Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ekonomi Manajerial: Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Hubungan

Ekonomi Manajerial

Jika berbicara tentang konsep ekonomi manajerial, tentu tak akan jauh dari yang namanya masalah keuangan dan manajemen.

Dalam hal ini seringkali kita jumpai masih ada sebagian orang yang kebingungan dan ingin mencari tahu seputar materi ekonomi manajerial.

Untuk di internet sendiri, cukup banyak yang menyajikan materi terkait ekonomi managerial. Tetapi kadang masih ada juga yang masih merasa belum puas atas jawabannya.

Nah, dalam hal ini saya akan membahas secara lengkap pengertian dan ruang lingkup ekonomi manajerial beserta hal-hal yang berkaitan tentangnya.

Adapun materi ilmu manajerial ekonomi yang akan ditampilkan adalah sebagai berikut.


Apa Itu Ekonomi Manajerial

Secara umum, definisi ekonomi manajerial adalah ilmu atau seni menggabungkan teori ekonomi dengan pengambilan keputusan yang benar.

Ilmu atau keterampilan ini sangat berguna bagi sebuah organisasi karena bisa membantu mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien.


Pengertian Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial merupakan aplikasi dari teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan guna membahas bagaimana suatu organisasi bisa mencapai target dengan efisien.

Menurut Hirschey M, ekonomi manajerial ialah aplikasi teori dan metode ekonomi dalam proses pengambilan keputusan manajerial dan administratif.

Jadi, ekonomi manajerial mengkaji dan mengembangkan prinsip keilmuan yang bisa digunakan sebagai rujukan guna meningkatkan efektivitas dan kualitas pengambilan keputusan manajerial.

Ekonomi manajerial akan sangat bermanfaat bagi manajer dalam memahami bagaimana determinan ekonomi memengaruhi kinerja organisasi dan perilaku manajerial.

Secara ekstensif, ekonomi manajerial memanfaatkan sejumlah alat analisis seperti metode kuantitatif, statistik, dan ruang lingkup ekonometrika serta konsep-konsep manajemen strategi serta analisis keuangan.


Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial adalah teori atau metode ekonomi yang dibutuhkan oleh para eksekutif dalam mengambil keputusan, khususnya dalam hal usaha.

Dengan memanfaatkan teknik dan konsep yang biasa digunakan dalam teori ekonomi dan teori pengambilan keputusan. Beberapa topik yang dibahas antara lain :

  • Optimasi ekonomi
  • Analisis fungsi produksi
  • Perencanaan investasi
  • Teori dan analisis biaya
  • Analisis produk dan struktur pasar
  • Peraturan pemerintah dalam ekonomi
  • Teori dan peramalan permintaan.
  • Analisis kebijakan harga
  • Analisis risiko


Tujuan Ekonomi Manajerial

Tujuan dari mempelajari ilmu ekonomi manajerial adalah agar kita bisa lebih terampil dalam mengelola atau memanajemeni keuangan sekaligus mengambil keputusan manajerial yang tepat.

Terkait masalah pengambilan keputusan muncul pada tiap organisasi, baik itu bermotif laba maupun nirlaba. Disinilah konsep manajerial dibutuhkan.

Saat organisasi itu berusaha mencapai targetnya dalam menghadapi berbagai kendala.

Misalnya bagaimana rumah sakit jiwa berusaha mengobati pasiennya sebanyak mungkin dengan standar kesehatan yang memadai dengan keterbatasan sumber daya. Baik itu dalam hal dokter, fasilitas, perawat, dan sebagainya.


Hubungan Ekonomi Manajerial dengan Ilmu Lain

Meskipun sebuah ilmu terapan, tetapi ekonomi manajerial memiliki hubungan yang erat dengan beberapa ilmu yang lain.

Hubungan tersebut tergambar dari bagaimana teori ekonomi dalam pengambilan keputusan akan memberi landasan teori guna melakukan peramalan dan penjelasan perilaku ekonomi dengan model-model.

Beberapa hubungan ekonomi manajerial dengan ilmu lain adalah sebagai berikut :


  1. Keterkaitan Ekonomi Manajerial dengan Ilmu Keputusan Manajerial
  2. Ekonomi manajerial juga memiliki kaitan yang erat dengan ilmu keputusan (decision science).

    Ilmu ini memanfaatkan media perangkat matematika ekonomi dan ekonometrika guna membentuk dan mengestimasi model keputusan.

    Ini ditujukan guna menentukan bagaimana perilaku optimum perusahaan untuk mendapatkan hasil terbaik secara efisien.

    Matematika ekonomi disini digunakan untuk menjabarkan model ekonomi yang dipostulat dari teori ekonomi.

    Ekonometri lalu menerapkan peralatan statistik pada dunia nyata agar mengestimasi model yang dipostulatkan dari teori ekonomi serta untuk peramalan atau forecasting.

    Contoh :

    Teori ekonomi mendefinisikan bahwa kuantitas yang diminta (Q) untuk komoditas merupakan fungsi atau tergantung pada harga komoditas tersebut (P), pendapatan konsumen (Y), serta harga komoditas lain yang berhubungan (komoditas komplementer atau Pc dan komoditas substitusi atau Ps).

    Maka kita bisa memostulatkan modelnya sebagai berikut :

    Q = (P, Y, Pc, Ps)

    Dengan menghimpun data dari Q, P, Y, Pc dan Ps untuk komoditas tertentu maka kita bisa mengestimasi hubungan empirisnya (ekonometri).

    Hal ini tentunya akan membantu perusahaan dalam menentukan seberapa besar perubahan Q dengan adanya perubahan dalam P, Y, Pc dan Ps, serta untuk meramalkan permintaan dimasa yang akan datang untuk komoditas itu.

    Selain itu, juga akan memberikan informasi penting bagi manajemen dalam menjalankan kebijakan yang sesuai maksud dan tujuan perusahaan.

    Yakni maksimalisasi laba dengan cara efisien.

    Sehingga bisa dikatakan bahwa ekonomi manajerial ialah aplikasi teori ekonomi dan perangkat ilmu pengambilan keputusan guna menemukan solusi optimal dalam masalah keputusan manajerial.


  3. Keterkaitan Ekonomi Manajerial dengan Teori Ekonomi
  4. Keputusan manajemen bisa diambil dengan menerapkan teori ekonomi dan perangkat ilmu terapan.

    Ekonomi mikro mengkaji tentang bagaimana tingkah laku ekonomi secara individual sebagai unit pengambil keputusan dalam sistem perdagangan bebas.

    Ekonomi makro memandangnya dari kacamata secara agregat. Seperti output, pekerjaan, pendapatan, harga total, investasi, dan sebagainya.

    Intinya teori ekonomi berusaha memprediksi dan menjelaskan tingkah laku ekonomi. Teori ekonomi manajerial biasanya diawali dari suatu model.

    Model disini ialah abstraksi dari banyak hal yang melingkupi suatu kejadian dan berusaha mengidentifikasi beberapa hal dari banyak faktor penentu penting dari suatu kejadian.


  5. Hubungan Ekonomi Manajerial dengan Ekonomi Mikro dan Makro
  6. Suatu organisasi bisa saja memecahkan keputusan manajemennya dengan menerapkan teori ekonomi dan perangkat ilmu keputusan. Dasar teori yang digunakan disini ialah teori ekonomi mikro dan ekonomi makro.

    • Mikroekonomi atau ekonomi mikro merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana tingkah laku ekonomis secara individual sebagai unit pengambil keputusan. Misalnya konsumen individu, pemilik sumber daya, serta perusahaan bisnis yang berada dalam sistem perdagangan bebas.
    • Makroekonomi atau ekonomi makro merupakan ilmu yang membahas terkait output, pendapatan, pekerjaan, konsumsi, investasi, serta harga secara total dan agregat di perekonomian jika dilihat secara keseluruhan.

    Teori ekonomi umumnya dijelaskan dalam bentuk model atau persamaan. Jadi model bisa diterima jika mampu memprediksi secara tepat dan prediksinya logis mengikuti semua asumsi.


  7. Hubungan Ekonomi Manajerial dan Strategi Bisnis
  8. Hubungan antara ekonomi manajerial dan strategi bisnis menjadi latar belakang dalam pengambilan keputusan.

    Beberapa area fungsional bisnis antara lain :

    • Keuangan
    • Akuntansi
    • Manajemen sumber daya manusia atau personalia
    • Pemasaran
    • Produksi

    Beberapa yang disebutkan di atas adalah disiplin ilmu tentang lingkungan bisnis dimana perusahaan beroperasi dan diharapkan bisa menyediakan lata belakang bagi pengambil keputusan manajerial.

    Jadi ekonomi manajerial ialah suatu mata kuliah yang ruang lingkupnya luas serta menggabungkan teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan area fungsional ilmu administrasi bisnis.

    Beberapa proses yang terkait dengan semua pengambilan keputusan manajerial antara lain :

    • Penetapan tujuan organisasi atau perusahaan
    • Pendefinisian masalah yang dihadapi organisasi atau perusahaan dalam usaha mencapai tujuan tersebut.
    • Pengidentifikasian berbagai solusi
    • Pemilihan solusi terbaik dari beberapa solusi yang tersedia
    • Pengimplementasian keputusan


  9. Hubungan Ekonomi Manajerial dan Internet
  10. Seperti yang kita ketahui bahwasanya internet sudah masuk ke berbagai seluk beluk kehidupan kita.

    Mulai dari pendidikan, pertanian, kesehatan, dan berbagai bidang lainnya. Termasuk dalam hal perekonomian khususnya pemasaran dan manajerial.

    Disini internet memiliki hubungan dengan ekonomi manajerial karena dengan internetlah kita bisa mencari rujukan atau pengetahuan tentang sepeti apa ekonomi manajerial itu serta bagaimana informasi terbarunya.

    Dengan demikian bisa dikatakan bahwa ekonomi manajerial memiliki hubungan yang tak dapat dipisahkan dengan internet.


Penutup

Kira-kira seperti itulah pembahasan dari saya terkait ekonomi manajerial, semoga bisa bermanfaat bagi teman pembaca sekalian. Jangan lupa untuk membaca beberapa artikel keren berikut ini: