Skip to main content

Mau Ijab Qobul Nikah Takut Nggak Lancar? Ini Solusi Praktisnya


Ijab Qobul Nikah Takut Nggak Lancar, Ini Solusinya

Pernikahan memang merupakan hal yang diidam-idamkan oleh kaum muda-mudi untuk mengakhiri masa lajangnya. Tetapi dalam pernikahan terdapat beberapa syarat sah. Dan salah satunya yakni ijab qobul.

Perlu Anda ketahui bahwasanya ijab qobul merupakan dua prosesi yang berbeda.

Ijab ialah disaat pak penghulu mengucapkan “Saya nikahkan saudara......”.

Sementara qobul adalah ketika sang mempelai pria mengucapkan “Saya terima nikahnya.....”.

Dan bagian yang paling mendebarkan adalah ketika mempelai pria mengucapkan ijab qobul. Yah, itulah faktanya.

Jadi tak heran kalau ada banyak mempelai pria yang salah mengucapkan qobul dan bahkan sampai mengulang berkali-kali.

Saat itulah mental pria diuji. Padahal kalau kita pikir yang kita ucapkan itu hanya beberapa kata saja, tidak banyak. Mempelai pria hanya mengucapkan

“Saya terima nikahnya ..... binti ....... dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan uang tunai senillai ....... dibayar tunai.”

Lalu saat itu pula pak penghulu bilang ”sssaahhh” kemudian para wali dan saksi serentak mengucapkan ”sssaahhh” dan selesai. Cuma segitu aja.

Tetapi meski Cuma begitu saja ternyata tak semudah yang dibayangkan.

Terkadang saat kita telah menghafalnya di luar kepala, namun saat ijab qobul semuanya tiba-tiba buyar.

Yang tadinya sudah hafal dan lancar eh mendadak lupa ingatan karena rasa gugup dan grogi.

Intinya semua itu bergantung pada mental dan tingkat kesiapan Anda.

Dan dalam postingan ini akan dijelaskan beberapa tips agar bagaimana prosesi ijab qobul bisa berjalan dengan lancar. Yuk kita simak berikut ini.


Tips Supaya Ijab Qobul Lancar



1. Usahakan Perut Tidak Kosong


Hal sepele yang terkadang diabaikan sebelum menjalani prosesi ijab qobul adalah membiarkan perut kosong.

Sekali lagi saya katakan jangan pernah membiarkan perut kosong saat ingin melakukan ijab qobul.

Perut yang kosong akan membuat badan jadi lemas. Dan kelemasan inilah yang efeknya bisa membuat badan gemetaran.

Dan apabila badan sudah gemetaran maka bisa dipastikan kemungkinan Anda untuk mengalami grogi dan canggung semakin meningkat.


2. Usahakan untuk Menghafal Ijab Qobul di luar kepala


Sebelum melaksanakan ijab qobul ada baiknya jika Anda sudah menghafal kalimat ijab qobul di luar kepala tanpa mengingat-ingatnya lagi.

Walaupun memang sih, meskipun Anda sudah hafal tapi kalau Anda grogi dan canggung semuanya juga akan buyar.

Namun paling tidak hal tersebut bisa menambah kepercayaan diri Anda.

Kan nggak keren tuh kalau Anda sudah siap menghadap penghulu dengan rasa percaya diri yang tinggi namun tidak menghafal kalimat ijab qobul. Sebenarnya niat nikah nggak sih?wkwkwk



3. Tetap Tenang, Fokus, dan Jangan Lihat Sekitar


Kebanyakan mempelai pria yang gagal dalam mengucapkan kalimat ijab qobul karena mereka kehilangan fokus.

Hal ini terjadi karena banyak pikiran-pikiran yang merasuk kedalam kepalanya. Beberapa diantaranya yakni :

“Gue malu nih diliatin banyak orang”

“Bisa nggak gue nih? Kalau gagal bisa malu-maluin keluarga besar”

“Aduh...mau BAB tapi perut lapar”

Intinya hilangkan semua unek-unek yang ada di kepalamu. Usahakan untuk tidak melihat sekitar 
karena hal tersebut bisa menggoyahkan kepercayaan diri Anda.

Tetaplah fokus pada satu orang, yakni pak penghulu.

Bayangkan dalam pikiran Anda “Kalau saya bisa melewati rintangan ini maka saya akan jadi pria paling gentle di dunia” hahaha.


4. Yakinkan Diri Anda Bahwa Anda Bisa Mengucapkan Kalimat Ijab Qobul dengan Lancar


Memberikan sugesti pada diri sendiri memang penting. Dengan begitu maka Anda bisa meyakinkan diri Anda sendiri bahwa Anda bisa mengucapkan kalimat ijab qobul.

Jadi sama saja Anda telah memberi sugesti positif pada diri sendiri yang akan menambah rasa percaya diri Anda.

Kalau Anda saja tidak percaya pada diri sendiri maka jangan harap Anda bisa melakukannya dengan lancar.



5. Gunakanlah Teknik Pernapasan


Bagi seorang pesilat tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya teknik pernapasan. Karena setiap kali latihan Anda selalu menggunakannya.

Teknik pernapasan ini sangat dianjurkan untuk orang yang akan ijab qobul karena bisa memberikan efek positif.

Disaat pak penghulu mulai menjabat tangan Anda dan mulai berkata “Saya nikahkan.....” biasanya pak penghulu akan mempererat tangannya sebagai tanda untuk giliran Anda bicara.

Nah, ketika giliran Anda berbicara tiba, inilah saatnya menahan nafas. Lalu simpan nafas itu di perut. 

Jangan sampai tersimpan di dada karena akan kelihatan seperti orang tegang.

Dan setelah itu saat para saksi dan wali mengucapkan kata “ssaahh” Anda keluarkan nafas itu pelan-pelan melalui mulut.

Hal ini juga menjadi pertanda bahwa Anda sudah lulus ujian untuk menjadi lelaki sejati hehe.


Penutup


Demikianlah sedikit tips tentang bagaimana cara agar ijab qobul bisa lancar tanpa ada halangan. Semoga artikel ini bisa membantu permasalahan Anda yang kesulitan dalam ijab qobul. Terima kasih dan jangan lupa tombol share ada di bagian bawah. Salam Hidupcu! 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar