Skip to main content

16 Cara Meningkatkan Disiplin Diri Agar Anda Bisa Hidup Lebih Produktif

Cara Meningkatkan Disiplin Diri

Hidupcu – Dalam menjalani hidup terkadang kita merasa bahwa kita ini boros waktu dan perlu mempelajari bagaimana cara meningkatkan disiplin diri. Dengan mempelajari metode cara meningkatkan disiplin diri diharapkan kita jadi lebih efisien dalam membagi waktu. Selain itu, tentunya dengan kemampuan membagi waktu bisa membuat hidup Anda jadi lebih produktif.

Disiplin merupakan sikap positif yang sangat baik bila seseorang memilikinya. Namun sayangnya di Indonesia sendiri hanya sebagian saja yang memiliki sikap tersebut.

Tetapi ada juga yang awalnya disiplin namun lama-kelamaan perlahan tingkat kedisiplinannya menurun karena suatu hal.

Daftar Isi
  1. Bagaimana Cara Kita Untuk Disiplin Waktu
  2. Contoh Disiplin Diri
  3. Cara Menumbuhkan Sikap Disiplin
  4. Bagaimana Cara Membangun Disiplin Diri



Bagaimana Cara Kita Untuk Disiplin Waktu


Perlu Anda ketahui bahwasanya disiplin bukanlah sikap yang bisa Anda bentuk dalam semalam.

Butuh waktu yang agak lama untuk bisa menerapkannya. Sebab disiplin adalah kebiasaan yang bisa melekat pada diri individu melalui latihan harian.

Dan kabar baiknya semua orang, entah siapapun itu pasti bisa melakukannya. Termasuk Anda sendiri. Yaitu dengan konsisten pada aturan pembagian waktu yang telah Anda buat sendiri.


Contoh Disiplin Diri


Kalau berbicara tentang contoh disiplin diri misalnya bangun pagi-pagi, selalu datang tepat waktu, bertindak sesuai apa yang telah direncanakan. Serta selalu menepati janjinya.

Intinya semua apa yang ia lakukan selalu sesuai dengan apa yang ia katakan. Baik dalam hal tindakan maupun pengaturan waktu. Maka dari itu dengan disiplin maka hidup akan jauh lebih produktif.


Cara Menumbuhkan Sikap Disiplin


Terkait dengan cara menumbuhkan perilaku disiplin, maka pertama-tama yang harus dikuatkan adalah tekad. Yaitu kemauan yang kuat untuk menjalani apa yang telah direncanakan dengan konsisten.

Apabila kemauan dan tekad sudah bulat maka untuk bersikap disiplin adalah hal yang tidak sulit dilakukan.

Baca Juga : Inilah 8 Skill Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan di Masa Depan


Bagaimana Cara Membangun Disiplin Diri


Mau tahu bagaimana cara menjadi pribadi yang disiplin waktu? Tenang saja, saya katakan bahwa Anda sangat beruntung karena telah membaca artikel ini. Langsung saja, caranya yaitu :

1. Tentukan Rencana dan Tujuan


Tentukan Rencana dan Tujuan

Umumnya seseorang akan mudah tersesat bila tak tahu pasti kemana ia akan pergi. Begitupun dalam hidup. Anda akan terombang-ambing dengan ketidakjelasan bila tak tahu kemana arah tujuan Anda yang sebenarnya.

Maka dari itu, cari tahulah apa tujuan Anda dan kira-kira langkah apa saja yang bisa Anda tempuh untuk menggapainya.

Buat langkah itu menjadi spesifik. Ubah dalam bentuk daftar tugas yang harus Anda lakukan tiap jam, hari, minggu, bulan, dan tahun. Semuanya tergantung tujuan apa yang ingin Anda capai.

Namun perlu diperhtikan juga bahwa jangan terlalu menyiksa diri dengan terlalu banyak tugas tiap harinya.

Pastikan Anda menambahkan istirahat dan refreshing dalam jadwal yang Anda tentukan. Karena sejatinya harus ada keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat/kesenangan.


2. Hentikan Menunggu Saat yang Tepat


Tahukah Anda bahwasanya otak manusia itu senantiasa menolak perubahan. Jadi usahakan untuk tidak terjebak dalam pikiran “saya merasa tak demikian”.

Terkadang Anda ingin memulai sesuatu tapi karena ada pikiran untuk menunggu saat yang tepat akhirnya lama-kelamaan tak ada yang terwujud. Jika Anda tak mampu mengatasinya maka jangan harap Anda bisa memiliki disiplin hidup.

Jadi jalan terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan menipu otak Anda.

Misalnya saja Anda harus membaca sepuluh halaman. Pertama-tama buatlah pencapaian dengan membaca satu halaman saja.

Mungkin itu adalah tindakan mudah yang cukup terdengar mudah.

Nah, selanjutnya cobalah untuk menyelesaikan halaman berikutnya. Dan begitu seterusnya.

Saya yakin kamu tak ingin berhenti sampai disitu karena seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa otak benci dengan perubahan.


3. Menahan Godaan


menahan godaan

Ketika Anda telah melatih diri untuk disiplin, tak bisa dipungkiri bahwa godaan pasti akan selalu datang.

Disinilah Anda bisa melihat sekuat apa niat Anda untuk berubah jadi sosok yang disiplin.

Sebagai permulaan, coba jauhkan segala hal yang kira-kira bisa jadi bahan godaan dikala Anda melatih kedisiplinan.

Contohnya menjauhkan telepon seluler dari jangkauan dan pendengaran ketika Anda bekerja.
Selain itu, bisa juga dengan mematikan TV atau apapun itu yang kira-kira bisa mengganggu fokus Anda terhadap pekerjaan.

Baca Juga : Ini Cara Bagaimana Membuat Waktumu Jadi Lebih Produktif dan Tak Terbuang Percuma


4. Mulai Dari Hal yang Paling Kecil


Segala sesuatu yang besar tentunya berawal dari sesuatu yang kecil. Sama halnya dengan kedisiplinan yang tak bisa diperoleh dengan cara instan.

Kedisiplinan tak bisa tercipta hanya dalam waktu satu malam layaknya permintaan Roro Jonggang pada Bandung Bondowoso untuk membangun seribu candi.

Maka dari itu, agar bisa meningkatkan kedisiplinan diri harus diawali dari hal yang paling sederhana. Misalnya seperti disiplin dalam membuang sampah atau datang tepat waktu ke tempat kerja.

Kedisiplinan yang Anda miliki tentu akan meningkat secara otomatis bila Anda sering melatihnya.

Coba deh terapkan kedisiplinan itu dalam berbagai aspek kehidupan. Niscaya Anda akan memperoleh masa depan yang bahagia.


5. Tetapkan Rutinitas Harian


Tetapkan Rutinitas Harian

Salah satu metode dalam melatih disiplin diri adalah dengan menetapkan rutinitas harian. Contohnya Anda menargetkan diri untuk bangun tiap hari pada pukul 4 pagi.

Setelah menetapkan rutinitas harian, maka selanjutnya adalah upaya untuk bisa mewujudkannya.

Tinggal bagaimana usaha Anda agar bisa merealisasikannya dengan baik.

Awalnya mungkin memang terasa berat. Tetapi lama kelamaan rutinitas itu akan Anda rasakan sebagai sesuatu yang ringan untuk dilakukan.


6. Jangan Selalu Mencari-cari Alasan


Meningkatkan disiplin diri bukanlah sesuatu yang gampang untuk dilakukan. Apalagi jika sikap Anda yang selalu mudah mencari-cari alasan, khususnya alasan untuk tidak disiplin.

Maka dari itu, agar bisa terhindar dari perilaku yang gemar mencari-cari alasan. Mulailah dengan jujur pada diri sendiri.

Tanyakan pada diri Anda sendiri, sudah baikkah hidup Anda saat ini? Jika belum maka sudah tak ada alasan lagi untuk tidak disiplin.


7. Segera Move On


Saat melaksanakan upaya untuk bisa jadi pribadi disiplin, terkadang Anda akan mengalami masa pasang surut. Yaitu masa dimana Anda benar-benar semangat dan kadang juga down.

Untuk itu, usahakan untuk tidak mudah larut dalam godaan dan beribu alasan yang kian menjerumuskan.

Saat Anda merasa berada di bawah, jangan langsung pasrah dan melemah. Apalagi sampai terbelenggu oleh rasa bersalah. Tak usah pedulikan semuanya sambil terus maju melangkah ke depan.

Jadikan situasi itu sebagai pelajaran dalam menjadi pribadi yang lebih baik. Cobalah untuk memaafkan diri Anda lalu segera move on.

Baca Juga : 10 Fakta Psikologi yang Bisa Kamu Tahu Hanya dengan Mengamati Chat dan Status Seseorang di Sosmed


8. Buat Tenggat


Harapan dan tenggat yang biasa dimunculkan oleh pihak lain umumnya dapat meningkatkan kinerja Anda. Apabila tak ada yang memberi tenggat maka ciptakanlah sendiri tenggat pribadimu.

Caranya yaitu ketika Anda punya rencana untuk menyelesaikan suatu proyek selama seminggu. Coba informasikan hal tersebut kepada teman atau kerabat sekitar Anda.

Minta tolonglah kepada mereka agar mau mengingatkan Anda tentang tenggat yang telah ditetapkan beberapa hari sebelumnya.

Ketika mereka mengingatkan kepada Anda tentang tenggat itu, otomatis Anda akan semakin terpacu lagi untuk menyelesaikan proyek itu sebelum waktunya.


9. Makan Makanan Bergizi dan Teratur


Makan Makanan Bergizi dan Teratur

Pada dasarnya Anda tak akan pernah bisa melatih kedisiplinan jika Anda sendiri tak pernah berada dalam kondisi yang optimal.

Melatih kedisiplinan dapat dimulai dengan makan secara teratur. Hindari makan dalam waktu yang berdekatan atau terlalu lama.

Sebisa mungkin usahakan agar asupan makanan Anda selalu terjaga kandungan nutrisinya.

Sebab makan makanan bergizi akan membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat Anda. Tentu itu akan berdampak pada proses pendisiplinan diri.


10. Rutin Berolahraga


Tahukah Anda bahwa berolahraga bisa membantu melatih kedisiplinan diri. Olahraga akan membuat Anda jadi lebih fokus dalam menjaga mental dan energi guna meraih target yang dicanangkan.

Olahraga juga akan mengajarkan Anda untuk bekerja lebih keras dan melakukan hal yang terbaik.

Bukan hanya itu saja, dengan rutin berolahraga akan membantu meningkatkan kedisiplinan diri Anda dalam berbagai aspek kehidupan.

Karena pada dasarnya otak Anda akan terstimulasi melakukan hal terbaik daripada mencari jalan pintas untuk mencapai target.


11. Berlatih Untuk Mengatakan Tidak


Rintangan dan godaan sudah tentu akan Anda temui dalam proses meningkatkan kedisiplinan diri.
Maka dari itu Anda harus pandai-pandai memilih mana proses latihan yang memang harus dilakukan dan mana yang ingin Anda lakukan.

Ketahui perbedaan antara “harus” dan “ingin”.

Mulai dari hal kecil seperti mengatakan tidak ketika melihat pakaian atau sepatu yang keren di mall. Cobalah untuk menerapkannya dalam berbagai aspek kehidupan.

Ketika Anda telah mampu mengontrol mana yang harus dan yang bisa ditunda atau bahkan tidak dilakukan, maka secara perlahan Anda menapaki tangga untuk lebih disiplin.

Baca Juga : 9 Trik Kreatif Untuk Mengatasi Masalah Kehidupan Sehari-hari


12. Ambil Inspirasi Dari Idola Anda


Tiap orang tentunya punya sosok yang diidolakan. Untuk itu, carilah sisi positif paling menonjol dari idola Anda tersebut.

Kemudian jadikan ia inspirasi yang bisa menambah motivasi Anda dalam meningkatkan kedisiplinan diri.

Tokoh idola ini tak harus dari sosok yang terkenal. Dia boleh saja sosok senior Anda di kampus atau bahkan atasan Anda yang bekerja di kantor.

Inspirasi yang Anda peroleh dari mereka bisa menuntun Anda ke jalur yang tepat guna mencapai sasaran yang diinginkan.


13. Visualisasikan Target Anda


Ketika Anda merencanakan atau menginginkan suatu target maka berlatihlah untuk memvisualisasikannya.

Bayangkan bagaimana Anda jika berada dalam kondisi meraih target tersebut. Tentu itu akan menstimulus motivasi dalam diri Anda guna mencapai sasaran tersebut.

Rasakan bagaimana sensasi ketika Anda meraih target tersebut, terutama target jangka panjang.

Dengan memfokuskan diri dalam meraih target jangka panjang tentu Anda akan lebih termotivasu dan menjadi lebih disiplin.


14. Pahami Tekadmu


Perlu Anda ketahui bahwasanya tekad itu seperti otot. Semakin sering digunakan maka ia juga akan semakin lelah.

Itu semacam keadaan di pagi hari yang perlahan berangsur-angsur menurun.

Itulah alasan mengapa kita harus menyelesaikan pekerjaan yang butuh fokus utama di pagi hari.


15. Belajarlah Untuk Memaafkan Diri Sendiri


Belajarlah Untuk Memaafkan Diri Sendiri

Cobalah berasumsi bahwa Anda akan mengalami kegagalan dan akan kehilangan beberapa hari. Itu sama sekali tak apa-apa.

Bila itu mudah tentu semua orang akan bisa disiplin.

Gagal hanyalah suatu bagian dari proses. Kebanyakan orang hanya melihat itu sebagai pertanda agar cepat-cepat menyerah dan berhenti.

Bila Anda kehilangan satu hari, jangan terpuruk. Tetapi fokuslah untuk menyiapkan diri Anda di hari selanjutnya.

Sebab rasa bersalah sama sekali tak akan membantu Anda.


16. Rayakan Setiap Kemenangan Kecil


Bila Anda telah menyelesaikan suatu pekerjaan kecil, maka tak ada salahnya untuk memberikan hadiah kecil pada diri sendiri.

Bisa berupa berkumpul dengan teman, pergi makan dengan sang pujaan hati, atau apapun itu yang bisa membuatmu gembira.

Intinya berusahalah untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kebahagiaan. Sebab dengan adanya kebahagiaan atau penghargaan pada diri sendiri, maka akan semakin meningkatkan motivasi Anda dalam melakukan suatu pekerjaan.

Baca Juga : 7 Aktivitas Pagi yang Menyehatkan Namun Diabaikan Banyak Orang


Penutup

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara meningkatkan disiplin diri ini. Semoga apa yang saya sajikan bisa bermanfaat untuk Anda semua. Bila Anda benar-benar membaca artikel ini sampai akhir maka saya ucapkan selamat kepada Anda.

Itu menandakan bahwa Anda sudah memiliki komitmen dalam mengubah hidup Anda.

Memang sih disiplin diri itu butuh waktu yang agak lama, kegagalan, serta pengulangan. Namun selama Anda masih punya tekad yang kuat, saya rasa untuk mencapai target hidup disiplin bukanlah hal yang amat berat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar