Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di Hp Android Nggak Pake Ribet

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email di Hp Android Nggak Pake Ribet

Cara mengirim lamaran lewat email di hp

Hidupcu.com - Cara mengirim lamaran lewat email di hp sebenarnya adalah hal yang mudah. Anda tak usah lagi repot-repot ke warnet atau memakai jasa pembuatan surat lamaran email dengan format pdf. Karena ada cara mengirim lamaran lewat email di hp yang sangat mudah untuk dilakukan.

Cara mengirim lamaran lewat email di hp nggak pake ribet juga hanya bermodalkan smartphone android.

Kalau Anda punya hp android, itu sudah bisa kok digunakan untuk mengirim lamaran di email.

Bahkan dengan ukuran dibawah 300 kb.

Kok harus 300 kb?

Karena perusahaan pada umumnya hanya mau membuka email berkas lamaran dengan ukuran yang kecil. Yakni sekitar 300 kb ke bawah.

Ok gaes, kita langsung saja ke topik.

Pertama-tama yang ahrus Anda lakukan adalah meng-scan terlebih dahulu semua berkas yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran. Sebagai contoh berikut ini :

  1. Ijazah
  2. KTP
  3. SKCK
  4. Kartu Keluarga
  5. Dll

Scan berkas disini bukan berarti kita merubah data awal yang ada pada berkas tersebut. Tetapi scan disini maksudnya adalah membuat dokumen tadi seperti Ijazah, KTP, SKCK, Kartu Keluarga, dan sebagainya menjadi file gambar berextensi JPG atau PDF. Lalu disimpan di memori hp.

Baca Juga : Alasan Melamar Pekerjaan Untuk Anda yang Mau Interview Kerja di Bank, BUMN, dan Perusahaan

Setelah melalui tahapan ini, selanjutnya Anda harus mengubah file surat lamaran Anda menjadi bentuk pdf.

Dalam hal ini kita menggunakan aplikasi “Google Dokumen” untuk mengubahnya.

Apabila di smartphone Anda masih belum ada aplikasi seperti itu, maka silahkan download dulu di playstore.

 Jika sudah ada, yuk kita ikuti langkah-langkah selanjutnya.

1. buka aplikasi google dokumen. Skip dengan menekan tombol “lewati”.


2. Agar bisa mengakses google dokumen, silahkan login terlebih dahulu dengan akun gmail Anda.


3. masukkan tulisan lamaran pekerjaan Anda yang sudah diketik dengan menyentuh tombol plus berwarna merah. Kemudian pilih “dokumen baru”.




4. buatlah surat lamaran yang baik di google dokumen, atau Anda bisa juga copas surat lamaran pekerjaan yang sudah ada. Kemudian masukkan ke google dokumen. Apabila surat lamaran Anda telah selesai diketik maka tinggal klik ceklis.



5. berikutnya ganti nama dokumen Anda menjadi “surat lamaran pekerjaan”. Seperti pada gambar berikut ini.



6. apabila semuanya telah siap, tinggal saatnya format surat lamaran dibuat kedalam bentuk pdf. Caranya dengan mengklik tombol menu di pojok kanan atas lalu klik “bagikan dan ekspor” lalu pilih “simpan sebagai” kemudian pilih “dokumen pdf” lalu “oke”.




7. Selanjutnya tinggal menunggu beberapa saat hingga format surat lamaran berubah menjadi pdf. Hasilnya bisa dilihat seperti pada gambar di bawah ini.


8. dengan demikian, secara otomatis lamaran yang telah dibuat melalui google dokumen akan langsung tersimpan di google drive. Jika smartphone Anda belum ada Google drive yang terinstal maka sebaiknya di download dulu. Tetapi biasanya setiap hp android selalu dibekali aplikasi google drive sebagai bawaannya.

9. Bila Anda ingin menyimpan file surat lamaran tadi ke memori hp. Maka silahkan buka aplikasi google drive. Lalu cari nama file yang telah Anda buat, yakni “lamaran kerja.pdf”. lalu klik tombol “menu” > lalu pilih “unduh” maka file tersebut akan tersimpan ke folder download di hp Anda.

Baca Juga : 7 Pekerjaan Jurusan IPS yang Gajinya Besar di Indonesia dan Banyak Peminat


Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di Hp Android Kamu


1. Buka aplikasi gmail di smartphone Anda, kemudian pilih tombol tanda tambah (+) di kanan bawah.

2. kemudian masukkan email tujuan Anda di kolom “kepada” dan tulis pulalah subjek emailnya sesuai permintaan perusahaan. Jangan lupa untuk mengisi email dengan kata-kata yang sopan dan pendek.



3. selanjutnya masukkan file lamaran kerja.pdf yang telah dibuat tadi dengan memilih “lampirkan file” atau seperti logo berikut ini.


4. berikutnya silahkan Anda cari file lamaran kerja pdf tadi. Misalnya kita akan mengambil file di memori hp. Silahkan pilih “sisipkan dari drive” jika dokumen yang ingin dikirimkan tersimpan di google drive.



5. jangan sampai lupa memasukkan berkas-berkas lamaran yang tadi sudah di scan seperti KTP, Ijazah, SKCK, dan sebagainya. Jika semua dokumen telah diupload, maka terakhir tinggal mengklik tombol kirim seperti di bawah ini.


Dengan adanya tutorial ini, saya yakin Anda juga sudah bisa membuat CV sendiri di hp/smartphone. Apabia selanjutnya ada lagi lowongan via email. Anda bisa melakukan cara ini secara terus menerus sampai diterima.

Satu hal yang perlu perhatikan adalah jangan sampai lupa mengisi salah satu bagian dari email tersebut, baik itu penerima, subjek, maupun isi email. Karena jika terjadi toh Anda sendiri nantinya yang akan dirugikan.

Baca Juga : Cara Merubah Mindset Diri Sendiri Terdahsyat Dari Pola Pikir Negatif Menjadi Positif

Kesimpulan


Membuat dan mengirim surat lamaran pekerjaan via email memang terkadang sangat rumit bagi sebagian orang. Untuk itu, dalam postingan ini kami membuat solusi dimana kita bisa mengirim surat lamaran via email dengan cara yang simpel dan nggak harus ke warnet.

Kalau Anda merasa artikel ini bermanfaat. Saya tidak keberatan kalau Anda mau share postingan ini.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar