Skip to main content

Memimpin, Dipimpin, Kepemimpinan dan Pemimpin Dalam Islam 100% Lengkap

Kepemimpinan dan Pemimpin

Hidupcu - Di internet maupun di dunia nyata terkadang ada yang masih belum tahu tentang kepemimpinan dan pemimpin. Baik itu kepemimpinan dan pemimpin dalam islam, maupun persamaan pemimpin dan kepemimpinan. Dan masih banyak lagi sejenisnya.

Intinya segala hal yang menyangkut kepemimpinan dan pemimpin.

Maka dari itu, dalam postingan ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai pemimpin dan kepemimpinan agar kita semua bisa memahami seperti apa makna pemimpin dan kepemimpinan itu.

Ok, langsung saja kita ke topik utamanya

Daftar Isi
  1. Kepemimpinan dan Pemimpin Dalam Islam
  2. Kepemimpinan dan Pemimpin Apa Bedanya?
  3. Siapakah Pemimpin dan Apakah Kepemimpinan Itu?
  4. Kepemimpinan, Pemimpin, Dipimpin, dan Memimpin
  5. Kepemimpinan Pemimpin dan Manajer
  6. Persamaan Kepemimpinan dan Pemimpin



Kepemimpinan dan Pemimpin Dalam Islam


Kepemimpinan dan Pemimpin Dalam Islam

Pemimpin Dalam Islam

Dalam agama Islam, pemimpin sering juga disebut khalifah. Yang dimana khalifah berarti wakil, pengganti, atau duta.

Sementara menurut istilah, khalifah adalah orang yang bertugas menegakkan syariat Allah SWT, memimpin kaum muslimin dalam menyempurnakan penyebaran agama islam dan memberlakukan kepada seluruh umat islam secara wajib, serta sebagai pengganti kepemimpinan Rasulullah.

Firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 30 yang berbunyi :

Dan ingatlah saat Tuhanmu berfirman pada para malaikat: “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”.

Seorang pemimpin (leader) haruslah seseorang yang shidiq, tabligh, amanah, dan fathanah. Yang menggunakan kemampuan, sikap, naluri, serta ciri kepribadian yang sesuai ajaran islam.

Dan mampu menciptakan suatu kondisi dimana orang lain yang dipimpinnya bisa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.


Kepemimpinan Menurut Islam


Kepemimpinan dalam islam seperti yang dijelaskan dalam Al-qur’an seringkali disebut dengan imamah. Sementara pemimpin dikenal dengan istilah imam.

Al-qur’an senantiasa mengaitkan kepemimpinan dengan hidayah dan pemberian petunjuk pada kebenaran.

Sosok pemimpin tak boleh melakukan kezaliman. Entah itu dalam tingkat apapun. Mau itu keilmuan,
perbuatan, ataupun kezaliman dalam mengambil keputusan dan aplikasinya.

Rasulullah SAW bersabda :

Setiap dari kalian adalah pemimpin. Dan setiap dari kalian akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang Amir merupakan pemimpin. Suami adalah pemimpin atas keluarganya. Dan wanita juga adalah pemimpin atas rumah tangga suami dan anak-anaknya. Maka masing-masing dari kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya (HR. Bukhari)

Sehingga bisa dikatakan bahwa kepemimpinan dalam islam berarti memimpin seseorang. Memimpin disini bisa diartikan menuntun, menunjukkan jalan, serta membimbing atau mendidik agar senantiasa berada di jalan yang benar.

Baca Juga : 70 Pengertian Kepemimpinan dan Pemimpin Menurut Para Ahli Lengkap


Kepemimpinan dan Pemimpin Apa Bedanya?


Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memengaruhi orang-orang untuk bekerja menggapai tujuan dan sasaran yang diinginkan.

Adapun pemimpin ialah suatu peran atau ketua dalam sistem di suatu organisasi atau kelompok.

Menurut Suradinata, pemimpin ialah orang yang memimpin suatu kelompok yang terdiri dari dua orang atau labih, entah itu organisasi maupun keluarga. Sementara kepemimpinan adalah kemampuan pemimpin dalam mengendalikan dan memengaruhi pikiran, perasaan, atau tingkah laku orang lain dalam mencapai tujuan tertentu.

Winardi juga berpendapat bahwa pemimpin terdiri atas pemimpin formal dan pemimpin informal.

Pemimpin formal berarti seorang (pria dan wanita) yang oleh organisasi tertentu ditunjuk untuk memangku suatu jabatan dalam struktur organisasi yang ada dengan segala hak dan kewajiban yang berkaitan dengannya untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi tersebut ditetapkan dari awal.

Adapun kepemimpinan ialah suatu keahlian yang ada pada diri seorang yang memimpin dan tergantung dari macam-macam faktor, entah itu faktor intern maupun ekstern.

Menurut Siagian, pemimpin merupakan suatu figur sentral yang memersatukan kelompok. Adapun kepemimpinan ialah keterampilan atau kemampuan seseorang dalam memengaruhi perilaku orang lain, entah itu yang kedudukannya lebih tinggi maupun yang lebih rendah dalam berpikir dan bertindak agar perilaku yang awalnya egosentrik berubah jadi perilaku yang organisasional.

Ishak Arep dan Tanjung juga ikut berpendapat, bahwasanya kepemimpinan ialah kemampuan seseorang dalam menguasai dan memengaruhi orang lain atau masyarakat yang beraneka ragam untuk mencapai tujuan tertentu.

Pemimpin menurut Brown adalah posisi yang tak dapat dipisahkan dari kelompok, tetapi boleh saja dipandang sebagai suatu posisi dengan potensi tinggi di lapangan.

Krech dan Crutchfield menganggap bahwa dengan kebaikan dari posisinya yang khusus dalam kelompok, ia berperani sebagai agen primer dalam penentuan struktur, suasana, tujuan, ideologi, dan aktivitas kelompok.


Siapakah Pemimpin dan Apakah Kepemimpinan Itu?


Mengulas lebih dalam tentang makna pemimpin dan kepemimpinan terkadang menjadi suatu pembahasan yang amat panjang. Apakah sebenarnya makna dari pemimpin dan kepemimpinan itu.

Kita seringkali mendengar banyak orang di luar sana berbicara tentang pemimpin padahal mungkin mereka belum mengetahui dengan pasti bagaimana arti dan pengertian dari pemimpin. Termasuk bagaimana caranya membangun kepemimpinan yang kuat.

Pada dasarnya pemimpin dan kepemimpinan itu merupakan sebuah sinergi yang mutlak.

Pemimpin merupakan orang yang membantu diri sendiri dan orang lain dalam melakukan hal yang benar. Mereka membangun arah, tujuan, serta visi yang inspiratif dalam menciptakan sesuatu.

Sementara kepemimpinan ialah cara Anda membuat peta perjalanan untuk menang sebagai tim atau  organisasi.

Dalam kepemimpinan yang baik selalu ada keterampilan manajemen yang handal sehingga bisa membimbing orang-orang untuk senantiasa efektif dan efisien.

Baca Juga : Kumpulan Indikator Gaya Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Martoyo, Hasibuan, Wahjosumidjo, dan yang Lainnya)


Kepemimpinan, Pemimpin, Dipimpin, dan Memimpin


Kepemimpinan, Pemimpin, Dipimpin, dan Memimpin

1. Pemimpin


Pemimpin ialah seseorang yang memiliki skill atau kemampuan dalam memengaruhi, mengatur, mengarahkan, dan mengkordinir orang lain agar bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.

Atau bisa juga dikatakan bahwa pemimpin adalah seseorang yang dapat mengarahkan bawahannya untuk tujuan tertentu.

Apabila kata “Pemimpin” dialih bahasakan ke bahasa Inggris menjadi Leader. Leader disini bertugas dan bertanggung jawab untuk me-LEAD para pengikutnya.

Beberapa makan LEAD itu sendiri antara lain :

  • Loyalitas, artinya tiap pemimpin punya tanggung jawab dalam menumbuhkan loyalitas para pengikutnya guna mencapai tujuan tertentu. Ini bisa terwujud dengan memberikan motivasi pada para pengikutnya untuk semakin bersungguh-sungguh dalam berproses.
  • Edukasi, artinya tiap pemimpin harus membekali semua bawahannya dengan edukasi dan pengetahuan. Ini akan membantu mempercepat pencapaian tujuan dan meningkatkan kualitas tiap pengikutnya.
  • Nasehat, artinya jika dalam suatu kepemimpinan terdapat masalah maka pemimpinlah yang harus memberikasn saran dan nasehat agar masalah itu bisa terselesaikan.
  • Disiplin, artinya tiap pemimpin harus bersikap disiplin dan jadi tauladan bagi para bawahannya.

2. Kepemimpinan


Kepemimpinan merupakan cara seseorang dalam memengaruhi orang lain agar orang tersebut mau bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Atau bisa juga diartikan bahwa kepemimpinan ialah cara seseorang pemimpin mengarahkan bawahannya guna mencapai tujuan tertentu.

Kepemimpinan tiap pemimpin tak harus sama, tergantung dari bagaimana pembawaan pemimpin dan kondisi bawahannya.

Kepemimpinan harus sejalan dengan kondisi bawahannya agar pengikut merasa senang dalam berproses dan tak merasa dipaksa maupun tertekan.


3. Dipimpin


Dipimpin ialah proses ketika individu maupun kelompok mendapatkan arahan dan pengaruh dari seorang pemimpin guna mencapai suatu tujuan tertentu.

Singkatnya, dipimpin ialah proses dimana individu atau kelompok mengikuti arahan pemimpinnya.


4. Memimpin


Memimpin merupakan proses ketika seorang pemimpin mengarahkan atau memengaruhi bawahannya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Sehingga bisa dikatakan bahwa memimpin adalah proses kebalikan dari dipimpin tadi.


5. Terpimpin


Terpimpin merupakan situasi ketika individu atau kelompok mampu dipimpin dengan baik atau terkontrol oleh seorang pemimpin guna mencapai misi atau tujuan tertentu.

Baca Juga : Pengertian, Ciri Serta Contoh Kepemimpinan yang Baik dan Kurang Baik Brainly


Kepemimpinan Pemimpin dan Manajer


Sebelumnya mungkin telah banyak dijelaskan tentang pemimpin dan kepemimpinan. Jadi dalam poin ini saya rasa sudah cukup penjelasan tentang pemimpin dan kepemimpinan.

Sehingga untuk lebih efisien maka kita langsung saja ke topik intinya yaitu tentang manager.

Pengertian Manager


Manager merupakan seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan cara mengkoordinir kegiatan-kegiatan untuk mencapai sasaran organisasi.


Tingkatan Manager


1. Manajemen Lini Pertama (First-Line Management)

Tingkatan ini merupakan tingkatan terendah dari manajemen yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam suatu proses produksi.

Mereka dikenal juga sebagai penyedia (supervisor), manajer shift, manajer kantor, manajer area, manajer departemen, atau mandor.


2. Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management)

Tingkatan ini mencakup semua manajemen yang berada diantara manajer lini pertama dan manajemen puncak sebagai penghubung diantara keduanya.

Jabatan yang termasuk dalam tingkatan ini adalah kepala bagian, manajer pabrik, pemimpin proyek, atau manajer divisi.


3. Manajemen Puncak (Top Management)

Tingkatan manajemen ini dikenal pula dengan istilah executive officer yang bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan bagaimana jalannya perusahaan.


Persamaan Kepemimpinan dan Pemimpin


Kalau berbicara tentang persamaannya, saya rasa hampir sebagian besar kedua hal ini memiliki kesamaan dan keterlibatan satu sama lain. Atau dalam artian keduanya adalah suatu kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

Intinya keduanya sama-sama membahas tentang bagaimana agar bawahan atau pengikut bisa diarahkan untuk bisa mencapai tujuan bersama tanpa merasa ditekan ataupun dipaksa.

Baca Juga : 7 Trik Jago Berbicara di Depan Umum yang Digunakan Para Ahli


Penutup


Demikianlah penjelasan tentang memimpin, dipimpin, kepemimpinan dan pemimpin dalam islam, perbedaan, persamaan, dan segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan.

Semoga apa yang saya bagikan ini bisa berguna bagi Anda sekalian selaku pembaca. Terima kasih yang luar biasa saya ucapkan karena telah berkunjung ke Hidupcu. Salam kenal dan sampai jumpa di artikel berikutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar