Skip to main content

10 Pelajaran Hidup yang Sepele dan Mungkin Saja Telat Anda Sadari

10 Pelajaran Hidup yang Sepele dan Mungkin Saja Telat Anda Sadari

Dalam menjalani kehidupan tentu saja Anda akan menemukan berbagai pelajaran dalam hidup. Baik itu dalam manjemen waktu, pengelolaan keuangan, dan pengelolaan yang lainnya.

Intinya ada banyak sekali hal yang perlu Anda kelola dengan baik agar hidup Anda bisa jadi maksimal.

Berikut ini ada 9 hal yang perlu Anda renungkan baik-baik agar tak menyesal di kemudian hari.

Penasaran apa sajakah itu, yuk kita simak selengkapnya.


1. Waktu Adalah Hal Yang Sangat Berarti



Jika Anda termasuk tipe orang yang kurang menghargai waktu maka mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan itu.

Waktu tak bisa ditukar dengan uang. Maka dari itu jangan sia-siakan waktu Anda. Pergunakan waktu yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya.

Waktu itu ibarat pedang bermata dua. Jika Anda tak bisa mengendalikannya maka nantinya Anda sendiri yang akan celaka
.
Pernah tidak Anda pas masih kecil sering berpikir kenapa sih waktu ini berjalannya lambat sekali.
Eh pas sudah besar Anda jadi berpikir kenapa sih waktu ini nggak bisa pelan-pelan aja. Nggak terasa eh udah setahun aja.

Baca Juga : 9 Solusi Tepat Untuk Kamu Yang Suka Menunda-Nunda Pekerjaan


2. Anda harus Tahu Apa Minat Anda



Ada pendapat yang menyatakan bahwa pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang dilandasi dengan passion.

Bekerja sesuai passion akan memberikan kita semangat lebih dibandingkan melakukan pekerjaan yang tak sesuai passion kita.

Melakukan pekerjaan yang dilandasi passion seakan membuat kita tak seperti bekerja. Kita hanya melakukan apa yang kita sukai dan taraaa kita dapat duit deh.

Saya yakin 100% tentunya Anda ingin seperti ini bukan?

Yah, kebanyakan orang menginginkan hal tersebut.

Namun yang jadi permasalahan adalah untuk mengetahui passion atau hal yang kita inginkan itu cukup sulit. Perlu beberapa tahapan yang tidak singkat dan sulit.

Maka dari itu, sedari kecil kita dianjurkan untuk mengetahui apa passion kita agar nantinya kita bisa lebih fokus dalam mengembangkan passion tersebut.

Kan enak tuh mengerjakan apa yang kita sukai dan tiba-tiba dapat duit.

Baca Juga : Menyingkap Arti Mendalam Tentang Passion Yang Sering Ditanyakan Banyak Orang


3. Perbaiki Network dan Attitude



Network dan attitude terkadang jadi hal sepele dan jarang diperhatikan oleh sebagian orang.

Namun tahukah Anda bahwa hal ini akan sangat mempengaruhi hidup Anda beberapa tahun mendatang.

Jadi perbanyaklah bergaul dengan siapa saja. Jangan hanya bergaul pada orang yang pas Anda ada perlu saja sama dia.

Selalu jalin silaturahmi yang kokoh dengan siapapun. Dengan begitu niscaya Anda tak akan menyesal di kemudian hari dan segala urusan juga akan terasa lebih gampang karena mendapatkan bantuan dari kenalan.

Di masa depan nanti Anda tak akan tahu siapa yang akan menolong Anda nantinya, apakah teman Anda, kenalan teman Anda, sepupu Anda, atau bahkan musuh Anda.

Intinya sebisa mungkin peliharalah hubungan baik kepada sesama.

Baca Juga : 10 Cara Membangun Networking Dalam Bisnis 


4. Jangan Pernah Takut Mencoba Hal Baru



Anda punya satu nyawa dan jika Anda meninggal maka Anda tak bisa hidup kembali di dunia seperti di cerita-cerita dongeng.

Anda perlu sadar bahwa di dunia ini Anda hanya hidup sekali. Untuk itu buatlah hidup Anda seindah mungkin dengan banyak pengalaman baru.

Jadi tak perlu takut bila ingin mencoba hal baru. Toh Anda hidup cuma sekali. Kalau tidak dilakukan di waktu sekarang yah kapan lagi.

Mumpung Anda masih bisa mencobanya. Kenapa tidak?

Jangan sampai karena tidak mencoba hal baru itu justru jadi penyesalan berkepanjangan Anda.

Jangan nanti Anda tua baru menyesal mengapa waktu muda dulu tidak mencoba hal ini, tidak pergi kesana, dan apapun itu selama masih tergolong hal yang positif.


5. Kerja Keras Demi Passion


Untuk poin yang kelima ini berkaitan dengan poin yang kedua.

Kalau misalkan Anda sudah mengetahui apa minat dan passon Anda.

Maka selanjutnya tinggal menentukan apakah Anda mau kerja keras mengembangkan passion itu atau tidak.

Kalau Anda mau hidup yang gitu-gitu aja tanpa ada peningkatan maka nikmatilah zona nyaman itu sembari menutup diri dari perkembangan.

Tetapi jika Anda ingin hidup yang luar biasa dan disertai peningkatan yang besar maka jangan ragu untuk berusaha keras mewujudkannya



6. Keluarga dan Teman Baik Adalah Segalanya


Kedua figur yang ini adalah harta yang paling berharga dibandingkan dengan berapapun jumlah uang.

Anda mungkin bisa punya banyak harta dan punya keberhasilan yang luar biasa. Tetapi hanya kedua figur inilah yang akan menemani Anda baik saat senang maupun susah.

Karena kebanyakan sekarang teman ada pas ada maunya saja. Tapi pas kita susah mereka menghilang entah kemana.

Untuk itu, waktu dan momen saat Anda berinteraksi dengan keluarga dan teman baik adalah hal yang jauh lebih membahagiakan dibanding uang.

Baca Juga : Bahagiakan Kedua Orang Tua Anda Sebelum Terlambat Dengan Cara Ini


7. Belajar Dengan Serius


Memang sih nilai tak menentukan secara pasti tingkat kesuksesan hidup seseorang. Namun paling tidak setiap waktu yang ada untuk belajar di sekolah sebaiknya dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Kita harus benar-benar menyerap ilmu yang telah diberikan.

Mungkin gara-gara kemarin tidak serius belajarnya eh jadinya pas sudah besar masih harus belajar lagi.

Kan jadi harus belajar dua kali dan seakan-akan tidak dapat apa-apa pas sekolah. Yah meskipun kita sejatinya seumur hidup memang selalu belajar.


8. Pelajaran di Sekolah Itu Penting, Tetapi Pelajaran Kehidupan Jauh Lebih Penting



Kalau kita amati sekilas, pelajaran di sekolah memang kebanyakan hanya teori semata.

Memang sih banyak siswa dan siswi yang mendapat nilai tinggi. Tetapi apa iyah ilmu yang didapatkan itu bisa ia implementasikan ke dunia nyata.

Itulah permasalahan yang sering terjadi terutama pada golongan orang akademisi.

Pelajaran sekolah memang penting, tetapi pelajaran tentang kehidupan jauh lebih penting.

Karena terkadang orang-orang yang pandai di sekolah cenderung kesulitan dalam menjalani kehidupannya.

Beberapa pelajaran tentang kehidupan yaitu tentang bagaimana me-manage uang dengan baik, bagaimana etika bersosialisasi, dan bagaimana cara menjaga kesehatan dan nutrisi makanan yang tepat.

Bahkan siswa di Jepang sedari SD sudah diajarkan bagaimana menentukan nutrisi makanan seimbang.


9. Terkadang Pilihan Sepele Bisa Berdampak Besar


Hal yang sepele terkadang bisa berdampak besar bagi hidup kita. Misalnya saja dalam menentukan dimana sekolah Anda.

Tentunya ini adalah hal yang sangat penting Anda pertimbangkan karena terkait lingkungan seperti apa nanti yang ingin Anda tempati. Apakah gurunya berkompeten atau tidak, dan apakah fasilitasnya memadai atau tidak.

Maka dari itu jangan terlalu sering mengabaikan hal yang sepele. Karena bisa saja hal yang sepele itu merubah kehidupan Anda sampai 360 derajat.


10. Minta Maaf dan Memaafkan Itu Sulit, Tetapi Jika Tak Melakukannya Anda Akan Jauh Lebih Rugi



Jika Anda melakukan suatu kesalahan, maka tak usah sungkan untuk meminta maaf. Dan begitupun sebaliknya. Jika ada yang meminta maaf tak usah sok jual mahal untuk memaafkan orang lain.

Pokoknya langsung maafkan saja.

Inilah kenyataannya.

Jangan pernah menunda-nunda atau banyak berpikir untuk meminta maaf. Terlalu banyak berpikir justru akan membuat Anda tak melakukan apa-apa.

Kalau sudah lama banget baru mau minta maaf rasanya tuh akan jauh lebih berat karena sudah semakin canggung.

Baca Juga : Cara Terbaik Memaafkan Kesalahan Orang Yang Menyakiti Kita Untuk Hidup Yang Bahagia


Penutup


Itulah sedikit penjelasan tentang 10 hal sepele yang terkadang diabaikan oleh banyak orang dan tak jarang menimbulkan penyesalan di akhir. Saya berharap setelah Anda membaca artikel ini, Anda bisa lebih menghargai hidup dan waktu Anda semasa hidup di dunia.

Jika memang Anda merasa artikel ini bermanfaat, saya hanya mengingatkan bahwa ada tombol share di bawah postingan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar