Skip to main content

7 Tips Agar Anda Bisa Lebih Siap dan Percaya Diri Saat Magang

7 Tips Agar Anda Bisa Lebih Siap dan Percaya Diri Saat Magang

Hidupcu.com - Magang adalah salah satu tahapan atau bagian yang harus Anda lalui saat sedang menjalani program pendidikan S1. Tentu saja hal ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Butuh kesabaran dan skill yang cukup untuk bisa menjalaninya dengan lancar. Karena dalam tahapan inilah skill yang Anda peroleh selama proses perkuliahan diimplementasikan. Jadi inilah kesempatan Anda untuk pamer skill dan unjuk gigi.

Tunjukkan semua skill yang Anda punya dan buat orang-orang di tempat Anda magang jadi terkesan. Karena dengan begitu maka bukan tidak mungkin kalau suatu saat nanti akan dipanggil kembali.

Selain itu, apabila kinerja Anda bagus saat magang biasanya Anda akan diberi uang sebagai upah atas kerja keras Anda.

Namun ada beberapa hal yang terkadang diabaikan oleh para peserta magang. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak berikut ini.


1. Upayakan untuk selalu ramah kepada orang kantor



Siapapun itu tentunya akan merasa nyaman saat berinteraksi dengan orang yang ramah. Untuk itu, bersikap ramahlah kepada semua orang-orang yang ada dikantor.

Dengan demikian maka orang lain akan menganggap Anda sebagai pribadi yang positif dan friendly. Orang lain juga akan segan dengan Anda dan tidak keberatan jikalau Anda meminta bantuan kepadanya.

Intinya bangun hubungan baik dengan orang-orang kantor agar pergaulan dan jaringan Anda jadi lebih luas. tak menutup kemungkinan Anda akan memerlukan bantuan mereka kelak nantinya.


2. Keluarkan Semua Skill yang Kamu Miliki


Pada saat magang, orang kantor terkadang menilai mahasiswa hanya berdasarkan skill. Mereka biasanya tak akan diperhatikan bila tak memiliki skill yang memadai.

Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus menonjolkan skill yang Anda miliki sekaligus mempromosikan diri.

Apabila orang kantor atau perusahaan tempat Anda bekerja sudah percaya akan kemampuan Anda. tak menutup kemungkinan Anda akan dipanggil lagi dikemudian hari untuk bekerja di kantor atau perusahaan mereka.

Kalaupun suatu saat Anda disuruh untuk melakukan sesuatu yang tidak Anda tahu, toh kan Anda bisa belajar terlebih dahulu dari internet.

Jadi usahakan untuk tidak mengatakan “TIDAK” pada atasan atau yng jadi kepala lapangan tempat Anda magang.

Baca Juga : 6 Alasan yang Harus Kamu Tahu Kalau Magang Itu Penting


3. Jangan Hanya Bekerja Atas Dasar Uang



Kebanyakan mahasiswa zaman sekarang telalu realistis dan terkadang tak mau bekerja bila tak ada uangnya.

Padahal pada dasarnya magang hanyalah suatu bentuk praktek kerja pengimplementasian ilmu yang didapat dikampus. Adapun pihak kantor atau perusahaan tidak diwajibkan untuk memberi upah kepada mahasiswa.

Jadi dalam hal ini kita harus belajar kerja ikhlas. Kalaupun mungkin kita tidak mendapat upahnya di dunia. Setidaknya kita akan mendapatkannya nanti di akhirat.

Bekerjalah dengan sebaik mungkin maka Anda akan selalu diingat dan membuat nama kampus Anda jadi baik dimata orang-orang.


4. Biasakan untuk Menggunakan Kata “Minta Tolong” dan “Terima Kasih”


Di kantor atau perusahaan tentu saja akan selalu ada orang yang minta dan ditolong. Untuk itu, ketika Anda mengalaminya maka Anda sebagai mahasiswa harus menggunakan etika yang baik.

Apabila hendak meminta tolong jangan menggunakan bahasa yang sopan dan biasakan untuk mengawali kata ”MINTA TOLONG”.

Minta tolong kak, bisa ambilkan ini.....

Minta tolong kaka, bisa kesini sebentar....

Intinya selalulah gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung orang yang dimintai tolong.

Dan hal yang paling penting ketika Anda sudah ditolong oleh orang lain adalah mengucapkan “Terima Kasih”. Ucapan ini akan membuat yang dimintai tolong merasa dihargai oleh Anda dan tidak dianggap pembantu.


5. Selalu Datang Tepat Waktu



Untuk Anda yang sedang magang sebaiknya hindari untuk datang terlambat. Bukan hanya bisa dimarahi pembimbing, citra Anda pada kantor tempat Anda juga akan rusak. Dan bahkan tak menutup kemungkinan nilai Anda nantinya juga akan rendah.

Maka dari itu, usahakan untuk datang tepat waktu atau bahkan sebelum jam masuk yang ditentukan.

Terlalu cepat ke kantor juga bisa membuat Anda puas mengamati seluk beluk kantor dikala lingkungan masih sepi.

Namun jangan sampai Anda memasuki area yang memang dilarang untuk dimasuki pegawai biasa. Karena itu akan mendatangkan masalah bagi Anda.

Baca Juga : 12 Tips Yang Saya Lakukan Untuk Mengatasi Kebiasaan Datang Terlambat (Ngaret)


6. Kurangi Kebiasaan Bermain Game atau Ber-sosmed Saat Magang


Saat magang, tentunya Anda akan disuguhkan berbagai macam pekerjaan. Mulai dari yang paling sederhana sampai yang rumit sekalipun.

Maka dari itu, gunakan waktu Anda se-efisien mungkin apabila di kantor. Jangan karena terlalu sibuk main game dan bersosial media sampai-sampai Anda mengabaikan pekerjaan Anda.

Menghibur diri dengan game dan sosmed yah boleh-boleh saja. Asalkan dilakukan di jam istirahat dan tak menguras banyak tenaga serta pikiran Anda. Dan jangan sampai gara-gara itu Anda jadi kurang istirahat.

Jadi sebisa mungkin untuk mengurangi kebiasaan bermain game dan bersosmed pada saat magang.

Baca Juga : 6 Kebiasaan Orang Sukses Setiap Hari Yang Sangat Perlu Ditiru


7. Bertanggung Jawab Atas Apa yang Dikerjakan



Kepercayaan orang kepada Anda tercermin pada sikap tanggung jawab. Apabila Anda bertanggung jawab atas setiap pekerjaan yang dikerjakan maka insyaallah Anda nantinya akan disenangi oleh orang kantor.

Perilaku yang bertanggung jawab harus senantiasa ditumbuhkan dalam diri agar lama kelamaan bisa menjadi kebiasaan yang tak akan hilang.

Lakukanlah apa yang diperintahkan atasan dengan sebaik mungkin. Karena jika Anda melakukan yang terbaik maka Anda akan memetik buah manisnya.

Dan apabila Anda melakukan kesalahan maka akuilah itu sembari mencari solusi. Jangan mencari-cari alasan apalagi sampai menyalahkan orang lain.

Bukannya menyelesaikan masalah justru akan memperbesar masalah.

Baca Juga : Tips Strategi Pemasaran Produk yang Akan Meledakkan Penjualan Anda Secara Cepat


Penutup


Demikianlah tips yang bisa Anda praktekkan untuk lebih mematangkan diri saat magang. Bukan hanya skill yang dituntut di tempat kerja, tetapi juga disiplin, penghargaan kepada orang lain, dan kemampuan bersosialisasi.

Dengan mempersiapkan hal tersebut termasuk skill. Maka bukan tidak mungkin nantinya Anda akan dipanggil kembali ke tempat tersebut untuk bekerja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar