Skip to main content

10 Fakta Psikologi yang Bisa Kamu Tahu Hanya dengan Mengamati Chat dan Status Seseorang di Sosmed

Fakta yang Bisa Kamu Tahu Hanya dengan Mengamati Chat dan Status Seseorang di Sosmed

Hidupcu.com - Chatting adalah suatu hal yang tak asing lagi di kalangan masyarakat mengingat perkembangan tekologi yang semakin pesat dan jaringan internet yang semakin banyak penggunanya.

Chatting menjadi suatu kebutuhan sendiri bagi masyarakat khususnya para milenial yang ingin berkomunikasi satu sama lain. Mulai dari membahas sesuatu yang penting sampai membahas hal yang tidak penting sama sekali. Bahkan ada juga yang hanya iseng-iseng chat nggak jelas.

Itulah chatting, merupakan suatu media komunikasi dua arah dengan cara saling berbalas pesan.

Media chatting saat ini ada beragam. Diantaranya yaitu Facebook Messenger, Whatsapp, BBM, Beetalk, WeChat, Instagram, dan masih banyak lagi.

Pokoknya tergantung dari kelompok orang tertentu. Ketika suatu sosial media banyak penggunanya maka otomatis yang lain atau minoritas akan mengikuti.

Namun tahukah Anda bahwa dalam chatting ada fakta psikologis yang unik dan perlu kamu ketahui. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak berikut ini.


1. Penggunaan emotikon tak sepenuhnya mewakili perasaan seseorang


Penggunaan emotikon tak sepenuhnya mewakili perasaan seseorang

Yah ini adalah salah satu faktanya. Ketika menggunakan emotikon, sebenarnya belum tentu emotikon tersebut menggambarkan perasaan seseorang yang sesungguhnya.

Misalnya saja ketika kamu menceritakan hal yang lucu pada lawan jenis terkait kekasihmu dan ia hanya membalas emotikon tertawa.

Bisa saja ia tak benar-benar tertawa atas ceritamu. Mungkin saja saat itu ia sedang sakit hati karena ia cemburu dan menaruh hati padamu.

Emotikon terkadang digunakan sebagai formalitas sebagai tanda bahwa ia mengapresiasi apa yang kamu ceritakan.

Atau mungkin juga misalnya kamu cerita lucu tapi ternyata garing dan ia hanya membalas dengan emoticon LOL.

Baca Juga : Bagaimana sih Asal-Usul Terbentuknya Lambang Cinta? Kok Pake Lambang Hati?


2. Seberapa cepat respon seseorang menjawab dan berapa panjang kata-kata yang diketik untuk membalas chat adalah indikasi seberapa antusiasnya ia membalas chat kamu.


Pernah tidak kamu chat seseorang tetapi balasannya cuma “iya”, ”ok”, ”sip”, dan sebagainya.

Kalau dibalas seperti itu berarti dia memang tidak antusias atau agak malas chat denganmu. Apalagi kalau respon membalasnya lama. Itu menandakan bahwa ia sedang tak ingin chat denganmu.

Namun tak ingin chat disini bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Bisa saja ia sedang sibuk mengerjakan sesuatu, baterai hpnya lowbet, sedang berbicara dengan seseorang, lagi mager, atau mungkin juga karena ia memang sedang marah ke kamu.

Intinya tinggal pintar-pintarnya kamu mendeteksi apa alasan dia membalas dengan kata-kata yang minim dan respon yang lambat.


3. Jangan menyelesaikan masalah melalui chat, ada baiknya bertemu langsung


Jangan menyelesaikan masalah melalui chat, ada baiknya bertemu langsung

Hal yang menurut sebagian orang sepele namun cukup penting adalah hal yang satu ini. Dianjurkan untuk tidak menyelesaikan masalah melalui chat.

Ini karena pada saat chat terkadang biasa terjadi salah paham dalam berkomunikasi. Penyebabnya karena pada saat kamu chat dengan seseorang seringkali terjadi salah paham karena dalam chat itu tak ada intonasi.

Jadi bisa saja apa yang kamu sampaikan dan yang orang lain tangkap berbeda. Akhirnya bukan menyelesaikan masalah, tetapi justru memperbesar masalah.

Maka dari itu bila hendak menyelesaikan masalah, ada baiknya jika bertemu langsung. Atau mungkin kalau memang tidak memungkinkan. Minimal langsung telepon saja.


4. Jika seseorang membalas chatmu dengan respon yang cepat tetap balasannya hanya kata pendek berarti ia masih canggung chat denganmu tetapi ia masih ingin chat lama-lama tetapi tak tahu topik apa yang ingin dibahas.


Ini biasaya terjadi ketika kamu baru pertama kali chat seseorang yang mungkin saja tertarik denganmu.

Karena mungkin ia belum terlalu mengenalmu dan tak tahu banyak tentangmu sehingga membuatnya jadi canggung dan bingung topik apa yang hendak dibahas.

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, hanya saja dalam poin ini respon orang yang dichat cepat tetapi balasannya itu hanya kata-kata singkat.

Jika Anda mengalami hal ini maka saya sarankan sebisa mungkin carilah topik menarik yang dibahas atau bisa juga pancing si dia untuk menceritakan tentang dirinya.

Dengan begitu chat akan lebih terasa menyenangkan dan tidak kaku.


5. Bila seseorang hanya membalas chatmu dengan emotikon tanpa kata-kata berarti ia sedang berusaha mengakhiri chat denganmu


Ini merupakan hal umum yang sering terjadi saat kita sedang chat. Jadi ketika seseorang sedang chat denganmu dan ia hanya membalas dengan emotikon berarti ia tengah berusaha untuk mengakhiri chat denganmu.

Balasan yang ia berikan hanya semata-mata untuk menghargai kamu karena telah mengechatnya dan agar kamu tak sakit hati karena chatmu tak dibalas.

Jadi saat kamu chat dengan seseorang dan mendapati hal yang demikian, maka jangan heran kalau selanjutnya chatmu tak dibalas. Toh kamu juga sudah tahu apa maksudnya. Intinya sama-sama saling memahami sajalah.


6. Orang yang sering mengomentari statusmu mengindikasikan bahwa ia tertarik pada kehidupan pribadimu


Orang yang sering mengomentari statusmu mengindikasikan bahwa ia tertarik pada kehidupan pribadimu

Saat kamu membuat status dan ada orang yang mengomentarinya berarti ia termasuk orang yang tertarik dengan kehidupan pribadimu. Apalagi kalau frekuensi komentarnya itu sampai terlalu sering.

Kalau dia adalah lawan jenis berarti ada kemungkinan kalau ia tengah jatuh hati padamu. Ini bisa jadi lampu hijau bagi kamu yang ingin PDKT dengannya.

Jadi coba deh kamu bikin status yang biasa-biasa saja. Kalau misalkan status kamu yang biasa-biasa saja itu dikomentari olehnya maka dipastikan bahwa ia memang ada rasa padamu.

Baca Juga : 14 Tahapan Cara PDKT yang Benar Biar Si Do’i Klepek-Klepek


7. Orang yang tak memakai foto profil biasanya sedang galau atau sedang ada masalah


Pernah tidak kamu melihat di kontak Facebook atau Whatsapp mu ada orang yang tak menggunakan foto profil.

Hati-hati yah, jangan sembarang mengechatnya kalau sedang tak ada perlu. Mungkin saja ia sedang galau atau sedang ada masalah. Nanti kamu loh yang kena imbasnya.

Ibaratnya kaya gangguin macan yang lagi kelaparan. Bukannya menghibur diri dengan berinteraksi dengan macan, malahan kamu yang dimakan.

Jadi intinya jangan pernah chat sembarangan dengan orang yang tanpa foto profil, karena biasanya dia akan lebih sensitif.


8. Jangan pernah menanyakan “Kenapa kamu jarang menggunakan foto sendiri?”


Ini adalah pertanyaan sensitif bagi sebagian orang. karena sejatinya tak semua orang memiliki rasa percaya diri yang sama.

Bila seandainya ada orang yang jarang menggunakan foto aslinya di profil maka usahakan untuk tidak menanyakan alasannya. Karena jangan sampai kamu menyinggung perasaannya.

Bukannya mendapatkan jawaban yang kamu inginkan, bisa saja kamu akan mendapat hal yang tak diinginkan dan bahka akan merenggangkan hubunganmu dengannya.

Baca Juga : Sedang Bersedih, Sadari Analogi Penting Ini Segera



9. Orang yang sering mengganti foto profil menandakan bahwa ia sedang menarik perhatian seseorang


Orang yang sering mengganti foto profil menandakan bahwa ia sedang menarik perhatian seseorang

Kamu mungkin pernah melihat di kontak sosial mediamu seperti di Whatsapp ada orang yang sering sekali mengganti foto profilnya. Padahal baru 4 jam eh sudah diganti lagi. Persediaan fotonya banyak kali yah hehehe.

Biasanya foto yang dijadikan profil itu adalah foto terbaik diantara foto yang lain. Jadi wajar saja kalau ada lawan jenis yang melihat langsung tertarik dan penasaran akan orang yang punya foto tersebut.

Sehingga bisa dikatakan juga bahwa orang yang selalu mengganti-ganti foto profil dengan foto terbaiknya dalam frekuensi yang tinggi berarti ia tengah tebar pesona.



10. Orang yang paling banyak bikin status adalah orang yang paling kesepian


Ini adalah fakta sederhana yang jarang disadari oleh sebagian orang. Kalau kamu ingin tahu di sosial mediamu siapa yang paling kesepian, maka lihatlah siapa yang paling banyak statusnya.

Sebab yang paling banyak statusnya adalah yang paling boring dan melampiaskan kebosanannya itu ke sosial media melalui update status yang aneh-aneh dan nggak jelas.


Penutup


Demikianlah penjelasan tentang 10 fakta yang bisa diketahui hanya dengan melihat chat dan status seseorang di sosmed. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuanmu.

Dan jangan lupa untuk menandai blog ini bilamana suatu saat kamu mau kembali berkunjung tetapi lupa dengan alamatnya. Terima kasih sudah membaca artikel ini.
Postingan Terbaru
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar