Skip to main content

Bagaimana Karakteristik Orang-orang Toxic (Beracun) ?

Bagaimana Karkteristik Orang-orang Toxic?


Hidupcu.com - Dalam pergaulan sehari-hari terkadang kita menemukan yang namanya toxic people. Apakah Anda tahu apa itu toxic people? Ataukah Anda pernah mendengar sebelumnya?

Toxic people yakni suatu istilah yang ditujukan pada orang yang beracun.

Masih belum mengerti?

Dalam bahasa sederhananya, toxic people adalah seseorang yang dianggap racun saat menebarkan sesuatu yang sifatnya negatif ke lingkungan sekitarnya.

Jadi Anda perlu berhati-hati dan menyadari bahwa orang yang termasuk kategori toxic people biasanya akan sulit hidup bahagia.

Kehidupannya akan terus dibayang-bayangi rasa tak puas, kebanyakan mengeluh, dan selalu merasa resah.

Jadi supaya Anda bisa hidup bahagia dan dicintai banyak orang disekitar Anda, maka hindarilah perilaku negatif yang membuat Anda dianggap sebagai racun.

Beberapa Karakteristik Orang Toxic


1. Goshting


Goshting merupakan istilah yang digunakan bila seseorang memutuskan hubungan dengan menghentikan komunikasi dan kontak dengan mantan mitra, pasangan, dan teman tanpa adanya peringatan dan justifikasi yang jelas.

Bila mantan mitra, teman, maupun pasangan berusaha untuk menjangkau atau berkomunikasi maka the goshter pun akan segera menghilang.

Salah satu contohnya yakni saat Anda sedang membuat janji bertemu dengan seorang teman.

Awalnya Anda berkata bahwa bisa menghadiri pas waktunya. Namun nyatanya justru sebaliknya. Anda tak datang memenuhi janji tersebut.

Teman Anda pun berusaha menghubungi melalui telepon dan chat lewat Whatsapp. Dan pada akhirnya Anda sama sekali tak menghiraukannya.

Contoh lainnya yang lebih parah adalah saat Anda sudah latihan untuk tampil menari di suatu acara, namun saat waktunya tiba Anda justru menghilang.

Baca Juga : 8 Cara Sederhana Menjadi Pribadi Yang Menarik Dalam Pergaulan


2. Super Narsis



Seperti apa sih kategori orang yang super narsis?

Bila Anda merasa bahwa Anda-lah pusat perhatian, Anda senang diperhatikan orang lain, Anda selalu ingin tampil dan merasa paling pantas dalam segala hal maka disitulah tanda bahwa Anda termasuk orang yang super narsis.

Perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering narsis akan membuat orang disekitar Anda merasa risih dan tak nyaman.


3. Selalu Mengkritik


Mengkritik dengan tujuan untuk membangun orang lain adalah hal yang positif.

Namun jika Anda selalu mengkritik dan tak mau mendengat pendapat orang lain maka bisa dikatakan bahwa cara berpikir Anda masih belum seimbang.


4. Penghasut


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hasut ialah membangkitkan hati orang agar marah, melawan, memberontak, dan sebagainya.

Penghasut ialah orang yang menghasut.

Bila Anda pernah menceritakan keburukan orang lain pada teman Anda dan hal itu membuat teman Anda marah atas apa yang Anda sampaikan maka tanpa Anda sadari Anda telah menjadi seorang penghasut.

Lebih bahayanya lagi bila hati Anda merasa senang ketika Anda menjadi seorang penghasut.
Ini merupakan salah satu keriteria toxic people yang sangat berbahaya karena akan menimbulkan permusuhan dan perpecahan.

Bila Anda memiliki teman yang seperti demikian maka sangat dianjurkan untuk mengurangi komunikasi dengan orang seperti itu.

Baca Juga : 10 Cara Mempengaruhi Orang Lain Sependapat Dengan Anda


5. Pencari Perhatian


Salah satu kriteria toxic people berikutnya adalah terlalu suka CAPER(Cari Perhatian).

Tipe orag seperti ini sangat senang bila jadi pusat perhatian. Ketika berbicara maka ia ingin agar orang lain selalu memerhatikannya.

Ia tak bersedia gantian ketika berbicara dan suka menyela pembicaraan orang lain.

Perilaku yang senang mencari perhatian orang lain seperti demikian ternyata masuk dalam salah satu bentuk penyimpangan loh.

Orang seperti tu mengalami gangguan kesehatan mental yang biasa disebut histronik.

Histronik merupakan salah satu bentuk gangguan mental atau kepribadian yang membuat penderitanya sulit memahami citra dirinya sendiri.

Orang yang termasuk histronik membutuhkan pendamping agar dirinya sadar untuk tak melakukan hal tersebut secara berulang.

Histronik cenderung memerlukan pengakuan dan pujian dari orang lain sebagai parameter atau tolak ukur dalam menilai dirinya sendiri.

Bila Anda mengalami hal ini, maka disarankan untuk segera berkonsultasi pada psikiater karena seringkali orang dengan histronik mengalami depresi dan delusi.


6. Sindrom Thanos, merasa dirinya paling hebat dan paling benar


Orang yang seringkali merasa paling hebat dan paling benar sering disebut dengan Thanos Syndrome atau Sindrom Thanos.

Sindrom Thanos yakni perasaan paling benar dan paling hebat.

Selalu merasa dirinya telah melakukan yang terbaik dan selalu mengira bahwa semua hal yang berantakan dan berjalan dengan mulus jika dirinya tak ada.

Apabila Anda merasakan hal demikian, coba deh cek lagi kepribadian Anda. kemungkinan Anda mengalami Sindrom Thanos.

Dalam bentuk yang lainnya, orang yang terkena Sindrom Thanos tak selalu merasa dirinyalah yang paling hebat dan paling berguna karena sebagian lainnya ada yang seperti demikian.

Sering mengeluhkan bahwa dirinya telah melakukan yang terbaik untuk kepentingan bersama namun sama sekali tak memperoleh dukungan dari lingkungannya dan mengira hanya dirinyalah yang seperti itu.


7. Tak Bisa Berempati Pada Kondisi Orang Lain


Orang yang seperti ini bisa dikatakan mati rasa dan mati hati. Bagaimana tidak bila seseorang itu sulit berempati dan turut merasakan atas perasaan tak enak yang dirasakan orang lain.

Karakter toxic people yang satu ini memang cukup berbahaya karena sulit dalam memahami orang lain.

Jangankan mau mengibur, mendukung dan membantu orang lain. Toxic people biasanya tak akan menyadari bagaimana keadaan perasaan orang lain.

Baca Juga : Inilah 6 Solusi Menghadapi Orang Negatif Yang Menjengkelkan Dengan Efektif


Kesimpulan


Demikianlah penjelasan terkait bagaimana karakteristik orang-orang toxic. Semoga Anda tak termasuk dalam kategorinya karena itu sangat tidak baik.

Jangan pernah jadi Toxic People dan kasihilah orang disekitar Anda. Dengan demikian niscaya hidup Anda akan selalu diliputi kebahagiaan.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar