Skip to main content

70 Pengertian Kepemimpinan dan Pemimpin Menurut Para Ahli Lengkap


Hidupcu - Dalam kehidupan sehari-hari terkadang masih ada juga orang yang tak mengetahui tentang kepemimpinan dan pemimpin menurut para ahli. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa dalam hidup ini selalu ada yang namanya pemimpin.

Kepemimpinan dan Pemimpin Menurut Para Ahli

Pengertian kepemimpinan dan pemimpin menurut para ahli umumnya hanya dicari sebagian orang ketika ada tugas sekolah atau kampus. Namun, disamping itu ada baiknya jika semua orang tanpa terkecuali mengetahui seperti apa kepemimpinan dan pemimpin berdasarkan pendapat para ahli.

Kepemimpinan dan Pemimpin Menurut Para Ahli

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli


Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

1. Hoyt;Terry;Tead (dalam Kartono, 2003)

Kepemimpinan merupakan kegiatan memengaruhi oran lain agar mau melakukan kerja sama yang didasarkan pada skill orang tersebut dalam membimbing orang lain guna mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.


2. Young (dalam Kartono, 2003)

Kepemimpinan ialah bentuk dominasi yang didasarkan atas kemampuan pribadi yang mampu mengajak dan mendorong orang lain guna melakukan sesuatu yang didasarkan atas penerimaan kelompoknya, serta mempunyai keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus.


3. Moejiono (2002)

Moejiono memandang bahwa leadership atau kepemimpinan itu sebenarnya adalah akibat pengaruh satu arah. Sebab pemimpin mungkin mempunyai kualitas-kualitas tertentu yang membedakan antara diri dan pengikutnya.

Para ahli teori sukarela cenderung menganggap leadership sebagai pemaksaan dan pendesakan secara tidak langsung, serta sebagai sarana guna membentuk kelompok seperti keinginan pemimpin.

Baca Juga : Kumpulan Indikator Gaya Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Martoyo, Hasibuan, Wahjosumidjo, dan yang Lainnya


4. George R. Terry

Kepemimpinan merupakan hubungan yang ada pada seseorang atau pemimpin. Memengaruhi orang lain untuk mau bekerja secara sadar dalam hal tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.


5. Ordway Tead

Kepemimpinan ialah paduan perangai yang memungkinkan seseorang sanggup mendorong pihak lain menyelesaikan tugasnya.


6. Rauch dan Behling

Kepemimpinan yakni proses memengaruhi kegiatan sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan.


7. Katz dan Kahn

Kepemimpinan merupakan peningkatan pengaruh perlahan demi perlahan pada dan berdasarkan kepatuhan mekanis terhadap pengerahan-pengerahan rutin organisasi.


8. Hemhill dan Coon

Kepemimpinan merupakan tindakan dari seseorang yang memimpin aktivitas-aktivitas atau kegiatan suatu kelompok guna mencapai tujuan bersama


9. Willian G.Scoot

Kepemimpinan yaitu proses memengaruhi kegiatan yang terorganisir pada suatu kelompok untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.


10. Stephen J.Carrol dan Henry L.Tosj

Kepemimpinan merupakan proses mempengeruhi orang lain guna melakukan apa yang saya inginkan dari mereka untuk melaksanakannya.


11. Dr. Thomas Gordon

Kepemimpinan bisa dikonseptualisasikan sebagai suatu interaksi antara individu dengan kelompok.

Atau antara individu dengan para anggota kelompok dimana setiap pesertanya memainkan peranan dengan cara tertentu dan harus dipilah-pilahkan dari satu dengan yang lain.

Dasar pemilihan ini adalah soal pengaruh, pemimpin yang memengaruhi, serta orang lain yang dipengaruhi.


12. Tannenbaum, Weschler dan Massarik

Kepemimpinan merupakan pengaruh antarpribadi yang dijalankan pada situasi tertentu, serta diarahkan dengan proses komunikasi ke arah pencapaian satu maupun beberapa tujuan tertentu.

Baca Juga : Pengertian, Ciri Serta Contoh Kepemimpinan yang Baik dan Kurang Baik Brainly


13. P. Pigors

Kepemimpinan yaitu proses saling mendorong dari keberhasilan interaksi antar perbedaan individu dan mengontrol manusia dalam mengejar tujuan tertentu.


14. Kartini Kartono

Kepemimpinan itu bersifat spesifik, khas, dan diperlukan bagi suatu situasi khusus. Karena dalam suatu kelompok yang melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, dan memiliki tujuan serta peralatan-peralatan khusus.

Pemimpin kelompok dengan karakteristik tersebut adalah fungsi dari situasi khusus.


15. G. U. Cleeton dan C. W Mason

Kepemimpinan menunjukkan kemampuan memengaruhi orang-orang guna mencapai hasil melalui himbauan emosional dan ini jauh lebih baik daripada penggunaan kekuasaan.


16. Locke dan Associates

Kepemimpinan bisa diartikan sebagai proses membujuk orang lain untuk mengambil langkah menuju sasaran bersama.


17. John W. Gardner

Kepemimpinan adalah proses pemujukan dimana individu meransang kumpulannya meneruskan objektif yang ditetapkan oleh pemimpin dan dikongsi bersama antara pemimpin dan pengikutnya.


18. Theo haiman dan Williaw G. Scoot

Kepemimpinan merupakan proses orang-orang diarahkan, dipimpin, serta dipengaruhi dalam pemilihan dan pencapaian tujuan bersama.


19. Duben

Kepemimpinan yaitu aktivitas para pemegang kekuasaan dalam membuat keputusan.


20. F. A. Nigro

Inti dari kepemimpinan itu sendiri adalah memengaruhi kegiatan orang-orang lain.


21. Reed

Kepemimpinan yaitu cara memengaruhi tingkah laku manusia agar perjuangan itu bisa dilaksanakan mengikuti kehendak pemimpin.


22. G. L. Feman dan E. Kaylor

Kepemimpinan yakni kemampuan menciptakan kegiatan kelompok guna mencapai tujuan organisasi dengan efektivitas maksimum serta kerjasama dari tiap-tiap individu.

Baca Juga : Definisi, Gaya, Karakteristik, Ciri, Contoh, Tipe, dan Bagaimana Kepemimpinan Profetik Dalam Perspektif Islam


23. James M. Black

Kepemimpinan yaitu kemampuan yang mampu meyakinkan orang lain agar bekerja sama dibawah pimpinannya sebagai suatu tim guna mencapai tujuan tertentu.


24. Harold Koontz

Kepemimpinan adalah pengaruh, seni, dan proses untuk memengaruhi orang-orang sehingga mereka akan berupaya mencapai tujuan kelompok dengan kemauan dan antusiasme.


25. R. K. Merton

Kepemimpinan merupakan suatu hubungan antar pribadi dimana pihak lain mengadakan penyesuaian karena memang mereka menginginkannya, bukan karena merka harus berbuat seperti itu.


26.  P. Pigors “Ledearship and Domination”

Kepemimpinan ialah suatu proses saling mendorong yang memanaje daya manusia dalam mengejar tujuan bersama, melalui interaksi yang baik dari perbedaan-perbedaan individual.


27.  Keth Davis “Human Relations at Work”

Kepemimpinan adalah faktor manusiawi yang mengikat suatu kelompok menjadi suatu kesatuan dengan memotivasinya ke arah tujuan-tujuan.


28.  Ordway Tead “The Technigue of Creative Leadershif in Human Nature and Management”.

Kepemimpinan ialah kombinasi perangai yang mengakibatkan seseorang mampu mendorong orang lain untuk menyelesaikan suatu tugas.


29.  E.S. Bogardus “Leader and Leadership”.

Kepemimpinan merupakan kepribadian yang beraksi dalam kondisi kelompok. Kepemimpinan bukan suatu kepribadian dan gejala kelompok, melainkan juga suatu proses sosial yang melibatkan sejumlah orang dalam kontak mental dimana seseorang mendominasi orang lain.


30.  F.I. Munson “The Management of Man”.

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menangani atau menggarap orang tertentu sedemikian rupa guna mencapai hasil yang sebesar-besarnya dengan sekecil mungkin pergesekan, serta sebesar-besarnya kerja sama.


31.  C.M. Bundel “Is Leadership losing its importance?”

Kepemimpinan adalah seni memengaruhi orang lain agar mau mengerjakan apa yang dikehendaki seorang pemimpin agar mau dikerjakannya.


32.  W.G. Bennis “Leadership Theory and Administration Behavior”

Kepemimpinan meliputi proses dimana pemimpin mendorong dan memengaruhi bawahan untuk mau berperilaku sesuai yang dikehendaki.


33.  J.B. NASH “Leadership”

Kepemimpinan meliputi kegiatan memengaruhi perubahan dalam perbuatan orang-orang.


34.  Ordway Tead “ The Art of Leadership”

Kepemimpinan ialah kegiatan memengaruhi orang untuk mau bekerja sama dalam rangka menggapai tujuan yang dikehendaki.


35.  H.H. Jennings

Kepemimpinan timbul sebagai suatu hasil interaksi yang mengikut sertakan perilaku yang memuat seseorang terangkat perannya sebagai pemimpin oleh individu-individu lain.


36.  J.K. Hemphill

a. Dalam “The Leader and His Group”, kepemimpinan ialah perilaku seorang individu sementara ia terlibat pada pengerahan aktivitas-aktivitas kelompok.

b. Dalam “A Propossed Theory of leadership in small groups; Technical report”, kepemimpinan berarti terlibat dalam suatu kegiatan memulai pembentukan struktur dalam interaksi sebagai bagian dari proses pemecahan masalah bersama.


37.  R. C. Davis “The Fundamentals of Top Management”

Kepemimpinan adalah kekuatan dinamika yang pokok dan mendorong, memotivasi, serta mengordinasikan organisasi dalam pencapaian tujuan-tujuannya.

38.  C. Schenk “Leadership” : Infantry Journal. 1928.

Kepemimpinan merupakan manajemen mengenal manusia dengan cara persuasi dan inspirasi, bukannya dengan pengarahan atau sejenisnya, seperti ancaman maupun paksaan terselubung.


39.  C.V. Cleeton & C.W. Mason “Executive Ability its Discovery and Development"

Kepemimpinan memunculkan kemampuan memengaruhi orang guna mencapai hasil lewat himbauan emosional dan bukannya melalui penggunaan kekerasan.


40.  N. Copeland “Psychology and the Soldier”

Kepemimpinan ialah seni perlakuan terhadap manusia. Yakni seni memengaruhi sejumlah orang dengan persuasi atau dengan teladan guna mengikuti serangkaian tindakan.

Baca Juga : Gambar, Gaya, Hambatan, dan Hubungan Kepemimpinan Transformasional dengan Kepuasan Kerja, Loyalitas, Serta Kinerja Karyawan


41. H. Kootz & O’ Donnel “ Principles of Management”

Kepemimpinan merupakan kegiatan mengajak orang-orang untuk bekerja sama dalam pencapaian suatu tujuan bersama.


42. C. K. Warriner

Kepemimpinan adalah suatu bentuk hubungan diantara individu, dimana mewajibkan seseorang atau lebih agar mau bertindak sesuai permintaan pihak lain.


43.  H. Gerth & C.W. Mills “Character and Social Structure”

Kepemimpinan dalam makna luasnya adalah suatu hubungan antar pemimpin dan orang uang dipimpin dimana pemimpin lebih banyak memengaruhi daripada dipengaruhi.

Ini karena pemimpin menginginkan yang dipimpin berbuat seperti dia dan tak berbuat sesuatu seperti keinginannya sendiri.


44.  Stephen P. Robbins (2005)

Kepemimpinan ialah skill untuk memengaruhi kelompok untuk mencapai sasaran.


45.  Rivai dan Mulyadi (dalam Teguh Sriwidadi dan Oey Charlie, 2011)

Kepemimpinan merupakan proses mengarahkan dan memengaruhi aktivitas yang ada kaitannya dengan pekerjaan anggota-anggota kelompok.


46.  Veithzal Rivai (2004)

Kepemimpinan yaitu proses memengaruhi dan memberi contoh yang dilakukan pemimpin kepada para pengikutnya dalam upaya mencapai suatu tujuan organisasi.


47. Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan diata bisa disimpulkan bahwasanya kepemimpinan adalah kemampuan memengaruhi orang lain, bawahan, kelompok, serta kemampuan mengarahkan perilaku bawahan atau kelompok yang memiliki kemampuan atau skill khusus dalam suatu bidang yang dikehendaki oleh kelompoknya guna mencapai tujuan organisasi atau kelompok.


Pengertian Pemimpin Menurut Para Ahli Terbaru



1. Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Pemimpin merupakan seseorang yang memiliki wewenang kepemimpinan yang mampu mengarahkan bawahannya agar mau mengejakan sebagian dari pekerjaannya guna mencapai tujuan.


2. Robert Tanembaum

Pemimpin ialah mereka yang memanfaatkan wewenang formalnya untuk mengorganisasi, mengarahkan, serta menontrol para bawahan yang bertanggung jawab agar semua pekerjaan dikordinasikan guna mencapai tujuan perusahaan.


3. Prof. Maccoby

Hal utama dari seorang pemimpin ialah seseorang yang bisa menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dari diri bawahannya.

Pemimpin yang paling baik untuk masa sekarang ini adalah pemimpin yang religius, artinya mau menerima kepercayaan etnis dan moral dari berbagai agama secara kumulatif, meskipun ia mungkin menolak ketentuan dan ide ketuhanan yang berbeda.


4. Lao Tzu

Pemimpin yang ideal adalah seseorang yang mau membantu mengembangkan orang lain, sehingga pada akhirnya mereka tak mau lagi memerlukan pimpinannya itu.


5. Davis and Filley

Pemimpin yakni seseorang yang menduduki suatu jabatan manajemen atau seseorang yang melakukan pekerjaan memimpin.


6. Pancasila

Pemimpin diwajibkan berperilaku sebagai pengasuh, pendorong, penuntun, serta membimbing bawahannya. Setidaknya ada beberapa asas utama dari kepemimpinan dalam pancasila, yaitu :

a. Ing Ngarsa Sung Tuladha, artinya pemimpin harus bisa menyelarasakan antara sikap dan perbuatannya serta menjadikan dirinya pola anutan dan teladan bagi orang-orang yang dipimpinnya.

b. Ing Madya Mangun Karsa, artinya pemimpin harus bisa membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada bawahannya.

c. Tut Wuri Handayani, artinya tiap pemimpin wajib mendorong bawahannya untuk berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab atas apa yang dikerjakannya.


7. Ahmad Rusli

Beliau berpendapat bahwa pemimpin ialah individu yang diamanahkan memimpin pengikutnya ke arah mencapai matlamat yag ditetapkan.

Baca Juga : 8 Trik Psikologi yang Sering Digunakan untuk Memanipulasi Orang Lain


8. Miftha Thoha dalam bukunya Prilaku Organisasi (1983:255)

Pemimpin yaitu seseoran yang punya skill memimpin, maksudnya memiliki skill dalam memengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasannya.


9. Kartini Kartono (1994:33)

Pemimpin merupakan pribadi yang mempunyai kecakapan dan kelebihan khusus dalam suatu bidang sehingga ia bisa memengaruhi orang lain untuk sama-sama melakukan aktivitas tertentu untuk mencapai satu atau beberapa tujuan.


10. Henry Pratt Faiechild dalam Kartini Kartono (1994:33)

Pemimpin adalah suatu jalan untuk memprakarsai perilaku sosial dengan mengatur, mengarahkan, mengorganisir, serta mengontrol upaya orang lain melalui prestise, kekuasaan, dan posisi yang dimiliki.

Dalam makna yang terbatas, pemimpin yaitu seseorang yang membimbing dan memimpin dengan bantuan kualitas-kualitas persuasif dan penerimaan secara sukarela oleh para pengikutnya.


11. Sam Walton

Pemimpin yang baik akan berusaha menanamkan rasa percaya diri pada para pendukungnya. Bila seseorang memiliki kepercayaan diri yang tinggi maka jangan heran kalau suatu saat mereka akan memperoleh hasil yang melebihi ekspektasi.


12. Rosalynn Carter

Pemimpin yang luar biasa harus mampu membawa pengikutnya ke tempat yang mungkin tak ingin mereka tuju, tetapi yang harus mereka tuju.


13. John Gage Allee

Pemimpin adalah pemandu, penunjuk, penuntun, serta komandan.


14. Jim Collin

Pemimpin terdiri atas beberapa tingkatan. Yang paling terendah adalah pemimpin yang andal, lalu pemimpin yang menjadi bagian dari tim, kemudian pemimpin yang memiliki visi.

Sementara tingkat pemimpin yang paling tinggi ialah pemimpin yang bekerja tanpa berlandaskan ego pribadi, melainkan untuk kebaikan organisasi dan bawahannya.

Baca Juga : Membahas Lebih Dalam Apa Itu Public Speaking (Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Manfaat)


15. Modern Dictionary Of Sociology (1996)

Pemimpin merupakan seseorang yang menempati peranan sentral atau posisi yang mendominasi serta berpengaruh besar dalam kelompok.


16. C.N. Cooley

Pemimpin merupakan titik pusat dari kecenderungan. Dimana semua gerakan sosial jika diamati akan ditemukan kecenderungan-kecenderungan yang memiliki titik pusat.


17. I. Redl dalam “Group Emotion and Leadership”.

Pemimpin merupakan seseorang yang menjadi titik pusat yang mampu mengintegrasikan kelompok.


18. J.I. Brown dalam “ Psychology and the Social Order”.

Pemimpin adalah suatu bagian yang tak terpisahkan dari kelompok, namun dipandang sebagai posisi yang memiliki potensi yang tinggi bidangnya.


19. Kenry Pratt Fairchild dalam “Dictionary of Sociologi and Related Sciences”.

Pemimpin setidaknya dibedakan dalam dua macam arti, yaitu :

a. Arti luas, seseorang yang memimpin dengan mengambil inisiatif tingkah laku masyarakat dengan mengarahkan, mengorganisir, serta mengawasi usaha-usaha orang lain. Baik berdasarkan prestasi, kekuasaan, maupun kedudukan.

b. Arti sempit, pemimpin yang memimpin dengan peralatan yang meyakinkan sehingga para bawahan menerimanya secara suka rela.


20. Dr. Phil. Astrid S. Susanto

Pemimpin merupakan individu yang dianggap punya pengaruh pada sekelompok orang.


21. Ensiklopedia Administrasi (disusun oleh staf Dosen Balai Pembinaan Administrasi Universitas Gadjah Mada)

Leader (pemimpin) ialah orang yang menjalankan kegiatan atau proses memengaruhi orang lain dalam kondisi tertentu. Melalui proses komunikasi yang terarah untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga : Pemimpin dan Presiden Terbodoh, Buruk, Tolol, dan Kejam di Dunia (Indonesia Tidak Termasuk)


22. Stephen. P. Robbins (2005)

Pemimpin merupakan orang yang bisa memengaruhi orang lain serta memiliki wewenang manajerial


23. Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas bisa disimpulkan bahwa pemimpin ialah individu yang punya kemampuan dalam mengarahkan bawahannya guna mencapai tujuan bersama.


Penutup


Demikianlah penjelasan terkait kepemimpinan dan pemimpin menurut para ahli. Semoga apa yang saya sajikan dalam postingan ini bisa bermanfaat bagi Anda selaku pembaca.

Terima kasih sudah membaca di blog ini dan salam hidupcu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar