Skip to main content

Semua Tips Awet Muda Untuk Pria dan Wanita Secara Alami Tanpa Bantuan Dokter

Tips Awet Muda Untuk Pria dan Wanita Secara Alami Tanpa Bantuan Dokter

Hidupcu.com - Mungkin kebanyakan dari Anda ingin mengetahui bagaimana tips awet muda untuk pria dan wanita yang alami. Yah ini merupakan suatu hal yang diinginkan banyak orang khususnya mereka yang akan meninggalkan masa remaja.

Tips awet muda untuk pria dan wanita ini dilakukan secara alami atau dengan kata lain tanpa campur tangan dokter. Jadi tips awet muda untuk pria dan wanita yang alami tanpa bantuan dokter ini aman untuk dipraktekkan.

Daftar Isi :
  1. Tips Tetap Awet Muda Untuk Pria dan Wanita
  2. Tips Awet Muda Secara Alami
  3. Tips Awet Muda Wanita Jepang
  4. Tips Awet Muda Menurut Islam


Tips Tetap Awet Muda Untuk Pria dan Wanita


Siapa coba yang tidak ingin terlihat awet muda. Tentunya semua orang menginginkan hal tersebut. Mungkin Anda juga demikian.

Selain disukai lawan jenis, awet muda juga mengindikasikan bahwa seseorang sedang sehat dan mungkin saja berumur panjang.

Pernah tidak Anda memerhatikan orang yang awet muda. Bagaimana auranya? Pasti sangat bagus bukan.

Kadang ketika kita melihatnya seakan bikin adem. Hati yang awalnya penuh dengan masalah tiba-tiba berubah menjadi nyaman.

Apalagi jika yang dilihat itu adalah lawan jenis. Pasti matanya nggak mau kedip deh...hehehe. Siapa coba yang nggak mau kaya gitu.

Di quora maupun di forum-forum kesehatan lain banyak yang bertanya, bahkan tak menutup kemungkinan Anda pun demikian.

Bagaimana sih cara biar kita tetap awet muda?

Tenang aja, disini akan dijelaskan tentang bagaimana tips awet muda pria dan tips awet muda wanita. Yuk simak penjelasannya berikut ini.


Tips Awet Muda Secara Alami


Tips Awet Muda Secara Alami

1. Kurangi Stress


Stress adalah faktor utama yang bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Maka dari itu usahakan untuk mengurangi stress. Penyebab munculnya stress umumnya disebabkan oleh banyaknya masalah-masalah yang dihadapi.

Terbukti bahwa orang stres kelihatan lebih tua. Coba deh perhatikan mahasiswa-mahasiswa teknik informatika yang selalu dengan masalah coding yang bikin pusing kepala. Pasti kebanyakan dari mereka memiliki banyak kerutan diwajahnya.

Maka dari itu, kalau Anda ingin awet muda. Sebaiknya kurangi stress Anda dengan selalu enjoy atas masalah yang Anda hadapi. Karena hidup Anda terlalu berharga untuk dipenuhi dengan stress.


2. Hindari Tidur Terlalu Malam


Hal yang satu ini juga perlu dihindari bagi Anda yang ingin awet muda. Terlalu lama begadang akan membuat wajah Anda jadi kusam. Seperti yang dikatakan Raja Dangdut Rhoma Irama,

“Begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh aja kalau ada perlunya”

Jadi sekarang Anda tahu salah satu alasan mengapa sang raja dangdut menciptakan lagu tersebut. Yakni karena ia tak ingin banyak orang bermuka kusam gara-gara telalu sering begadang.

Kalaupun seandainya Anda ingin begadang karena sesuatu hal, disarankan untuk banyak minum air putih. Ini untuk meminimalisir kemungkinan kusamnya kulit.


3. Jangan Merokok


Apabila Anda ingin awet muda, maka mulai dari sekarang hindari merokok. Selain membahayakan paru-paru, juga akan membuat wajah Anda kusam dan banyak kerutan. Bibir Anda juga nantinya akan berwarna gelap. Tentunya hal tersebut akan membuat Anda jauh dari kata awet muda.

Bukan hanya itu, dengan merokok juga akan menguras uang Anda. Coba deh tanya ke orang-orang perokok. Berapa jumlah pengeluaran mereka untuk rokok selama seminggu. Tentunya tak sedikit.

Untuk itu, hindarilah merokok. Karena dengan tidak merokok Anda telah menghemat pengeluaran Anda, menyayangi paru-paru Anda, dan membuat diri Anda jadi lebih awet muda.


4. Sering-sering Berolahraga


Hal ini adalah sesuatu yang wajib dilakukan setiap orang bila ingin hidup sehat dan awet muda.

Dengan sering berolahraga maka metabolisme dalam tubuh Anda akan jadi lebih baik. Tubuh dan jiwa juga akan terasa lebih nyaman. Ingat ada ungkapan yang bilang bahwa didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Dari situ kita bisa tahu bahwa dengan menyehatkan tubuh kita maka kita juga sekaligus telah menyehatkan jiwa kita. Dan bahkan membuat kita jadi awet muda.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang Anda peroleh dengan berolahraga. Tinggal bagaimana cara Anda menerapkannya.

Bisa dengan lari pagi, olahraga permainan seperti voly, berenang, bersepeda, senam, dan sebagainya. Intinya melakukan kegiatan-kegiatan yang menuntut tubuh untuk terus bergerak.

Baca Juga : Menghadapi Cobaan Hidup yang Berat Harus dengan Hati yang Lapang dan Ikhlas


5. Perbanyak Makan Sayur dan Buah


Dalam menjalani hidup sehari-hari yang penuh dengan aktivitas terkadang membuat Anda lelah.

Apalagi yang aktivitasnya super padat. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin. Misalnya Anda terlalu sering bekerja di depan laptop atau komputer, maka perbanyaklah konsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin A.

Selain itu, dengan banyak makan sayur dan buah akan membuat Anda jadi tak kekurangan nutrisi yang berguna dalam proses regenerasi sel.

Dengan regenerasi sel yang baik, maka akan membuat Anda jadi lebih kelihatan awet muda.

Hindari juga untuk mengkonsumsi junk food terlalu sering karena sangat tidak baik untuk kesehatan.


6. Banyak Minum Air Putih


Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh manusia 80 persennya terdiri atas air. Jadi ketika kebutuhan akan air tak tercukupi maka akan terjadi masalah.

Beberapa masalah tersebut antara lain terganggunya metabolisme, tubuh jadi terasa lemas, kulit jadi lebih kering, dan wajah juga akan banyak terdapat kerutan.

Jadi alangkah tidak baiknya jika kebutuhan akan air di tubuh kita tak terpenuhi. Untuk itu biasakanlah mengkonsumsi 8 gelas air perharinya.


7. Jangan Menyimpan Dendam


Salah satu hal yang kadang diabaikan orang-orang yang ingin awet muda adalah masalah dendam. Banyak yang menganggap bahwa dendam tak ada kaitannya dengan awet muda.

Dendam akan membuat Anda jadi sakit hati dan tidak bahagia. Kalau bisa dibalas yah untung, tapi bagaimana kalau tidak? tentunya akan jadi beban pikiran.

Dan ketika menjadi beban pikiran maka Anda akan stres dan gelisah dibuatnya. Amarah akan menggerogoti dan merenggut kebahagiaan Anda.

Tahukan Anda bahwa ketika semakin Anda menyimpan dendam kepada seseorang maka semakin Anda terluka. Seperti menurut salah satu biksu di cina bahwa menyimpan dendam ibarat minum racun tapi berharap orang lain yang meninggal.

Jadi intinya jangan pernah menyimpan dendam. Usahakan untuk senantiasa memberi maaf kepada orang lain yang telah mengecewakan Anda. Karena dengan begitu hidup Anda akan jauh lebih bahagia dan awet muda.


8. Perbanyak Senyum


Jadilah sosok yang murah senyum. Karena memberi senyuman kepada orang lain adalah termasuk ibadah. Jadi selain Anda awet muda, Anda juga akan dapat pahala.

Senyum merupakan cara paling mudah untuk menebar kebaikan dan kebahagiaan kepada siapapun. Energi positif yang Anda pancarkan akan menular kepada orang-orang disekitar Anda.

Jadi tidak usah malu untuk tersenyum. Karena dengan senyum hidup bisa jadi lebih bermakna.

Baca Juga : Selalu Bersyukur Dalam Keadaan Apapun Bisa Bikin Hidup Kamu SEMPURNA


Tips Awet Muda Wanita Jepang


Tips Awet Muda Wanita Jepang

Mungkin Anda penasaran apa sih rahasia atau tips awet muda wanita Jepang. Yuk kita simak berikut ini.


1. Air Panas


Onsen atau sumber mata air panas merupakan metode yang cukup efektif dalam perawatan kulit.

Berendam di onsen ternyata bisa membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit kulit kronis seperti eksim dan psoriasis.

Hal ini karena sumber mata air panas mengandung satu dari 19 jenis mineral alami seperti Sodium Bikarbonat.


2. Teh Hijau


Teh hijau sudah bukan rahasia lagi sebagai teh yang digunakan untuk perawatan kulit. Teh ini terbukti dikenal sebagai teh yang memiliki banyak khasiat selama berabad-abad.

Konon antioksidan yang terkadung dalam teh hijau sangat baik untuk kesehatan kulit dan bahkan bisa menurunkan resiko penyakit kanker.


3. Rumput Laut


Kandungan yang terdapat pada rumput laut mampu menjaga kulit agar tetap halus dan kencang.

Kandungan kalsium, protein, kalium, folat, antioksidan, dan berbagai vitamin lainnya mampu menghambat enzim Hyaluronidase dari serangan asam hyaluronic pada tubuh. Yang dimana ini berfungsi dalam mempertahankan elastisitas dan tingkat kehalusan kulit.


4. Sunblock


Para wanita Jepang juga biasanya memasukkan sunblock dalam tools perawatannya. Mereka yang ingin kulitnya tetap halus dan putih selalu berusaha menghindari paparan sinar matahari.

Dengan demikian maka kulit akan lebih terlindungi dan terhindar dari resiko terkena kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

Baca Juga : Keseringan Iri Hati Bisa Berbahaya Loh, Begini Cara Menghilangkannya!!!


Tips Awet Muda Menurut Islam


Tips Awet Muda Menurut Islam

1. Taat Ibadah, Sabar, Senang Bersyukur, dan Ramah


Sholat, bersyukur, bersabar, dan bersikap ramah merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari diri umat Islam.

Setiap umat Islam wajib menjalankan sholat dan senantiasa bersyukur dalam kondisi apapun, serta sabar dan selalu ramah meski dalam kondisi sempit. Karena semua yang kita alami sudah ada yang mengatur.

Pedoman itu harus ditaati oleh setiap muslim agar hati menjadi tenang dan pikiran menjadi lebih fresh. Karena pikiran yang stress dan hati yang kacau akan membuat sel-sel lebih cepat mati yang bisa membuat kita terlihat lebih tua.


2. Berpuasa


Tahukah Anda bahwa dengan berpuasa maka akan menimbulkan dampak positif bagi kulit wajah.
Coba deh perhatikan kondisi kulit Anda wajah saat tengah berpuasa. Apakah semakin banyak jerawat dan iritasi atau tidak? Umumnya untuk orang normal biasanya semakin berkurang.

Jerawat pada dasarnya timbul karena ketidakseimbangan hormon. Dan dengan berpuasa maka akan membuat kondisi tubuh menjadi seimbang. Terutama dalam hal hormon.

Kalaupun ada jerawat yang timbul, pasti proses penyembuhannya akan berlangsung lebih cepat dari biasanya.

Ini dikarenakan organ tubuh Anda jadi lebih rileks akibat beban pekerjaan yang berkurang. Sehingga semuanya terfokus pada proses regeneras kulit.

Untuk itu, perbanyaklah puasa bila ingin tetap awet muda. Entah itu puasa wajib maupun puasa sunnah.


3. Mengatur Pola Makan yang Sehat


Makan bukan hanya sekedar memasukkan sesuatu yang mengenyangkan ke dalam perut. Tetapi kita juga perlu memerhatikan takaran gizi yang masuk ke dalam tubuh kita.

Makanan yang dikategorikan sehat adalah makanan yang bergizi seimbang. Antara sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga daging. Dalam artian tidak berat sebelah.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk makan tidak terlalu kenyang. Kita dianjurkan membagi ruang perut menjadi tiga bagian yakni 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk udara.


4. Menggunakan Minyak Zaitun


Minyak zaitun diketahui memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi wajah karena bisa menjaga kelembapan wajah dan mengatur kadar minyak pada wajah. Terlebih lagi bila kita hidup di negara Indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa.

Jadi sangat dianjurkan untuk menjaga wajah tetap dalam kondisi lembab. Maka dari itu, rajin-rajinlah mengoleskan minyak zaitun apabila wajah Anda terasa kering dan bersisik.

Baca Juga : Cara Terbaik Memaafkan Kesalahan Orang Yang Menyakiti Kita Untuk Hidup Yang Bahagia


5. Berwudhu


Berwudhu adalah salah satu syarat wajib bagi orang islam sebelum melakukan ibadah sholat. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh kita.

Namun tahukah Anda bahwa dibalik semua itu, berwudhu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kecantikan kulit. Seperti yang dibuktikan oleh Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang neurology sekaligus psikiater.

Dalam penelitiannya ia mengatakan bahwa ada fakta yang menakjubkan tentang wudhu. Ia mengatakan bahwa pusat-pusat syaraf yang ada di dahi, tangan, dan kaki sangat sensitif terhadap air segar.

Hal ini tentunya bisa mempengaruhi pusat-pusat syaraf tersebut dan tentunya akan berdampak pada kesehatan kulit yang tersentuh air wudhu.


6. Gerakan Sujud


Sujud adalah salah satu gerakan shalat yang wajib dilakukan seluruh umat muslim saat melakukan ibadah sholat.

Namun ternyata sujud bukan hanya sekedar bagian dari gerakan sholat. Tetapi juga memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.

Menurut Dr Fidelma O’Leary, dengan bersujud maka otak manusia akan dimasuki oleh darah. Dan urat pada otak ini ternyata hanya bisa dimasuki darah saat sedang sujud saja.


7. Shalat Tahajjud


Tahukah Anda bahwa dengan sholat tahajjud bisa bikin awet muda. Menurut hadist Nabi Muhammad SAW, barangsiapa yang menunaikan shalat malam maka wajahnya akan terlihat cantik/tampan di siang hari.

Imam Ibnul Qayyim berkata bahwa sesungguhnya shalat malam itu bisa memberikan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya.

Karena hal ini, sebagian wanita mulai memperbanyak pelaksanaan shalat malamnya. Perlu diketahui bahwa cara ini tidak hanya terbatas untuk kaum hawa saja. Melainkan juga berlaku pada kaum adam.


Penutup


Demikianlah penjelasan terkait tips awet muda untuk pria dan wanita secara alami tanpa bantuan dokter. Semoga Anda bisa mempraktekannya dengan baik dan jadi awet muda.

Terima kasih, dan kami tidak keberatan jika Anda membagikan postingan ini. Salam Hidupcu!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar