12+ Cara Cepat Menghafal Al Quran Yang Efektif Untuk Anak, Remaja, dan Orang Dewasa

12+ Cara Cepat Menghafal Al Quran Yang Efektif Untuk Anak, Remaja, dan Orang Dewasa

cara cepat menghafal al quran

Hidupcu.com - Pada umumnya banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana sih cara cepat menghafal Al qur’an? Hal ini tak terlepas dari keinginan tiap muslim yang ingin memperoleh banyak manfaat dari Al-qur’an. Akhirnya banyak yang berlomba-lomba untuk bisa menghafal Al qur’an dan mencari tahu seperti apa cara cepat menghafal Al qur’an. Sebenarnya cara cepat menghafal Al qur’an tidak terlalu ribet.

Walaupun Allah telah menjamin bahwa menghafal al-quran itu mudah, tapi tetap saja ada orang yang kesulitan untuk menghafalnya. Bahkan untuk menghafal satu ayat saja dibutuhkan waktu berjam-jam, dan setelah susah-susah di hafal eh malah cepat lupa.

Maka dari itu, dalam postingan ini kami akan memberikan Anda solusi yaitu bagaimana cara cepat menghafal al-quran untuk anak, remaja, dan orang dewasa.


Cara Cepat Menghafal Al-qur’an


1. Niat yang Ikhlas dan Tulus Karena Allah


menghafal al quran mulai dari mana

Sebelum mulai menghafal Al-qur’an, ada baiknya bila Anda meluruskan niat.

Untuk apa Anda mau menghafal Al-qur’an?

Apakah karena Anda mau dikatakan Hafizh?

Apakah karena untuk memenuhi syarat diterima kerja atau melanjutkan pendidikan?

Atau karena semata-mata untuk menyenangkan hati orang tua?

Jika niat Anda untuk menghafal Al-qur’an karena hal-hal yang demikian. Maka wajar saja bila Anda akan kesulitan menghafal Al-qur’an.

Untuk bisa menghafal Al-qur’an, niat Anda harus benar-benar murni karena ingin mendapatkan ridho-Nya. Adapun untuk nikmat-nikmat lainnya itu belakangan, insyaallah Anda pasti akan mendapatkannya.

Dan apabila niat Anda telah diluruskan dan masih juga mengalami kesulitan dalam menghafal Al-qur’an, maka bersabarlah. Mungkin saja beberapa waktu kemudian Anda baru merasakan kemudahan dalam menghafal.

Atau kah mungkin Allah ingin memberikan Anda pahala yang banyak dengan membuat Anda mengulang ayat demi ayat dalam Al-qur’an.


2. Lakukan Sekarang Juga


Hal yang tak kalah pentingnya adalah memulai. Anda tidak akan bisa menjadi penghafal Al-qur’an kalau tak mengambil tindakan.

Tak perlu menunggu kapan momen yang tepat. Cukup dengan mulai dari sekarang saja sudah cukup walaupun yang dihafal masih sedikit-sedikit.

Dengan terus menunda-nunda waktu menghafal Anda justru akan membuat semangat Anda untuk khatam 30 juz perlahan-lahan akan memudar.


3.Menghafal Persatu Cetakan Mushaf


rumus menghafal al quran

Sebaiknya kita menghafal Al qur’an mulai dari mana?

Tahukah Anda bahwa ternyata menghafal Al-qur’an dari cetakan yang sama akan sangat mempengaruhi kecepatan hafalan Anda.

Hafalan akan lebih mudah melekat dalam ingatan Anda apabila mushaf yang Anda gunakan dari satu cetakan yang sama.

Maka dari itu, sangat tidak disarankan menggonta-ganti mushaf pada saat ingin menghafal Al-qur’an.
Hal yang cukup penting dalam memilih Al-qur’an untuk menghafal adalah kejelasan dari huruf dan tanda bacanya. Pilihlah Al-qur’an yang mudah dibaca.

Anda bisa membeli Al-qur’an dari cetakan-cetakan yang terkenal dan konsisten untuk menggunakan mushaf tersebut. Entah itu pada saat masih menghafal atau sudah selesai dan memasuki tahap muroja’ah (mengulang bacaan).

Baca Juga : 8 Golongan Penerima Zakat yang Wajib Diketahui Orang Islam


3. Membaca Berulang-ulang


Cara menghafal Al qur’an yang efektif adalah dengan membaca berulang-ulang.

Tak ada satu orang pun di dunia ini yang bisa menghafal banyak ayat Al-qur’an apabila ia malas membaca dan mengulang-ulangi ayat tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa kunci utama orang bisa cepat menghafal Al-qur’an adalah kesungguhannya dalam mengulang-ulangi ayat yang hendak dihafal.

Semakin sering Anda mengulanginya maka semakin mudah pula ayat tersebut melekat diingatan Anda.


4. Menyetor Hafalan Dihadapan Qori yang Mahir


Apabila Anda sudah menghafal cukup banyak ayat maka waktunya untuk menyetor hafalan. Setorkan hafalan Anda pada orang yang bacaannya bagus dan paham betul tentang ilmu tajwid seperti imam masjid, guru tahfiz, dan guru mengaji.

Usahakan dalam penyetoran dilakukan minimal satu kali per hari. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih cepat menyelesaikan hafalan 30 juz secara sempurna.

Disiplin adalah salah satu poin penting dalam penyetoran hafalan. Jadi usahakan jangan sampai lewat satu hari tanpa menyetorkan hafalan.

Untuk penyetoran juga tidak wajib menunggu sampai satu lembar atau satu halaman baru menyetorkannya.

Kalau dalam sehari Anda hanya bisa menghafal satu ayat yah setorkan saja yang telah Anda hafal hari itu. Dengan begitu maka motivasi untuk menambah hafalan baru akan semakin meningkat.

Jadi sekali lagi ditekankan bahwa setorkan hafalan Anda pada orang yang bacaannya bagus dan paham ilmu tajwid.

Jangan sekal-kali menyetor hafalan pada orang yang bacaannya tidak baik, apalagi yang tak paham tentang ilmu tajwid.

Hal ini akan sangat mempengaruhi pada kualitas dari hafalan Anda. Bila Anda menyetor hafalan pada orang yang bacaannya buruk, dikhawatirkan dia melewatkan suatu kesalahan yang Anda lakukan sewaktu menghafal dan akhirnya Anda pun tetap berada dalam kesalahan itu.

Baca Juga : 10 Amalan Mencapai Sukses Spiritual Agar Hidup Bahagia Di Dunia dan Akhirat


5. Menghafal di Waktu yang Terbaik


Salah satu tips bagaimana cara menghafal Al qur’an dengan cepat dan tidak mudah adalah dengan menghafal di waktu yang terbaik.

Secara garis besar, waktu terbaik untuk digunakan menghafal adalah sebelum dan sesudah fajar.

Diwaktu ini otak masih dalam keadaan segar dan pikiran juga masih tenang. Sehingga hafalan juga jadi lebih cepat masuk saat menghafal di waktu-waktu tersebut.

Namun bukan berarti Anda hanya boleh menghafal pada waktu itu saja. Karena terkadang tiap-tiap orang memiliki waktu nyamannya tersendiri ketika menghafal.

Ada yang lebih mudah menghafal pada waktu dhuha, setelah zuhur, setelah asar, waktu maghrib, dan ada juga yang setelah isya. Intinya tergantung dari individu itu sendiri.


6. Tidak Langsung Menghafal Banyak Sekaligus


cara menghafal al quran dengan cepat

Saat baru pertama kali menghafal, sebaiknya jangan langsung memaksakan diri dengan menghafal Al-Qur’an dalam jumlah banyak sekaligus.

Hal itu sangat tidak baik. Akan jauh lebih baik jika menghafal sedikit demi sedikit secara konsisten.
Anda bolah saja menghafal dan menyetor hafalan dalam jumlah banyak tiap harinya, misalnya seperempat juz.

Namun perlu Anda tahu bahwa hal tersebut harus diimbangi dengan waktu muroja’ah yang banyak pula. Hal ini bertujuan untuk menjaga kekokohan hafalan Anda. Ini merupakan salah satu cara cepat menghafal Al-qur’an bagi pemula.


7. Mengutamakan Durasi


Mulailah berkomitmen dengan durasi waktu yang Anda gunakan untuk menghafal. Jangan hanya berpatokan pada jumlah ayat yang harus dihafal.

Apabila Anda biasanya menghafal menggunakan waktu 2 jam sehari, maka tetapkanlah 2 jam tersebut sebagai waktu default Anda dalam menghafal.

Entah berapapun ayat yang Anda hafal, pokoknya waktu yang Anda gunakan harus 2 jam.


8. Menghafal Dengan Metode yang Sesuai dengan Anda.


cara cepat menghafal al quran untuk orang dewasa

Tiap orang punya metode atau caranya sendiri ketika ingin menghafal sesuatu. Jangan paksakan diri Anda untuk mengikuti suatu metode menghafal jika Anda sendiri tak cocok dengan metode itu.

Jangan karena orang lain bisa cepat menghafal dengan metode itu maka Anda juga ikut-ikutan memaksakan diri Anda untuk menjalankan metode tersebut.

Kalau memang tak cocok yah tidak usah dipaksakan. Karena yang dirugikan juga nantinya adalah Anda sendiri.


9. Mengulang Hafalan di Setiap Waktu Sholat


Anda bisa memanfaatkan waktu sebelum dan sesudah sholat lima waktu untuk menghafal dan mengulangi hafalan.

Sisihkan waktu Anda minimal 15 menit untuk sekedar mengulangi hafalan. Tentunya hal ini juga harus dilakukan dengan konsisten.

Anda bisa memanfaatkan waktu ketika menunggu waktu sholat sambil mengulangi apa yang Anda hafal. Dengan begitu maka Anda akan bisa sholat tepat waktu lima kali sehari.

Apabila Anda konsisten melakukannya, maka insya Allah hafalan Anda akan tetap terjaga tanpa membebani Anda dengan waktu menghafal.

Baca Juga : Hidup Bisa Rusak Seketika Karena Zina - Pengertian, Macam-macam, Hukum, Hadits, Hukuman dan Akibat Bagi Pelaku


10. Meluangkan Waktu Khusus Untuk Mengulang Hafalan


Selain sebelum dan sesudah sholat wajib 5 waktu seperti yang dijelaskan di atas, Anda juga wajib meluangkan waktu khusus tiap hari untuk muroja’ah atau mengulang hafalan. Misalnya sebelum tidur.

Semakin banyak yang Anda hafal maka semakin banyak pula waktu yang harus Anda alokasikan untuk mengulang-ulangnya.


11. Mengurangi Berbicara, Makan, dan Tidur


Sebenarnya tanpa Anda sadari ada beberapa hal sepele yang bisa mempengaruhi kecepatan dan kemampuan menghafal seseorang.

Beberapa diantaranya yaitu terlalu banyak berbicara, makan, dan tidur. Apabila Anda termasuk orang yang sering melakukannya maka mulai dari sekarang Anda harus berusaha menguranginya.

Terlalu banyak berbicara, makan, dan tidur bisa membuat otak Anda lemah dalam menghafal. Terutama untuk menghafal Al-Qur’an.


12. Menghafal Untuk Setia, Bukan Untuk Khatam


Ketika ingin mulai menghafal, niatkanlah dalam hati Anda bahwa hafalan yang Anda lakukan bukan untuk khatam. Tetapi untuk setia dengan Al-qur’an.

Hal ini bertujuan agar setelah Anda menghafal 30 juz, Anda tidak langsung meninggalkan Al-qur’an dan tetap semangat untuk mengulang hafalan.

Pilihlah metode cara menghafal Al-qur’an yang sesuai agar Anda bisa lebih enjoy dalam menghafal.

Baca Juga : Begini Cara Cepat Orang-Orang Melunasi Hutang Dalam 1 Hari


13. Memperbanyak Berdoa


cara menghafal al quran yang efektif

Kita sebagai manusia biasa hanya bisa berusaha menghafal Al-qur’an. Selebihnya ditentukan oleh Allah.

Maka dari itu, perbanyaklah do’a kepada Allah agar kiranya Anda diberi kekuatan menghafal yang optimal.

Berdo’alah di waktu-waktu yang mustajab sambil memohon agar Allah memberikan Anda semangat dan kemudahan dalam menghafal Al-qur’an.


Kesimpulan


Menghafal Al-qur’an bagi seorang muslim adalah suatu amalan yang  baik bagi dirinya maupun orang tuanya. Bukan hanya itu, dengan mulai mengajarkan membaca Al-qur’an pada anak sejak dini  akan mendatangkan kemuliaan bagi si anak.

Orang-orang yang menghafal Al-qur’an juga akan disenangi oleh Allah karena telah mencintai kitab-Nya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar