Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya Masing-masing Dalam Islam

nama nama malaikat beserta tugasnya

Setiap muslim tentunya wajib mengetahui nama-nama malaikat beserta tugasnya. Tetapi di zaman sekarang ini kadang masih banyak yang lupa daftar nama malaikat dan tugas nya.

Pada dasarnya, tugas 10 malaikat adalah mematuhi segala apa yang diperintahkan Allah dan menjalankannya.

Adapun untuk 10 nama malaikat dan tugasnya masing-masing dalam Islam secara spesifik akan saya jelaskan secara rinci pada artikel ini.

Mari kita simak penjelasan seputar nama-nama malaikat dan tugasnya dalam Islam berikut ini.


Nama-nama Malaikat Beserta Tugasnya

Jumlah malaikat dan tugasnya sangatlah banyak. Tak ada yang tahu pasti berapa jumlahnya kecuali Allah SWT. Namun setidaknya ada 10 malaikat yang wajib diketahui menurut agama Islam.

Nama malaikat dalam Islam tersebut yaitu:


  1. Malaikat Jibril
  2. Malaikat Jibril adalah utusan Allah yang tugasnya menyampaikan wahyu kepada para rasul dan meniupkan ruh pada setiap janin dalam kandungan ibu.

    Dan tidaklah kami (Jibril) turun, kecuali dengan perintah Tuhanmu, kepunyaan-Nya lah apa-apa yang ada di hadapan kita, apa-apa yang di belakang kita, dan apa-apa yang ada diantara keduanya dan tidaklah Tuhanmu lupa (Q.S Mayam:64)

    (Dialah) yang Maha tinggi derajat-Nya, yang mempunyai Arsy, yang mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba Nya supaya dia memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat).(Q.S Al-Mukmin:15)

    Kemudian timbul pertanyaan, sekarang sudah tak ada lagi nabi dan rasul, lalu tugasnya ngapain dong?

    Beberapa ulama berpendapat bahwa malaikat Jibril bertugas membagikan ilmu. Sebagaimana wahyu Allah yang merupakan bagian dari Ilmu.


  3. Malaikat Mikail
  4. Diantara 10 nama malaikat dan tugasnya masing-masing, yang satu ini tugasnya membagikan rezeki kepada makhluk yang ada di dunia.

    Selain itu, malaikat Mikail juga bertugas mengatur hujan, angin, dan tanaman.


  5. Malaikat Israfil
  6. Malaikat Israfil bertugas meniupkan sangkakala di hari kiamat kelak.

    Sangkakala yaitu berupa trompet yang di dalamnya ada ruh dan nyawa seluruh makhluk hidup yang telah dicabut nyawanya. Mulai dari zaman Nabi Adam sampai datangnya hari kiamat.

    Jadi semua yang telah meninggal akan dihidupkan kembali.

    Cara Allah menghidupkannya adalah dengan meniup malaikat Israfil meniup trompetnya agar semua ruh itu kembali ke jasadnya masing-masing.

    Inilah yang disebut dengan hari kebangkitan.


  7. Malaikat Izrail
  8. Nama malaikat beserta tugas nya berikutnya adalah malaikat Izrail. Ia bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang di bumi.

    Berdasarkan literatur yang ada, di hari kiamat nanti Izrail akan melapor kepada Allah bahwa semua makhluk hidup telah dicabut nyawanya.

    Namun Allah mengatakan masih ada satu yang tersisa.

    Izrail kemudian pergi mengelilingi alam semesta untuk memastikan di mana makhluk tersebut.

    Anehnya, ia tak menemukan makhluk tersebut dan melapor kembali kepada Allah bahwa tak ada yang tersisa.

    Allah pun mengatakan yang sama.

    Hal ini terus berulang selama 3 kali sampai pada akhirnya Allah memberitahukan bahwa makhluk yang dimaksud itu adalah malaikat Izrail sendiri.

    Saat itu pun malaikat Izrail langsung mencabut nyawanya sendiri.


  9. Malaikat Munkar
  10. Salah satu dari 10 malaikat dan tugas tugasnya yang cukup terkenal adalah Munkar.

    Malaikat ini ditugaskan untuk menanyai orang dalam kubur dan hanya datang pada mereka yang semasa hidupnya sering berbuat keburukan.

    Malaikat seram ini akan datang menanyai manusia di alam kubur sambil membawa palu godam besar.

    Apabila yang ditanyai tak mampu menjawab dengan baik, ia akan dipukuli oleh godam sampai hancur lebur lalu dibangkitkan kembali.

    Begitu seterusnya hingga tiba hari kebangkitan.


  11. Malaikat Nakir
  12. Tugas malaikat Munkar dan Nakir sebenarnya hampir sama. Keduanya sama-sama menanyai perkara manusia di alam kubur terkait perbuatan semasa hidupnya.

    Hanya saja, malaikat Nakir yang perawakannya indah dilihat mendatangi orang yang semasa hidupnya senantiasa berbuat baik.

    Bisa juga dikatakan bahwa yang didatangi oleh Munkar akan dimasukkan ke neraka. Sedangkan yang didatangi Nakir akan dimasukkan ke surga.


  13. Malaikat Raqib
  14. Nama malaikat beserta tugas berikutnya adalah Raqib.

    Malaikat yang satu ini ditugaskan untuk mencatat segala amal kebaikan manusia semasa hidupnya di bumi mulai dari bangun tidur sampai tertidur kembali.


  15. Malaikat Atid
  16. Malaikat ini diberi tugas untuk mencatat amal keburukan manusia semasa hidupnya di dunia.

    Tiada satu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.(Q.S Qaf: 18)

    Secara umum, malaikat Raqib dan Atid sama-sama bertugas mencatat amal perbuatan manusia selama hidup di bumi.


  17. Malaikat Malik
  18. Malaikat yang satu ini ditugaskan oleh Allah SWT untuk menjaga pintu neraka. Seperti yang dijelaskan dalam Surah At-Tahrim ayat 6:

    Hai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.


  19. Malaikat Ridwan
  20. Malaikat Ridwan ditugaskan menjaga pintu surga oleh Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 25:

    Dan sampaikanlah berita gembira untuk mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga, mereka mengatakan “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka mendapat buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.


Pengertian Malaikat

Secara etimologi kata “Malaikat” adalah bentuk jamak dari “Malaka” yang artinya kekuatan dan berasal dari masdar Al-alukah yang memiliki makna risalah atau misi.

Setiap muslim wajib beriman kepada malaikat dan mengakui keberadaannya meskipun belum pernah melihatnya. Yah, hal ini termasuk rukun iman kedua.

Malaikat terus menyembah Allah dan selalu tunduk dan patuh kepada-Nya tanpa pernah menyekutukan. Itulah sebabnya mengapa malaikat tak pernah berbuat dosa.

Meskipun secara umum manusia tak bisa melihat malaikat, tetapi saat Allah menghendaki maka hal itu tidaklah mustahil. Seperti yang terjadi pada nabi dan rasul.

Walaupun demikian, Allah lebih suka ibadah dari jin daripada malaikat.

Mengapa seperti itu?

Sebab jin dan manusia pada dasarnya bisa memilih dan menentukan pilihannya sendiri. Berbeda dengan malaikat yang justru kebalikannya.


Sifat Malaikat

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang tidak punya hawa nafsu. Sehingga mereka hanya tunduk dan taat kepada Allah.

Beberapa sifat-sifat malaikat yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits antara lain :

  • Selalu patuh terhadap semua yang diperintahkan oleh Allah SWT dan tidak pernah membantahnya sama sekali.
  • Tak pernah melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah.
  • Senantiasa beribadah kepada Allah SWT dengan bertasbih, bersujud, atau dengan apapun yang diperintahkan oleh Allah.
  • Tak memiliki sifat sombong dan berbangga pada dirinya walaupun mereka senantiasa beribadah kepada Allah sampai hari kiamat. Sangat berbeda jauh dengan manusia yang terkadang memiliki perasaan ujub dan berbangga atas amal ibadah yang dilakukan.
  • Selalu memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman
  • Bahagia ketika ada seorang muslim yang berhasil meraih lailatul qadar.
  • Bisa saja berwujud manusia atau apapun yang mereka inginkan asal sesuai dengan kehendak Allah.


Penutup

Kira-kira seperti itulah penjelasan lengkap dari saya seputar nama nama malaikat beserta tugasnya. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca dan jangan lupa di share jika berkenan.


Baca Juga :

Berlangganan via Email