11 Tips Meningkatkan Motivasi Semangat Belajar Secara Efektif

11 Tips Meningkatkan Motivasi Semangat Belajar Secara Efektif

11 Tips Meningkatkan Motivasi Semangat Belajar Secara Efektif

Hidupcu.com - Seorang pelajar atau siapapun yang sedang berada pada tahap atau proses belajar tentu membutuhkan beberapa motivasi atau dorongan agar tetap semangat dalam menimba ilmu.

Karena kita tidak bisa mempungkiri kapan semangat belajar yang dimiliki itu meningkat atau akan menurun.

Oleh karena itu, dalam artikel hidupcu.com ini akan diulas beberapa cara atau metode yang akan digunakan untuk meningkatkan semangat belajar untuk diri sendiri.

Memberikan motivasi atau dorongan dalam belajar tentu sangat berguna. Agar proses pembelajaran yang sedang berlangsung dijalankan dengan ikhlas dan tidak bermalas-malasan.

Baiklah, agar para reader tidak terlalu lama menahan rasa penasaran yang berkaitan mengenai cara atau metode dalam meningkatkan motivasi semangat belajar.

Dibawah ini telah tersusun 10 cara meningkatkan motivasi semangat belajar. Selamat membaca para reader yang sedang dilanda penasaran, semoga bermanfaat yaahhh.....


1. Membuat Skala Prioritas Belajar


Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam memotivasi diri untuk belajar yaitu dengan membuat skala prioritas belajar. Sehingga kita dapat menentukan berapa menit atau berapa jam yang diperlukan untuk belajar.

Dan pada waktu tertentu tersebut diusahakan agar satu materi pembelajaran bisa terselesaikan.
Jika nyatanya materi pembelajaran yang sedang dihadapi cukup banyak atau rumit, setidaknya setengah dari beberapa materi tersebut dapat dipahami atau dimengerti.

Misalnya pada satu jam ini akan mempelajari materi Bab 1, yang materinya cukup banyak.
Lembar halamannya sekitar 28 halaman, maka setidaknya kita sudah bisa memahami  paling kurang setengah dari materi tersebut. Atau kurang lebih 14 halaman dalam waktu satu jam tersebut.

Dengan adanya skala prioritas yang telah dibuat maka kita  bisa terpacu untuk menyelesaikan suatu hal dalam waktu tertentu atau pada waktu yang telah ditetapkan tadi.


2. Belajar Lebih Awal


Cara selanjutnya dalam memotivasi diri agar semangat belajar yaitu dengan belajar lebih awal. Hal ini disebabkan karena jika belajar lebih awal tentu akan lebih mudah dalam memproses pelajaran yang yang sedang dihadapi.

Contohnya pada waktu dipagi hari. Saat dipagi hari, pikiran masih fresh dan belum terasa berat. Sehingga kita masih memiliki konsentrasi yang lebih segar juga.

Ini disebabkan karena saat pagi hari, kondisi badan masih fit dan pikiran masih segar karena belum terlalu memikirkan hal-hal berat mengenai masalah kehidupan.

Atau paling tidak, jika sudah mulai timbul niat untuk belajar maka segerakanlah untuk belajar!.
Sebelum rasa atau niat itu hilang. Hal yang paling penting yaitu dengan tidak menunda-nunda memulai belajar.

Karena semakin lama menunda-nunda untuk belajar maka semakin berat pula anda akan memulai proses belajar itu.

Baca Juga : 4 Tipe Kepribadian Dasar yang Perlu Anda Ketahui Untuk Memahami Perilaku Anak


3. Mencari Tempat Ternyaman Untuk Belajar


Salah satu metode memotivasi diri sendiri agar semangat belajar adalah dengan menentukan target belajar pada sesi tertentu.

Perlu ditentukan  berapa menit atau jam harus diusahakan agar bisa menyelesaikan suatu bagian terntentu.

Misalnya saja untuk satu jam kedepan dtargetkan menyelesaikan mempelajari Bab 1, lalu satu jam kemudian setelah selesai mempelajari Bab 2.

Dengan adanya patokan seperti ini maka kita akan semakin terpacu menyelesaikan target yang ditetapkan.

Namun dalam penentuan target juga perlu diperhatikan kira-kira mampu atau tidaknya memenuhi target yang ditetapkan.

Apabila dirasa telah cukup berat untuk dipelajari satu jam, maka bisa ditambah lagi waktunya setengah atau satu jam.


4. Sempatkan istirahat di tengah pembelajaran


Bila kita membaca berbagai tips tentang cara mmemotivai diri untuk sukses belajar, maka kita akan menemukan anjuran untuk belajar terus menerus dalam durasi panjang.

Maka usahakan setiap satu jam memerlukan penyempatan waktu istirahat.

Tujuan dari pemberian waktu ini adalah untuk memberi kesempatan tubuh dan pikiran/otak supaya bisa sejenak beristirahat dan mengurangi ketegangan.

Hal ini harus dilakukan terutama bila pada suatu kesempatan kita meniatkan untuk belajar seharian penuh.

Namun yang patut diperhatikan adalah jangan sampai terlena dengan terlalu lama beristirahat dan tidak segera kembali belajar.

Setidaknya waktu istirahat yang digunakan ini hanya sekitar 15 menit dan setelahnya itu kembalilah belajar.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Siswa yang Berkelahi di Sekolah


5. Memulai Belajar Lebih Awal


Langkah lainnya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan semangat belajar pada diri adalah dengan memulai belajar lebih awal.

Misalnya adalah dengan memulai belajar di pagi hari saat pikiran masih jernih dan belum terasa berat karena memikirkan permasalahan kehidupan.

Atau jika Anda berniat belajar sepulang kampus maka bersegeralah memulai dikala matahari belum terbenam. Intinya semakin lama Anda menunda-nunda pekerjaan maka akan semakin berat pula untuk dilakukan.


6. Belajar di tempat yang membuat Anda merasa nyaman


motivasi semangat belajar

Salah satu cara memotivasi diri agar semangat belajar adalah dengan belajar di lingkungan yang nyaman.

Karena terkadang belajar di tempt yang itu-itu saja membuat jenuh dan bosan.

Maka dari itu, carilah tempat yang bisa membuat Anda merasa nyaman untuk belajar. Misalnya di perpustakaan kampus. Perpustakaan umumnya menyediakan tempat-tempat yang nyaman untuk digunakan belajar.

Selain itu, belajar diperpustakaan juga memiliki kelebihan sendiri karena tersedianya buku-buku yang bisa dijadikan bahan referensi dalam belajar.

Tempat lain yang biasa digunakan adalah kafe. Ada sebagian orang yang sangat menikmati suasana di kafe dan menggunakannya sebagai tempat untuk belajar.

Namun tentu saja bila ingin berlama-lama di suatu kafe rasanya agak memalukan kalau tidak memesan makanan atau minuman.

Perlu diperhatikan juga bagaimana situasi kafenya. Apabila kafe tersebut cukup ramai dan antri tempat duduk maka lebih baik segeralah beranjak meningalkan kafe tersebut untuk memberikan kesempatan pengunjung lan untuk duduk.

Selanjutnya Anda bisa melanjutkan belajar di kafe lain yang lebih sepi atau sekalian pindah ke perpustakaan. Atau bahkan bisa pindah ke taman. Suasana di sore hari dengan sinar matahari yang lembut akan terasa cukup nyaman untuk digunakan belajar.


7. Membuat Pemicu kecil untuk membangkitkan semangat belajar


Terkadang di saat- saat tertentu semangat belajar akan tak ada sama sekali. Sedangkan ulangan tengah semester atau ujian akhir diadakan beberapa hari lagi.

Jika sudah seperti ini maka mau tidka mau kita harus mencari cara bagaimana meningkatkan semangat belajar.

Mungkin Anda pernah merasakan suatu hal kecil yang tiba-tiba memicu semangat untuk membuka buku dan memulai belajar. Coba ingat-ingatlah hal tersebut. Karena itu akan sangat membantu Anda saat kehilangan semangat belajar.

Tak menutup kemungkinan kalau semangat belajar kita akan muncul apabila membaca kisah-kisah perjalanan sukses orang yang telah menggapai keberhasilan.

Kisah tersebut bisa dalam bentuk artikel, atau dalam bentuk buku biografi yang berkaitan dengan bidang yang sedang Anda pelajari.

Atau mungkin saja Anda akan lebih semangan belajar saat melihat foto-foto orang yang sedang belajar atau menulis. Foto-foto seperti demikian bisa Anda temukan di jejaring sosial seperti tumblr, flickr, pinterest, instagram, dan sebagainya.

Untuk menemukan komunitas belajar di tumblr biasa dikenal dengan studyblr. Sementara untuk komunitas belajar di instagram biasa dikenal dengan studygram. Cobalah lakukan pencarian dengan kata kunci atau hash tag studyblr atau studygram.

Komunitas-komunitas tersebut biasanya sering meng-upload gambar-gambar yang berkaitan dengan kegiatan belajar.

Jadi mulai dari sekarang cobalah untuk mengingat-ingat pemicu kecil tersebut yang pernah Anda rasakan lalu kemudian coba untu menerapkannya saat Anda sedang kehilangan motivasi belajar.


8. Belajar Bersama


Salah satu cara untuk membangkitkan motivasi belajar adalah dengan memanggil teman-teman untuk belajar bersama.

Carilah kawan yang memang benar-benar belajar saat sesi belajar bersama tengah berlangsung.
Acara belajar bersama bisa jadi kacau kalau orang yang Anda ajak belajar bersama justru mengajak mengobrol kesana kemari ngalor ngidul. Maka dari itu, hindarilah hal seperti ini.

Selain itu tidak usah khawatir kalau seandainya Anda tidak mendapatkan kawan yang bisa diajak belajar bersama. Ada banyak kok chanel-chanel di youtube yang khusus membuat video bertemakan belajar bersama. Biasanya video-video seperti ini diberi tag study with me.

Jadi saat kita memutar videonya akan terasa seperti kita bersama mereka. Ada semacam sensasi yang membuat kita terasa tidak belajar sendirian.

Kita juga bisa benar-benar belajar bersama melalui internet. Hal ini karena dimungkinkan untuk berkomunikasi secara visual real time.

Belajar seperti ini bisa terwujud dengan bantuan Ekiga, Skype, Facebook Chat, Yahoo Messenger, dan sebagainya.

Jadi Anda tinggal membuat janji dengan teman untuk proses belajar bersama secara online. Dengan begitu maka diskusi membahas topik pelajaran secara dua arah pun bisa dilakukan secara online.

Baca Juga : 6 Kebiasaan Orang Sukses Setiap Hari Yang Sangat Perlu Ditiru


9. Mengembangkan Ketertarikan terhadap topik yang dipelajari.


Berusaha meningkatkan ketertarikan pada suatu topik yang dipelajari adalah salah satu cara meningkatkan motivasi belajar.

Jadi kita harus berusaha bagaimana menemukan sisi menarik pada topik yang hendak dipelajari. Sisi menarik tersebut misalnya dengan mencari tokoh-tokoh ilmuan yang memiliki peran dalam pengembangan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang atau topik tertentu.

Kemudian bisa kita cari bagaimana rentetn kronologisnya hingga sampai pada berkembangnya ilmu pengetahuan tersebut.

Setelah itu bisa juga dilakukan pencarian terhadap siapa saja yang membantu tokoh ilmuan tersebut dalam mengembangkan dan menyempurnakan bidang keilmuan tersebut. Atau bahkan bisa jug dengan mencari tahu dan membaca biografinya.

Hal ini dilakukan karena pada dasarnya manusia cenderung menyukai kisah atau cerita. Cara seperti ini juga akan membantu meningkatkan pemahaman pada topik yang dipelajari secara menyeluruh atau komprehensif.

Dengan mengetahui latar belakang suatu penemuan maka akan mampu digunakan sebagai cara untuk memahami konsep keilmuan topik yang sedang dipelajari.

Selain itu, Anda bisa juga mencari hal-hal menarik lainnya pada bidang keilmuan yang sedang Anda pelajari.


10. Mencari Apa Yang Bisa Dilakukan Dengan Menggunakan Topik Yang Sedang Dipelajari


Cara meningkatkan motivasi belajar yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan topik yang dipelajari. Hal ini karena pada dasarnya manusia akan menemukan nilai dari apa yang sedang dia pelajari ketika dia tahu apa yang bisa dia lakukan dengan topik pelajaran yang sedang dia pelajari.

Apabila Anda sudah tahu manfaat dari apa yang Anda pelajari. Maka semangat belajar Anda akan menggebu-gebu.

Kobaran semangat motivasi belajar Anda akan terus menyala-nyala tanpa henti. Seseorang cenderung akan merasa malas dan sama sekali tak memiliki keinginan belaja bila ia merasa apa yang dipelajari tidak ada gunanya dan sia-sia.

Tetapi terkadang rasa seperti itu hanyalah karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki masih sepotong-sepotong serta kurang menyeluruh. Akibatnya Anda seperti berada dalam lingkup kegelapan.

Maka dari itu diperlukan langkah-langkah dan solusi dalam mencai informasi-informasi tentang apa saja yang bisa dilakukan bisa menguasai topik yang dipelajari.

Caranya adalah dengan menanyakannya secara lengsung kepada pemateri, baik itu guru maupun dosen yang bersangkutan. Atau bisa juga dengan membaca buku sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan topik yang sedang dipelajari.


11. Berteman dengan orang yang rajin belajar


Salah satu cara meningkatkan motivasi belajar adalah dengan berteman dengan kawan yang rajinbelajar. Hal ini karena semangat belajar adalah sesuatu yang dapat menular dan menginduksikan orang lain untuk bangkit semangat belajarnya.

Selain daripada itu, orang lain juga akan ikut bersemangat dalam belajar.

Jadi metode ini semacam membuat atmosfer suasana lingkungan yang kondusif untuk belajar.

Apabila lingkungan belajar kita dipenuhi oleh orang-orang yang positif maka kita juga akan terpengaruh seperti mereka. Jadi benarlah yang dikatakan orang-orang bahwa berteman dengan penjul minyak wangi akan membuat kita ikut wangi.

Baca Juga : Cerita Tentang Kupu-Kupu Keluar dari Kepompong yang Sangat Memotivasi


Penutup


Itulah beberapa penjelasan tentang tips untuk meningkatkan motivasi semangat belajar. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi Anda dan diterapkan dengan baik dalam kehidupan. Salam hidupcu.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar