Skip to main content

7 Cara Mengetahui Orang Berbohong yang Ada di Sekitar Kita

cara mengetahui orang berbohong


Hidupcu.com - Berbohong adalah suatu sikap yang sangat tak disenangi orang. Siapa juga yang mau dibohongi? Pasti nggak mau kan? tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara mengetahui orang berbohong.

Namun sikap bohong ini sering sekali dilakukan seseorang untuk menutupi suatu hal. Sering dengan perkembangan zaman, ada banyak cara-cara yang dituturkan oleh para ahli psikologi untuk mengetahui apakah seseorang itu termasuk kategori bohong atau tidak.

Entah itu dari gerak-gerik, mimik wajah, bahkan ada yang menggunakan alat deteksi kebohongan. Intinya semua hal yang bisa membantu Anda untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu tahu terlebih dahulu bagaimana saja ciri dari orang yang berbohong.

Umumnya orang yang berbohong memiliki cerita yang tak masuk akal. Kadang mereka menceritakan berbagai hal tentang diri mereka secara berubah-ubah. Bahkan tak jarang ia mengucapkan kata sumpah untuk meyakinkan orang lain bahwa ia tak berbohong, padahal kenyataannya sebaliknya.

Selain ciri-ciri yang disebutkan di atas, beberapa hal yang bisa Anda jadikan patokan atau dasar dalam mengetahui seseorang bohong atau tidak adalah sebagai berikut.


1. Lihat Dari Pandangan Matanya


Untuk mengetahui kebohongan seseorang, bisa dilihat dari pandangan matanya.

Pandangan mata ke arah kiri atas menandakan bahwa orang tersebut sedang mengingat-ingat pengalaman yang ada hubungannya dengan pertanyaan Anda.

Sementara untuk padangan mata ke arah kanan atas, menunjukkan bahwa orang tersebut sedang mengarang untuk jawaban atas pertanyaan Anda.

Jika pandangan matanya ke arah kiri bawah, maka menandakan bahwa orang tersebut sedang mengambil fakta yang ada dari masa lalunya.

Dan bila pandangan mata ke arah kanan bawah mengindikasikan bahwa apa yang dikatakan berkaitan dengan perasaan orang tersebut dan menunjukkan bahwa apa yang diceritakan bukan rekayasa.


2. Perhatikan Mimik Mukanya


Hal lain yang bisa jadi petunjuk untuk mendeteksi kebohongan seseorang adalah dari mimik wajahnya.

Anda bisa memperhatikan mimik wajah orang tersebut, apabila orang tersebut memiliki mimik wajah sebagi berikut maka bisa dipastikan kalau ia berbohong.
  • Pipi memerah
  • Lubang hidung melebar
  • Sering menggigit bibir dengan tiba-tiba
  • Kedipannya cepat
  • Menarik napas dalam-dalam

Waspadailah apa yang dikatakan oleh orang yang berciri-ciri seperti di atas karena kemungkinan besar ia berbohong.



3. Perhatikan Bahasa Tubuhnya


kebohongan

Anda juga bisa mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak dari bahasa tubuhnya.

Tetapi metode ini hanya efektif dilakukan apabila orang tersebut benar-benar dalam keadaan tidak sibuk.

Pertama-tama, Anda bisa mengamati tangannya. Apabila pada saat bicara dengan Anda ia meremas kedua tangannya maka hal ini mengindikasikan kalau ia sedang cemas dan berusaha menutupi sesuatu.

Kedua, perhatikan pula kakinya. Orang yang berbohong cenderung akan menggerakkan kedua kakinya. Ini diakibatkan karena merasa tegang dan dirinya ingin segera mengakhiri pembahasan topik yang sedang dibicarakan.

Orang yang sedang berbohong umumnya akan sering melakukan gerakan-gerakan tubuh yang mencurigakan.

Hal ini dilakukan agar menutupi kebohongan yang ia sembunyikan. Umumnya hal yang sering terlihat adalah perilaku yang sering adalah menyentuh bagian-bagian wajah tertentu seperti wajah, leher, dan bibir.


4. Cara Bicaranya


Kebohongan juga mudah terdeteksi dari cara orang tersebut bicara. Coba deh perhatikan dan rasakan pola napas dari lawan bicara Anda.

Menurut para ahli, ketika orang sedang berbohong maka pola napasnya akan menjadi terlalu cepat ataupun terlalu lambat.

Bukan hanya itu, cara bicaranya pun jadi tidak konsisten. Saat Anda menanyakan sesuatu pada orang tersebut, cobalah untuk menanyakan sesuatu yang sama lebih dari sekali.

Anda bisa juga mengubah-ubah pertanyaan tersebut agar tak diketahui olehnya. Apabila jawabannya tak konsisten dan selalu berubah, kemungkinan besar ia sedang berbohong.


5. Lihat Dari Caranya Tersenyum


Anda juga bisa mengetahui kalau seseorang sedang berbohong dari caranya tersenyum pada saat membahas suatu topik.

Coba deh perhatikan gerakan mata dan mulutnya saat sedang tersenyum. Bila ia jujur, maka senyum yang ia lontarkan akan lepas dan melibatkan seluruh organ yang ada di wajah.

Namun apabila ia berbohong, senyumnya akan terlihat menyeringai atau terlihat seperti dipaksakan.



6. Amati Ekspresi Wajahnya


cara orang bohong

Selain beberapa ciri di atas, Anda juga bisa mengetahuinya orang berbohong dari ekspresi wajahnya.

Apabila ia dalam kondisi yang bahagia, maka raut wajah bahagianya tak pernah berubah. Namun apabila ia berbohong maka ekspresi wajahnya cenderung akan berubah-ubah.

Walaupun dirinya mengatakan bahagia atau baik-baik saja, namun beberapa saat kemudian ia akan menampakkan isi hatinya yang sebenarnya. Umumnya Anda bisa mengetahui perasaan seseorang yang asli setelah 25 detik.


7. Dengarkan dengan Cermat Apa yang Sedang Ia Bicarakan


Hal lain yang bisa diterapkan untuk mendeteksi kebohongan adalah memperhatikan pembicaraan yang dilakukan.

Orang yang sedang berbohong biasanya sering menggunakan kata-kata kecuali, tapi, dan sedangkan.

Hal ini terjadi karena proses berpikir yang cukup rumit pada saat berbohong. Jadi secara tak langsung kata-kata tersebut terlontar dari mulutnya. Kata-kata ini bahkan seringkali terucap berulang-ulang.

Bukan hanya itu saja, orang yang berbohong akan sering menggunakan kata “aku” atau “punyaku”.

Pembicaraan orang yang sedang  berbohong juga terkadang terlalu detail dan meyakinkan.

Walaupun begitu, pembicaraan detail berkemungkinan besar untuk berbohong. Hal seperti ini memang sering dilakukan oleh orang-orang yang memang ahli dalam berbohong.

Bahkan kalau dirinya pandai menggunakan perasaan yang ada dan merangkai cerita tersebut dengat sebegitu menarik mungkin, maka bisa dipastikan kalau orang tersebut sedang merencanakan kebohongan.

Kebohongan memang bukanlah hal yang baik dan tak ada seorang pun yang ingin dibohongi termasuk Anda.


Penutup


Cara-cara yang telah dijelaskan di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi apakah orang-orang di sekitar Anda sedang berbohong pada Anda atau tidak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda sebagai pembaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar