Perbedaan Etika dan Etiket dan Contohnya Beserta Persamaannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Perbedaan Etika dan Etiket dan Contohnya Beserta Persamaannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Perbedaan Etika dan Etiket dan Contohnya

Hidupcu.com - Kebanyakan dari kita mungkin ada yang lupa atau bahkan sama sekali tidak tahu tentang perbedaan etika dan etiket dan contohnya. Padahal sebenarnya pengetahuan tentang etika dan etiket dan contohnya ini adalah pengetahuan dasar yang wajib diketahui karena berkaitan dengan adab dan sopan santun sehari-hari. Maka dari itu, supaya Anda tidak lupa dan diingatkan kembali, simak baik-baik penjelasan tentang perbedaan etika dan etiket dan contohnya di bawah ini.

Namun sebelum membahas langung tentang perbedaan etika dan etiket. Ada baiknya kalau kita mengetahui beberapa hal dasar sebelumnya terkait etika dan etiket seperti yang dirangkum berikut ini.

Daftar Isi :
  1. Definisi Etika
  2. Definisi Etiket
  3. Persamaan Etika dan Etiket
  4. Perbedaan Etika dan Etiket dan Contohnya
  5. Perbedaan Etika dan Moral


Definisi Etika

Pengertian Etika Menurut Asal Kata 


Defenisi dari etika bersumber dari bahasa Yunani yaitu “Ethikos” yang berarti timbul dari kebiasaan.
Etika juga bisa diartikan sebagai suatu sikap yang menunjukkan kesediaan atau kesanggupan seseorang untuk menaati ketentuan serta berbagai norma-norma kehidupan lainnya yang berlaku dalam masyarakat maupun organisasi tertentu.


Pengertian Etika Menurut KBBI


Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), etika berarti sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang apa yang baik dan apa yang buruk, serta hak dan kewajiban moral (akhlak).

Ada juga yang mengartikan bahwa etika adalah sebuah cabang ilmu tentang kesusilaan yang didalamnya terdapat ketentuan-ketentuan terkait bagaimana sepatutnya manusia hidup dalam suatu lingkungan masyarakat yang dapat memahami segala sesuatu yang baik dan buruk.

Baca Juga : Awas Terjerumus, Hilangkan Perilaku Tercela Akibat Pergaulan Remaja Dengan Cara Ini


Pengertian Etika Menurut Para Ahli

  • Menurut K. Bertens (2000), etika berarti ilmu tentang apa saja yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan, nilai tentang benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat, serta nilai dan norma moral yang dijadikan pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur perilakunya.
  • Menurut Brooks, etika adalah cabang ilmu filsafat yang menyelidiki tentang penilaian normatif terkait dengan apakah perilaku tersebut benar dan apa yang seharusnya dilakukan.


Definisi Etiket


Defenisi dari etiket bersumber dari bahasa Perancis yakni “Etiquette” yang berarti sopan santun.
Etiket juga bisa diartikan sebagai suatu sikap seperti sopan santun maupun aturan lainnya yang mengatur tentang hubungan antara kelompok manusia yang beradab di dalam pergaulan.


Pengertian Etiket Menurut KBBI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etiket adalah tata cara, sopan santun, adat, dan lain sebagainya dalam rangka memelihara hubungan yang baik antarsesama manusia dalam sebuah lingkungan masyarakat.


Persamaan Etika dan Etiket


Berikut ini adalah beberapa hubungan etika dan etiket dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Etika dan etiket sama-sama membahas tentang perilaku manusia.
  2. Kedua-duanya mengatur perilaku manusia secara normatif atau memberi norma bagi perilaku manusia sehingga menyatakan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. 
Baca Juga : Inilah 6 Solusi Menghadapi Orang Negatif Yang Menjengkelkan Dengan Efektif

Perbedaan Etika dan Etiket dan Contohnya


Berikut beberapa contoh etika dan etiket beserta perbedaannya yang dijelaskan secara lengkap .

1. Etika menyangkut tentang cara dilakukannya suatu perbuatan sekaligus memberi norma dari perbuatan itu sendiri. Sedangkan etiket menyangkut tata cara suatu perbuatan harus dilakukan manusia.

Contoh etika :
Kita dilarang untuk mengambil barang orang lain tanpa izin dari yang punya. Karena mengambil barang orang lain tanpa izin sama saja dengan mencuri. “Jangan mencuri” adalah suatu norma etika. Dalam hal ini tidak dipersoalkan apakah pencuri tersebut mencuri dengan tangan kanan atau tangan kiri.

Contoh etiket :
Ketika Anda menyerahkan sesuatu kepada orang lain, Anda harus menyerahkannya dengan menggunakan tangan kanan. Apabila Anda menyerahkannya dengan tangan kiri, maka Anda dianggap melanggar etiket.


2. Etika terus berlaku, entah itu kita sedang sendiri maupun bersama orang lain. Sementara etiket hanya berlaku dalam situasi dimana kita tidak seorang diri. Bila tak ada orang lain disekitar kita ataupun saksi mata maka etiket tidak berlaku.

Contoh etika :
Larangan perilaku mencuri terus berlaku, baik kita sedang sendiri maupun ada orang lain. Dan barang yang kita pinjam harus dikembalikan walaupun orang yang punya barang sudah lupa.

Contoh etiket :
Anda sedang makan bersama teman sambil meletakkan kaki Anda di atas meja makan, maka Anda dianggap melanggar etiket. Tetapi kalau seandainya Anda sedang makan sendirian, maka Anda sama sekali tidak melanggar etiket.


3. Etika selalu bersifat absolut dan etiket bersifat relatif. 

Jadi, etiket ini bisa saja dianggap tidak sopan dalam suatu kebudayaan dan bisa saja dianggap sopan dalam kebudayaan yang lain.

Contoh etika :
Jangan membunuh dan jangan mencuri adalah prinsip-prinsip etika yang mutlak dan tidak bisa lagi ditawar-tawar.

Contoh etiket :
Makan dengan tangan kiri dan bersendawa sewaktu makan.


4. Etika cenderung memandang manusia dari segi dalam atau batiniah. Sedangkan etiket memandang manusia hanya memandang dari segi luar atau lahiriah saja. 

Etika memandang orang etis tidak mungkin bersifat munafik, karena orang yang bersikap etis pasti orang yang benar-benar baik. Sementara Etiket menganggap bahwa orang yang berpegang teguh pada etiket bisa juga bersifat munafik.

Contoh etika :
Walaupun bertutur kata dengan baik, pencuri tetap saja pencuri. Orang yang berpegang teguh terhadap etika tidak mungkin munafik.

Contoh etiket :
Orang yang biasanya kelihatan sopan dan halus dari luar, tetapi di dalam hatinya penuh dengan kebusukan seperti serigala berbulu domba.

Beberapa perbedaan di atas dirangkum dari jurnal perbedaan etika dan etiket.

Baca Juga : Jangan Lakukan 11 Kebiasaan Ini Jika Anda Tidak Ingin Terlilit Hutang


Perbedaan Etika dan Moral


Terlepas dari perbedaan etika dan etiket, ada baiknya kalau Anda juga mengetahui apa perbedaan dari etika dan moral. Perbedaanya yaitu :
  1. Etika adalah salah satu cabang ilmu filsafat yang mengkaji tentang nilai yang dianggap baik atau buruk. Sedangkan moral adalah kebiasaan yang diterima oleh suatu masyarakat.
  2. Sumber mendasar etika yang dianggap baik atau buruk merupakan akal pikiran kita sendiri. Sedangkan sumber yang mendasari moral adalah masyarakat itu sendiri.
  3. Etika adalah dasar dari terbentuknya moral dalam suatu masyarakat. Tanpa ada etika maka moral masyarakat tak dapat terbentuk. Etika yang berasal dari akal pikiran dijadikan dasar masyarakat untuk menerima suatu kebiasaan atau nilai yang muncul, entah itu baik atau buruk.
  4. Etika lebih bersifat filosofis. Sedangkan moral bersifat praksis.
  5. Moral tak akan terbentuk tanpa adanya etika.

Penutup


Demikianlah penjelasan tentang perbedaan etika dan etiket dan contohnya sekaligus beberapa hal yang berkaitan. Semoga apa yang dijelaskan dalam postingan ini bisa bermanfaat bagi sebagai pembaca.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar