Skip to main content

6 Cara Menghadapi Tetangga Tukang Gosip yang Super Nyebelin

tetangga tukang gosip

Hidupcu.com - Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya kita seringkali menghadapi tetangga tukang gosip yang super nyebelin. Yah, hal ini sangat wajar karena sejatinya manusia selalu memiliki hasrat untuk menceritakan keburukan orang lain. Entah itu karena iseng atau karena iri hati dengan orang yang digosipi.

Umumnya yang jadi objek gosip adalah mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah bergabung dengan kelompok gosip yang biasa didominasi oleh ibu-ibu.

Namun bagaimana kalau Anda tidak suka berkumpul dengan mereka? tentunya Anda pun akan dijadikan objek gosip oleh mereka. Jadi resiko tergosipi memang tak bisa kita pungkiri.

Untuk saat ini Anda tak usah khawatir karena dalam postingan ini akan dijelaskan tentang bagaimana sih cara menghadapi tetangga yang suka bergosip. Maka dari itu dianjurkan untuk membaca artikel ini sampai akhir.

Berikut ini cara menghadapi tetangga tukang gosip yang nyebelin :


1. Perbanyak Senyum Dengan Tetangga


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa resiko untuk digosipi orang lain memang tak bisa dipungkiri. Untuk itu yang kita perlu lakukan adalah dengan membuat mereka memiliki persepsi yang baik kepada Anda.

Salah satu caranya adalah dengan murah senyum kepada tetangga. Dengan sering tersenyum kepada tetangga maka akan membuat mereka mengenal Anda sebagai sosok yang ramah dan baik hati.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda tersenyum maka berikanlah senyum itu secara tulus dan tak berkesan dibuat-buat. Jangan sampai karena senyum Anda yang kelihatan direkayasa membuat Anda jadi topik gosip ibu-ibu.


2. Sering Berbagi Makanan Kepada Mereka


Hampir sama dengan poin sebelumnya, dalam hal ini kita berusaha untuk menebar kebaikan kepada mereka agar terjalin hubungan yang positif.

Dengan sering melakukan hal ini maka bukan tidak mungkin Anda juga nantinya akan mendapat semacam makanan atau kue dari mereka.

Itulah yang disebut kebaikan. Ketika kita memberi kebaikan pada orang lain niscaya kita akan mendapatkan kebaikan itu pula.

Yuk Baca Juga : Jika Anda Melakukan Hal Ini, Anda Bisa Beruntung Seumur Hidup


3. Membantu Mereka Saat Mengalami Kesusahan


tetangga minta tolong

Pada poin ini juga sebenarnya hampir sama dengan poin-poin sebelumnya. Namun dalam hal ini merujuk kepada bantuan yang berupa jasa.

Misalkan tetangga kita kesulitan mendorong motor, yuk kita bantu dorong. Kalau mereka butuh bantuan atau hendak meminjam sesuatu, monggo silahkan dipinjamkan kalau itu masih dalam batas kewajaran.

Kalau seandainya mereka sedang sakit, jangan lupa untuk menjenguknya, toh selain berpahala juga bisa membuat hubungan sesama tetangga jadi lebih baik.


4. Jangan Muncul Dihadapan Mereka Saat Mereka Lagi Asik Bergosip


Ibu-ibu biasanya cenderung membicarakan orang-orang yang dekat dengan mereka atau yang sering mereka lihat. Hal ini karena orang-orang tersebut sering berada dipikirannya dan selalu ia ingat.

Misalnya ketika ada 5 kelompok ibu-ibu yang suka ngegosip di depan rumah. Awalnya kan mereka menceritakan keburukan orang lain yang tidak ikut gabung bersama mereka.

Entah karena orang yang diceritakan itu kasusnya terlalu hot atau karena mereka tidak berani menggosipi anggota gengnya.

Namun kebanyakan yang terjadi adalah kumpulan ibu-ibu ini sebenarnya sangat ingin menceritakan keburukan anggota kelompoknya masing-masing tetapi tidak berani mengungkapkannya karena tokohnya itu ikut serta dalam bergosip.

Dan akhirnya ibu-ibu itu baru bisa menggosipi anggota kelompoknya saat orang tersebut tidak mendengarkan atau pergi.

Jadi wajar saja kalau misalkan ada kelompok ibu-ibu yang sedang bergosip trus salah satunya pergi, pasti yang jadi bahan gosip itu adalah orang yang pergi tadi.

Begitupula kalau Anda dilihat oleh mereka, saat bahan gosip mereka sedang tidak seru. Tentunya mereka akan beralih topik untuk menggosipi Anda.

Intinya, ketika Anda melihat ibu-ibu bergosip maka hindarilah untuk muncul dihadapan mereka karena nantinya Anda bisa jadi bahan gosip mereka.

Baca Juga : 7 Cara Mengetahui Orang Berbohong yang Ada di Sekitar Kita


5. Kurangi Terlalu Lama Mengobrol Dengan Mereka


Hal ini mungkin terdengar sepele namun sangat penting. Memang tidak salah sih kalau kita
berinteraksi dengan mereka. Namun jangan sampai kelamaan juga.

Mengapa demikian?

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir Anda terjerumus dalam perbuatan dosa yaitu bergosip.

Saat kita terlalu asik mengobrol terkadang kita sampai tak memperhatikan topik apa yang sedang dibahas, apakah topik positif atau justru sebaliknya.

Jangan sampai Anda terpancing dengan pembicaraan yang menggiring Anda untuk menceritakan keburukan orang lain.

Jadi berhati-hatilah dengan lisan Anda. Karena apa yang Anda katakan akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.


6. Menyibukkan Diri dengan Sesuatu yang Positif


membaca buku

Dengan menyibukkan diri atas sesuatu yang positif maka bisa mengurangi waktu Anda untuk mengobrol dengan mereka. Anda bisa melakukan beberapa hal seperti menulis sesuatu, berjualan online, jogging, membaca buku, dan sebagainya.

Intinya lakukanlah sesuatu yang bermanfaat bagi diri Anda. Buat diri Anda jadi lebih produktif dengan tidak membuang-buang waktu untuk membicarakan keburukan orang lain.

Dunia ini terlalu seru kalau sekedar hanya untuk bergosip.

Kalau Anda adalah seorang mahasiswa yang sedan ngekos dilingkungan orang berkeluarga maka ada baiknya kalau Anda membaca bagaimana cara mahasiswa  dapat uang dari internet.

Dengan mempraktekkannya secara langsung maka Anda bisa dapat uang tambahan untuk biaya kos dan uang jajan.

Namun kalau Anda adalah pegawai kantoran atau seorang yang tak punya pekerjaan, sebaiknya Anda mulai untuk membangun usaha atau mencari pekerjaan.

Dengan begitu maka masa depan Anda bisa jadi lebih baik dan tak memperdulikan kalau seandainya tetangga menceritakan keburukan Anda.


6. Mendekatkan Diri Kepada Allah


Dengan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah maka Anda akan selalu dalam lindungan-Nya. Anda akan dijaga dari segala sesuatu yang buruk. Termasuk untuk tidak tergoda dalam hal bergosip.

Perbanyaklah ibadah wajib dan sunnah agar Anda mendapat pahala dan senantiasa terlindung dari orang-orang yang tak suka kepada Anda.

Lebih baik banyak-banyak mengumpulkan pahala daripada banyak-banyak mengumpulkan dosa.

Toh kita hidup di dunia ini hanya sementara.

Kita juga tak pernah tahu kapan kita akan meninggal. Jadi ada baiknya kalai kita juga mempersiapkan bekal untuk di akhirat kelak.

Baca Juga : Menghadapi Cobaan Hidup yang Berat Harus dengan Hati yang Lapang dan Ikhlas


Kesimpulan


Menghindari jadi bahan gosip tetangga merupakan sesuatu yang tak terhindarkan. Tetapi sebaiknya kita meminimalisir hal tersebut.

Memang sih kalau kita digosipi kita tidak mendapat dosa, justru mereka yang menggosipi kita yang berdosa. Tetapi kalau seandainya kita tahu kalau kita sering digosipi rasanya seperti tidak enak dihati.

Kita mungkin saja bisa memaafkan, tetapi apa iya kita bisa menghilangkan sakit hati karena digosipi 100%. Tidak bisa bukan?

Maka dari itu, artikel cara menghadapi tetangga yang suka bergosip ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang sering digosipi oleh para tetangga tukang gosip.

Meskipun tidak menghindarkan diri dari bahan gosip tetangga, setidaknya bisa meminimalisir hal tersebut. Salam Hiducu !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar