Cara Meditasi yang Benar Untuk Anda yang Masih Sangat Pemula

Cara Meditasi yang Benar Untuk Anda yang Masih Sangat Pemula

cara meditasi yang benar


Hidupcu.com - Kebanyakan dari kita mungkin ingin bermeditasi tetapi terkadang tidak tahu bagaimana cara meditasi yang benar. Padahal sebenarnya cara meditasi yang benar itu cukup sederhana. inti dari meditasi adalah pernapasan dan ketenangan. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak penjelasan tentang meditasi dan cara meditasi yang benar berikut ini.


Apa yg Dimaksud dengan Meditasi?


Meditasi merupakan suatu metode yang dilakukan seseorang guna melatih dirinya dalam bersikap lebih baik dan bermanfaat.

Sebenarnya ada banyak sikap yang dijadikan cita-cita bagi orang yang ingin melakukan meditasi. Salah satunya adalah mengharapkan jiwa yang lebih santai, rileks, serta tidak mudah tegang dan risau dalam menghadapi berbagai situasi.

Meditasi sebaiknya dilakukan berulang-ulang agar bisa mendapatkan suasana batin yang diharapkan.

Baca Juga : Bagaimana Bertahan Dalam Masa-Masa Sulit Di Tengah Banyaknya Masalah


Manfaat Meditasi


Salah satu manfaat dari meditasi adalah bisa menyembuhkan penyakit tertentu yang diderita seseorang. Jadi tak heran kalau ada yang sakit kepalanya sembuh setelah bermeditasi.
Dari sisi fisiologis,meditasi merupakan anti-stres yang paling ampuh.

Pada saat Anda mengalami stres, maka denyut jantung dan tekanan darah akan mengalami peningkatan. Pernapasan juga akan jadi lebih cepat dan pendek. Dan juga kelenjar adrenalin akan memompa hormon-hormon stres.

Ketika Anda bermeditasi ,maka denyut jantung akan melambat, tekanan darah menjadi normal, pernapasan jadi tenang, dan tingkat hormon stres menurun.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendengarkan denyut jantung Anda sendiri. Bahkan untuk lebih lanjutnya Anda bisa mengordinasikan denyut jantung dengan irama keluar masuknya napas.

Menurut seorang ahli jantung dari Harvard University, Dr. Herbert Benson menjelaskan secara ilmiah manfaat meditasi yang telah diuji selama berabad-abad. Yaitu sebagai berikut.
  • Dengan rutin bermeditasi, organ dan sel tubuh akan menjadi lebih baik dan bekerja lebih teratur.
  • Konsentrasi berpikir jadi meningkat
  • Membuang ingatan yang buruk
  • Mampu memahami orang lain dan memaafkannya
  • Selalu tekun dalam menjalani hidup yang lebih baik
  • Meningkatkan kebijaksanaan
  • Lebih tenang dalam menghadapi permasalahan hidup dan kebahagiaan dengan lebih baik.

 Dimana Tempat Meditasi yang Baik?


Dimanapun itu sebenarnya boleh-boleh saja. Asalkan tempatnya bersih, udaranya segar, dan tak ada gangguan suara bising atau orang yang berlalu lalang. 

Namun apabila pikiran kita sudah terlatih maka hal tersebut bukan menjadi suatu masalah lagi.


Kapan Waktu Bermeditasi ?


Meditasi umumnya bisa dilakukan kapan saja. Namun untuk pemula sebaiknya dilakukan dipagi hari.

Hal ini karena dipagi hari pikiran masih belum disibukkan oleh berbagai kegiatan. Tetapi itu bukan suatu keharusan kok, diwaktu malam menjelang tidur juga boleh.

Usahakan sebelum melakukan meditasi kondisi perut dalam keadaan biasa-biasa saja. tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar. Atau bisa juga dilakukan satu jam setelah makan.

Baca Juga : Bagaimana Membungkam Kritik Batin Tanpa Ampun Dengan 6 Cara


Persiapan Sebelum Melakukan Meditasi


Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka alangkah baiknya bila dilakukan persiapan terlebih dahulu. Yakni sebagai berikut :

1. Menyiapkan Alas Duduk


cara meditasi spiritual

Alas duduk dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan dalam bermeditasi. Alas duduk atau yang biasa disebut juga zafu, yakni semacam bantal bundar yang digunakan sebagai alas duduk ketika bermeditasi.

Apabila tidak ada zafu bisa juga menggunakan sofa atau bantal jenis yang lain untuk memastikan kedua lutut bisa menyentuh lantai dan tubuh Anda tidak terasa pegal karena duduk bersila terlalu lama.


2. Menggunakan Pakaian yang Nyaman


Gunakanlah pakaian yang nyaman. Pakaian olahraga yang longgar adalah pilihan yang terbaik. Intinya buat diri Anda merasa senyaman mungkin dan jangan biarkan apapun mengganggu pikiran Anda saat meditasi berlangsung.


3. Siapkan Timer


Untuk memastikan bahwa Anda telah melakukan cara meditasi yang benar dalam waktu yang lama dan tak harus menganggu konsentrasi Anda maka Anda perlu memasang timer sesuai yang Anda inginkan.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, timer ponsel saja sudah cukup. Atau bisa juga dengan menginstal aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk mengatur waktu seperti aplikasi Insight Timer yang bisa Anda download di playstore.


Macam-macam Posisi Duduk Dalam Bermeditasi


Pada dasarnya cara meditasi bisa dilakukan dengan posisi duduk, berdiri, berbaring, atau berjalan. Namun untuk pemula dianjurkan dalam posisi duduk karen pikirannya yang masih belum terlatih.

Tetapi duduknya juga tidak sembarangan. Ada 3 posisi duduk yang sangat familiar digunakan oleh para meditator. Tinggal Anda memilih posisi duduk mana yang membuat Anda nyaman. Posisi duduk tersebut antara lain :


1. Posisi Teratai Penuh


cara meditasi mengenal diri

Posisi ini dilakukan dengan cara meletakkan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan, lalu mengangkat kaki kanan dan meletakkannya di paha kaki kiri.

Lalu angkat kaki kiri dan letakkan di atas paha kaki kanan dengan kedua telapak kaki menghadap ke atas.

Kemudian tempatkan kedua telapak tangan di atas paha dengan telapak kanan berada di bawah telapak tangan kiri dan membiarkan kedua ibu jari bersentuhan. 

Atau bisa juga dengan melakukan sebaliknya. Tergantung dari kenyamanan Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di atas.


2. Posisi Setengah Teratai


cara meditasi islami untuk pemula

Posisi duduk seperti ini dilakukan dengan cara meletakkan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan lalu mengangkat kaki kanan dan meletakkannya di paha kaki kiri.

Lalu tempatkan kedua telapak tangan di atas paha dengan telapak kanan berada di bawah telapak tangan kiri dan biarkan kedua ibu jari bersentuhan.

Atau bisa juga sebaliknya. Tergantung mana yang membuat Anda paling nyaman. Untuk lebih pastinya silahkan lihat gambar di atas.


3. Posisi Duduk Biasa


cara meditasi yoga

Posisi duduk yang satu ini adalah yang paling mudah. Cara melakukannya adalah dengan meletakkan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan. Kemudian tempatkan kaki kanan di depan kaki kiri.

Selanjutnya tempatkan kedua telapak tangan di atas paha dengan telapak kanan berada di bawah telapak tangan kiri dan biarkan kedua ibu jari bersentuhan.

Sama seperti kedua posisi duduk di atas, cara melakukannya bisa juga sebaliknya, tergantung dari kenyamanan Anda.  Contoh posisi ini bisa dilihat pada gambar di atas.

Baca Juga : Macam-Macam Stress Dalam Psikologi dan Contohnya Beserta Stressor


Bagaimana Cara Meditasi yang Benar dan Sempurna


Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengambil posisi duduk yang senyaman mungkin sambil memasang timer sesuai yang Anda inginkan.

Sebelum masuk ke tahap selanjutnya maka ada baiknya bila Anda berdo’a terlebih dahulu sesuai keyakinan.

Kemudian mulailah dengan memejamkan mata sambil merasakan dada. Ucapkan dalam hati kata-kata yang bisa memiliki arti bisa menguatkan pikiran cinta kasih Anda. Misalnya “ Semoga semua hidup dengan damai”.

Cara bermeditasi sebenarnya cukup sederhana. Tarik napas Anda melalui hidung sambil merasakannya dalam-dalam dan hitung satu. Lalu saat napas keluar melalui hidung maka rasakan dan hitung dua. Begitu seterusnya sampai hitungan kesepuluh.

Apabila telah sampai dihitungan kesepuluh maka Anda harus mengulangnya dari awal lagi.
Secara teori mungkin mudah, tetapi cukup sulit untuk dilakukan. Ketika melakukannya, pikiran jadi tidak mau diam dan mengikuti instruksi.

Mungkin saja baru hitungan ketujuh pikiran Anda sudah kemana-mana. Terus memikirkan kejadian-kejadian yang telah lewat atau menghayalkan sesuatu yang nantinya akan terjadi di masa mendatang.

Setiap kali Anda lupa telah sampai hitungan keberapa atau salah menempatkan hitungan maka ulangi lagi dari awal sampai timer yang Anda atur menunjukkan tandanya untuk berhenti.

Apabila terus mengalami kegagalan, tidak usah putus asa. Karena hal tersebut adalah sesuatu yang wajar. Anda masih pemula dan pikiran Anda juga belum terlatih. Jadi masih lemah dan liar.

Lakukan latihan ini secara bertahap mulai dari 10 menit sampai dengan 1 jam. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan latihan meditasi setiap hari secara teratur dan rasakan perubahannya.

Jika penjelasan di atas begitu rumit menurut Anda, mungkin  bisa diringkas sebagai berikut.
  1. Duduks rileks sesuai posisi duduk yang nyaman sambil mengenakan pengalas.
  2. Mengatur Timer
  3. Berdo’a sesuai kepercayaan
  4. Merasakan dada sambil mengucapkan dalam hati kalimat  yang memunculkan emosi cinta kasih seperti “Semoga semua hidup berbahagia”.
  5. Rasakan keluar masuknya napas dengan menggunakan hitungan 1 sampai 10 secara bertahap. Mulai dari 10 menit sampai 1 jam.
  6. Tutup latihan meditasi Anda dengan mengucapkan kalimat yang memunculkan emosi cinta kasih.

Penutup


Itulah beberapa penjelasan dan cara meditasi yang benar. Memang, untuk bisa merasakan manfaat yang besar dari meditasi butuh kesabaran dan konsistensi yang besar.

Namun itu bukanlah sebuah masalah besar jika Anda memang bersungguh-sungguh ingin merasakan manfaat meditasi.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar