Cemburu Buta Adalah Virus Berbahaya yang Bisa Merusak Hubungan Anda

Cemburu Buta Adalah Virus Berbahaya yang Bisa Merusak Hubungan Anda


cemburu buta

Hidupcu.com - Cemburu buta adalah sesuatu yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Cemburu buta diibaratkan suatu virus yang mampu merusak hubungan Anda dengan si do’i. Maka dari itu sebisa mungkin hindarilah sikap cemburu buta karena itu hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Rasa cinta dan sayang yang begitu dalam akan membuat kamu ingin selalu bersamanya. Perasaan yang demikian inilah yang akan mendorong kamu untuk membuat dia selalu nyaman dan bahagia saat berada didekatmu.

Tetapi dorongan itu akan sangat berbahaya saat sudah sangat berlebihan. Nantinya kamu akan diliputi rasa takut akan kehilangan dia dan bermuara pada cinta buta.


Cemburu Buta


Apabila kamu merasa hubunganmu berada dalam tahap yang demikian, maka lebih baik mulailah untuk segera berintrospeksi diri. Hidupcu disini akan membantu kamu untuk sadar bahwa cemburu buta itu tidak baik dan dapat mengakibatkan hubunganmu jadi tidak sehat dan stuck.


1. Cemburu Menandakan Bahwa Kamu Tak Lagi Percaya Pada Pasangan


Cemburu buta adalah sikap yang menampakkan rasa minder. Kamu selalu khawatir kalau orang lain bisa membahagiakan pasanganmu jauh lebih dari yang bisa kamu lakukan. Padahal sebenarnya kamulah yang paling tahu isi hatinya.

Hanya saja kamu dikuasai rasa cemburu. Kamu telah dibutakan dari segala sisi terdalam pasanganmu. Maka dari itu sikap demikian disebut cemburu buta.

Cobalah untuk senantiasa yakin bahwa dirimulah yang terbaik baginya. Teruslah belajar untuk meningkatkan berbagai hal yang bisa membuat dirinya bahagia. Karena sejatinya orang dewasa selalu belajar untuk meningkatkan diri dan tidak membatasi perkembangan pribadi.


2. Pasanganmu akan merasa sakit hati saat kamu tak lagi percaya akan cinta sejatinya.


Kamu akan selalu curiga pada dirinya kapanpun dan dimanapun ia berada. Padahal ia terus berusaha untuk membuatmu bahagia. Dengan kata lain, kamu tak mampu lagi menghargai usahanya. Bahkan telah merusak cintanya.

Itu semua kamu lakukan karena kamu ingin betul-betul memiliki dirinya seutuhnya sehingga yang muncul hanyalah perasaan buruk bahwa ia akan pergi begitu saja.

Coba berkacalah pada dirimu sejenak. Jangan terlalu cepat berburuk sangka bila tak ingin mengalami kekecewaan.

Baca Juga : LDR Tidak Selalu Manis, Namun Tidak Selamanya Miris


3. Rasa curiga yang berlebihan justru akan menghambat hubungan kalian


Memang sih kalau kamulah yang paling tahu bagaimana sisi terdalamnya. Tetapi ia dapat berkembang dimana saja. Kamu perlu tahu bahwa bukan hanya dirimu yang bisa membuatnya melesat jauh mencapai cita-citanya.

Ketidakdewasaan dalam menjalin hubungan membuatmu tak ikhlas jika ada orang lain yang mampu mengantarkannya sampai ke tujuan hidupnya.

Kamu akan selalu berupaya untuk menghalangi dirinya mengenal lingkungan baru yang lebih cocok dengan hobinya.

Alangkah baiknya kalau kamu mencoba untuk memahami apa yang ia sukai sehingga kamu dan dia bisa sama-sama berkembang.

Jangan pernah menghalangi pasanganmu untuk berkembang mencapai cita-citanya hanya karena ketidakmampuanmu untuk memahami apa yang menjadi mimpinya.


4. Momen-momen yang begitu indah akan berlalu begitu saja.


Pasanganmu tak akan pernah merasa nyaman dengan perilakumu yang selalu menanyakan setiap detail aktivitasnya. Kamu menganggap dirinya belum dewasa dan belum bisa memilih mana yang baik dan yang mana yang buruk.

Tadi kemana aja?

Ke kampus, trus pulangnya makan.

Makannya sama siapa? Tidak disuapin kan?

Apaan sih!!

Pasanganmu tentu saja akan merasa terancam dan tak bisa merasakan kebebasan penuh. Padahal cinta yang sebenarnya adalah cinta yang membebaskan. Bukan yang mengekang kebebasan pasangan.

Justu ia akan berbalik menjauhimu karena merasa tidak jadi seperti dirinya sendiri. Jadi tidak usah kecewa kalau sewaktu-waktu ia pergi menjauhimu dan bahkan pergi meninggalkanmu.


5. Hindari bersikap kekanak-kanakan dengan tidak mengekangnya.


Layaknya seorang anak TK yang menangis saat ditinggal ibunya meninggalkan ruang kelas. Kamu akan terlihat seperti itu dihadapan pasanganmu saat ia hanya mendengarkan rengekanmu tiap hari.

Terus bagaimana kalau malam minggu kamu pergi sama teman-temanmu?

Yah, kamu bisa kan pergi juga sama teman-temanmu

Nggak ada temen?

Jangan kayak anak kecil deh

Orang dewasa umumnya selalu memiliki cara untuk mengisi waktunya agar lebih produktif dan kreatif. Hanya bertumpu pada alasan-alasan naif justru hanyalah sikap seorang pecundang. Jadi, dewasalah dalam berpikir.

Baca Juga : Semua Tips Awet Muda Untuk Pria dan Wanita Secara Alami Tanpa Bantuan Dokter


6. Cemburu adalah sikap yang sangat egois


Kalian tentunya sepakat bahwa berbagi rasa yang sama dalam pondasi utama sebuah hubungan.
Cemburu buta hanyalah mementingkan perasaanmu saja. Kamu tidak peduli dengan apa yang sedang dialami pasanganmu. Yang kamu tahu dia adalah milikmu. Hal inilah yang menandakan bahwa kamu sudah mengkhianati pondasi yang telah kalian bangun.

Cobalah untuk selalu bersikap terbuka bahwa cinta ini dijalani dengan saling memahami ego satu sama lain. Jangan mudah terbawa emosi hanya karena kebutuhanmu tak terpenuhi seutuhnya.
Cemburu buta dalam islam adalah sesuatu yang harus dihindari.


7. Kamu belum siap menghadapi tantangan baru dalam menjalin sebuah hubungan.


Kamu tak mau mengalah, marah-marah, dan selalu merasa cemburu saat tidak diberi perhatian oleh pasanganmu.

Hal ini menunjukkan bahwa kamu masih belum matang untuk sampai ke jenjang tantangan yang berikutnya. Dan masih banyak tantangan lainnya yang akan menghadang di masa depan.

Pasangan yang baik akan selalu mengelola dan membicarakan segala permasalahan dengan baik-baik. Bukan dengan kemarahan karena adanya cemburu buta.


8. Saat pasangan lain sibuk menabung untuk masa depan, apa kamu mau sibuk dengan cemburu butamu?


Cemburu berlebihan merupakan sikap yang sangat tidak visioner. Kamu tidak memerhatikan kemungkinan-kemungkinan yang ada di sekitarmu dan dirinya.

Dengan menghalangi dirinya bertemu dunia luar maka kamu secara langsung menghentikan peluang masa depan yang bertebaran di luar sana.

Padahal bila kamu bisa bersikap terbuka dan saling percaya, mungkin saja ada jalan tak terduga yang membuat hubungan kalian lebih lancar untuk ke tahap yang lebih bahagia.

Satu hal yang pasti bahwa cemburu bukanlah bentuk cinta sejati. Tetapi cemburu adalah sikap mengekang dan membatasi pasangan oleh orang yang belum mampu mengelola ego pribadi demi tujuan bersama.

Akibat cemburu buta bisa jadi sangat fatal.

Apabila kamu saat ini tengah menjalani hubungan, maka selalulah berpikir ke depan dan terbuka. Dengan begitu maka kebahagiaan penuh akan kalian raih.

Pertengkaran itu memang wajar. Tetapi cara mengelolanya itu yang mencerminkan tingkat kedewasaan. Semoga kalian senantiasa berbahagia.

Baca juga : 6 Cara Menghadapi Tetangga Tukang Gosip yang Super Nyebelin

Cara Mengatasinya :


1. Ungkapkan apa yang sedang kamu rasakan secara langsung.


Tindakan memata-matai aktivitas pasangan dan menuduhnya secara membabi buta tentu adalah hal yang salah.

Daripada menunjukkan perilaku cemburu seperti itu, Malkin berpendapat bahwa lebih baik mengungkapkannya secara langsung kepada pasangan saat kamu merasa cemburu. Ungkapkan dengan perasaan santai dan lembut, atau kalai bisa diselingi dengan sedikit joke.

Bicaralah pada pasanganmu bahwa kamu sedang merasa cemburu tanpa melontarkan kalimat tuduhan.

Selain itu, mintalah tindakan spesifik pad pasangan untuk membuat kamu merasa aman dan tak harus cemburu lagi.

Misalnya seperti memberi kabar di siang dan sore hari. Atau bisa juga dengan memberi tahu rencana aktivitas pasangan.

Semakin kamu dan pasanganmu terhubung, maka rasa cemburu itu akan semakin berkurang.


2. Belajar Menghargai diri sendiri


Salah satu alasan mengapa orang jadi cemburuan adalah karena kurangnya rasa percaya diri.
Mereka selalu berpikir bahwa mereka tak cukup baik sehingga pasangan akan dengan mudah meninggalkannya.

Yakinlah bahwa ada alasan mengapa pasanganmu menyukaimu dan memutuskan untuk bersama sejak awal.

Setiap kali kamu merasa cemburu karena kurangnya rasa percaya diri maka ingatlah bahwa si dia memilih kamu karena adanya kekuatan positif didiri Anda. Secara tidak langsung hal ini akan mengurangi rasa tidak aman dan cemburu dengan sendirinya.

3. Mencoba untuk saling percaya


Apabila kamu ingin memiliki hubungan yang bahaia dan dilandasi rasa percaya satu sama lain baik pada diri sendiri maupun pasangan. Maka cobalah untuk percaya bahwa cinta kasih adalah jangkar yang akan melindungi hubungan walaupun ombak datang menerjang.

Memang ini bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi saat kamu memercayai hubungan kasih tersebut niscaya kamu bisa melewati segala situasi bahkan yang sangat sulit sekalipun..

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar