 20 menit hingga 1 jam.

Kondisi ini juga tergantung dari faktor lingkungan dan paparan udara. Tetapi di dalam air (misalnya di bak mandi air hangat atau panas), sperma cenderung akan hidup lebih lama.

Walaupun demikian, kemungkinan sperma yang ada di air dan menemukan jalan ke vagina wanita pada saat ia berenang dan membuatnya hamil sampai saat ini masih sangat rendah.

Namun sejatinya hanya dibutuhkan 1 sperma untuk membuahi sel telur. Maka dari itu, kemungkinan terjadinya kehamilan juga tetap ada.

Baca Juga : Tips Menikah Modal 5 Juta yang Bisa Anda Praktekkan Sendiri


Berapa Lama Kehamilan Bisa Diketahui Setelah Berhubungan Intim?


seminggu setelah haid positif hamil

Gejala hamil bisa saja terjadi segera atau membutuhkan waktu beberapa hari. Biasanya tergantung dari tiap individu. Setiap individu mungin aka mengalami hal ini di waktu yang berbeda-beda.

Bahkan tanda kehamilan yang terjadi pun bia berbeda-beda antar wanita maupun antar kehamilan.

Tak jarang beberapa wanita ada yang tak merasakan gejala apapun. Sehingga ia tak sadar bahwa dirinya sedang hamil.

Gejala umum yang terjadi setelah berhubungan intim adalah morning sickness, perubahan suasana hati, kelelahan, mual, muntah, payudara terasa penuh, lebih sensitif, dan telat menstruasi.

Tanda-tanda kehamilan ini biasa terjadi pada wanita saat 5 atau 6 minggu pertama kehamilan. Yaitu sekitar 2 minggu sejak telat menstruasi atau 6 minggu sejak mengalami menstruasi terakhir.


Kehamilan Bisa Dicek Setelah Berapa Hari Berhubungan?


mual setelah 3 hari berhubungan

Menurut beberapa referensi, guna mendapatkan hasil yang akurat, tes kehamilan menggunakan testpack sebaiknya dilakukan pada 1 minggu setelah terlambat menstruasi. Ada juga yang bilang kalau seminggu setelah berhubungan bisa test pack.

Hal ini dilakukan agar menunggu kadar hormon beta hCG yang cukup sehingga dapat dideteksi oleh testpack.

Namun ini juga bukan patokan yang baku. Mengingat beberapa alat testpack yang beredar di pasaran memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda-beda.

Baca Juga : Cerita Cinta Romantis dan Mesra Remaja Namun Mengejutkan Antara Dinar dan Nadya di Sekolah


Gejala Awal yang Timbul di Awal Kehamilan


Berikut ini beberapa gejala kehamilan yang menandakan seseorang sedang hamil.

1. Adanya Bercak Darah atau Keram di Perut


Setelah beberapa hari melakukan hubungan intim, gejala awal kehamilan biasanya ditandai dengan adanya bercak darah di celana atau mengalami kram pada bagian perut.

Bercak darah dan kram ini muncul karena telur yang sudah dibuahi sperma melakukan penempelan pada dinding rahim. Atau biasa juga disebut sebagai pendarahan implantasi.

Hal ini biasa terjadi pada 6 sampai 12 hari setelah telur dibuahi. Selain bercak darah dan kram di perut, keputihan dalam jumlah berlebih juga mungkin saja terjadi. Hal ini karena terjadi penebalan pada dinding vagina.


2. Telat Menstruasi


Ini adalah tanda kehamilan yang paling jelas dan dapat dengan mudah di klaim sebagai tanda kehamilan.

Namun tak semua menstruasi yang terlewat adalah tanda dari kehamilan. Bahkan seseorang bisa saja masih mengalami menstruasi saat sedang hamil.

Jadi, ini juga bukanlah patokan yang tepat untuk menentukan apakah seseorang itu hamil atau tidak.

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya dilakukan tes kehamilan setelah Anda mengalami telat menstruasi.


3. Perubahan Pada Payudara


Ketika seseorang mengalami kehamilan, hormon-hormon pada tubuh Anda akan mengalami perubahan. Khususnya pada bagian payudara.

Payudara akan menjadi lebih sensitif dari biasanya, terasa nyeri, terasa penuh, dan lebih besar pada satu sampai dua minggu setelah pembuahan.


4. Merasa Lelah


Adalah suatu kewajaran bila orang yang hamil merasa mudah lelah. Di awal minggu-minggu kehamilan, bahkan satu minggu setelah pembuahan, ibu hamil akan mengalami kelelahan.

Hal ini umum sekali terjadi karena ada peningkatan pada hormon progesteron di tubuh ibu hamil.

Bukan hanya itu, penurunan kadar gula darah, tekanan darah, dan produksi darah yang berlebih dari biasanya bisa membuat kelelahan.

Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Badan Anda Mudah Lelah Dan Cara Mengatasinya


5. Morning Sickness


Mual dan muntah yang sering terjadi di pagi, siang, dan malam hari termasuk tanda-tanda kehamilan. Meskipun tidak semua wanita hamil yang mengalami hal ini.

Morning sickness biasa juga terjadi karena pengaruh hormon yang membuat pengosongan perut menjadi lebih lambat.


Penutup


Itulah beberapa penjelasan tentang berapa lama kehamilan bisa diketahui setelah berhubungan intim. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sebagai pembaca.

Baca Juga : Mertua Anda Sering Ikut Campur Urusan Rumah Tangga? Begini Cara Mengatasinya

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar