Skip to main content

Inilah 8 Skill Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan di Masa Depan

skill paling dibutuhkan perusahaan

Hidupcu - Saat ini kebutuhan akan tenaga kerja profesional oleh perusahaan tiap tahunnya mengalami peningkatan. Tetapi tiap perusahaan tentunya menginginkan tenaga kerja yang memiliki skill dan keahlian khusus menjanjikan yang bisa memajukan perusahaannya.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa skill yang paling banyak dibutuhkan perusahaan masa depan.

Jadi sangat penting bagi Anda yang mungkin ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Setidaknya bisa jadi bahan pertimbangan saat mengajukan lamaran.

Mau tahu apa saja kedelapan skill tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.

Apa yang dimaksud dengan skill?


Skill atau keahlian merupakan suatu kemampuan untuk melakukan segala sesuatu secara spesifik. Misalnya seperti mengetik dengan cepat, bermain gitar, serta menghitung laporan perusahaan. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setidaknya ada delapan skill yang paling diminati perusahaan di masa depan. Yaitu antara lain :


1. Skill Programmer (Coding)


programmer

Programmer merupakan orang yang mampu menuliskan bahasa komputer dan mengubahnya menjadi suatu program aplikasi.

Tugas utama programmer yaitu merancang, menulis kode, serta membuat program aplikasi.

Kebutuhan akan programmer menjadi suatu hal penting bagi perusahaan mengingat perkembangan teknologi kian pesat.

Terutama bagi perusahaan yang khusus pembuat aplikasi, website, game, dan sejenisnya.

Untuk mengejar ketertinggalan dan mengikuti Revolusi Industri 4.0 maka sangat wajarlah bila skill programmer begitu dibutuhkan.

Baca Juga : Lulusan S1 dan D3 Jurusan Teknik Informatika Bisa Kerja Dimana ?


2. Skill Menulis (Writing)


Skill Menulis (Writing)

Selain programmer, skill kedua yang cukup dibutuhkan oleh perusahaan adalah penulis. Yah, penulis merupakan orang yang kegiatannya membuat tulisan atau menghasilkan suatu karya tulis.

Penulis jadi salah satu skill yang banyak dicari perusahaan karena seorang penulis mampu menulis artikel untuk sebuah perusahaan, content writer, copywriter, ataupun seorang shadow writer (orang yang menjual jasa menulisnya untuk penulis terkenal).

Atau bisa juga menulis buku sendiri, blogging, dan sejenisnya. Intinya keahlian ini sangat dibutuhkan di masa depan.


3. Skill Public Speaking


Skill Public Speaking

Public speaking juga menjadi salah satu skill yang akan banyak dibutuhkan di masa depan.
Ini karena orang yang punya keahlian public speaking bisa dijadikan manager, guru, trainer, reviewer, youtuber, vlogger, pendakwah, negosiator, influencer, dan sebagainya.

Jadi bagi Anda yang punya keahlian dalam public speaking dianjurkan untuk terus mengasahnya agar mampu dijadikan sarana untuk menghasilkan uang.

Baca Juga : 7 Trik Jago Berbicara di Depan Umum yang Digunakan Para Ahli


4. Skill Digital Marketing


Skill Digital Marketing

Digital marketing merupakan salah satu upaya dalam mempromosikan suatu merek, barang, atau jasa dengan memanfaatkan media digital yang mampu menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, serta relevan.

Keahlian ini banyak sebab seluruh usaha saat ini sebagian besar menggunakan media sosial dan internet untuk melakukan pemasaran.

Hal ini banyak dilakukan sebab dianggap dapat menjangkau banyak orang dengan estimasi biaya yang rendah. Misalnya seperti Facebook Ads, Instagram Ads, serta Google Ads.


5. Skill SEO Specialist dan Googel Analytics


Skill SEO Specialist dan Googel Analytics

Skill ini cukup banyak dibutuhkan khususnya perusahaan-perusahaan besar. Karena dengan adanya skill ini bisa dilakukan analisa pasar, analisa produk, dan mampu membuat produk atau merek yang diinginkan bisa berada di halaman pertama search engine maupun sosial media.

Dan akibatnya produk, merek, atau jasa tersebut bisa dilihat banyak orang dan bukan tidak mungkin akan laris terjual.

Hal ini bisa terjadi sebab 75% pengguna internet hanya melihat informasi di halaman pertama pencarian.


6. Skill Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint)


Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya hampir di setiap perusahaan, kantor, maupun instansi menggunakan yang namanya aplikasi office. Entah itu Microsoft Word, Microsoft Excel, dan
Microsoft PowerPoint.

Kebanyakan aplikasi itu digunakan untuk catatan kantor, administrasi, pengeluaran dana dan keluar masuknya dana, serta proses pencatatan akan suatu hal.

Intinya keahlian ini sangat dibutuhkan dalam perusahaan, bahkan jika Anda sangat mahir dalam menggunakannya Anda bisa jadi seorang administrasi di suatu perusahaan, tata usaha, staff, administrator, dan sebagainya.

Baca Juga : Inilah Jurusan Kuliah yang Prospek Kerjanya Bagus Untuk Wanita Dimasa Depan


7. Skill Desain Grafis


Keahlian dalam desain grafis merupakan suatu bentuk seni yang tujuannya memecahkan masalah komunikasi dengan menggunakan elemen-elemen grafis. Termasuk garis, bentuk, warna, suara, dan sebagainya.

Visualisasi yang tercipta diharapkan bisa jadi sarana penyampaian informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan bisa membentuk persepsi manusia akan suatu hal.

Desain grafis disini mencakup dua hal pada umumnya, yaitu :

a. Desain grafis dalam bentuk video, contohnya seperti video clips, animasi, video iklan, film, sinematografi, dan lain sebagainya.

b. Desain grafis non video, contohnya seperti banner, logo, cover buku, dan lain sebagainya.


8. Skill Web Development


Skill Web Development

Web development merupakan skill bagaimana membuat, mengembangkan, merawat, serta mempromosikan suatu situs web.

Jadi seorang web development bukan hanya seorang programmer, tetapi ia juga harus mampu dan menguasai web developer, web desainer, admin website, seo website serta penulis website.

Intinya seorang web development setidaknya harus menguasai beberapa skil dasar tersebut.

Baca Juga : Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang dan Menjamin Masa Depan di Indonesia


Penutup


Demikianlah informasi terkait 8 skill yang paling banyak dicari di masa depan. Semoga informasi yang saya posting ini bisa jadi tambahan pengetahun untuk Anda.

Terima kasih sudah membaca di blog ini dan salam hidupcu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar