Skip to main content

Ini Cara Bagaimana Membuat Waktumu Jadi Lebih Produktif dan Tak Terbuang Percuma

Bagaimana Membuat Waktumu Jadi Lebih Produktif dan Tak Terbuang Percuma

Hidupcu - Dalam menjalani hidup mungkin terkadang kita bertanya-tanya dan berpikir bahwa apakah kita telah menggunakan waktu dengan sebaik mungkin atau justru sebaliknya. Tergantung kegiatan apa yang Anda lakukan dan untuk apa kegiatan tersebut dilakukan.

Jika kegiatan tersebut positif dan membawa dampak yang baik bagi Anda maka bisa dikatakan bahwa Anda tak membuang waktu berharga Anda.

Lain halnya jika waktu Anda digunakan hanya untuk main game, keluyuran nggak jelas, pacaran, dan hal-hal kurang bermanfaat lainnya. Seperti itulah yang dikatakan waktu Anda terbuang percuma.

Pernah tidak Anda punya banyak hal (tugas) untuk dikerjakan tetapi karena terlalu banyak mikir akhirnya tak ada yang beres. Bukannya selesai justru hanya membuat Anda pusing.

Nah, disinilah dibutuhkan keterampilan membagi dan menggunakan waktu secara efisien. Bagaimana caranya? Simak baik-baik artikel ini sampai akhir karena akan dijelaskan secara lengkap.

Daftar Isi :
  1. Mengapa Saya Harus Memproduktifkan Waktu ?
  2. Perbedaan Sibuk dan Produktif
  3. Bagaimana Membuat Waktu Anda Lebih Produktif



Mengapa Saya Harus Memproduktifkan Waktu ?


Perlu Anda ketahui bahwa waktu yang dimiliki hanya ada sekali dan tak dapat diulang kembali. Maka dari itu pergunakanlah sebaik mungkin.

Waktu ibaratkan pedang bermata dua. Jika dipergunakan dengan baik maka akan sangat bermanfaat bagi Anda. Tetapi jika sebaliknya maka siap-siap saja hidup Anda akan dibuat sengsara.

Diluar sana ada banyak orang yang menyesal karena tidak menggunakan waktunya dengan baik.

Terlalu sibuk melakukan hal yang kurang bermanfaat sampai-sampai tak menyadari bahwa usianya tak muda lagi. Dan yang nantinya paling disesali adalah banyak hal yang ingin dilakukan tetapi waktu tak mengizinkan.

Sama halnya dengan manajemen waktu untuk kegiatan sehari-hari. Termasuk tugas dan kegiatan lain.

Jika Anda tak bisa mengaturnya dengan baik tentu Anda akan selalu merasa tak punya cukup waktu untuk melakukan suatu hal.

Apa Anda mau seperti itu terus? Tentu tidak bukan?


Perbedaan Sibuk dan Produktif


Terkadang orang salah mengartikan sibuk dan produktif. Banyak orang yang menafsirkan keduanya padahal sebenarnya berbeda. Perbedaannya yaitu sebagai berikut.

Sibuk :


Orang yang sibuk terus mengerjakan banyak tugas tetapi hanya memberikan sedikit dampak bagi kehidupannya.

Tak punya tujuan yang jelas dalam mengerjakan sesuatu.
Selalu bilang “Ya” pada semua permintaan dan kesempatan.

Produktif


Mengerjakan sedikit tugas tetapi memberi dampak yang besar bagi kehidupannya.
Punya tujuan yang jelas untuk dikerjakan.

Mengatakan “Tidak” pada segala hal yang tidak sejalan dengan tujuannya.

Jadi apakah Anda termasuk orang sibuk atau produktif? Kalau Anda termasuk orang sibuk maka mulai dari sekarang ubah kebiasaan itu. Jadilah orang produktif yang bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya.

Baca Juga : Cara Merubah Mindset Diri Sendiri Terdahsyat Dari Pola Pikir Negatif Menjadi Positif

Bagaimana Membuat Waktu Anda Lebih Produktif


1. Membuat Prioritas Dari Semua Tugas


Membuat Prioritas Dari Semua Tugas

Coba ingat-ingat lagi keseharian Anda. Apakah Anda termasuk orang yang produktif atau malahan orang yang sibuk.

Pada sadarnya orang sibuk dan produktif sama-sama memiliki daftar pekerjaan yang harus diselesaikan.

Yang membedakannya adalah kalau orang sibuk selalu berusaha menyelesaikan segala hal yang ada dalam daftar tugasnya meskipun itu tidak penting.

Sementara orang yang produktif hanya berusaha menyelesaikan tugas yang memang penting.

Terus bagaimana solusinya dong?

Solusinya adalah dengan membuat prioritas tugas sebelum kita mulai mengerjakan sesuatu. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan aturan 5/25 dari Warren Buffet.

Caranya kurang lebih seperti ini :

  • Catat semua tugas di hari itu, dengan demikian maka Anda akan tahu berapa banyak tugas yang menunggu untuk diselesaikan.
  • Tentukan 5 teratas yang akan dijadikan prioritas utama, dengan begitu maka Anda akan memahami karakteristik setiap tugas. Pilihlah 5 teratas yang kira-kira akan memberukan dampak yang besar dalam hidup Anda.
  • Fokuskan perhatian pada 5 tugas teratas. Jadi jangan pernah berpindah ke lain tugas sebelum Anda bisa menyelesaika ke-5 tugas yang pertama tadi.


2. Aturan 5 Detik


Aturan 5 Detik

Setelah menentukan dan memprioritaskan 5 tugas teratas maka selanjutnya adalah memulai.

Tetapi yang terjadi justru timbul masalah baru. Yaitu munculnya kebiasaan jelek kita, yakni kebiasaan menunda pekerjaan. (Baca Juga : Bagaimana mengatasi menunda-nunda pekerjaan).

Salah satu solusinya adalah menggunakan aturan 5 detik dari Mel Robbins. Caranya sangat sederhana dan simpel.

Seperti apakah caranya?

Yaitu hanya dengan menghitung mundur 5, 4, 3, 2, 1 dan mulai!

Lah, kok bisa hanya dengan menghitung mundur kita jadi tidak menunda pekerjaan. Alasannya karena dengan menghitung mundur maka secara otomatis Anda akan mengambil kontrol atas diri Anda sendiri.

Ini terjadi karena pre-frontal cortex atau bagian otak yang berfungsi untuk penalaran, perencanaan, dan kesadaran di non-aktifkan. Akibatnya diri Anda tak lagi menunda melakukan penundaan.


3. Teknik Pomodoro


Teknik Pomodoro

Sebelumnya kita telah belajar bagaimana memprioritaskan tugas, menghilangkan kebiasaan menunda tugas, dan sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara menghilangkan kebosanan dan gangguan.

Pada dasarnya kebosanan ialah suatu musuh yang harus kita taklukkan. Tetapi diri kita telah dirancang dengan mekanisme semakin lama bekerja akan semakin besar  pula kebosanan yang akan dialami.

Dan karena kebosanan itulah sehingga membuat kita mencari hiburan.

Mungkin agak terdengar aneh bagi Anda tetapi sebenarnya hiburan itu adalah gangguan. Gangguan itu bisa dalam bentuk sinetron azab di TV, video tentang bayi-bayi panda yang suka makan nasi goreng di Instagram, sampai video polisi yang joget India di Youtube.

Gangguan seperti ini sebenarnya bukan masalah yang berarti. Tetapi yang jadi perkara ketika Anda menggabungkan antara mengerjakan tugas dan menuruti gangguan tersebut secara bersamaan.

Saat Anda melakukan keduanya bersamaan maka dijamin Anda akan mengorbankan fokus dan akhirnya multitasking.

Bagaimana dong solusinya?

Yaitu dengan menerapkan teknik pomodoro. Teknik ini adalah hasil ciptaan Fransesco Cirillo yang sangat ampuh dalam memanajemen waktu dengan efisien.

Prinsip teknik ini adalah mengharuskan kita untuk memecahkan pekerjaan menjadi interval yang dipisahkan dengan istirahat pendek. Yang mana tiap intervalnya inilah yang dikatakan pomodoro.

Sementara istilah pomodoro sendiri diambil dari kata Italia yang artinya “tomat”. Secara rinci, teknik pomodoro bisa dijabarkan sebagai berikut :

1. Tentukan tugas apa saja yang ingin diselesaikan.

Dalam hal ini pertama-tamu Anda harus menuliskan atau membuat list tugas-tugas apa saja yang ingin dikerjakan. Entah itu yang mudah maupun yang sulit.


2. Tentukan berapa lama waktu yang Anda butuhkan. 

Umumnya dibutuhkan waktu 25 menit. Tetapi itu juga tergantung dari kebutuhan Anda. Jadi tinggal bagaimana kita memodifikasinya sesuai kebutuhan.


3. Mulai mengerjakan tugas.

Ketika mengerjakan tugas Anda tak boleh melakukan multitasking. Anda hanya dizinkan mengerjakan tugas tersebut secara fokus tanpa gangguan.


4. Berhenti saat waktu sudah sampai pada titik yang ditentukan dan beri tanda centang pada selembar kertas. 

Cara ini akan memberi kita sensasi pencapaian yang akan memicu produksi dopamin sehingga membuat kita semakin bersemangat untuk mngerjakan tugas itu di waktu yang berikutnya.


5. Beristirahat Sejenak. 
Dengan beristirahat sejenak maka akan menghindarkan kita dari rasa lelah dan bosan terus-terusan mengerjakan tugas. Dengan waktu sekitar 3-5 menit saya rasa cukup untuk meregangkan tubuh, minum air putih, serta menyelesaikan sedikit persoalan kecil di luar.


6. Setiap Berhasil Menerapkan 4 Pomodoro, Maka Beri Waktu Istirahat yang Agak Lama
Waktu istirahat yang dianjurkan disini adalah sekitar 20-30 menit. Dengan waktu yang demikian, otak kita akan menggunakannya istirahat dan mengolah informasi yang didapat sebelum menerapkan poomodoro berikutnya.

Baca Juga : 10 Pelajaran Hidup yang Sepele dan Mungkin Saja Telat Anda Sadar


Penutup


Demikianlah penjelas terkait bagaimana membuat waktu yang dimiliki jadi lebih produktif dan tidka terbuang sia-sia. Semoga apa yang saya tuiskan dipostingan ini bisa bermanfaat bagi Anda selaku pembaca.

Dan jika memang Anda merasa bahwa artikel ini bermanfaat, maka saya tak keberatan jika Anda ingin membagikannya melalui tombol share di bawah.

Terima Kasih dan Salam Hidupcu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar