Skip to main content

11 Tips Berhemat Ala Anak Kos Untuk Perubahan yang Lebih Baik

Tips Berhemat Ala Anak Kos Untuk Perubahan yang Lebih Baik

Hidupcu - Kalau berbicara tentang kehidupan anak kos tentu tak terlepas dari mitos kekurangan uang dan makan mie instan. Yah ini sudah menjadi hal biasa yang kita lihat dimasyarakat.

Melalui postingan ini saya akan sedikit berbagi tips dan trik tentang bagaimana sih tips hemat ala anak kos yang tentunya bisa memberi sedikit perubahan pada kehidupan anak kos.

Kebiasaan berhemat sudah pasti harus bisa dijalankan oleh anak kos mengingat kalau anak kos tidak hemat bisa-bisa jadi menderita dan berujung pada makan mie instan sehari-hari atau bahkan jadi korban kekejaman kota metropolitan.

Mungkin kebanyakan dari Anda pembaca pada saat tanggal muda dimana Anda menerima kiriman langsung capcus hangout sama teman-teman ke mall, pergi nonton, karokean, dan makannya di restoran mewah.

Dan ketika tanggal tua hanya berada dikosan sambil nonton TV dan makan mie instan. Seperti yang dikatakan di awal bahwasanya makan mie instan selalu jadi pilihan bagi anak kos mengingat selain harganya yang murah juga rasanya enak.

Jadi untuk membantu Anda semua dalam memanajemen keuangan saya punya beberapa tips untuk membantu permasalahan Anda. Tipsnya antara lain :


1. Buat Catatan tentang Daftar Belanjaan



Tips yang pertama yaitu membuat list atau daftar apa-apa saja yang ingin dibeli. Mulai dari yang paling penting sampai yang mungkin bisa dibeli dikemudian hari.

Kebutuhan yang sangat penting dibeli atau primer meliputi alat mandi, kebutuhan pangan, bensin, sabun cuci, dan obat nyamuk. Tinggal sesuaikan saja kebutuhan Anda.

Sementara untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak seperti smarthphone baru, TV, pakaian baru, lemari baru, dan sebagainya.

Intinya buatlah prioritas antara mana yang memang penting dan kurang penting.

Baca Juga : Selalu Bersyukur Dalam Keadaan Apapun Bisa Bikin Hidup Kamu SEMPURNA


2. Sesuaikan Daftar Belanjaan Anda dengan Jumlah Uang Kiriman yang Anda Punya

Setelah membuat list maka selanjutnya Anda harus membandingkan daftar belanjaan Anda dengan jumlah uang yang Anda punya.

Kalau seandainya jumlah uang Anda kurang maka kurangilah beberapa daftar barang dalam list.

Dan kalau misalkan uang Anda lebih mungkin Anda bisa mempertimbangkan antara membeli beberapa barang atau memilih menabungnya.

Pokoknya pilihlah yang setidaknya tidak terlalu membuat Anda menderita karenanya.


3. Lakukan Penghematan


penghematan

Dalam poin ini setidaknya Anda harus mengeluarkan semua skill penghematan yang Anda miliki. Setidaknya lakukanlah beberapa tips berikut :

  • Usahakan jangan langsung menghabiskan seluruh uang kiriman
  • Ambil uang seperlunya saja, kalaupun ada sisanya lebih baik biarkan saja di ATM
  • Tentukan batas maksimal uang yang bolah Anda belanjakan setiap hari, misalkan 20 ribu.
  • Sisihkan sedikit uang Anda dalam celengan, itu akan sangat berguna dikala kondisi Anda benar-benar genting.

Baca Juga : Tips Jitu Bagi Anak Kos dan Anak Rantau Bagaimana Mengelola Keuangan dengan Bijak

4. Untuk Makanan Lebih Baik Masak Sendiri


memasak sendiri

Umumnya para anak kos khususnya laki-laki malas sekali untuk masak. Mereka lebih memilih untuk membeli nasi bungkus yang harganya sedikit mahal ketimbang harus repot-repot masak.

Coba pikir-pikir lagi. Berapa banyak uang yang bisa Anda hemat jika makanan yang Anda makan sehari-hari adalah masakan sendiri.

Memang sih makanan yang dijual itu sehat dan praktis, tetapi ingatlah uang Anda juga akan cepat terkuras.

Kalau begitu terus lama kelamaan saat uang Anda mulai sedikit tentu Anda akan beralih ke mie instan sebagai langkah penghematan.


5. Survey Tempat Makan yang Murah

Kalau misalkan ada kesempatan atau waktu luang, Anda bisa pergi mengelilingi atau mencari informasi tentang tempat makan yang murah di sekitar kos atau kampus.

Dengan mengetahui tempat makan yang murah setidaknya Anda telah punya pilihan tempat makan kalau seandainya Anda benar-benar tak sempat untuk memasak.

Setidaknya cara ini ampuh untuk menekan besarnya pengeluaran.

Ini juga bisa dijadikan strategi kalau misalkan teman kampus Anda mengajak ingin makan di luar dan Anda gengsi kalau tidak memenuhi permintaannya.

Baca Juga : 10 Pelajaran Hidup yang Sepele dan Mungkin Saja Telat Anda Sadari


6. Beli Barang-barang Kebutuhan di Pasar Tradisional


Beli Barang-barang Kebutuhan di Pasar Tradisional

Sebagai anak kos Anda juga tak boleh sok membeli barang-barang kebutuhan di tempat-tempat yang elit.

Jangan karena mau dibilang trendi sampai-sampai membuat Anda menderita di akhir. Pilihan untuk belanja di pasar tradisional bisa jadi solusi terbaik untuk menekan pengeluaran.

Alasannya karena di pasar tradisional sendiri harga barang-barangnya bisa ditawar. Jadi tinggal bagaimana pintar-pintarnya Anda menawar.

Tapi sesekali Anda juga bisa kok belanja ke mall. Namun dengan catatan pada saat ada diskon saja. Karena kalau tidak nanti kantong Anda bisa jebol loh.


7. Hindari Hura-Hura Tak Jelas

Bagi kaum anak kos saya katakan jangan pernah hura-hura untuk menghambur-hamburkan uang hanya untuk hal yang tidak penting.

Hal ini biasanya terjadi pada saat ada diskon besar-besaran. Mungkin karena memang suka atau terlalu terbawa nafsu sehingga barang-barang yang mestinya tidak terlalu dibutuhkan jadi terbeli.

Jadi sekali lagi saya katakan hindari hal ini. Karena jika melakukannya saya jamin Anda akan mengalami penyesalan dibelakangnya.


8. Jangan Hanya Ikut-ikutan Perilaku Teman

Pergi happy-happy dengan teman-teman ke suatu tempat tak boleh sering-sering dilakukan, khususnya bagi anak kos.

Apalagi Anda adalah tipe anak kos yang mendapat uang kiriman dibawah rata-rata perbulannya.

Jangan karena diajak teman nongkrong di mall, kafe, dan restoran mahal Anda langsung mengiyakan tanpa pikir-pikir dahulu tentang masalah keuangan Anda.

Kalau orang tua Anda punya uang yang banyak dan pekerjaannya bagus yah boleh saja. Tetapi bagaimana jika sebaliknya.

Bila keuangan keluarga Anda termasuk menengah ke bawah dan Anda masih sering nongkrong sama teman-teman Anda di tempat elit maka bisa saya katakan bahwa Anda telah jahat sama orang tua sendiri.

Bagaimana tidak jika orang tua Anda susah-susah cari uang untuk biaya kuliah dan hidup anaknya tetapi Anda sendiri menggunakannya untuk pergi ke tempat elit hanya untuk memenuhi ego.

Pikir lagi kawan. Ingat orang tua Anda di rumah. Ingat bagaimana keluh kesahnya saat pulang bekerja.

Apa iyah Anda tega menyi-nyiakan kerja keras mereka hanya untuk memenuhi ego. Pikirkanlah lagi kawan.

Baca Juga : Bagaimana Karakteristik Orang-orang Toxic (Beracun) ?


9. Hindari Teman-Teman yang Memberi Pengaruh Negatif


Hindari Teman-Teman yang Memberi Pengaruh Negatif

Hidup di kota memang memiliki tantangan tersendiri, khususnya dari segi pergaulan. Pilihlah teman bergaul yang tak memberi pengaruh negatif kepada Anda.

Jangan sampai Anda terjebak dalam dunia narkoba, dan pergaulan bebas. Ingatlah kawan bahwa sekali Anda terjebak di dalamnya akan sangat sulit untuk keluar darinya.

Selain dapat menguras uang, bahkan Anda juga jadi beresiko masuk penjara. Apa Anda mau seperti itu? Tentu tidak bukan?

Maka dari itu carilah teman yang bisa memberi pengaruh positif kepada diri Anda. Kalaupun Anda tak menemukannya, setidaknya carilah teman yang tak membawa Anda ke hal negatif.


10. Gunakan Waktu Anda Sebaik Mungkin

Dalam hal ini gunakanlah waktu Anda seoptimal mungkin. Ingatlah bahwa waktu hanya datang sekali dan tak bisa ditambah ataupun diulangi. Jadi jangan sia-siakan waktu yang Anda punya.

Jangan gunakan waktu Anda untuk berlama-lama di diskotik, mall, atau tempat sejenisnya.

Lebih baik gunakan waktu Anda untuk ke masjid beribadah mendekatkan diri kepada-Nya atau belajar sebaik mungkin untuk meraih suatu prestasi.

Saat Anda mampu berprestasi setidaknya orang tua akan merasa bangga dan meneteskan air mata kebahagiaan. Saya pikir Anda mungkin sangat ingin melihatnya.


11. Praktekkan

Apa yang ada dalam postingan ini hanyalah sebuah bullshit kalau seandainya Anda sama sekali tak mempraktekkannya.

Maka dari itu setelah membaca postingan ini, sebisa mungkin usahakan untuk mengimplementasikannnya dalam dunia nyata.

Saya yakin dengan mempraktekkannya setidaknya Anda bisa lebih menekan biaya pengeluaran dan meminimalisir pengkonsumsian mi instan sebagai langkah penghematan.

Baca Juga : 6 Hal yang Wajib Kamu Jauhi Di Usia 20 Tahun Biar Hidupmu Nggak Rusak


Penutup

Itulah tips dari saya terkait beberapa cara menghemat uang ala anak kos versi hidupcu. Kalau misalkan ada yang ingin Anda tanyakan tentang artikel di atas silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan.

Saya sangat berharap Anda mau berkomentar. Karena dengan begitu saya jadi punya bahan evaluasi untuk mengembangkan hidupcu menjadi lebih baik kedepannya.

Sekaligus sebagai bahan pembahasan kalau misalkan ada suatu hal dalam postingan ini yang belum terlalu dipahami.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar