Skip to main content

Tips Bagaimana Kamu Bisa Punya Pengetahuan yang Luas Seperi Bill Gates dan Elon Musk

Tips Bagaimana Kamu Bisa Punya Pengetahuan yang Luas Seperi Bill Gates dan Elon Musk

Hidupcu.com - Berbicara tentang sosok Bill Gates dan Elon Musk tentu bukanlah hal yang aneh lagi bagi kita.

Pasalnya kedua tokoh tersebut memiliki peran yang besar dalam perkembangan dunia teknologi. Dan bahkan karyanya dalam dunia teknologi masih kita gunakan sampai sekarang ini.

Bill gates adalah seorang pendiri Microsoft yang bahkan sempat jadi orang terkaya di dunia.

Sementara Elon Musk adalah orang yang menciptakan atau membuat sistem layanan pembayaran online terbesar dan terkemuka di dunia yaitu PayPal.

Tetapi tentu saja pencapaian itu diperoleh dari hasil perjuangan dan kerja keras yang tak main-main.

Toh untuk bisa menciptakan suatu karya khususnya dalam hal teknologi dibutuhkan pengetahuan yang luas. Terutama tentang pemrograman dan kebutuhan pengguna.

Ngomong-ngomon tentang pengetahuan. Disini yang membuat penasaran bagaimana sih metode, prinsip, tips, trik, atau cara Bill Gates dan Elon Musk sehingga bisa memiliki pengetahuan yang luas.

Anda tentunya mau kan punya pengetahuan yang luas seperti Bill Gates dan Elon Musk?

Nah disini kita akan bahas secara lengkap bagaimana cara Bill Gates dan Elon Musk bisa punya pengetahuan yang luas. yuk kita simak beberapa tipsnya berikut ini.


Gunakan Waktu yang Kamu Punya Sebaik Mungkin


Tahukah Anda bahwasanya di tahun 2019, Bill Gates telah berusia 63 tahun dan Elon Musk berusia 47 tahun. Sudah tidak muda lagi yah. Ya iyalah kan emang udah tua...hehehe sorry bercanda.

Ok saya akan coba menggambarkan sedikit apa yang mereka lakukan selama masa mudanya.

Yang pertama Bill Gates, semasa kecilnya ia habiskan waktunya berjam-jam di depan komputer untuk menulis program, main game, dan mempelajari banyak hal tentang komputer.


Bahkan saking ahlinya ia dalam dunia komputer, ia sempat meretas sistem komputer sekolah dan sistem manufaktur komputer. Bill Gates juga menemukan dan memperbaiki kesalahan sistem komputer (debugging system) dan meretasnya kembali.

Sementara Elon Musk sendiri hidup hanya dengan satu dollar perhari, membaca 60 buku dalam sebulan, mengoreksi gurunya kalau salah (terkadang musk lebih berwawasan dibandingkan gurunya), dan mempelajari berbagai hal.

elon musk

Di usia 10 tahun Musk telah mampu mengoperasikan komputer dengan commodore VIC-20. Karena kejeniusannya dalam mempelajari bahasa pemrograman dengan otodidak. Membuat dirinya berhasil menjual video game yang judulnya Blastar di sebuah majalah komputer seharga 500 dollar.

Sungguh, mungkin seperti itulah yang dikatakan usaha tak akan mengkhianati hasil. Dari usahanya selama ini belajar bahasa pemrograman membuatnya mendapatkan apa yang ia inginkan.

Dari penggambaran singkat kedua tokoh legend tersebut mungkin kamu sudah paham bagaimana mereka menggunakan waktunya.

Mereka mendedikasikan waktu yang dimiliki untuk mempelajari hal baru dan yang sesuai dengan passionnya. Ikuti passionmu niscaya kamu akan menemukan kesuksesan.

Pelajarilah sesuatu yang baru setiap hari. Bangun pengetahuan itu seolah-olah kamu menyusun batu bata untuk membangun menara besar. Perlahan namun pasti. Lama kelamaan kamu bahkan tak sadar sudah sebanyak apa pengetahuan yang kamu miliki.

Baca Juga : 6 Kebiasaan Orang Sukses Setiap Hari Yang Sangat Perlu Ditiru


Perbanyak Membaca


Layaknya orang sukses kebanyakan. Budaya membaca harus dijadikan suatu kebiasaan yang mendarah daging. Pasalnya bagaimana mungkin kamu memperoleh pengetahuan yang luas kalau kamu sendiri malas membaca.

Membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca kamu bisa melihat dunia dari perspektif yang berbeda.

Membaca disini tidak harus dengan buku terus menerus. Kamu bisa juga membaca dari e-book, artikel ilmiah di internet, atau beberapa situs tanya jawab seperti quora yang bisa menambah asupan pengetahuanmu.

Bahkan kamu juga bisa mendengarkan audio yang berisi pembahasan pengetahuan. Contohnya seperti audio di channel youtube “Pagar Kehidupan”.

Disitu ada banyak pengetahuan tentang bagaimana supaya hidup lebih berkualitas dan dipenuhi kebahagiaan.

Intinya channel tersebut sangat recomended bagi saya bagi kamu yang punya banyak masalah sosial.

Tetapi disini kamu tak harus mempelajari banyak bidang. Cukup yang sesuai dengan tujuan hidupmu dan sesuai passionmu. Karena lebih baik expert dalam satu bidang daripada general dalam banyak bidang.

Tahukah kamu bahwa Bill Gates memiliki kebiasaan membaca lebih dari 50 buku tiap tahunnya. Berarti ia membaca satu buku perminggunya.

Nah coba bandingkan dengan diri Anda? Berapa buku yang Anda baca perminggunya? Atau pertahunnya?

Untuk kebanyakan orang bahkan tak membaca satupun buku dalam beberapa bulan.

Jadi, sudah sedikit paham kan apa yang membedakan Anda dengan sosok Bill Gates dan Elon Musk.

Maka dari itu mulai dari sekarang mulailah membuat jadwal membaca Anda untuk mengadopsi kebiasaan disiplin yang nantinya bisa menumbuhkan manfaat yang tak terhitung jumlahnya.

Baca Juga : Cara Merubah Mindset Diri Sendiri Terdahsyat Dari Pola Pikir Negatif Menjadi Positif


Mulailah Membuat Catatan


Mulailah Membuat Catatan

Setelah selesai membaca banyak buku dalam sebulan atau setahun, terkadang kita melupakan beberapa poin penting dari buku yang telah dibaca.

Nah, untuk mengatasi hal itu mulailah untuk membuat catatan tentang poin-poin penting yang telah kamu baca. Dengan begitu ingatanmu akan terefleksikan dengan baik akan sesuatu yang pernah kamu baca.

Membuat catatan juga akan membantumu untuk membentuk koneksi yang telah tertanam lebih dalam dipikiranmu. Sehingga membuatnya lebih mudah jadi lebih mudah untuk diingat.


Terapkan dan Diskusikanlah


Setelah kamu membuat catatan akan poin penting yang pernah kamu baca. Maka selanjutnya kamu harus mempraktekkannya sendiri. Karena teori hanya menjadi sebuah teori jika tidak diimplementasikan.

Pengetahuan yang kamu miliki terkadang jadi tak berguna jika hanya disimpan sendiri. Cobalah untuk menguji apa yang kamu telah baca. Praktekkan dan lihat bagaimana hasilnya. Apakah seperti yang kamu bayangkan atau justru sebaliknya.

Bilamana ada kesalahan yang kamu lakukan. Mungkin saja orang yang kamu ceritakan pengetahuanmu itu bisa memberi solusi. Intinya kamu bisa saling sharing pengetahuan.

Jangan ragu untuk membantah pendapat orang lain kalau memang dia salah. Luruskan dan berikan penjelasan yang masuk akal sehingga dia tak terus-terusan salah paham. Bicara, debatkan, bahas, pahami, kemudian ulaslah.

Baca Juga : Biografi Mark Zuckerberg dan Bagaimana Facebook Didirikan Hingga Seperti Sekarang


Kelilingi Diri Anda dengan Orang-orang yang Cerdas



Hampir sebagian besar orang sukses di dunia ini memiliki acuan atau mentor yang selalu membimbing, mengklarifikasi keraguan, serta memotivasi mereka untuk mempertimbangkan segala keputusan dan merenungkan bagaimana dunia kita ini bisa bekerja.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa jika kita berada di dekat penjual ikan kita akan bau ikan. Dan jika kita berada di dekat penjual parfum maka kita akan bau parfum.

Yah kira-kira seperti itu penggambaran singkat tentang bagaimana menempatkan diri kita dalam lingkungan yang sesuai.

Jika Anda memang ingin punya banyak pengetahuan maka dekat-dekatlah dengan orang-orang cerdas dan banyak pengetahuan. Bukannya berkumpul dengan orang-orang yang suka ngomong nggak jelas dan ngawur.

Cobalah untuk mencari orang-orang yang berwawasan daripada Anda dalam suatu hal. Pelajari hal-hal positif darinya, mintalah pendapatnya, nasihatilah, dan tinggalkan egomu jauh-jauh.

Jangan jadi orang sok tau yang merendahkan orang lain. Karena bisa saja apa yang orang lain ketahui belum tentu kamu tahu. Selalulah bersikap rendah hati sembari menghargai orang lain.

Dengan begitu niscaya kamu akan dimudahkan untuk mencapai kesuksesan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar