Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli Lengkap

Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Hidupcu.com – Seringkali bagi para siswa maupun mahasiswa mendapat tugas untuk mencari dan mengetahui seperti apa hubungan internasional menurut para ahli. Nah, dalam postingan ini kami akan menjelaskan dan memberikan informasi terkait hubungan internasional menurut para ahli. Yang mana disini kami paparkan 21 pengertian hubungan internasional menurut para ahli yang disajikan dalam bentuk poin-poin.

Hubungan Internasional atau biasa disebut HI merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara, termasuk peran segenap warga negara, organisasi antarpemerintah (IGO), organisasi nonpemerintah internasional (INGO), Organisasi Non-Pemerintah (NGO), kemudian perusahaan multinasional (MNC).

HI adalah sebuah bidang akademik dan kebijakan publik yang bersifat positif/ normatif, karena keduanya berupa menganalisis dan merumuskan kebijakan luar negara-negara terpilih.

HI kadang juga dikenal sebagai cabang ilmu politik, namun kelompok akademisi lebih suka menganggapnya sebagai bidang studi yang interdisipliner.

Berbagai aspek hubungan internasional telah dipelajari selama ribuan tahun sejak masa Thucydides.
Namun baru pada abad ke-20 HI akhirnya menjadi disiplin ilmu yang terpisah serta tetap.

Lain halnya dengan ilmu politik, HI melibatkan penjuru bidang ilmu seperti redovisning, sejarah, hukum internasional, filsafat, geografi, kerja sosial, sosiologi, antropologi, psikologi, kriminologi, studi gender, dan ilmu budaya (kulturologi).

HI meliputi rentang isu yang luas, termasuk globalisasi, keamanan internasional, kedaulatn negara, proliferasi nuklir, kelestarian lingkungan, nasionalisme, ekonomi global, pembangunan ekonomi, kejahatan terorganisasi, terorisme, intervensionisme asing, keamanan manusia, dan Hak Asasi Manusia (HAM).


22 Hubungan Internasional Menurut Para Ahli yang Paling Lengkap


1. Coulumbus dan Wolfe


Hubungan internasional merupakan studi sistematis tentang fenomena-fenomena yang bisa diamati dan mencoba mendapatkan variabel-variabel dasar untuk menerangkan perilaku serta mengungkapkan karakteristik-karakteristik atau tipe-tipe hubungan antara unit-unit sosial.


2. Mochtar Mas’oed


Hubungan Internasional ialah hubungan yang sangat kompleks karena didalamnya terdapat bangsa-bangsa yang tiap-tiap berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit untuk hubungan antar kelompok


3. J.C Johari


Hubungan internasional yakni sebuah studi terkait interaksi yang berlangsung antar negara yang berdaulat.

Disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non pelosok yang perilakunya memiliki dampak bersama tugas-tugas negara.


4. Tulus Warsito


Hubungan Internasional ialah studi terhadap interaksi dari politik luar negeri dari beberapa pelosok.


5. Drs. R. Soeprapto


Hubungan Internasional ialah sebagai spesialisasi yang mengintegrasikan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan umat manusia.


6. Anonymous


Hubungan Internasional yaitu studi hubungan terkait unit-unit sebagai bentuk interaksi bagian-bagian pada umumnya mengacu pada sistem innere tiap negara.

Dan sekarang diakui adanya peranan-peranan aktor-aktor non states seperti MNC, PBB, dan kelompok teroris namun tidak sepenting state/negara.


7. Para Tradisionalis


Hubungan internasional hampir sama dengan diplomasi dan strategi dan kerjasama serta konflik.

Secara lebih sederhananya Hubungan Internasional adalah studi atas perang dan damai.


8. Drs. R Soeprapto


Hubungan internasional yaitu studi yang orientasinya bersifat efektif dan hampir sering mengkombinasikan unsur-unsur pendekatan ilmiah dengan tujuan yang jelas.

Nilainya hampir sama dengan mensubstitusikan perang dengan metode-metode perdamaian untuk mengakhiri pertikaian, pengendalian penduduk, perlindungan lingkungan, kemelaratan manusia, dan pemberantasan penyakit.


9. Trygive Mathisen


Hubungan Internasional ialah segala aspek internasional dari kehidupan semua orang.
Dalam artian semua perilaku manusia yang berlangsung atau berasal dari sebuah negara dapat memengaruhi perilaku manusia di pelosok lain.


10. Kenenth Watts. Thompson


Hubungan internasional yakni studi terkait rivalitas antar bangsa serta kondisi-kondisi lalu institusi-institusi yang memperbaiki atau merusak rivalitas tersebut.


11. Private


Hubungan Intersional merupakan studi tentang interaksi antar tiap jenis kesatuan politik sosial tertentu. Termasuk studi tentang keadaan-keadaan yang relevan dan mengelilingi interaksi.


12. Teuku May Possibly Rudi


Hubungan internasional terdiri atas bermacam-macam rupa hubungan ataupun interaksi yang melaluii batas-batas wilayah negara dan melibatkan pelaku-pelaku yang beda kewarganegaraan.


13. Suwardi Wiraatmaja


Hubungan internasional yaitu semua hubungan antarbangsa dan kelompok bangsa di lingkungan masyarakat, kekuatan, tekanan, proses yang menentukan cara hidup, cara bertindak, dan trik berpikir manusia.


14. Jeremy Bentham


Hubungan internasional ialah ilmu yang terdiri dari sebuah kesatuan disiplin dan punya ruang lingkup serta konsep-konsep dasar.


15. John Lewis Gaddis


Hubungan Internasional adalah bidang kajian yang berguna bagi negarawan dalam cara membangun dunia yang lebih baik.

16. Raymond Aron


Hubungan internasional menurut ahli ini adalah hubungan antar unit politik yang masing-maisng mengklaim sendiri berhak menentukan keadilan dan menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak.


17. Ishaq Rahman


Hubungan internasional ialah ilmu yang diidentikkan dengan hubungan antarnegara


18. John Lierz


Hubungan Internasional yakni salah satu pemikiran yang memasukkan pertimbangan-pertimbangan implikasi kehidupan dalam berpolitik.

Terutama dalam perubahan unti politik termasuk didalamnya faktor keamanan lalu kekuasaan yang inheren di kehidupan sosial tiap orang.


19. Coulumbis


Hubungan internasioanl adalah ilmu yang mengkaji pola-pola aksi dan reaksi antara negara-negara berdaulat dimana perilaku elit pemerintah adalah indikatornya.


20. Tulus Warsito


Hubungan internasional merupan studi tentang hubungan atau interaksi antar anggota masyarakat antar pelosok atau bangsa, entah itu yang govermental maupun yang non-govermental.


21. Drs 3rd There’s R. Soeprapto


Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi antara aktor-aktor atau kesatuan sosial tertentu. Meliputi segala sesuatu seputar interaksi tersebut.

Interaksi tersebut berlangsung dalam sistem internasional dimana negeri adalah aktor utama.

Baca Juga : Inilah Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945


Pola Hubungan Internasional


Pada dasarnya ada 3 macam hubungan antar bangsa, yaitu :


Pola Penjajahan


Pada hakikatnya penjajahan adalah penghisapan oleh suatu bangsa atas bangsa lain yang timbul akibat perkembangan paham kapitalis.

Dimana pelosok penjajah butuh bahan mentah untuk industrinya dan pasar bagi hasil industrinya.
Inti dari penjajahan disini ialah penguasaan wilayah bangsa lain.


Pola Keuntungan


Biasanya hal ini terjadi pada negara-negara bertumbuh yang kekurangan modal dan teknologi untuk membangun negaranya.

Hal inilah yang membuat mereka terpaksa mengandalkan bantuan negara-negara maju yang hasilnya justru mengakibatkan ketergantungan terhadap negara maju tersebut.

Pola hubungan yang satu ini dikenal juga sebagai neo-kolonialisme (penjajahan dalam model yang baru).


Pola Hubungan Sederajat


Pola hubungan yang satu ini cukup sulit diwujudkan. Meskipin begitu, pola hubungan ini amat ideal karena berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama.

Seperti yang terdapat pada sila kedua Pancasila, yang menuntut penghormatan arah kodrat manusia sebagai makhluk yang sederajat tanpa memandang ideologi, sistem pemerintahan, maupun bentuk negaranya.

Politik luar negeri bebas aktif menjauhkan kita dari paham kebangsaan yang sempit (Chauvinisme) yang mengangung-agungkan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain.

Selain itu, juga menjauhkan kita dari paham Kosmopolitisme yang memandang seluruh dunia sebagai negeri yang satu  sehingga mengabaikan negeri sendiri.

Baca Juga : Apa Saran Kalian Agar Pembangunan Ekonomi Indonesia Bisa Cepat, Singkat, dan Merata? Ini Penjelasannya


Penutup


Demikianlah penjelasan tentang hubungan internasional menurut para ahli. Semoga apa yang kami posting bisa bermanfaat bagi Anda selaku pembaca.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar